Gejolak Sosial

Bahaya sifat sombong dan iri hati di masyarakat – Kesombongan berjalan beriringan dengan iri hati

 

Sombong-dan-iri-hati-itu-seimbang

Hidup besama dalam masyarakat tidak mudah. Setiap tindak tanduk kita didepan publik dapat mempengaruhi orang lain. Pikiran tidak apalah karena tidak diketahui oleh orang lain. Perkataan dan perbuatan perlu selalu diawasi. Tapi tunggu dulu, bakankah semuanya berasal dari dan dikontrol oleh pikiran? Oleh karena itu tetaplah berpikir jernih agar tutur kata dan tindak-tanduk andapun berkenan dihati yang lainnya.

Kita berbeda, tapi perbedaan itu janganlah disombongkan

Sekalipun kita juga menyadari bahwa kita berbeda, keunikan yang satu dan yang lainnya adalah hal biasa. Namun bukan berarti uniknya kita itu diekspresikan dengan sikap sombong/ berlebih-lebihan dan/atau tidak pada tempatnya. Hidup didunia ini harus berani tampil beda tapi bukan dalam arti kita bisa merugikan satu-sama lain. Selama kita tidak merugikan maka selama itu pula uniknya/ khasnya kita tidak disalah artikan oleh orang lain.

Dimana ada kesombongan disitu ada iri hati

Mengapa orang menjadi sombong? Keangkuhan adalah aksi. Pada dasarnya mereka ingin diperhatikan bahkan bila perlu menjadi pusat perhatian. Hawa nafsu agar selalu diperhatikan inilah yang menjadi tantangan bagi setiap orang. Mampu berpikir sejenak dan mulai mengendalikan diri adalah awal untuk meredam kesombongan.

Orang sombong itu murni karena kebiasaan dan kemungkinan orang-orang dalam lingkaran keluarganya juga demikian. Selalu bercermin sebelum berakhirnya hari ini adalah kunci untuk meninggalkan kebiasaan sombong.

Hati-hati teman. Sikap sombong selalu dapat menarik kejahatan yang lainnya. Ini seperti pancingan agar diri sendiri terdorong menjadi jahat dan super sensitif. Berikut ini kejahatan yang tanpa disadari sesungguhnya telah diundang oleh keangkuhan yang kita ekspresikan.

  1. Membuat orang lain terbakar rasa dengki. Jika tidak mampu, ia akan menjadi pribadi-pribadi pengganggu.
  2. Orang yang merasa mampu terbakar emosinya untuk melakukan hal yang sama juga (sombong).
  3. Orang yang bijak mengenal “Siapa aku?”, berusaha mengerti hingga mampu mengendalikan diri dan mengatasi lalu melihatnya biasa saja.

Selengkapnya, Dampak buruk kesombongan dan cara mengatasinya

Dimana ada iri hati disitu tidak ada damai, orang bijak selalu menikmati suasana

Mengapa orang menjadi iri hati? Kedengkian adalah reaksi. Pada awalnya mereka juga ingin diperhatikan karena terbakar emosi saat melihat orang-orang yang terkesan norak. Iri hati seperti ragi, sedikit saja sudah mempengaruhi banyak orang disekitar kita. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya saat orang tersulut emosi dan menjadi iri, dampak buruknya bagi orang lain sebagai berikut.

  1. Orang lain yang merasa risih. Jika ia mampu maka ia juga akan memamerkan apa yang ia miliki.
  2. Orang lain yang merasa terganngu namun kurang mampu mengimbanginya akan dengan seengaja mempermainkan/ mengganggumu.
  3. Orang bijak yang mengenal diri sendiri dan mampu mengertikan situasi akan meredam amarahnya lalu mengarahkan semangatnya untuk terus berusaha memberikan yang terbaik pada pekerjaan yang dipercayakan untuknya.

Setidaknya manfaatkan iri hati itu untuk membakar perjuagannmu lalu memberikan yang terbaik pada potensi yang sedang di tekuni

Semua kepribadian ini ada, bersiaplah untuk menghadapinya

Pada dasarnya tiga ekspresi yang ditimbulkan oleh kedua sifat ini ada disekitar kita. Orang yang bijak hanyalah mereka yang rajin beribadah dan senang bersosialisasi dengan lingkungannya. Jumlahnya tidak seratus persen. Jadi siap-siap saja diperlakukan tidak baik oleh orang lain karena sikap kita yang sombong.

Disinilah kita memahami bahwa kita tidak sendiri dimana setiap bertindak pasti orang lain bereaksi hampir sepadan dengan aksi yang dilakukan. Ini saya sebut sebagai efek bola karet, apa yang anda buang akan melenting dan kembali kepada anda sendiri sadar/ tidak sadar, cepat/ lambat.

Jangan melindungi diri dari efek bola karet yang anda lakukan sendiri. Misalnya memanggil penguasa untuk menekan orang-orang yang iri itu atau apalah. Melainkan hadapi saja dan jadilah kuat. Yakinlah dimana ada kebenaran disitu ada damai. NB : kecuali mereka melakukan kekerasan yang merugikan.

Hidup ini seimbang pendengki menjadi rintangan untuk tidak sombong

Perlu juga kita ketahui bahwa disekitar kita, ada orang yang memang sudah dari sononya tidak senang melihat sesamanya yang disebut pendengki alias barisan sakit hati. Setelah saya bahas berulang-ulang mengapa orang seperti ini masih saja ada jaman sekarng, akhirnya saya melihat bahwa ini sudah ditakdirkan sejak semula dimana dunia ini diciptakan seimbang. Artinya, mereka-mereka itu ada untuk tujuan keseimbangan agar setiap orang yang dihebatkan tidak menjadi sombong.

Orang bijaksana manahan diri dari hawa nafsu dan berkreasi dalam hidupnya

Jika anda bijak, bebaskan pikiran dari rasa dengki kawan. Sebab menjadi bagian dari barisan sakit hati adalah pikiran kotor yang berpotensi memangkas habis kapasitas otak anda sehingga kosentrasi dan fokus lari ujung-ujungnya anda tidak bisa berinovasi dan berkreasi di kehidupan ini.

Ubahlah rasa iri menjadi semangat yang memotivasi anda untuk lebih giat bekerja dalam bidang masing-masing. Lagipula iri hati membuat hidup tidak tenang dan tidak ada damai. Ditambah lagi energi/ kalori akan terkuras habis untuk itu-itu saja. Artinya, makanan yang dimakan tidak membuat anda terlihat sejahtera.

Selengkapnya, Bagaimana berkonsetrasi dan fokus untuk menjadi kreatif?

Salam revolusi mental

Iklan

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s