Buah Ajaib

15 Cara mencegah bayi lahir cacat – Faktor Penyebab janin mengalami kelainan fisik dan mental – Menjaga generasi selanjutnya untuk masa depan yang lebih baik

Cara mencegah dan menhindari bayi lahir cacat fisik dan mental

Masa kehamilan adalah saat dimana seorang wanita memenuhi kodratnya sebagai ibu. Ini masa-masa yang sangat menantang, calon ibu tidak boleh hanya memikirkan dirinya sendiri melainkan juga harus memberi perhatian khusus terhadap janin yang dikandungnya. Selain menjaga pola makan, mereka juga harus lebih selektif melakukan kebiasaannya dimasa muda dahulu. Tentu saja semuanya ini dilakukan agar buah hatinya kelak lahir dalam keadaan sehat walafiat.

Menjaga generasi selanjutnya untuk masa depan yang lebih baik

Masa depan sangat tergantung dari kualitas kesehatan balita saat ini. Tingkat kecerdasan anak, pola asuh dan kebiasaan hidup orang tua sangat mempengaruhi kehidupan mereka ketika dewasa kelak. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengajar anak-anak di rumah sebab apa yang anda katakan dan lakukan pada mereka saat ini akan terus di bawa dan di kenang hingga dewasa kelak.

Kesehatan ibu sangat mempengaruhi masa depan

Jangan sepelekan kesehatan ibu hamil sebab tingkat kecerdasan bayi di dalam kandungan sangat bergantung pada kesehatannya. Generasi yang cerdas erat kaitannya dengan attitude yang lebih manusiawi sedangkan generasi yang tidak cerdas cenderung menghasilkan orang dengan rasa manusiawi yang rendah dan cenderung lebih kriminal.

Kesehatan ibu hamil sangat penting sebab berhubungan erat dengan kualitas kepribadian generasi berikutnya. Semakin banyak ibu yang melahirkan bayi dengan kelainan fisik/ mental maka semakin tinggi pula tingkat kerumitan sosial dan kriminalitas dimasa depan. Anak-anak dengan kondisi kesehatan mental dan fisik yang terganggu cenderung akan membebani keluarga, membebani lingkungan dan juga membebani negara tentunya.

Kesehatan ayah juga sangat mempengaruhi masa depan

Bukan semata kesehatan ibu yang harus diperhatikan melainkan juga kesehatan sang ayah. Sebab keberhasilan proses pembuahan yang terjadi di tentukan sebanyak 50% oleh sperma sang ayah. Pola hidup ayah yang tidak sehat (misalnya mengkonsumsi rokok, alkohol, narkoba dan lain sebagainya) cenderung menghasilkan sperma yang tidak sehat yang beresiko melahirkan anak dengan cacat fisik/mental.

Faktor penyebab kelainan pada janin

Ada banyak faktor yang mempengaruhi bayi lahir dalam keadaan cacat, salah satu penyebab utamanya adalah kelainan kromosom atau disebut juga sebagai mutasi kromosom. Selengkapnya faktor-faktor yang menyebabkan bayi yang lahir dengan disabilitas fisik dan mental:

  1. Penyakit ibu yang diturunkan
  2. Ibu mengkonsumsi obat berlebih serta bahan kimia berbahaya
  3. Perbedaan darah, misal Resus + dan Resus –
  4. Kekurangan pasokan nutrisi pada saat hamil
  5. Benturan fisik saat hamil
  6. Nilai APGAR (ini menurut orang lain).
  7. Kurang melakukan olahraga.

