Kesehatan

Air Adalah Pelarut Terbaik Dalam Tubuh Yang Sehat

Air Adalah Pelarut Terbaik Dalam Tubuh Yang Sehat

Teka-teki – Apakah aku, orang yang mudah menyesuaikan dengan bentuk-bentuk lain dan bisa menembus banyak hal tetapi selalu merendah menuju ke bawah?

Siapa pun butuh air, rawatlah bumi maka diri ini akan terawat olehnya!

Dari sekian banyak hal yang penting di dalam menjaga kesehatan manusia, air adalah komponen konsumsi yang paling banyak dibutuhkan. Ini terjadi bukan karena kebetulan atau hasil dari karangan kami atau orang luar melainkan karena tubuh kita sendiri lebih banyak (±70%) mengandung cairan daripada bahan-bahan yang terdiri dari padatan. Hal tersebut sama halnya dengan bumi ini yang juga memiliki kawasan perairan lebih luas (+70%) daripada daratan. Apakah kesamaan ini hanya sebuah kebetulan saja? Di atas semua spekulasi yang muncul, kita wajib meyakini bahwa sesungguhya bumi ini adalah Ibu Pertiwi yang memperanakkan dan membesarkan setiap warga yang harus dilestarikan balik. Itulah tanggung jawab kita sebagai manusia yang tahu diri dan tahu berbalas budi. Kita sebagai replika bumi perlu bergandengan tangan untuk mewujudkan semua hal tersebut.

Sekilas tentang perannya memaknai hidup

Air adalah cairan dasar yang sifatnya tawar karena mengandung mineral dalam jumlah sangat rendah. Bahan ini sering sekali dijadikan sebagai inspirasi filosofi kehidupan karena sifat-sifat unggul yang dimilikinya. Sekali pun “dia sangat penting tetapi tidak mengambil posisi tinggi” melainkan lebih memilih untuk merendah dan selalu di bawah (rendah hati). Kemampuannya untuk membentuk diri sesuai wadah/ tempatnya tanpa kehilangan sifat-sifat aslinya, sering dijadikan teladan hidup menyesuaikan diri. Kemampuannya meresap ke dalam tanah, dipahami sebagai kemampuan menyatu/ berbaur di dalam masyarakat. Perannya yang memberi rasa lega bagi setiap kerongkongan adalah kebermanfaatan hidup yang universal tanpa pandang bulu. Namun ada juga dualisme sifat yang dikandungnya, hindari yang negatifnya dan ambillah yang baiknya!

Contoh nyata kehidupan

Pernahkah anda menyaksikan di televisi atau di channel youtube sebuah realiti show yang menunjukkan aktivitas makan dalam jumlah banyak bergunung-gunung. Awalnya, mungkin ada beberapa yang tidak percaya hal tersebut, kami pun tidak memercayainya. Terlebih ketika melihat bahwa orang yang melakukannya adalah perempuan yang teramat ramping. Akan tetapi, belakangan ini kami mulai percaya kepada hal tersebut dan meyakininya pula. Sebab seingat kami, disamping artis tersebut terdapat muk besar yang biasanya berisi air putih. Kami pun memahami bahwa aktivitas makan segunung tersebut dilakukan dalam waktu yang lama (beberapa jam) sekali pun di vidionya hanya berlangsung beberaa menit saja.

Kehidupan didominasi olehnya walau kadang ada yang tidak menganggapnya dominan

Air adalah komponen penting yang bermanfaat untuk media tumbuh berbagai bahan organik, termasuk dalam hal ini adalah sel-sel manusia. Tanpa cairan maka bisa dipastikan bahwa tidak ada yang namanya makhluk hidup. Justru karena ada cairanlah sesuatu bisa dikategorikan hidup. Sama halnya dengan bumi ini yang juga hidup karena terus aktif bergerak tanpa henti dan mengandung komponen kehidupan, yaitu air yang terus berputar dalam siklus yang seimbang. Sekali pun bentuk (es, uap, embun, kabut, awan, hujan) dan komposisinya berbeda-beda (tawar, asin) tetapi pada dasarnya bahan pembentuknya adalah H2O. Sekali pun demikian, masih ada orang yang cenderung abai dengan cairan yang satu ini, terutama dalam hal konsumsi. Mungkin karena rasanya yang begitu tawar tidak menggetarkan lidah seperti halnya cemilan sore.

Apa saja yang bisa ditembus olehnya?

Di balik rasanya yang tawar, ada banyak manfaat yang sangat penting ketika kita rutin mengonsumsinya. Namun di antara semua hal yang dapat dilakukannya, yang paling kami soroti khususnya dalam tulisan ini adalah kemampuannya untuk melarutkan berbagai-bagai hal. Memang dari yang diajarkan kepada kita bahwa tidak semua hal dapat dilarutkan olehnya. Bahan khusus yang khas dan dikenal tidak larut dengan air adalah minyak. Sadarilah bahwa minyak tidak larut dengan air, itu hanya berlangsung sementara saja. Sebab lama kelamaan molekul minyak tersebut akan pecah juga sehingga bisa menyatu terlarut di dalamnya. Oleh karena itulah cairan ini sangat penting untuk menjaga anda tetap sehat dalam segala kondisi.

