Keluarga

8 Cara Membuat Tanaman Berbuah Banyak, Besar & Manis – Teknik alami, murah dan mudah untuk dilakukan

Setiap petani menanam sesuatu pasti ada maksud dan tujuannya. Mungkin hendak diambil kayunya (batangnya), daun, buah, umbi dan lain sebagainya. Tidak ada tumbuhan yang ditanam tanpa maksud tertentu oleh pemiliknya. Terkecuali untuk jenis tanaman yang tumbuh sendiri setelah disebar oleh angin, air atau hewan lainnya. Sekalipun demikian semua pohon memiliki peran penting dalam proses pembersihan lingkungan udara dari polusi. Atau setidak-tidaknya turut menahan erosi dan mencegah longsornya tanah di daerah tersebut.  Kita harus mengakui bahwa mereka adalah makhluk hidup terkuat di bumi ini.

Pemanfaatan tumbuhan di lingkungan sekitar

Selama bumi masih terawat maka selama itu pulalah dunia ini sebagai perusahaan terbesar sepanjang masa dengan semua jenis tumbuhan, hewan dan manusia di dalamnya. Bijaklah dalam memanfaatkan semuanya itu, hindari sikap serakah, dan usahakan keberlangsungan produksinya dari tahun ke tahun (untuk generasi berikutnya). Sepengetahuan kami semua hal yang dihasilkan oleh bumi ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Berdasarkan bagian tanaman yang dimanfaatkan

  1. Buah.
  2. Bunga.
  3. Daun
  4. Pokok batang.
  5. Getah
  6. Akar
  7. Umbi

Berdasarkan cara memanfaatkannya, dibedakan atas:

  1. Sebagai minuman.
  2. Makanan.
  3. Cemilan.
  4. Obat Tradisional.
  5. Hiburan/ permainan.
  6. Bahan bangunan & perabotan.
  7. Penjaga lingkungan dari erosi, tanah longsor, polusi dan banjir.

Bukan hanya manusia, tanaman juga butuh makan dari unsur hara yakni mineral dalam tanah

Sadar atau tidak setiap makhluk hidup di dunia ini pasti dapat menghasilkan sesuatu untuk dapat dinikmati bersama. Setidak-tidaknya oleh keluarga sendiri atau dalam kelompok kecil. Asal saja semua dapat jatah makanan yang bernilai gizi seimbang. Kemampuan untuk menghasilkan ini berlaku juga untuk jenis tanaman tertentu, seperti pohon durian, nagka, apel, duku, rambutan, sirsak, pepaya, salak, jeruk manis dan tanaman merambat seperti semangka, melon, mentimun, juga tanaman palawija, cabai, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe dan lain sebagainya. Jika semuanya memperoleh unsur hara yang mencukupi (baik makro maupun mikro) niscaya akan menghasilkan buah pada musimnya.

Ketelatenan, ketekunan dan kerja keras dibutuhkan dalam bercocok tanam

Tanaman yang sehat dan berkualitas baik diperoleh dari ketelatenan mulai dari saat pengolahan tanah, pemilihan bibit unggul, penyemaian, perawatan dan pemberian pupuk hingga akhirnya menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan. Cara yang tepat guna dan tidak merusak lingkungan mulai dari awal hingga akhir menuai sangat menentukan bobot (kuantitas) dan kualitas yang dihasilkan. Tidak ada sistem cepat (instan) melainkan harus dilakukan dengan sabar dan bertekun dalam kerja keras. Oleh sebab itulah mengapa rata-rata petani adalah orang yang kuat (sabar) dalam menjalani hidup.

Kemampuan garam memperbesar dan mempermanis buah

Garam adalah unsur makro yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk melanjutkan umurnya di bumi ini. Manusia saja butuh garam terlebih lagi tumbuhan yang jagonya mengubah bahan anorganik (kimia) menjadi organik (alami). Selain itu, mikroorganisme di dalam tanah membutuhkannya juga sebagai bioaktivator untuk membusukkan bahan organik menjadi mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, pembungaan, dan pembuahan sehingga bahan ini diyakini oleh banyak orang sebagai pemanis dan turut membuat buah berukuran maksimal. Oleh karena itu, alangkah baiknya dalam pengolahan tanah dicampurkan dengan bahan organik (sisa-sisa tumbuhan dan kotoran binatang) sebagai makan buat kuman pembusuk.

Selengkapnya, Cara alami menyuburkan tanah

Cara alami membuat buah manis dan besar

Kami akan mencoba melakukan sebuah teknik sederhana, alami, mudah dan murah dalam bercocok tanam sehingga tanaman yang dimaksud menghasilkan buah dengan ukuran maksimal dan rasa yang manis.

