Kata-Kata Bijak & Motivasi Kehidupan

Tuhan Adalah Suami Dan Allah Adalah Istri Kita – Yang Jomblo (Singel) Berbahagialah!

Tuhan Yesus saja jomblo, malaikat pun jomblo. Jadi tidak ada masalah soal apa status anda. Tetapi masalah akan bermunculan saat kita tidak mengasihi Allah seutuhnya dan sesama seadil-adilnya.

Apa jawaban kita saat orang lain mempertanyakan soal jodoh?

Halo bagi semua yang sedang menjomblo…. Sedang apa sekarang? Masihkah anda galau-galau basah karena belum memiliki pasangan? Semakin anda fokus dengan dunia ini dan segala gemerlapan yang ada di dalamanya, niscaya kegalauan yang anda alami semakin meninggi pada tingkat dewa-dewa. Sekali pun demikian, tidak ada pihak yang dapat menolong anda, kami pun tidak mampu melakukan apa-apa. Akan tetapi, anda bisa memulai untuk menolong diri sendiri dalam mengibarkan semangat positif sehingga kepiluan hati akibat tidak adanya pasangan akan mereda bahkan lenyap. Di antara semua motivasi yang bertaburan di dunia ini, apa yang dipahami, dimengerti dan sangat dekat dengan kehidupan kita adalah hikmat yang terdapat dalam Kitab Suci.

Hikmat yang dari Allah, yaitu firman memang sempurna adanya. Hanya saja kesempurnaan itu sangat cocok untuk dilakukan pada zamannya. Beberapa dari tokoh Alkitab bahkan kita kenal sebagai manusia yang juga bisa salah/ khilaf/ berdosa sama seperti kita. Kadang-kala, masalah yang dihadapi tokoh tersebut cenderung tidak dapat dialami langsung oleh masyarakat zaman sekarang dikarenakan zaman dan budaya yang berbeda-beda. Begitulah manusia, tidak semuanya benar tetapi ada nilai-nilai kebenaran yang patut dicontoh dari sikapnya. Bukankah Tuhan Yesus Kristus telah menetapkan standar dari setiap firman yang benar itu? Kiranya kita bisa berpikiran positif selektif menanggapi semuanya itu. Prinsip dan pandangan hidup positif dari para tokoh Alkitab yang sekiranya bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus melanjutkan hidup sekali pun banyak pihak yang mencoba mengolengkan perahu kita.

Alkitab adalah perumpamaan yang di dalamnya kental dengan nilai-nilai yang benar. Sedang sebuah cerita mustahil bisa terbentuk jika tidak ada pertarungan antara kebenaran dan kejahatan. Oleh karena itu, ambil yang benarnya saja sedang yang jahatnya lupakanlah. Tuhan Yesus Kristus telah menetapkan dua standar kebenaran, yaitu kasihilah Allah sepenuhnya dan sesama manusia seadil mungkin. Hal-hal yang bertentangan dengan kedua hal ini, sebaiknya jangan dicontoh.

Kata-kata bijak motivasi kehidupan

Dunia selalu bisa menyudutkan kita tetapi bersandarlah kepada Tuhan

Kita tidak perlu menatap masa depan terlalu jauh karena hal tersebut dapat membuat hati galau. Perlu sekali menjaga suasana hati dari tindakan ceroboh yang kita lakukan sendiri. Tidak masalah seberapa besar guncangan di luar diri ini, kita tidak dapat mengendalikan mereka. Tetapi tetaplah akrab dengan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Satu kekuatan yang sangat melemahkan hati adalah “patah semangat hidup.” Orang-orang duniawi memiliki berbagai cara untuk melemahkan hati tetapi kita haruslah tetap kuat. Bukan dengan berpegang pada pendapat pribadi yang egois dan arogan. Melainkan berusaha bersandar kepada Tuhan sehingga kita beroleh kekuatan baru yang sesungguhnya.

Ada berbagai celah dalam hidup kita yang bisa diperlemah oleh diri sendiri atau dicela oleh orang lain. Oleh karena itu, berpeganglah kepada Tuhan dan selalu waspada memperbaiki diri dengan senantiasa fokus kepada-Nya hari demi hati.

Kata-kata bijak

Pertanyaan gaul yang sering diterima oleh para jomblo dewasa tua

Salah satu pergumulan hidup yang cukup pelik untuk ditekuni adalah umur yang sudah agak tinggi tetapi masih belum menemukan pasangan hidup. Di awal-awal, keadaan ini sangatlah memusingkan. Sebab banyak orang yang bertanya-tanya, “bagaimana?; sudah dapat?; katanya dalam waktu dekat?; kapan tanggalnya?” Semua pertanyaan ini, serasa memekakkan telinga. Tetapi mereka yang berpegang pada firman Tuhan akan dimampukan untuk kuat telinga batinnya. Artinya, sekali pun telinga fisik sudah jenuh mendengar semuanya itu, namun telinga batin diberikan ketabahan hingga tetap bertahan hidup untuk terus melakukan kebaikan dan kebenaran.

