Gejolak Sosial

+11 Cara Menghilangkan & Penyebab Rasa bosan – Jenuh Mengajari Kita Untuk Bersabar dan Lebih Kuat

Cara Menghilangkan & Penyebab Rasa bosan – Jenuh Mengajari Kita Untuk Bersabar dan Lebih Kuat

Perjalan kehidupan di dunia ini penuh dengan lika-liku persoalan. Tidak hari ini, mungkin besok, tidak besok, mungkin minggu depan, tidak minggu depan, mungkin bulan depan dan seterusnya. Ada banyak persoalan yang harus diselesaikan oleh diri sendiri. Jangan kuatir teman, tidak ada yang namanya jalan buntu. Istilah kata orang “Ada banyak jalan ke Roma”. Lagi pula semua masalah yang terjadi mendatangkan kebaikan bagi kehidpan kita yakni pengalaman dan kedewasaan.

Sumber masalah

Jadi sekarang tergantung bagaimana cara kita menanggapi segala sesuatu. Ingatlah bahwa tidak ada cobaan yang begitu berat sehingga mustahil untuk di cari jalan keluarnya. Ada dua sumber masalah dalam hidup ini, yakni dari diri sendiri dan dari orang lain. Pada bagian ini kita akan membahas tentang suatu rasa dalam hati yang mungkin tidak dirasakan oleh orang lain terkecuali kita mengungkapkannya yakni merasa jenuh.

Pengertian

Bosan adalah keadaan disaat hati/ pikiran mencapai titik jenuh karena terpapar dengan sesuatu yang terjadi berulangkali (lebih dari 3 kali). Keadaan ini terkadang tidak dirasakan oleh orang lain kecuali dia hadir dan turut merasakan situasi yang sedang terjadi. Keadaan ini biasanya terjadi di tempat umum seperti di ruang kelas/ kuliah, taman, jalanan, dan publik space lainnya.

Bosan tidak terasa jika tujuannya menyenangkan

Saya sendiri dahulu suka jenuh sama yang namanya menunggu. Baik itu menunggu dosen masuk ruang kuliah, menunggu antrian di teller bank, menantikan teman yang sedang sibuk bekerja, menantikan seseorang untuk berangkat ke suatu tempat. Dari semua penantian yang saya alami hanya menantikan giliran tiket di bioskop yang tidak membuat saya bosan.

Dari kejadian ini kita bisa belajar bahwa lebih enak dan lebih nyaman rasanya saat apa yang dinantikan adalah sesuatu yang menyenangkan. Begitu juga dengan kawan-kawan yang lainnya. Mereka lebih betah berlama-lama menunggu pacar yang sedang belanja daripada menunggu kakaknya (saudara perempuannya) belanja. Apabila kita mencintai sesuatu pasti kita tidak pernah bosan. Coba kalau rasa itu sudah pergi, pasti bawaannya ngembek dan marah melulu. Milikilah rasa itu teman!

Macam-macam kejenuhan berdasarkan objeknya

Perasaan bosan itu mencakup banyak hal, Berikut akan saya paparkan bentuk-bentuk kebosanan yang dialami oleh seorang manusia.

  1. Jenuh pada benda yang ada disekitar kita
  2. Jenuh pada makhluk hidup lainnya disekitar kita, termasuk manusia.
  3. Jenuh yang sifatnya tidak objektif (tidak menekankan hanya pada objek tertentu) melainkan lebih kepada situasi yang sedang berlangsung.

Faktor yang mempengaruhi kejenuhan seseorang

Rasa ini sifatnya sangat relatif dimana tingkat kebosanan seseorang itu berbeda-beda. Alasan yang menegaskan kebosanan terkadang tidak dapat di jelaskan dengan kata-kata. Rasa ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang berupa :

  1. Itu-itu saja.

    Pengalaman yang berulang-ulang akan membentuk sikap, bisa semakin boring dan bisa juga semakin betah berlama-lama.

  2. Situasi pikiran.

    Suasana hati sedang galau (sedih, gundah, gulana). Suasana hati yang sedang tidak enakan  membuat kita cepat bosan atau lebih tepatnya jengkel dimana konsentrasi mudah pecah sebab pikiran lari kemana-mana.

  3. Tidak suka, lagi ilfil.

    Lagi tidak senang karena sesuatu. Jika kita sedang membenci apa yang sedang dikerjakan niscaya kita mudah jenuh terhadapnya. Perbaiki perasaan anda, lupakan masa lalu dan hilangkan kebencian dalam hati.

  4. Fasilitas yang tidak memadai.

    Jika sekeliling nyaman untuk ditempati pasti tetap santai saat sedang menghadapi sesuatu sehingga kebosananpun pergi.

  5. Kemampuan mengendalikan amarah.

    Mereka yang suka marah dengan situasi akan cenderung lebih cepat bosan lalu mengeluh bahkan marah-marah juga.

