Gejolak Sosial

+10 Alasan & Dampak Sikap Lebay – Perkataan dan Perbuatan Yang Berlebihan Tidak Bermanfaat

Alasan dan akibat dari sikap yang lebay dan berlebihan

Hidup ini penuh dengan aneka bunga unik yang bertebaran dan saling menunjukkan manfaat bagi masyarakat luas. Keberagaman ini berawal dari perbedaan potensi, kedewasaan, wawasan dan pengertian yang dimiliki. Didalam semua perbedaan yang timbul ada yang wajar dan ada pula yang tidak wajar. Hal-hal yang tidak wajar inilah yang disebutkan sebagai sikap yang berlebihan. Menjadil lebay memang sangat manusiawi teman. Itulah warna warni kehidupan.

Sikap yang berlebihan adalah salah satu sifat manusia yang mengindikasikan pemborosan. Baik secara mental/ psikhis, tenaga (fisik) dan materi. Ini berbicara tentang perkataan dan perbuatan yang tidak ada untungnya jika diungkapkan.dan tidak ada faedahnya juga bila disimpan dalam hati saja. Memang harus diakui juga bahwa terkadang suasana yang terlalu serius akhirnya menjadi lebih santai karena sikap yang lebay. Terlalu mudah untuk melucu yaitu dengan melebih-lebihkan sesuatu.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu penelitian tentang sistem syaraf pusat dari Amerika. Harus kami akui bahwa orang barat memang lebih duluan cerdas daripada orang timur seperti Indonesia. Jurnal penelitian itu mengatakan bahwa otak mengalami pengurangan hubungan antar selnya seiring dengan proses kedewasaan. Mereka yang masih belum dewasa belum mengalami efisiensi hubungan sel dalam otaknya sehingga ada kecenderungan memiliki indra yang terlalu sesitif. Indra yang masih sensitif inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lebay menanggapi segala sesuatu dalam hidupnya.

Alasan mengapa seseorang bersikap lebay

Sikap yang berlebihan tidak terjadi begitu saja. Ini mungkin merupakan akumulasi beberapa aspek kehidupan yang menjadi satu. Berikut beberapa faktor penyebab, sikap seseorang memilikinya.

  1. Masih belum dewasa. Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa indra yang masih sensitif membuat beberapa orang agak berlebihan menanggapi sesuatu.
  2. Pengalaman pertama. Apa yang baru pertama sekali dialami biasanya akan disikapi secara berlebihan. Namanya juga baru, ntar juga kalau sudah terbiasa bakal tenang sendiri, itulah manusia.

    Pengalaman semacam ini kerap kita alami saat baru pertama melakukan sesuatu. Misalnya saat kami baru pertama melakukan ramah-tamah, kesannya lebay. Akan tetapi, lewat kesalahan tersebut kami bisa mengoreksi diri sendiri sehingga mulai belajar untuk menguranginya, seadanya saja.

  3. Pengalaman bergaul yang kurang. Seseorang yang kuper (kurang pergaulan) juga dapat menjadi sangat sensitif terhadap sesuatu padahal orang lain menganggapnya sebagai nano-nano kehidupan. Misalnya saat sedang dihina teman padahal maksudnya teman hanya sekedar melucu saja.
  4. Sekedar lucu-lucuan. Hidup ini adalah drama. Begitulah dunia entertainment berjalan dengan semestinya. Beberapa orang dalam kehidupan nyata hanya tergiur untuk menjadi lebay menirukan gaya yang ada di televisi hanya untuk membuat teman yang lainnya tertawa.
  5. Rasa egois yang tinggi membuatnya memandang dirinya lebih tinggi dan lebih penting dari orang lain.
  6. Menyombongkan diri. Sikap yang over acting menandakan sifat sombong yang dapat menyerang siapa saja. Terutama dari mereka yang merasa diri lebih dari orang lain.
  7. Luapan kebencian, dendam dan amarah. Seseorang yang memiliki emosional yang tinggi dan belum sepenuhnya dapat dikendalikan akan membuat seseorang terlalu berlebiha menanggapi sesuatu. Kebencian, dendam dan amarah yang berlebihan inilah yang berpotensi mengganggu hubungan baik dengan orang lain.
  8. Membela diri. Beberapa orang mengalami nasib yang tidak baik. Tuduhan yang tidak jelas dilayangkan kepada mereka. Sikapnya membela diri terkesan lebay sehingga orang yang melihatnya menganggap dialah yang salah.
  9. Sekedar cari perhatian. Mereka yang juga ingin diperhatikan oleh orang tertentu cenderung menjadi lebay. Cari-cari perhatian ini diwujudkan dengan melakukan aksi berlebihan yang mungkin agak sedikit mengganggu mata yang melihat atau telinga yang mendengar.
  10. Menjadi stres. Orang yang sedang stres biasanya makan berlebihan. Ini seperti pelampiasan untuk menghibur diri yang pada akhirnya menimbulkan celaka.
  11. Kadang terlihat hanya karena mengikuti instruksi/ suruhan orang. Beberapa orang memang sengaj diutus oleh orang-orang tertentu dalam hidup anda untuk sekedar menguji kehidupan anda.

