Gejolak Sosial

10 Level Manusia Menurut Tujuan Hidupnya

Tingkat Level Kehidupan Manusia Menurut Tujuan Hidup Masing-Masing

Tujuan hidup – Dunia ini penuh warna. Jangan pernah melihat sesuatu kecil karena dia kelihatan kecil. Jangan anggap sesuatu sepele karena dia terbatas. Nilailah segala sesuatu berdasarkan apa yang ada didalamnya atau apa isinya.

Bagaimana cara menemukan tujuan hidup?

Seiring bertambahnya umur dimana pikiran yang semakin dewasa.Manusia mulai melihat kedalam dirinya sendiri dan terus mencari tahu banyak hal tentang hakikat manusia itu sendiri. Berikut beberapa tahapan yang perlu kita lewati hingga akhirnya menemukan tujuan hidup yang sejati lewat beberapa pertanyaan sederhana :

Siapa aku?

Kita harus mengenal, sebenarnya siapa diri ini lewat pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  1. Siapakah yang membuat kita hidup dan berada di bumi ini?
  2. Adakah kodrat manusia?
  3. Bagaimana sikap kita sebagai makhluk sosial yang berakal budi?

Lewat 3 pertanyaan diatas kita bisa mengenal siapa diri ini yang sebenarnya dan bagaimana kita harus hidup dalam kebersamaan.

Tentukan goals-mu diakhir hidup kelak

Ayo kita, berpikir sejenak : sebenarnya mau kemana sih kita ini? Untuk apa kita berlelah? Belajar, bekerja, berjalan, bersenang-senang dan berpikir apa yang hendak kita wujudkan lewat semuanya yang kita lakukan?

Setiap manusia memiliki orientasi yang berbeda-beda dalam kesehariannya : ada yang berorientasi sebagai siswa, pengajar, pekerja, pedagang, artris, pemimpin, dan masih banyak lagi. Semua rutinitas ini kita jalani untuk menggapai TUJUAN HIDUP yang sifatnya sementara artinya jika kita sudah tiada maka semuanya akan berhenti sampai disitu. Manusia yang paling bahagia adalah mereka yang menemukan tujuan hidup untuk kekekalan di kehidupan ke dua kelak.

Arahkan pikiran dan tenaga pada passion

Berdasarkan urutan ditemukannya, tujuan hidup ditentukan lebih awal setelah itu barulah bertemu dengan passion yang sesungguhnya. Pada dasarnya, tujuan hidup erat kaitannya dengan panggilan jiwa setiap manusia atau disebut juga sebagai passion. Tidak mudah untuk menemukan passion sejati, mulailah dengan melakukan apa yang anda bisa (apa potensi/ bakatmu). Setiap orang punya passion yang berbeda, menemukannya adalah awal dari kebahagiaan tak terbatas (unlimited happiness).

Ikuti saja alur/ aliran kehidupan yang sedang dijalani. Senantiasa berikan yang terbaik dalam setiap kesempatan yang anda miliki untuk kebaikan hati. Lalu temukanlah apa yang membuat hatimu tetap merasa lega dan damai tidak kunjung berakhir walau keadaan disekitarmu tidak mendukung bahkan terkesan kacau balau, itulah passion-mu. Tekuni itu teman ….

Tingkatan manusia berdasarkan tujuan hidupnya

Setiap dari kita memiliki tujuan, untuk apa hidup di dunia ini? Apa yang dicari dan apa yang harus diperbuat untuk menemukannya ? Berikut, kami akan menjabarkan 10 level manusia berdasarkan tujuan hidupnya mulai dari yang terendah hingga sempurna :

  • Manusia Level 1

    Manusia yang tidak mempunyai tujuan dalam hidup. Hidup terombang ambingkan dan mereka tidak tahu, apa yang mereka inginkan dan kemana mereka harus melangkah. Orang-orang seperti ini adalah sasaran doktrinisasi yang dimanfaatkan oleh kaum garis keras.

  • Manusia Level 2

    Orang-orang yang memiliki tujuan hanya untuk makan, minum dan kebutuhan biologis lainnya. Termasuk dalam hal ini adalah kebutuhan seksual. Oleh sebab itu beberapa di antaranya akan terlibat dalam kasus pelecehan seksual dan sejenisnya.