  1. Mengolah tanah dengan benar.

    Tidak dengan cara membakar lahan, pemberian pupuk kimia atau yang lainnya. Melainkan dengan memanfaatkan rerumputan yang tumbuh disitu untuk di daur ulang sendiri dengan cara mencampurkannya dengan tanah. Rumput atau tanaman lainnya yang dicampurkan dengan tanah bermanfaat sebagai makanan bakteri untuk kemudian dijadikan sebagai mineral yang kaya dengan unsur hara baik makro ataupun mikro.

    Selanjutnya, Cara alami memutar tanah

  2. Pemberian pupuk kandang

    Ssangat dianjurkan tapi terlebih dahulu dicampur dengan garam agar pH-nya yang alkali (basa) menjadi netral sehingga benih dapat langsung ditaburkan.

  3. Memilih bibit unggul.

    Setiap petani memiliki tekni tersendiri untuk memilih bibit yang benar-benar berkualitas atau bisa juga membeli bibit unggul komersial yang di jual di toko-toko pertanian di daerah anda.

  4. Tidak lupa untuk merawatnya, disiangi dari rumput liar.

    Merupakan pekerjaan rutin bagi seorang yang profesinya bertani. Proses ini memakan waktu yang cukup lama tergantung dari luas lahan yang dimiliki.

  5. Rumput yang dihasilkan disekitarnya jangan di bakar ataupun dibuang melainkan dipotong kecil-kecil lalu ditaburkan secara merata di sekitar batangnya.

    Ini akan menjadi sumber organik bagi tanaman yang dimaksud. Lagipula dengan menyebarkan di atas tanah dapat menjaga kelembaban tanah dan menghalangi tumbuhnya rumput liar.

  6. Ranting yang tidak produktif dan kering sebaiknya diawaskan dan dibuang.

    Merupakan salah satu usaha untuk membuat tanaman lebih efisien dalam menyalurkan unsur hara yang diserap.

  7. Lakukan penyiraman tiap hari bila tidak terjadi hujan.

    Sangat diperlukan terlebih saat musim kemarau untuk menambah kelembaban tanah dan menjaga kehidupan mikroorganisme di dalamnya. Lakukanlah penyiraman di pagi dan pada sore hari.

  8. Pemanfaatan NaCl

    Berikan larutan garam sebagai pupuk sekali dalam dua minggu untuk tanaman musiman (palawija) dan sekali sebulan untuk tanaman besar.

    Pemberian pupuk dari larutan garam dapat diintensifkan saat buah mencapai ukuran maksimal.

    Garam dalam konsentrasi yang tepat berperan sebagai bio aktivator yang merangsang/ memperkaya bakteri pembusuk untuk mendekomposerkan (demineralisasi) rumput atau bahan-bahan organik lainnya (termasuk kotoran hewan) yang terdapat di tanah. Dosis yang digunakan 1 sendok makan per liter.

    Penambahan garam juga dapat dilakukan tiap hari bersamaan dengan air untuk menyiram tanaman dengan catatan konsentrasinya dikurangi (diujung sendok saja).

Cara dan teknik di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari respon tanaman dan pengamatan yang dilakukan oleh petani sendiri. Sebab teori tidak sama dengan praktek langsung.

Salam petani sukses

3 replies »

  1.         Mohon masukan proses asam amino menjadi protein, dan kandrungan mikro hara untuk daya tahan  tumbuh buah seperti Ca, Zinc, dan magnisium. Pohon juga kaya manusia lho butuh nutrisi baik, kasihan dia kalo dikasih makan dengan nutrisi pas pasan. Sementara manusia dengan rakus menghabisi semua hasil pohon itu.     
    

    Suka

    • Wah…. Ini sepertinya butuh ilmu yang tinggi untuk menjawabnya. Kami juga mohon maaf karena kecerdasan kami tidak sebaik yang anda duga.

      Pada dasarnya semua makhluk membutuhkan garam yang adalah makanan itu sendiri. Bahkan ikan-ikan di laut tidak makan daging (memangsa dengan sengaja) tetapi mereka besar sendiri seiring waktu berlalu oleh karena pengaruh garam. Ketahuilah bahwa garam laut adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tanaman.

      Mungkin natrium ini adalah semua unsur mikro yang dibutuhkan tanaman sebab hanya diberikan pada kadar kecil, yaitu 0,9 gr/ L. Itu saja semua yang kami ketahui. Salam jumpa kembali….

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.