Dampak buruk dari sikap  yang berlebihan.

Sedikit manfaat sikap yang berlebihan adalah dapat membuat semua orang yang melihatnya tertawa terbahak-bahak. Justru akibatnya lebih banyak yang timbul tanpa disadari sebelumnya. Berikut beberapa bahaya sikap yang lebay.

  1. Mengindikasikan pemborosan sumber daya. Namanya juga sesuatu yang di lebih-lebihkan sehingga sudah pastilah bahwa sumber daya yang digelontorkan untuk mewujudkannya tidak sedikit.
  2. Tidak enak di dengar dan dilihat orang lain. Sebagian dari kita adalah tidak begitu senang dengan hal-hal yang berelebihan. Mereka cenderung jengkel memperhatikan sikap orang lain yang terkesan dilebih-lebihkan.
  3. Mengganggu konsentrasi. Namanya juga cari-cari perhatian sudah pasti usaha ini akan mengganggu konsentrasi seseorang saat hendak melakukan sesuatu.
  4. Pekerjaan terbengkalai. Tidak dapat dipungkiri bahwa sesuatu yang berlebihan dapat menyibukkan dan menghabiskan waktu anda saat melakukannya. Padahal itu adalah sesuatu yang tidak ada manfaatnya sedangkan pekerjaan utama anda terbengkalai.
  5. Mendatangkan penyakit. Makan secara berlebihan cepat atau lambat akan membuat anda menderita penyakit metabolisme.
  6. Beresiko merusak hubungan dengan orang lain. Kebanyakan orang tidak nyaman saat berteman dengan seseorang yang lebih suka cari sensasi dalam hidup ini.
  7. Berangsur-angsung dapat merusak moralitas anda. Jika sikap lebay dibiasakan dalam segala aktivitas niscaya lama-kelamaan hal ini akan mendorong moralitas anda sampai titik terbawah.
  8. Merugikan diri sendiri dan orang lain. Perkataan dan perbuatan muda-mudi yang mencerminkan rasa tidak peduli dan terlalu over acting dapat menjerumuskannya pada penyimpangan sosial yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
  9. Teman-teman menjauh. Saat sikap kita berlebihan maka beberapa teman (mungkin tidak semua) akan menjaga jarak. Mereka sepertinya enggan atau segan saat berada di dekat kita. Tetapi seiring berjalannya waktu memang beberapa orang akan menyesuaikan diri dan menganggap hal berlebihan itu biasa saja. Sayang, bagi yang tidak suka bertoleransi kerap kali akan mengambil langkah menjauhi kita.
  10. Hubungan dengan Tuhan terganggu. Tahukah anda saat kita terlalu lama dan terlalu banyak menikmati hidup dalam segala gemerlapan duniawi secara otomatis kemampuan fokus kepada Tuhan akan berkurang. Sebab saat berkonsentrasi kepada Tuhan yang dilatih adalah otak kita sedangkan saat menikmati hidup pikiran kita cenderung dalam posisi nol besar. Jadi ketika anda mulai merasa hubungan dengan Tuhan kurang nyaman akhir-akhir ini maka itu artinya adalah saatnya mengurangi kebiasaan menikmati hidup.

Berpikir positiflah terhadap sikap lebay dari orang lain.

Diatas semuanya itu, tahukah anda bahwa sikap yang berlebihan dari teman-teman kita merupakan ujian sosial yang harus kita hadapi? Ini adalah kesempatan emas untuk melatih kesabaran dan pengendalian amarah sehingga dipersiapkan untuk menghadapi masalah yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan terlalu ilfil saat teman-teman anda bersikap lebay. Tetapi manfaatkanlah itu untuk berlatih memanajemen sisi emosional dalam diri kita masing-masing.

Manusia memang diciptakan berbeda. Kenali hal-hal yang berlebihan dalam hidup anda. Boleh lebay tapi tahu batasannya dong. Jangan sampai membuat hidup orang lain kacau balau.

Salam perubahan!

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.