Pendapat sendiri tentang penyebab kecacatan yang dialami oleh bayi baru lahir

Kita sendiri melihat kelainan pada bayi di zaman yang serba modern/ maju ini lebih cenderung disebabkan oleh gaya hidup orang tua dan lingkungan yang buruk. Berikut penjelasan selengkapnya tentang penyebab mutasi gen dan kromosom yang menentukan kelainan pada bayi baru lahir, berdasarkan teori sendiri :

  1. Kurang mengkonsumsi air putih (dehidrasi)
  2. Kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral (dari buah dan sayur)
  3. Kurang mengkonsumsi rempah-rempah (salah satunya adalah bawang putih sebagai herbal ajaib)
  4. Kurang mengkonsumsi serat pangan khususnya umbi-umbian (serat besar pengaruhnya dalam membersihkan tubuh khususnya sistim pencernaan dari segala macam racun organik maupun kimiawi).
  5. Proses pembuahan yang tidak sempurna yang disebabkan oleh indung telur atau sperma yang tidak sehat.
  6. Mengkonsumsi bahan pangan yang terkontaminasi bahan kimia (pengawet kimia, pewarna buatan, pemanis buatan, pestisida dan lain-lain).
  7. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, menggunakan narkoba dan zat adiktif lainnya.
  8. Penyakit yang disebabkan oleh virus.
  9. Pernikahan saudara dekat (karena bertemunya gen-gen resesif yang merugikan).
  10. Polusi udara oleh gas beracun.
  11. Polusi perairan dan tanah oleh limbah kimia beracun.
  12. Radiasi sinar elektromagnetik (sinar rontgen, sinar UV dan lain-lain).
  13. Radiasi sinar kosmis dari luar angkasa (entah apakah ini mungkin terjadi).

Jumlah DNA dan RNA (gen) setiap makluk hidup berbeda-beda, KHAS dan MUTLAK – Hukum kekekalan jumlah gen dan kromosom

Saya sendiri berpendapat bahwa SUSUNAN DNA dan RNA setiap makhluk hidup bisa BERUBAH-UBAH akan tetapi JUMLAHNYA TETAP kecuali dalam proses pembuahan (meiosis). Hal ini dibuktikan dengan jumlah kromosom manusia yang konstan 23 pasang (46 kromosom). Jumlah kromosom ini sifatnya kekal dan tidak dapat diganggu gugat. Setiap makhluk hidup juga mempunya jumlah kromosom yang berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan perkawinan antara spesies yang berbeda tidak dimungkinkan untuk terjadi.

Mutasi adalah perubahan gan yang senantiasa dialami oleh setiap orang sepanjang hidupnya yang bisa menguntungkan namun dapat juga merugikan. Selama mutasi yang terjadi tidak menimbulkan penambahan dan pengurangan jumlah gen maka selama itu pula mutasi yang terjadi berada pada lingkaran AMAN (tidak menimbulkan kelainan). Akan tetapi apabila mutasi yang terjadi menyebabkan penambahan jumlah gen apalagi kromosom maka hal tersebut akan menyebabkan kelainan/ kecacatan yang sifatnya merugikan, permanen dan diturunkan.

Berikut ini beberapa sindrom yeng menyebabkan kelainan pada bayi baru lahir

Sebenarnya kelainan karena mutasi kromosom di seantero bumi ini begitu banyak macam dan jenisnya namun yang terungkap ke permukaan hanya sebagian kecil saja. Ini disebut dengan “fenomena gunung es”. Berikut sebagian dari sindrom yang dialami anak oleh karena mutasi gen dan kromosom.

1. Cry du chat

Sindrom-cry-du-chat

“Cri du chat” dalam bahasa Prancis berarti “teriakan kucing”, dan kondisi itu dinamakan demikian karena membuat bayi yang terkena menangis bernada tinggi yang terdengar seperti suara seekor kucing. Tangisan ini terdengar segera setelah bayi lahir dan berlangsung selama beberapa minggu, kemudian menghilang. Sindroma ini ditemukan pada 1 diantara 20.000 dan 1 diantara 50.000 bayi. Sindroma Cri Du Chat (Sindroma Tangisan KucingSindroma 5p) disebabkan oleh penghapusan bagian dari lengan pendek kromosom 5. Penyebab terjadinya penghapusan ini tidak diketahui, tetapi pada sebagian besar kasus, diperkirakan penyebabnya adalah hilangnya 1 keping kromosom 5 pada saat pembentukan sel telur atau sperma. Kasus lainnya terjadi karena salah satu orang tua membawa kromosom 5 yang telah mengalami translokasi (penyusunan ulang Individu).