Biarlah pekak telinga mendengar perkataan orang lain tetapi telinga hati selalu tertuju kepada Tuhan.

Kata-kata bijak penyemangat hidup

Cara menanggapi pertanyaan yang sengaja menjebak

Entah pertanyaan tentang calon pasangan hidup itu adalah jebakan, hanya iseng, sekedar main-main, meledek atau hanya kebetulan saja: Terserah. Tetap jawablah teman tersebut apa adanya dengan penuh kerendahan hati. Harap janganlah fokus kepada alasan teman menanyai anda. Melainkan tetaplah fokuskan pikiran hanya kepada Tuhan saja; bila ada hal yang pantas, pelajarilah; dan bila ada tanggung jawab yang harus diselesaikan maka kerjakanlah sampai tuntas. Jikalau pikiran kita hanya hobi menebak-nebak sesuatu yang tidak jelas, habis waktu yang digunakan untuk pemikiran yang tidak berdasar. Tetapi, berusahalah menjadi bijak dengan mengikhlaskan yang terjadi lalu mengabaikan pikiran yang suka suudzon tersebut kemudian melanjutkan hidup untuk menekuni soal-soal yang mengarah kepada hal-hal yang benar (aktivitas positif).

Indra bisa saja menikmati hal-hal yang memuakkan, akan tetapi hati akan menikmati hal-hal yang memuaskan saat ditujukan kepada Allah, belajar sesuai minat dan bekerja menurut potensi yang dimiliki.

Kata-kata bijak

Hadapi rintangan kehidupan dengan ikhlas-rendah hati dan tulus-cerdik

Janganlah khawatir berlebihan terhadap kehidupan anda. Tetapi, berusahalah untuk memotivasi diri sendiri dengan memandang kepada hewan dan tumbuhan yang berada di sekitar. Amati baik-baik betapa damainya kehidupan mereka karena selalu ikhlas rendah hati dimana pun berada. Maka demikianlah kita bisa bertahan hidup di tengah kemelut duniawi yang membelenggu. Berusaha untuk tetap rendah hati sambil mengikhlaskan segala sesuatunya. Hindari perbantahan yang a lot tentang sesuatu melainkan “iyakan saja” selama hal tersebut “tidak beresiko dituntut ganti ruginya.” Akan tetapi cerdiklah menanggapi setiap tuntutan mereka dengan cara selalu memahami “apa yang menjadi hak dan kewajiban anda.” Lalu tuluslah mengabdikan diri menjadi pelayan sekaligus berbuat baiklah dengan orang-orang di sekeliling.

Apa kata Alkitab tentang status menjomblo?

Saat sedang singel, hindari rasa takut yang berlebihan. Sebab bukan cuma kita yang mengalaminya, melainkan di zaman-zaman sebelumnya juga kejadian yang serupa pernah terjadi. Malahan Punggawa kristen, yaitu Yesus Kristus tidak menikah selama melayani di bumi. Ia adalah teladan yang baik untuk ditiru tanpa berbelit oleh setiap orang percaya. Gaya hidup yang selalu aktif, sederhana dan lemah lembut: sangat layak untuk dijadikan panutan. Jika Yesus Kristus saja sanggup hidup menjadi singel sampai hari kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya. Niscaya kita pun sanggup melakukan hal yang demikian. Akan tetapi, Tuhan tidak memaksa kita untuk menjomblo terus-menerus. Ini adalah pilihan hidup yang harus dipikirkan matang-matang.

(Matius 19:12) Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”

Sumber: Alkitab
Tuhan Adalah Suami Dan Allah Adalah Istri Kita – Yang Jomblo (Singel) Berbahagialah

Penyebab seorang muda masih belum menikah

Seseorang belum menikah bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang tidak melakukannya karena bawaan lahir (disabilitas), ada yang dibentuk orang lain atau sistem dalam masyarakat dan ada pula yang demikian karena pilihannya sendiri demi kerajaan sorga. Sedang kita, ada di posisi yang manakah? Yang menjadi masalah adalah saat kita masih belum memiliki pacar karena kepribadian buruk. Istilah katanya, orang-orang semacam ini seperti “seseorang yang menginginkan sesuatu tetapi tidak kunjung memilikinya sehingga ditawan oleh kekecewaan yang berlangsung terus-menerus. Sakit hati yang beruntun semacam ini, tidaklah baik untuk dipelihara dengan selalu mmengingat-ingat hal tersebut melainkan penuhilah hatimu dengan kebenaran agar hal-hal buruk itu berlalu.

