Kesehatan

+10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Jantung Aritmia – Mengatasi denyut jantung yang berdebar tidak teratur


Cara mengobati penyakit jantung aritmia jantung berdebar tidak teratur

Jantung adalah salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Senantiasa berhati-hati jika mengalami gangguan di bagian dada atas agak ke sebelah kiri. Sebab sudah banyak orang yang menjadi korban akibat penyakit disana. Berdasarkan diagnosis dokter, prevalensi penyakit jantung koroner (positif) di Indonesia tahun 2013 sebesar 0,5% atau diperkirakan sekitar 883.447 orang sedangkan berdasarkan diagnosis dokter yang mengalami gejala penyakit jantung sebanyak 1,5% atau diperkirakan sekitar 2.650.340 orang. Ada banyak macamnya penyakit yang timbul pada organ ini salah satunya adalah kardiak aritmia.

Kardiak aritmia merupakan kondisi abnormal pada denyut jantung yang menimbulkan rasa sakit yang membal tapi tidak nyeri. Keadaan dimana terjadi ketidakteraturan irama jantung biasanya datang tiba-tiba dengan keluhan rasa tidak enak di dada. Walau cenderung tidak menyebabkan kematian secara mendadak, namun aritmia yang berkepanjangan dapat menjadi awal dari penyakit lain seperti misalnya stroke.

Alasan mengapa anda mengalami penyakit jantung aritmia

Pada intinya adalah perubahan pH darah. Apabila tingkat keasaman darah anda lebih tinggi atau lebih rendah niscaya hal ini akan mempengaruhi kinerja jantung. Tapi pada beberapa kasus ada yang diturunkan (di bawa sejak dari lahir). Berikut beberapa faktor yang sering menyebabkan timbulnya penyakit ini.

  1. Jalan nafas yang tidak teratur. Oksigen yang tersaturasi di dalam darah turut mempengaruhi pH-nya. Jika jumlah oksigen (O2) yang terserap kurang maka akan mengganggu pH darah utamanya. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor bahkan terkadang beberapa orang menahan nafasnya lama atau menghirup udara hanya sedikit-sedikit karena berbau tidak sedap. Sadarilah bahwa keadaan ini beresiko memicu gejala penyakit jantung yang berdetak tidak teratur.
  2. Ketakutan/ kekuatiran. Orang yang ketakutan menyebabkan hampir semua ototnya berkontraksi dan tidak terkendali. Otot yang berkontraski akan menghasilkan zat sisa berupa ureum yang dapat menggangu pH darah.
  3. Gugup/ Kekakuan. Mereka yang belum terbiasa melakukan sesuatu yang baru cenderung grogi sehingga beberapa otot pergerakan mengalami kekakuan karena saling berkontraksi. Hal inilah yang menyebabkan sisa hasil metabolisme tinggi dan mempengaruhi keasaman darah.
  4. Kelelahan setelah berolahraga secara berlebihan. Metabolisme tubuh tinggi saat berolahraga sehingga zat sisa yang dihasilkan juga banyak dan turut mempengaruhi pH darah.
  5. Kedinginan (suhu udara yang turun secara drastis). Oleh karena perubahan cuaca yang ekstrim tubuh meningkatkan metabolisme untuk membuatnya tetap panas sehingga dihasilkan sisa yang mempengaruhi pH darah.
  6. Terlalu banyak berpikir – stres. Jangan salah kaprah dan menganggap bahwa proses berpikir tidak membutuhkan energi. Metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi turut menghasilkan ureum yang mempengaruhi pH darah.
  7. Memakan makanan yang terlalu asam atau terlalu basa. Makanan dapat langsung masuk kedalam darah sehingga turut mempengaruhi pH.
  8. Mengkonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi. Lemak langsung tersaturasi dalam darah anda tanpa melalui proses pemecahan terlebih dahulu dalam bentuk trigliserida.
  9. Makan & minum sekaligus terlalu banyak. Air & makanan juga turut mempengaruhi keasaman darah dan membuatnya turun akibat pengenceran.
  10. Mengkonsumsi rokok, alkohol dan kafein. Kedua bahan kimia ini dapat penetrasi langsung ke dalam darah.
  11. Keracunan bahan kimia yang mempengaruhi langsung pH darah.