Ciri-ciri:

  • Tangisan bernada tinggi seperti suara kucing
  • Berat badan lahir yang rendah dan pertumbuhan yang lambat
  • Kepalanya kecil (mikrosefalus)
  • Wajah asimetris dan mulutnya tidak dapat menutup rapat
  • Hidungnya lebar
  • Lehernya pendek
  • Hipertelorisme(kedua mata terpisah jauh)
  • Fissura palpebra(mata sipit ke bawah)
  • Mikrognatia(rahang kecil)
  • Letak telinga lebih rendah (mungkin bentuknya juga abnormal)
  • Skin tagdi depan telinga
  • Di sela jari kaki maupun tangan terdapat kulit tambahan (seperti selaput) atau jari-jarinya menyatu – Simian crease(garis tangan pada telapak tangan hanya satu)
  • Keterbelakangan mental
  • Perkembangan kemampuan motoriknya lambat atau tidak lengkap
  • Sering disertai kelainan jantung.

2. Wolf-Hirschhorn syndrome

Kelainan ini disebabkan oleh penghapusan parsial dari lengan pendek kromosom 4. Individu yang mengalami kelainan Wolf-Hirschhorn syndrome memiliki ciri-ciri terhambatnya pertumbuhan, keterbelakangan mental yang mendalam, dan fitur wajah yang khas dengan luas hidung datar dan dahi yang tinggi.

3. Jacobsen syndrome

Sindrom-jacobsen

Sindrom Jacobsen, juga dikenal sebagai gangguan penghapusan terminal kromosom 11q. Hal ini dapat menyebabkan cacat intelektual, penampilan wajah yang khas, dan berbagai masalah fisik termasuk cacat jantung. Sindrom ini pertama kali diidentifikasi oleh dokter Denmark Petra Jacobsen, dan diyakini terjadi pada sekitar 1 dari setiap 100.000 kelahiran. Sindrom ini merupakan gangguan yang sangat langka.

4. Sindroma Down (trisomi-21)

Sindrom-down

Trisoma 21 atau yang disebut sindroma Down adalah kelainan kromosom yang paling sering terjadi dengan frekuensi 1 dari 700 bayi lahir dan bahkan lebih sering terjadi pada ibu yang hamil pada usia (>35 tahun). Pada penderita sindroma Down terdapat tiga untai kromosom 21. Jumlah kromosom 21 yang berlebih ini mengakibatkan gejala-gejala seperti retardasi mental, kelainan jantung bawaan, berat badan bayi yang kurang normal, pendengaran dan penglihatan berkurang, otot-otot melemah (hipotonia) dan kecenderungan menderita kanker sel daerah putih (leukemia).

Ciri-ciri:

  • IQ rendah
  • Tubuh pendek (sekitar 120 cm)
  • Kepala lebar dan pendek
  • Wajah membulat
  • Kelopak mata memiliki lipatan epikantus mirip orang ‘oriental’
  • Mata sempit miring ke samping
  • Bibir tebal, mulut selalu terbuka,
  • Lidah besar dan menjulur, liur selalu menetes
  • Gigi kecil-kecil dan jarang
  • Telapak tangan menebal
  • Jari pendek dan gemuk terutama kelingking
  • Umumnya steril
  • Formula kromosom :
    Perempuan = 47,XX, +21
    Laki-laki = 47,XY, +21

5. Sindroma Trisomi-18 (Sindroma Edward’s)

Sindrom-edwards

Trisomi 18 atau sindroma Edward disebabkan oleh adanya 3 untai kromosom 18 pada tiap sel penderita. Berlebihnya jumlah kromosom 18 ini jarang terjadi dengan frekuensi 1 dari 1500 bayi yang lahir dan gejalanya adalah retardasi mental berat, gangguan pertumbuhan, ukuran kepala dan pinggul yang kecil, dan kelainan pada tangan dan kaki.