  6. Aktivitas yang dilakukan.

    Mereka yang mengerjakan pekerjaan kecil yang menyenangkan lebih mampu untuk menepis kebosanan yang hadir. Contoh kecil saja membaca (Kitab Suci adalah pilihan terbaik).

  7. Tidak ada kerjaan.

    Apabila kita hanya duduk dan menanti yang tak pasti niscaya rasa jenuh itu terus ngetam dalam pikiran ini. Jadi lakukanlah sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bila perlu bagi orang lain untuk membuat rasa itu menjadi angin yang akan berlalu.

  8. Kebiasaan bersungut-sungut.

    Tahukah anda jika terlalu sering mengeluh maka akan muncullah yang namanya rasa jenuh. Oleh karena itu hiduplah dalam rasa bersyukur yang penuh teman.

Rasa bosan akan mengajari anda untuk lebih sabar dan kuat menjalani hidup

Ketika kebosanan terjadi terus menerus maka rasa ini akan tertelan oleh dorongan untuk marah-marah atau lebih sabar. Saat rasa bosan bergandengan tangan dengan kebencian niscaya dua sejoli ini akan membuat anda dipenuhi dengan amarah yang suatu saat tidak terkendali dan akan meledak. Akan tetapi apabila perasaan ini diikuti oleh kemauan untuk bersabar dan tetap dijalani secara positif niscaya kita akan menjadi orang yang lebih kuat.

Cara efektif mengatasi  rasa bosan

Berikut ini cara praktis menghilangkan kebosanan yang munculnya kadang tidak dapat disangka-sangka.

  1. Kondisi tubuh fit.

    Saat kita menantikan sesuatu dibutuhkan kondisi badan yang sehat luar dalam agar secara fisik dan mental kita tahan berlama-lama. Selain berhubungan dengan pola makan, tetap tidak lupa berolahraga.

  2. Persiapan matang.

    Anda harus membuat rencana ketika akan menghadapi sebuah situasi yang beresiko membuat bosan. Persiapkan persedian yang cukup membantu aktivitas positif untuk mengisi waktu.

  3. Menjadi bahagia.

    Sadarilah teman, jika anda berbahagia, kondisi apapun dapat dilalui dengan semangat. Bahagia dimulai dari merasa cukup dengan apa yang sudah anda miliki lalu diiringin mengucap syukur atas semuanya itu kepada Yang Maha Kuasa. Baca juga teman, Tips & trik menjadi bahagia yang sederhana

  4. Mencintai apa yang ditekuni.

    Apabila kita menyukai apa yang sedang dihadapi, selama apapun dan sejengkel apapun orang lain terhadapnya, kita tetap sabar menanti. Seperti seorang fans yang rela mengantri berjam-jam demi bertemu artis idamannya. Cintailah segala keputusan dan tindakan anda dalam pekerjaan yang dilakukan.

  5. Tetap santai dan tenang dalam segala sesuatu.

    Ambil posisi yang membuat anda nyaman agar semakin betah berlama-lama. Usahakan untuk tetap tenang dalam bersikap dan pastikan pikiran tetap positif dan jauh dari hal-hal yang kotor/ buruk. Sikap tenang dan santai ini perlu dilatih, yang penting hindari sikap yang terburu-buru.

  6. Lakukan pekerjaan kecil yang menyenangkan.

    Ini adalah salah satu teknik umum yang digunakan oleh banyak orang. Mereka melakukan aktivitas kecil yang menyenangkan sambil menunggu sesuatu. Seperti membaca, bermain, otak-atik gadget, ngemil sesuatu (bon-bon).

  7. Menikmati suasana dan menikmati hidup.

    Nikmati segala kondisi yang anda hadapi. Jangan ada perasaan jengkel melainkan terima saja kenyataan teman. Beberapa orang hanya berdiam diri saja dan mencoba menyesuaikan diri dengan sitasi yang sedang terjadi bahkan bila perlu berbaur dengan orang-orang disekitar (berkomunikasi). Nikmati penghasilan anda teman (uang) tapi bukan juga berarti anda harus merogoh tabungan untuk itu melainkan nikmati apa adanya saja.

    Berikutnya khusus untuk kebosanan yang sifatnya kronis (berlangsung lama, menahun)

  8. Mensyukuri semua nikmat yang telah diterima.

    Sungguh banyak berkat yang telah anda terima selama ini kawan. Jika tidak, andapun tidak mungkin bisa sebesar dan sehebat ini. Oleh karena itu mulai lihatlah berbagai nikmat yang telah anda miliki dahulu maupun yang sedang anda nikmati hari ini. Ada begitu banyak hal-hal kecil yang mendatangkan kesempatan yang besar, jelilah melihat situasi seperti itu. Sebab hal-hal kecil yang anda alami mengawali sesuatu yang besar kelak. Oleh karena itu syukuri segala sesuatu yang terjadi dalam hidup anda.