Sebenarnya tubuh telah memiliki sistem sendiri untuk mengatur pH darah yaitu organ ginjal. Lama tidaknya gejala jantung berdebar dipengaruhi oleh kesehatan organ tersebut. Selama ginjal anda sehat maka kardiak aritmia akan berlangsung cepat akan tetapi jika sudah mengalami gangguan niscaya penyakit tersebut akan berlangsung lama.

Faktor resiko yang memicu jantung berdebar

  1. Beberapa orang lahir dengan kondisi jantung yang tidak normal (contoh: lubang pada jantung atau hubungan elektrikal berlebih pada jantung) yang dapat menyebabkan jantung sering berdebar tidak teratur.
  2. Sementara yang lainnya pada suatu tahap dalam hidupnya mengalami masalah langsung pada jantungnya, seperti serangan jantung atau gagal jantung, yang juga dapat menyebabkan aritmia.
  3. Penyakit pembuluh/jantung koroner
  4. Otot jantung yang lemah/gagal jantung
  5. Proses penyembuhan setelah prosedur bedah jantung
  6. Ketidak-seimbangan elektrolit dalam darah.
  7. Level hormon tiroid yang tidak normal.
  8. Hepatitis A, B, C atau yang lainnya.
  9. Penyakit ginjal kronis.
  10. Kondisi jantung karena penyakit keturunan.

Cara alami dan jitu menyembuhkan penyakit jantung berdebar yang tidak beraturan

Organ jantung tidak bisa dipisahkan dari darah. Seperti sudah kami katakan sebelumnya bahwa penyakit kardiak aritmia sangat ditentukan oleh pH darah. Jika keasaman dalam darah berubah secara tiba-tiba oleh karena aktivitas fisik, makanan dan minuman yang dikonsumsi. Alhasil gejala jantung berdebar akan menghampiri secara tiba-tiba.

Darah adalah lautannya tubuh kita. Disanalah terjadi proses netralisasi dan berbagai-bagai macam bahan organik dan anorganik yang ditaransport. Oleh karena itu darah harus menjadi larutan buffer yang sekalipun ditambahkan sejumlah asam atau beberapa bagian basa akan tetap stabil.

Seperti halnya lautan yang mengandung garam sehingga pH-nya sangat stabil sekalipun menjadi tempat sampah sekaligus tempat pembuangan berbagai-bagai limbah industri yang tidak bertanggungjawab. Demikianlah juga darah harus mengandung garam yang cukup agar menjadi larutan buffer yang sekalipun menampung sisa hasil metabolisme seluruh tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi akan tetap stabil.

Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi dan pencegahan perhatikan asupan garam harian anda sobat. Untuk orang dewasa berada pada kisaran ½ sampai 1 ½ sendok teh perhari.

Jika gejala penyakit jantung aritmia menyerang anda maka segeralah minum larutan garam isotonik untuk membuat pH darah anda normal kembali.

Saran agar terhindar dari kardiak aritmia

Berikut beberapa tips dari kami untuk mencegah sedini mungkin agar anda dan anggota keluarga yang lainnya tidak mengidap penyakit ini.

  1. Bernafaslah seperti biasanya tanpa harus menahan-nahannya.

    Terkadang saat di sekitar kita ada bau-bauan yang tidak disukai, kita langsung risih lalu mulai gelisah. Kita mengupayakan untuk bernafas sedikit-sedikit saja karena terlalu takut bau yang tidak sedap itu tidak bisa dicerna oleh sistem pernafasan (utamanya paru-paru). Sadarilah bahwa kebiasaan membatasi nafas justru akan membuat anda mengalami penyakit ini karena saturasi oksigen di dalam darah yang mengalami penurunan.

    Ada baiknya, apapun bau-bauan yang ada disekitar anda, tetaplah bernafas dengan normal. Jika teman memakai parfum yang aneh-aneh harap biasa saja. Justru ketika anda gelisah dan membatasi jalan nafas beresiko tinggi mengalami penyakit ini. Jika orang lain bisa bertahan tanpa menggunakan masker, mengapa anda tidak bisa bertahan dan bersikap biasa saja? Sadarilah bahwa selama anda menaruh garam manis isotonik dalam minuman maka selama itu pula paru-paru mampu membuang/ mengeliminasi zat-zat kimia tersebut.