Perbedaan antara hidup sendiri karena pilihan dan karena terpaksa

Berbeda maknanya antara mengingini tapi tak kunjung dapat pasangan (istri atau suami) dengan memilih untuk hidup sendiri. Jelaslah bahwa orang yang memilih untuk hidup sendiri lebih melegakan hati sebab ada ketenangan jiwa sekali pun sedang hidup sendiri. Mereka yang berjalan dalam pilihannya sendiri akan menekuninya dengan bahagia karena hal tersebut sudah menjadi impiannya sejak dahulu kala. Sedang orang yang ingin memiliki tetapi tidak kunjung dapat pasangan, akan lebih banyak mendapatkan tekanan, baik oleh diri sendiri maupun dari sesama manusia. Saat keinginan kita belum terwujud, ada sisi tertentu dalam hati ini yang belum lengkap. Mau tidur, makan, jalan-jalan, belanja dan menikmati hidup lainnya berasa tanggung. Hari-hari yang kita jalani sudah bagus, orang lain pun bersukacita karenanya, akan tetapi kita saja yang menilainya “seperti masih ada yang kurang.” Ini semua terjadi karena kita belum mendapatkan apa yang diinginkan.

Menjalani hidup tanpa memperoleh apa yang kita inginkan membuat hari-hari terasa berat dan kurang semangat. Kita beraktivitas, melangkahkan kaki, menggerakkan tangan  dan badan bergoyang-goyang, seolah dilakukan secara terpaksa. Hati tidak tenang terlebih ketika melihat sing muda lainnya berpasang-pasangan dan telinga gemas mendengar pertanyaan seputar pacar/ pasangan hidup / pernikahan. Hentakan sepele dalam kehidupan kita sudah bisa membuat diri ini terombang-ambing kehilangan arah, susah hati, kuatir dan berbagai bentuk kegelisahan lainnya. Semuanya ini dikarenakan kita lebih fokus kepada keinginan yang belum terwujud tersebut sehingga lupa bahwa di sekitar kita masih banyak hal-hal baik dan sederhana yang dapat membuat hati bahagia. Oleh karena itu, santai saja, tidak punya pasangan itu tidak penting, Yesus Kristus sendiri tidak memiliki pasangan sekali pun banyak perempuan yang berseliweran melayani-Nya.

Ingin punya pacar/ gebetan/ suami/ istri tapi tidak punya sama saja dengan menyiksa hati. Sebab keinginan sekecil apa pun yang masih belum terwujud menjadi duri dalam hati. Semakin fokus kepada duri tersebut, makin menusuk dan besar luka hati yang ditimbulkannya. Seakan-akan hari-hari dijalani dengan terpaksa. Oleh karena itu, lepaskan, ikhlaskan, biasa saja dan fokus kepada Tuhan juga berbuat baik kepada sesama di sela-sela aktivitas yang dijalani

Kata-kata bijak masukan positif

Jomblo seumur hidup adalah aktivitas mendekati sorga

(Matius 22:30) Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

Sumber: Alkitab

Sadarkah anda bahwa jomblo adalah salah satu aktivitas mendekati sorga? Sebab para malaikat sendiri di sorga dan Yesus Kristus pun tidak memiliki istri khusus di sorga. Melainkan kitalah yang menjadi mempelai Anak Domba tersebut. Jadi, bisa dikatakan bahwa mereka yang hidup sendiri bisa lebih dekat dengan Tuhan ketimbang yang berpasang-pasangan. Sebab saat kita sendiri, fokus kehidupan harusnya kepada Allah saja. Tetapi bagi yang sudah berpasangan, konsentrasi terbagi sekedar untuk memuaskan pasangan (istri/ suami). Oleh karena itu, jangan fokus terhadap ada atau tidaknya pasangan hidup sebab masing-masing ada untung ruginya. Melainkan dedikasikan hidup anda demi kebenaran hakiki  dengan fokuslah kepada Tuhan dan kasihilah sesama seperti diri sendiri.