    Jangan biarkan sungut-sungut dan keluh kesah meracuni pikiran anda. Ini adalah awal ketidakpuasan yang akan menggiring anda pada rasa bosan yang tidak akan pernah berakhir. Oleh karena itu bersyukurlah selalu.

  9. Mengembangkan diri.

    Khusus untuk mengatasi rasa bosan yang sifatnya kronis. Anda perlu menemukan, melakukan bahkan bertekun pada hal-hal yang bersifat positif untuk kebaikan diri sendiri. Yang namanya mengembangkan diri itu dimulai dari :
    pikiran,
    perkataan dan
    perbuatan.
    Ini juga dapat berwujud pada keinginan untuk mencari informasi sebagai sumber referensi untuk membuat hidup lebih baik salah satunya dengan membaca buku, media masa, media online dan lain-lain.

  10. Menggali potensi.

    Temukan hobimu dan kembangkan itu teman. Apa kegemaranmu yang membuat anda senang dan tentu saja bermanfaat bagi kehidupan. Hati-hati juga soal hobi ini, jangan sampai kegemaran kita merusak kehidupan orang lain seperti mencuri, usil, jahil dan lain sebagainya.
    Ubah kegemaran itu menjadi sesuatu yang bermanfaat positif bagi kehidupan orang lain inilah yang namanya pasion (panggilan hidup),

  11. Menjadi orang yang bermanfaat bagi yang lainnya.

    Pertama-tama bagi orang tua dan keluarga. Jika dimungkinkan juga buat sahabat dan orang-orang disekitar kita.

  12. Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

    Ini bagian yang sangat penting, tanpa Tuhan bagaimana kita menemukan dan melakukan semua hal yang baik itu. Sadarilah bahwa dimana ada Tuhan disitu ada kebaikan walau kadang itu ada tantangang, harus diperjuangkan.

    Keterangan : Untuk bagian terakhir ini (8 – 11) dibutuhkan saat menunggu tahapan kehidupan. Sulit memang jikalau kita sedang menantikan pemanggilan oleh HRD perusahaan (menunggu dipekerjakan orang lain). Seperti orang yang sedang harap-harap cemas. Selama masa-masa inilah anda jangan menyia-nyiakan waktu dengan percuma. Cari informasi yang lebih banyak, kembangkan potensi anda bahkan bila perlu ikuti pelatihan/ training yang diadakan oleh lembaga informal terpercaya dan lain-lain. Intinya adalah anda jangan pasif disaat seperti ini melainkan terus benahi diri, tambah pengetahuan dan kembangkan wawasan.

Apakah anda jenuh dengan hidup ini?

Mungkin anda jenuh dengan pasangan, jenuh dengan sikap orang tua. Jenuh dengan sikap sahabat-sahabat anda bahkan jenuh dengan diri sendiri. SEKALIPUN DEMIKIAN – Jangan pernah bosan hidup teman! Sebab dalam dunia ini ada masa dimana kita mengalami stagnasi (hidup begitu-begitu aja). Mulailah belajar untuk menerima segala sesuatu yang terjadi. Bangun komunikasi yang harmonis kepada lebih banyak orang. Kembangkan wawasan dan cari informasi sebisa mungkin. Nikmati hidup anda lalu berlaku jujur dan benar dalam bersikap. Sebab masih ada harapan bagi orang-orang yang yakin dan berjuang untuk kehidupannya….

Cara agar tidak bosan hidup

Kebosanan dalam hidup ini adalah fatamorgana. Mari belajar dari alam dan katakan pada pohon “apakah ia pernah merasa jenuh?” atau tanyakan pada hewan peliharaan anda “pernahkah ia kepikiran (walau sekali saja) untuk merasa bosan?“. Mari belajar dari lingkungan sekeliling kita teman. Lihatlah makhluk hidup yang lebih rendah saja tidak pernah mengalami perasaan ini. Kebosanan terkadang muncul karena keinginan kita yang terlalu tinggi dan tidak kunjung kesampaian.

  1. Dalam banyak kesempatan tetap fokus kepada Tuhan.

  2. Perbaiki mindset – merasa cukuplah.

  3. Refresh pikiran saat rasa jenuh itu datang.

  4. Nikmati hidup ini.

  5. Jangan sering-sering (terlalu) menikmati materi.

  6. Lakukan secara bergantian (selang-seling).

  7. Hindari mengambil kesenangan dan kenikmatan dunia menjadi milik pribadi.

  8. Cari tahu dan kembangkan bakatmu.

  9. Bekerjalah dan sibukkan dirimu sobat.

  10. Tidak lupa juga untuk memberi manfaat kepada orang lain.

  11. Ada waktunya untuk berdiam diri sembari tetap fokus kepada Tuhan.

    Silahkan baca lengkap, Rahasia anti bosan adalah fatamorgana

Salam perubahan untuk hidup yang lebih baik!

Iklan

4 replies »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s