  2. Minumlah perlahan-lahan.

    Saat meminum cairan apapun itu jenisnya sekaligus dan dalam jumlah banyak niscaya hal ini akan mempengaruhi saturasi darah anda secara langsung. Konsumsilah air secara bertahap tetapi jangan menguranginya. Anda harus tetap mengkonsumsi cairan sebanyak dua liter per hari (minimal) untuk orang dewasa. Bahkan saat makan sekalipun, kami anjurkan untuk meminum air putih satu sampai dua gelas. Hanya janganlah melakukannya sekaligus melainkan secara bertahap di sela-sela aktivitas tersebut. Mereka yang sedang diet menjaga tubuh tetap ramping lebih suka mengkonsumsi air putih hangat dua gelas sebelum sarapan/ makan pagi/ makan malam. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan kekenyangan agar jumlah panganan dapat di tekan seminimal mungkin.

    Harap diketahui bahwa air yang pH-nya netral juga bermanfaat untuk menetralkan pH saluran pencernaan saat mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu basa. Lagi pula H2O mampu melarutkan berbagai jenis zat gizi di antaranya adalah glukosa, vitamin dan mineral. Minumlah air di sela-sela mengkonsumsi panganan secara bertahap. Hanya jangan melakukannya sambil menelan panganan melainkan kunyah baik-baik lalu telan makanan tersebut. Setelah mulut kosong barulah konsumsi air secara berkala di sela-sela aktivitas mengisi energi.

  3. Makan tidak sekaligus banyak.

    Jika di rumah sedang ada pesta/ hajatan/ perayaan maka tidak perlu memanfaatkan makanan yang melimpah dengan mencicipinya satu persatu sampai perut kekenyangan (full tank). Keadaan ini jelas tidak baik bagi kesehatan dan turut menekan kerja organ jantung.

  4. Berolahraga secara bertahap dan terjadwal.

    Siapkan waktu khusus dalam seminggu untuk sejenak berolahraga. Melakukan senam sesuai prosedur yang diberikan oleh instruktur. Setiap senam ada tahapan pemanasannya dan proses akhir yang disebut dengan pendinginan.

  5. Gunakan jeket dan shel saat udara dingin.

    Jika anda dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda dua sebaiknya persiapkan baju dingin untuk menjaga dada tetap hangat.

  6. Perhatikan asupan minyak dan lemak anda.

    Jangan berlebih dan mengkonsumsinya sekaligus sebab lemak pada dasarnya langsung menyatu dengan darah untuk dicerna di organ lainnya. Harap diketahui bahwa lemak tidak menyatu dengan air sehingga tidak dapat larut terkecuali tubuh anda kaya dengan antioksidan. Biasanya antioksidan berbahan dasar elektrolit sehingga saat bertemu dengan kolesterol makanan akan menyatu. Kolesterol yang sudah menyatu akan lebih mudah ditransport ke seluruh tubuh. Sedang antioksidan membantu mengkonversi lemak agar memasuki sel-sel tubuh. Sedang kelebihannya akan dibuang melalui urin. Antioksidan biasanya terdapat pada sayur, buah-buahan, herbal ajaib dan garam.

  7. Tambahkan herbal alami

    Bawang putih, bawang merah dan jahe pada setiap masakan anda. Tiga bumbu dapur ini sangat baik menjaga kesehatan darah dan jantung anda.

  8. Konsumsi buah dan sayur sehari-hari.

    Buah-buahan yang asam-asam sangat baik bagi kesehatan anda untuk meningkatkan imunitas. Peredaran dan penyebaran sel-sel leukosit tersuspensi dalam darah sehingga turut mempengaruhi efektifitasnya.

  9. Perhatikan asupan garam harian anda.

    Setiap orang dewasa membutuhkan garam 9 gram perhari (½ sampai 1 ½ sendok teh). Ini adalah senyawa elektrolit yang dominan jumlahnya dalam darah anda.