Manfaat utama sebagai pelarut yang membuat manusia sehat panjang umur

Peran pelarut di dalam tubuh manusia adalah sebagai transportasi yang menyebarkan berbagai senyawa penting ke seluruh tubuh, di antaranya oksigen, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan lain sebagainya. Airlah yang menjaga tubuh agar terbebas dari karbohidrat (glukosa), lemak (kolesterol) dan asam urat yang berlebihan. Juga airlah yang memberi nutrisi bagi seluruh mikroorganisme di dalam tubuh agar tetap waras dan tidak merusak habitatnya sendiri (tubuh kita) sehingga jauh dari penyakit. Demikian jugalah perannya terhadap setiap mesin mikro sel sehingga tetap berada di bawah perintah dan tidak kehilangan kendali (mengganas: kanker) dan masih banyak lagi. Perannya  tidak tergantikan oleh bahan lainnya, semata-mata agar berbagai proses yang berlangsung di dalam tubuh berjalan lancar dalam siklus yang seimbang.

Asupan sehat setiap hari

Jumlah kebutuhan air setiap hari adalah sekitar dua liter per hari. Hanya saja dikonsumsi tidak sekaligus melainkan sedikit-sedikit (2-3 teguk) tetapi tekun (lebih sering). Cara terbaik untuk memastikan sudah berapa banyak cairan yang dikonsumsi adalah dengan mengetahui ukuran volume dari gelas yang dipakai lalu ditambahkan dengan jumlah isi ulang. Karena banyak orang yang sering melupakan aktivitas ini, berusahalah membuatnya selalu dekat dengan meja kerja dan dekat dalam jangkauan mata masing-masing. Letakkan gelas atau botol minuman tepat di sisi anda. Tambahkan garam sampai berasa manis-manis isotonik untuk mempertahankan keberadaannya di dalam tubuh. Jika tidak ada garam maka tambahkan sedikit gula sampai agak berasa manis namun jangan sampai terlalu manis.

Minum untuk berenergi dengan menambahkan garam atau gula

Saat kita mengonsumsi air bersama garam menjadi air garam manis, ada energi yang kaya termuat di sana sehingga beberapa orang bisa tahan tidak makan. Akan tetapi, ketika natrium tidak ada, kita terpaksa mengonsumsi karbohidrat untuk membuat diri ini tetap berenergi menjalani aktivitas dengan normal. Pengganti garam sebagai sumber tenaga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan seperti biasanya. Namun untuk cara yang lebih praktis, boleh dengan menambahkan gula pada air yang dikonsumsi. Penambahan gula ini tidak perlu dilakukan bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Jika tubuh cepat lelah, lebih banyak ngantuk, kurang konsentrasi dan pekerjaan membutuhkan waktu lebih lama: anda perlu tambahan energi agar badan tetap fit, entah itu diperoleh dari garam, gula (gabungan dari keduanya gula+garam) maupun dengan mengonsumsi makanan. Jejaki juga teman, Garam merupakan gula penambah tenaga.

Kesimpulan

Pengertian – A. merupakan cairan netral yang dapat menyatu dan melarutkan berbagai bahan pangan yang dikonsumsi manusia serta berperan penting untuk membantu menjaga keseimbangan nutrisi di dalam tubuh. Organ yang berperan utama untuk menjaga keseimbangan asam-basa adalah ginjal. Semua komponen darah yang melaluinya akan disaring. Segala toksin yang dibawa pelarut ke dalamnya akan dicekal. Sedang saat tubuh (otak) memberi sinyal bahwa nutrisi sudah tercukupi maka kelebihannya akan dibuang. Sedang saat tubuh memberi sinyal kekurangan nilai gizi tertentu maka ginjal akan memungut kembali zat gizi dimaksud untuk dikembalikan ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Air mudah membaur dan menyatu dengan berbagai-bagai bahan konsumsi sehingga dikenal sebagai pelarut utama di dalam tubuh. Apa yang dilewatinya akan menjadi bersih, bebas dari kegilaan, bebas dari keganasan dan selalu sehat. Tidak ada yang dapat menggantikan perannya yang vital dalam kehidupan. Bahkan bisa dikatakan bahwa tanpanya tidak ada kehidupan karena semua makhluk hidup pasti dibasahi olehnya. Demikianlah juga bumi ini hidup adanya sebab ada banyak jenis air yang terdapat dan berputar dalam siklus yang seimbang di dalamnya. Oleh karena itu, kita mesti bersyukur buat anugerah yang telah diberikan Allah, bukan dengan membayar mahal melainkan lagi-lagi gratis (kecuali mata air di tempat anda telah di aquanisasi alias di kapitalisasi). Lebih dari itu, jangan lupakan aktivitas meminum beberapa gelas (8-10 @200 mL) atau beberapa botol (3-4 @600 mL): sedikit-sedikit tetapi tekun.

Salam, Air meresap dan menyatu dalam makanan,
Membawa nutrisi dari ujung kaki ke ubun-ubun,
Pelarut yang handal mendukung kesehatan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.