Ciri Kelainan pada banyak alat tubuh :

  • Telinga rendah
  • Rahang bawah rendah
  • Mulut kecil
  • Tuna mental
  • Ginjal dobel
  • Tulang dada pendek
  • Hanya dijumpai pada anak2, pada dewasa tidak pernah karena mengakibatkan kematian

6. Sindroma Turner

Sindrom-turner

Sindrom Turner (disebut juga sindrom Ullrich-Turner, sindrom Bonnevie-Ullrich, sindrom XO, atau monosomi X) adalah suatu kelainan genetik pada wanita karena kehilangan satu kromosom X. Wanita normal memiliki kromosom seks XX dengan jumlah total kromosom sebanyak 46, namun pada penderita sindrom Turner hanya memiliki kromosom seks XO dan total kromosom 45. Hal ini terjadi karena satu] kromosom hilang saat nondisjungsi atau selama gametogenesis (pembentukan gamet) atau pun pada tahap awal pembelahan zigot.

Ciri-ciri:

Wanita dengan sindrom Turner akan memiliki ciri-ciri:

Ciri-ciri fisik :

  • Kelenjar kelamin (gonad) yang tidak berfungsi dengan baik dan dilahirkan tanpa ovari atau uterus. Apabila seorang wanita tidak memiliki ovari maka hormon estrogen tidak diproduksi dan wanita tersebut menjadi infertil. Namun, apabila seorang penderita sindrom Turner memiliki sel normal (XX) dan sel cacat (sindrom Turner/XO) di dalam tubuhnya, maka ada kemungkinan wanita tersebut fertil. Wanita dengan keadaan demikian disebut mosaikisme (mosaicism).
  • Bertubuh pendek,
  • Kehilangan lipatan kulit di sekitar leher,
  • Pembengkakan pada tangan dan kaki,
  • Wajah menyerupai anak kecil, dan dada berukuran kecil.
  • Beberapa penyakit cenderung menyerang penderita sindrom ini, di antaranya adalah penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal dan tiroid, kelainan rangka tulang seperti skoliosis dan osteoporosis, obesitas, serta gangguan pendengaran dan penglihatan.
  • Pada bayi tampak kecil,
  • Kaki dan tangan bengkak karena edema limfe,
  • Pterygium colli (kelebihan kulit leher),
  • Batas rambut belakang rendah,
  • Pada dewasa bentuk badan pendek, dan
  • Amenorrhea karena ovarium yang sangat kecil.
  • Formula kromosom 45,XO

Ciri karakteristik mental

  • Sebagian besar penderita sindrom ini tidak memiliki keterbelakangan intelektual, namun dibandingkan wanita normal, penderita memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menderita keterbelakangan intelektual
  • Kesulitan dalam menghafal, mempelajari matematika,
  • Kemampuan visual pemahaman ruangnya rendah.
  • Perbedaan fisik dengan wanita normal juga membuat penderita cenderung sulit untuk bersosialisasi.

7. Sindroma Klinefelter

Berikut ini ciri-ciri dari penderita sndrom klinefelter

Ciri-ciri fisik

  • Penderita pria dengan ciri seperti wanita :
  • Tumbuhnya payudara
  • Pertumbuhan rambut kurang
  • Lengan dan kaki ekstrim panjang sehingga seluruh tubuh nampak tinggi
  • Suara tinggi seperti wanita
  • Testis kecil
  • Genitalia eksterna tampak normal tetapi spermatozoa biasanya tidak dibentuk sehingga individu bersifat steril
  • Formula kromosom : 47,XXY

Ciri karakteristik kepribadian

  • Agresif
  • Suka berbuat jahat serta melanggar hukum
  • Abnormalitas pada alat genitalia luar dan dalam, namun tidak menimbulkan anomali pada tubuh

8. Sindrom patau

 

Sindrom-patau

Sindrom ini terjadi jika pasien memiliki lebih satu kromosom pada pasangan kromosom ke-13 karena tidak terjadinya persilangan antara kromosom saat proses meiosis. Beberapa pula disebabkan oleh translokasi Robertsonian. Lebih satu pada kromosom ke-13 mengganggu pertumbuhan normal bayi serta menyebabkan munculnya tanda-tanda Sindrom Patau.