    Selalu konsumsi garam dalam kadar isotonik berupa air garam manis. Anda dapat mengkonsumsinya lebih dari 9 gram perhari asalkan dikonsumsi secara isotonik. Tambahkan garam dalam air minum anda sehingga berasa ada manis-manisnya. Demikian juga dalam makanan bahkan dalam nasi sekalipun, agar rasanya lebih nikmat.

  10. Hindari mengkonsumsi rokok dan alkohol.

    Kedua hal ini tidak hanya merusak jantung anda melainkan juga berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih besar seperti kanker.

  11. Perhatikan ventilasi rumah anda.

    Ventilasi adalah jalur utama aliran udara dari luar ke dalam rumah dan sebaliknya. Udara yang tidak bersih dari bagian tertentu tidaklah baik bagi kesehatan. Terlebih ketika itu berupa polutan yang mengandung logam berat. Bensin adalah salah satu cairan yang mengandung logam berat. Terlebih ketika cairan ini dicampurkan dengan cat minyak. Ketika anda baru saja mengecet rumah atau tetangga yang baru mengecat rumahnya, besar kemungkinan anda akan mengalami gejala jantung aritmia. Satu-satunya cara mengatasi keadaan ini adalah memperbaiki ventilasi rumah. Pilihan lainnya adalah anda bisa tinggal di rumah saudara/ kerabat lainnya selama 1 sampai 2 minggu sampai seluruh cat kering.

  12. Periksakan kesehatan anda secara berkala di Instalasi kesehatan terdekat.

    Jaman sekarang sudah ada BPJS kesehatan yang dapat membantu anda melakukan medical check-up setidaknya sekali dalam setahun.

Salam sehat selamanya!

8 replies »

  1. Aritma yang saya derita sudah dari kelas 5 sd dan usia saya sekarang 22tahu. Awal mula saya mengindap penyakit aritma atau irama jantung, saya jatuh dan saya posisi tengkurap dan jantung saya ter kena kayu. Setelah itu saya tidak bisa bernafas lama. Setelah itu saya bisa bernafas kembali ,tapi dengan jantung yang berdenyut sangat kencang.
    Bagai mana cara saya menghentikan irama jantung saya yang sudah cukup lama saya derita

    Suka

    • Setiap kali mengkonsumsi air putih, harap tambahkan garam sedikit saja agar rasanya ada manis-manisnya.

      Harap di ingat bahwa pengebatan dengan air garam manis ini adalah pengobatan yang membutuhkan waktu.
      TIDAK ADA MAIN CEPAT. Tetapi anda harus terus-menerus mengkonsumsi air garam manis dari hari ke hari.
      Niscaya dua atau tiga minggu pertama pasti ada hasilnya.
      Jika anda sembuh dari semuanya itu, tolong bagikan infonya sampai berapa minggu mengkonsumsi air garam manis isotonik hingga penyakit arthmia itu sembuh.
      Salam…..

      Suka

  2. Usia saya 22 tahun saya mengidap penyakit aritma atau irama jantung dari kelas 5sd.. Awal mula saya mengindap penyakit ini awalnya saya jatuh dan jantung saya mengenai kayu dan tiba2 saya tidak bisa bernafas cukup lama. Dan pada ahirnya saya bisa bernafas kembali tapi dengan jantung yang berdebar. Bagai mana cara efektif yang bisa menyembuhkan penyakit saya, terimakasih

    Suka

    • Itu kisah yang memilukan…
      Kami berharap anda sabar menghadapi semuanya itu.
      Yang kami sarankan adalah konsumsilah air garam manis setiap hari.
      Bahkan bila perlu di dalam setiap air putih yang anda konsumsi tambahkan sedikit saja garam ke dalamnya sehingga berasa ada manis-manisnya.

      Rasa garam yang ada manis-manisnya inilah yang kadarnya isotonik. Tidak perlu terlalu banyak sebab bisa berasa asin dan kalau terlalu sedikit juga bisa berasa tawar. Bila air garamnya terlalu asin anda bisa menambahkan airputih lebih banyak lagi hingga rasanya benar-benar ada manis-manisnya. Jadi silahkan coba sendiri….

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.