Ketahuilah bahwa di sorga nanti, manusia tidak kawin atau dikawinkan sebab tubuh jasmaniah kita telah berevolusi pada batas tertinggi kehidupan. Evolusi yang kita alami di hari kebangkitan membuat tubuh ini tidak lagi terdiri dari daging dan darah atau hal-hal materi lainnya. Akan tetapi, tingkat evolusi yang kita capai berada pada ambang batas tertinggi yaitu menjadi serupa dengan cahaya. Pernahkah anda melihat cahaya? Sesuatu yang bisa diamati/ dilihat tetapi tidak bisa dipegang, itulah tubuh sorgawi di kehidupan kedua. Tidak seperti di bumi dimana kita membutuhkan orang lain (istri/ suami) untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Melainkan kita bisa memenuhi sendiri apa yang kita perlukan dalam sekejap mata, tetapi kebutuhan kita yang paling utama dikala itu adalah memuji-muji Tuhan di dalam kerajaan sorga.

Tuhan adalah suami kita

(Hosea 2:18) Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.

Memang firman Allah luar biasa dan dahsyat adanya. Memberi kelegaan bagi orang-orang yang tertawan dan kepuasan bagi yang hidupnya sedang sendiri. Sudah saatnya manusia yang sedang singel, entah itu karena pilihan atau keinginan yang belum terwujud: jangan fokus kepada status anda! Hindari membanggakannya tetapi jangan juga merasa minder karenanya. Melainkan silahkan dedikasikan kehidupan ini hanya untuk Tuhan saja, sebab Dialah yang telah menjadi Suami kita sejak dari masa muda setelah memahami firman-Nya. Daripada fokus memikirkan pacar, gebetan, pasangan hidup atau entah apa-apalah yang nggak penting dalam dunia yang fana ini. Alangkah lebih baik jikalau kita fokus membahas-bahas firman Tuhan, berdoa dari hati ke hati mengungkapkan unek-unek kepada-Nya dan bernyanyi memuja-muji keagungan-Nya dari waktu ke waktu. Hal-hal inilah yang membuat kita semakin intim dengan sang Suami tercinta, Tuhan.

Allah adalah istri kita

Dalam zaman kesetaraan, suami dan istri setara adanya dan Tuhanlah yang menjadi pemimpin mereka. Tetapi bukan berarti suami bisa melahirkan anak (LGBT kelas berat) melainkan masing-masing menjalankan fungsinya menurut anugerah yang diberikan Sang Pencipta. Allah adalah Suami kita karena Dialah yang menjadi pemimpin tertinggi yang menopang dan mengayomi keluarga. Tuhan adalah Istri kita karena Dialah yang selalu kita pikirkan dan selalu kita dambakan di dalam hati. Kedahsyatan, kemurahan hati dan kemahakuasaan-Nya tidak putus-putusnya untuk diperbincangkan turun-temurun dari generasi ke generasi. Dialah Istri kita yang kemolekan tutur kata-Nya selalu bisa menghibur hati. Allahlah Istri kita yang kecantikan karya ciptaan-Nya tersohor dimana-mana. Jadi, kita masih kurang apa lagi? Bukankah kita sudah terpuaskan dengan kehadiran-Nya mengiringi setiap langkah kaki ini?

Allah adalah Suami kita karena Dialah yang menjadi pemimpin tertinggi yang menopang dan mengayomi keluarga. Tuhanlah Istri kita karena cantik besar karya-Nya selalu bisa diamati dan kemolekan kata-kata dalam firman-Nya selalu dibahas dalam hati.

Pengertian (Defenisi)

Kesimpulan

Apa kabar bagi semua jomblo muda di seluruh negeri? Jangan bangga dengan status tersebut tetapi jangan juga minder karenanya. Sebab tiap-tiap hal ada waktunya dan tiap-tiap kesempatan ada masanya. Entah anda sampai saat ini masih jadi singel karena sebuah keputusan (pilihan) atau karena suatu kebetulan (masih belum nemu yang pas), hindari memusatkan perhatian secara terus-menerus kepada hal-hal tersebut. Melainkan ikhlaskanlah setiap kejadian yang berlangsung dalam kehidupan ini lalu mulai tujukan fokus kepada kebenaran hakiki. Bukankah hari-hari kita tidak pernah lepas dari ujian yang berpotensi meremas kehidupan? Sebelum kehidupan ini diobok-obok karena perilaku yang tidak senonoh, alangkah lebih baik jika kita memohonkan perlindungan Suami tersayang, Allah yang perkasa. Daripada galau-galau basah memikirkan beratnya beban hidup yang ditanggung, alangkah lebih baik jika kita memikirkan betapa indahnya kemolekan firman Tuhan yang maha mulia. Sang Penciptalah yang menjadi Istri dan Suami kita, bukankah demikian kelak ketika kita hidup di sorga seperti para malaikat?

Salam, Tidak penting
apakah anda punya istri atau suami.
Yang sangat penting
adalah apakah anda punya Allah yang sejati?
Dialah Suami yang selalu di sisi.
Dialah Istri yang selalu di hati
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.