Ciri-ciri :

  • Kepala kecil,
  • Bibir sumbing,
  • Mata kecil,
  • Tuli,
  • Polidaktili,
  • Rumbing celah-celah langit,
  • Dapat terjadi pada wanita atau pria,
  • Memiliki kelainan otak, jantung, ginjal, usus dan
  • Mengalami keterbelakangan mental.

9. Stickler Syndrome

Stickler-Syndrome

Syndrome Stickler adalah sekelompok kelainan genetik yang mempengaruhi jaringan ikat, khususnya kolagen . Ciri-ciri penderita syndrome ini adalah :

  • Orang dengan sindrom ini memiliki masalah yang mempengaruhi hal-hal lain selain mata dan telinga.
  • Arthritis, kelainan untuk ujung tulang panjang, kelainan tulang belakang, kelengkungan tulang belakang, scoliosis, nyeri sendi, dan jointedness ganda semua masalah yang dapat terjadi di tulang dan sendi.
  • Karakteristik fisik orang dengan Stickler dapat mencakup pipi datar, jembatan hidung datar, rahang atas kecil, alur diu capkan bibir atas, rahang bawah kecil, dan kelainan langit-langit, ini cenderung untuk mengurangi dengan usia dan pertumbuhan normal dan kelainan langit-langit bisa diobati dengan operasi rutin

10. Sindrom Super Femal

Sindrom Triple-X adalah satu jenis variasi kromosom disebabkan oleh perwujudan 3 kromosom X (trisomi) dalam gamet. Penderita mempunyai fenotip perempuan. Sindrom Triple-X terjadi terjadi akibat abnormalitas pembelahan kromosom menjadi gamet semasa meiosis. Kariotip penderita sindrom Triple-X mempunyai 47 kromosom

  • Individu ini jelas mempunyai fenotip perempuan, tetapi pada umur 22 ia mempunyai alat kelamin luar seperti kepunyaan bayi.
  • Alat kelamin dalam dan payudara tidak berkembang dan ia sediit mendapat gangguan mental.
  • menstruasi sangat tidak teratur.

Penelitian Jacobs pada seorang pasien perempuan berusia 37 tahun menyatakan

  • adanya menstruasi yang sangat tak teratur,
  • ovarium dalam keadaan seperti menopause,
  • pemeriksaan mikroskopis dari ovarium menunjukkan kelainan pada pembentukan folikel ovarium. Dari 63 sel yang diperiksa terdapat 51 sel yang memiliki 47 kromosom dimana kromosom yang berlebih ialah kromosom-X.
  • Tes kromatin seks menunjukkan bahwa pasien mempunyai 2 buah kromatin seks.
  • Penderita lebih tinggi dari perempuan pada umumnya tetapi berat badan penderita tersebut tidak sebanding dengan tingginya.

11. ACA Syndrome

Penyakit darah kental atau sindrom ACA atau sering juga dikenal dengan sindrom hughes sesuai dengan nama penemunya, merupakan sebuah penyakit autoimun dimana tubuh memproduksi antibodi yang menyerang bagian tubuh sendiri. Sindrom ACA sendiri merupakan indikasi dari APS (antibody antiphospholipid syndrome) yaitu kekurangan cairan dalam darah yang menyebabkan mudahnya terjadi perlekatan antar trombosit yang menyebabkan darah membeku (thrombosis).

Angka ACA sering dipakai untuk mengindikasikan adanya sindrom ini ketika dilakukan pemeriksaan serologi darah. Seseorang dikatakan terkena ACA positif pada saat nilai ACA > 20 MPL.