  • Manusia Level 3

    Orang-orang yang bertujuan untuk mencari harta duniawi. Segala barang mewah (tersier) mobil, emas, permata, pesawat, kapal pesiar dan lain-lain. Manusia otak materialistis sangat konsumtif dan mendewakan materi di atas segalanya.

  • Manusia Level 4

    Orang-orang yang memiliki tujuan hidup untuk mencari kemuliaan duniawi. Penghormatan, penghargaan, gelar, pangkat dan lain-lain. Mereka mencari kemuliaan duniawi bahkan tidak jarang yang menghalalkan segala cara untuk meraihnya.

  • Manusia Level 5

    Orang-orang yang memiliki tujuan “kosong” akan tapi bukan berarti mereka tidak tahu apa-apa. Justru mereka sangat potensial. Mereka bakal jadi apa, tergantung siapa yang dekat dan memegang tangan mereka. Biasanya mereka ini mengalami retardasi mental sejak dari lahir. Tidak sedikit orang-orang seperti ini yang berprestasi walaupun mereka secara pribadi tidak mengerti prestasi yang diraih.

  • Manusia Level 6

    Orang-orang yang memiliki tujuan hidup untuk mencari pengalaman. Ini tipe manusia menengah, gak di atas dan gak juga di bawah. Bagi mereka “Pengalaman Adalah Guru Yang Baik“.

  • Manusia Level 7

    Orang-orang yang memiliki tujuan untuk mengajar dan mencerdaskan anak bangsa. Edukasi, motivasi dan pencerahan lainnya.

  • Manusia Level 8

    Orang-orang yang memiliki tujuan hidup untuk membahagiakan mereka yang ia cintai.

  • Manusia Level 9

    Orang-orang yang bertujuan untuk membahagiakan semua orang termasuk musuh-musuhnya.

  • Manusia Level 10

    Orang-orang yang memiliki tujuan hidup sesuai dengan kehendak PENCIPTAnya. Saya sebut ini sebagai manusia tipe sempurna. Mereka sudah tahu, bakalan jadi apa kelak.

Coba bayangkan….

Jika Indonesia didominasi oleh manusia level 1 – 4, bakalan jadi apa negara ini?

Jika Indonesia didominasi oleh manusia level 6 – 9 saja, Indonesia pasti lebih baik dalam berbagai hal.

Anda dilevel mana teman?

Demikian saja. TERIMAKASIH

Iklan

9 replies »

  1. Ping-balik: Gula Hanya Untuk Anak kecil - menang BERSAMA
      • Itu bagus teman
        Cobalah untuk hidup bermanfaat bagi orang lain
        Sebab saat hidup kita berguna bagi yang lain (terutama keluarga)
        Saat itulah kita merasa bahagia.
        Akan tetapi, semuanya tergantung pada kata hati anda.
        Salam santun…..

        Suka

    • 1. Untuk menjadi manusia level sepuluh harus memiliki iman.
      2. Hiduplah mengalir seperti air sesuai dengan kata hati anda.
      3. Maksimalkanlah penggunaan potensi/ bakat yang dimiliki untuk kepentingan bersama.
      4. Lewat semuanya itu, jadilah orang yang bermanfaat bagi keluarga (utama), orang-orang disekitar dan bila perlu masyarakat luas.
      5. Pandanglah semua pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari seperti melakukannya untuk Tuhan.

      Semoga anda menemukan panggilan hidup itu…..

      Suka

  2. Hidup merupakan suatu anugerah tak ternilai yang diberikan oleh Sang Maha Kasih, Tuhan. Ada manusia yang menghargai pemberian tersebut, namun tidak sedikit juga yang menyianyiakannya. Akan tetapi, baik ataupun buruknya, itulah proses yang harus dijalani oleh kita, manusia, supaya mencapai tujuan awal dari terciptanya kita kedunia ini. Benar sobat, hidup itu memang penuh dengan tantangan. Bagiakan roda yang berputar, memang terkadang tantangan dalam kehidupan ini akan terasa berat, akan tetapi ketika kita sudah melwatinya, maka semuanya akan terasa ringan dan enak…… itsme.id/awal-yang-baik-untuk-tujuan-yang-baik

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s