  • Pusing yang berlebihan
  • Migren yang berulang
  • Vertigo
  • Biru-biru pada kulit dan ujung jari,
  • Penurunan daya ingat
  • Tuli sesaat
  • Pada ibu hamil terjadi mual dan pusing yang berlebihan, dan gejala ekstrimnya adalah keguguran berulang

Sumber :

  • blogspot.com
  • wordpress.com
  • pasekrenti.heck.in

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa cukup banyak kelainan pada anak yang sebabkan oleh berbagai faktor genetik yang sifatnya diturunkan. Ini hanya “fenomena gunung es” dimana angka kejadian yang sebenarnya lebih luas dan lebih banyak. Selain itu dapat kita lihat pula bahwa sebagian besar yang menderita kecacatan ini mandul. Bahkan dari teori sebelumya tentang HUKUM KEKELAN JUMLAH GEN DAN KROMOSOM membuat saya semakin menyadari bahwa ketika jumlah kromosom ayah dan ibu tidak sama mustahil terjadi pembuahan. Jadi saya berpikir, setiap penderita dengan kelainan jumlah kromosom mengalami infertilitas. Teori ini masih butuh pembuktian secara invitro di laboratorium.

12. Dan masih banyak lagi

Kelahiran bayi dengan disabilitas sebenarnya sangat banyak macam dan ragamnya. Ini hanyalah fenomena gunung es saja yang dilaporkan lebih kecil jumlahnya daripada angka kejadian yang sesungguhnya. Oleh karena itu, ada baiknya jikalau setiap ibu mengetahui dan mewaspadai penyebabnya.

Ciri-ciri janin yang mengalami disabilitas fungsi organ dan mental

Adalah baik bagi seorang ibu untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter kandungan yang ahli pada bidangnya tentang hal ini. Berkunjung ke tempat prakteknya secara rutin untuk mengetahui kesehatan fisik dan mental janin anda. Teknologi kedokteran modern telah mengalami perkembangan pesat untuk mendeteksi adanya gejala ini sejak dini. Biasanya keadaan bakal anak tersebut diketahui lewat proses USG. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui kondisinya maka semakin cepat pula keputusan yang hendak ditempuh oleh keluarga.

Cara mencegah bayi lahir cacat mental dan fisik

Seperti saya sampaikan sebelumnya bahwa kesehatan keluarga saat ini membawa pengaruh besar bagi kehidupan dimasa depan. Setelah menyadari teori tentang hukum kekekalan jumlah gen dan kromosom, saya menjadi ragu tentang prevelensi penderita sindrom diatas (yang sudah di warnai merah). Ini bukan sebuah tetapan dimana mutasi kromosom dianggap sebagai sesuatu yang lazim terjadi. Mutasi kromosom sifatnya sangat ekstrim mustahil disebabkan karena kesalahan dalam proses mitosis dan meiosis. Sebab tubuh kita memiliki sistim kerja yang rumit, selektif, terkoordinasi secara baik dengan tingkat presisi dan akurasi yang baik pula. Bahkan bila diumpamakan sebagai robot maka kita adalah robot paling sempurna mustahil terjadi kesalahan yang begitu besar. Saya yakin bahwa ini lebih disebabkan oleh faktor ekternal seperti yang disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu setiap orang tua baik suami dan istri wajib menjaga pola hidup dan pola makannya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Jaga asupan air.

    Pastikan anda mengkonsumsi air yang bebas dari zat pencemar dan bahan kimia berbahaya. Minum air minimal 2 – 2.5 liter (10 – 13 gelas) perhari.

  2. Konsumsi makanan yang seimbang.

    Ada baiknya jika seorang ibu hamil memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi sudah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Tidak baik makan berlebih namun aktivitas kurang tetapi tidak baik juga jika jumlah makanan kurang sedangkan aktivitas berlebihan. Harus ada keseimbangan antara input dan output.

  3. Konsumsi sayuran berwarna.

    Pastikan untuk mengkonsumsi sayuran setiap harinya. Pertahankan kebiasaan hidup sehat alami hari lepas hari.

  4. Tidak lupa dengan buah-buahan.

    Mengkonsumsi buah setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu (tiap hari justru lebih baik). Salah satu yang terbaik adalah jeruk nipis. Selengkapnya Khasiat dahsyat jeruk nipis yang murah dan mudah didapatkan disekitar anda.

  5. Herbal rempah.

    Senantiasa tambahkan rempah-rempah sebagai herbal ajaib dalam masakan anda salah satunya adalah bawang putih, bawang merah dan jahe. Selanjutnya, Herbal untuk kesehatan luar dalam

  6. Garam juga penting.

    Kami menyarankan bunda untuk memperhatikan asupan garam harian. Sebab senyawa elektrolit ini sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan daya tahan tubuh anda. Tahukah anda bahwa air ketuban itu mengandung garam isotonik? NaCl juga dapat menyehatkan kulit ibu dan bayinya juga. Simak juga, Garam mineral panjang umur

  7. Vacum cleaner nabati.

    Konsumsi umbi-umbian setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat segala macam racun dan residu bahan kimia dari dalam pencernaan anda. Contohnya ubi jalar, ubi kayu, talas, sagu dan lain sebagainya.

  8. Telitilah dalam memilih bahan pangan.

    Kenali lebih awal panganan yang mengandung bahan kimia berbahaya (misalnya, pengawet, pewarna, pemanis dan pestisida dalam makanan). Pelajari pula Cara mengenali makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya

  9. Hindari terlalu sering jajan di luar.

    Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan fast food/ junk food. Sebab proses pembuatan makanan seperti ini belum diketahui dengan jelas oleh ibu. Mengkonsumsi makanan dan minuman buatan sendiri adalah lebih terjamin kehigienisannya mulai dari proses pemilihan, pengolahan dan penyajian.

    Ibu hamil sebaiknya membatasi diri untuk jajan diluar seperti mengkonsumsi makanan pabrikan (baik dalam kaleng maupun plastik). Sebaiknya menjauhkan diri dari makan dan minuman ini untuk sementara waktu.

  10. Pernikahan saudara tidak baik.

    Hindari pernikahan dengan saudara dekat (karena bertemunya gen-gen resesif yang merugikan).

  11. Memakai masker saat udara kotor (lingkungan tercemar).

    Gunakan masker saat berkendara atau berada di luar rumah terutama saat udara disekitar anda kotor & berdebu.

  12. Rutin berolahraga.

    Olahraga sangat menentukan proses persalinan bunda kelak. Ini juga turut mempersiapkan otot panggul dan rahim ibu agar lebih siap menghadapi tekanan, pergangan dan pelebaran. Salah satu senam bagi bunda yang hamil muda untuk mempermudah proses persalinan kelak adalah senam kegel dan senam jongkok.

  13. Berkonsultasi dengan ahlinya.

    Jaga kesehatan ibu dengan melakukan medical check up ke dokter kandungan secara rutin.

  14. Tinggalkan kebiasaan buruk.

    Hentikan kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, menggunakan narkoba dan zat adiktif lainnya.

  15. Jangan mengunjungi laboratorium ilmu pengetahuan yang memancarkan radiasi.

    Hindari paparan radiasi sinar elektromagnetik dengan tidak mengunjungi instalasi labolatorium kimia, fisika, radiologi dan lembaga penelitian tingkat tinggi lainnya.

Baik istri maupun suami hendaknya saling menjaga kesehatan masing-masing sehingga kelarga semakin sehat dan menghasilkan anak-anak yang cerdas yang bebas dari berbagai macam sindrom. Masa depan bangsa ini berada di tangan kita masing-masing. Oleh karena itu ayo “Back to nature”, sehatkan keluarga untuk Indonesia yang lebih baik.

Salam luar biasa.

Iklan

2 replies »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s