Lingkungan

Lautan Sangat Penting & Besar Perannya Bagi Aktivitas Manusia dan Bumi Ini


Lautan Sangat Penting & Besar Perannya Bagi Aktivitas Manusia dan Bumi Ini

Siapakah dari para pembaca yang tidak pernah melihat air laut? Kami rasa setiap dari kita telah melihat suspensi cair terbanyak di bumi ini. Hal ini di dorong oleh aktivitas transportasi antar daerah yang semakin intens dan kemajuan perkembangan teknologi informasi yang terus bergulir di sekitar kita. Namun bila anda memang belum pernah melihat lautan maka datanglah ke salah satu pinggir sungai di daerah anda maka demikianlah permukaan air laut yang selalu bergelombang, hanya saja warna permukaannya yang kelihatan lewat mata adalah biru. Jika masih belum pernah berenang dan merasakan rasa air laut maka larutkanlah sedikit garam di dalam air minum maka demikianlah rasanya, yaitu asin.

Air laut tidak pernah tergantikan dalam kehidupan manusia. Bahkan berdasarkan teori evolusi yang kami sendiri tidak mempercayainya dan kamipun menyarankan anda untuk tidak mempercayai teori “asal jadi – cucoklogi” yang satu ini karena lebih dekat pada kisah fiksi. Satu saja sebenarnya yang menjadi masalah bagi teori evolusi yang bersifat ekstrim adalah “mengapa manusia, hewan dan tumbuhan lainnya mirip-mirip?” Ini adalah inti yang coba dihubung-hubungkan oleh para ilmuan sehingga muncullah analogi yang menegaskan kemiripan ini sebagai sesuatu yang disebut sebagai evolusi makhluk hidup. Padahal sudah jelas bahwa kemiripan ini disebabkan oleh karena semua makhluk hidup berasal dari tanah dan diciptakan (bagian) dari bumi itu sendiri.  Oleh karena itulah mengapa tanah air kita disamakan dengan ibu pertiwi.

Walau kami tidak mempercayai teori evolusi tetapi ada satu sisi eksentik yang membuat kami tergelitik sekaligus kagum oleh pernyataan para ilmuan itu. Saat mereka mengatakan bahwa “semua kehidupan berasal dari laut dimana nenek moyang manusia adalah ikan”. Sup purba yang mereka yakini sebagai bahan dasar yang membentuk kehidupan di bumi adalah lautan itu sendiri (kita batasi sampai disini berbicara tentang kisah fiksi). Fakta ilmiahnya adalah keadaan ini membuktikan bahwa air laut adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini. Bukan hanya bagi manusia, hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkannya.

Secara umum kita mengenal lautan sebagai sebuah perairan yang sangat luas dimana lebih luas dari daratan itu sendiri. Akan tetapi secara khusus garam merupakan komponen inti bila sejumlah air laut diekstrak melalui pemanasan hingga airnya menguap. Sepertinya apa yang kami rasakan tentang hal ini dirasakan juga oleh orang lain, yakni begitu sepele dengan manfaat kandungan garam yang ada didalamnya. Menyamakan laut seperti air pada umumnya yang hanya saja tidak dapat diminum karena salinitas alias rasanya yang asin.

Manfaat garam bagi kehidupan sangatlah luas. Bagi manusia itu sendiri, garam adalah sebuah kesempatan besar utuk meraih kehidupan yang lebih sehat dan bebas dari berbagai macam bentuk sakit-penyakit. Inilah obat ajaib yang memungkinkan bagi manusia untuk berumur panjangKhasiat semacam ini hanyalah permulaannya saja, dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan, industri bahkan ibu rumah tangga sekalipun sangat membutuhkan senyawa yang satu ini saat memasak aneka kue, roti, makanan dan minuman di dapur.

Peran garam yang sangat penting dan tidak dapat tergantikan oleh unsur yang lainnya adalah kemampuannya untuk menguraikan berbagai-bagai jenis sampah hasil dari aktivitas manusia sehingga kembali menjadi komponen mineral berbahan anorganik cair. Kemampuannya untuk menetralisasi  berbagai  jenis limbah yang mencemari, tanah, air bahkan udara sekalipun dapat bersih seperti sedia kala. Langkah pertama dan utama yang diperlukan garam untuk membersihkan lingkungan yakni  dengan menetralkan pH lingkungan sekitar.

Tahukah anda juga bahwa air hujan yang turun dari langit mengandung garam walau hanya dalam jumlah yang sangat kecil? Hujanlah yang membuat kemampuan tumbuhan hijau menyerap polutan lebih baik (lebih tinggi dari biasanya). Tetapi saat di suatu daerah lama tidak turun hujan maka  kemampuan klorofil untuk menyerap emisi  karbon juga berkurang. Keadaan ini bisa diantisipasi dengan membuat hujan buatan atau bisa juga dengan menyebar pupuk air garam isotonik disekitar tanaman.

Pola penerapan pupuk cair garam isotonik berbeda untuk setiap wilayah, tergantung dari jenis tanamannya. Untuk daerah dengan cakupannya luas maka hal ini bisa disebarkan lewat pesawat pengangkut pupuk pertanian. Dengan demikian kemampuannya untuk menyerap kalor aktif semakin baik yang diiringi dengan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang semakin baik pula.

Yang menjadi masalah sekarang ini tentang siklus air laut adalah saat pepohonan di daratan memudar/ berkurang jumlahnya maka aktivitas kondensasi akan menurun yang berakibat langsung pada turunnya curah hujan. Keadaan ini menyebabkan tanah-tanah kekurangan garam dan apa yang sudah ada di atas tanah justru dibawa lari oleh aliran air permukaan untuk kembali ke laut lagi. Bila keadaan ini terus berlangsung maka tanah akan menjadi  tandus dan tidak dapat lagi ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman bahkan rumputpun tidak dapat.

Hujan yang tidak kunjung turun merupakan salah satu ancaman bagi dunia pertanian dan perkebunan. Sebab aliran garam secara alamiah dari lautan langsung di bawa oleh uap air ke daratan sehingga turunlah hujan. Maka untuk menggantikan hujan tersebut ada baiknya lahan-lahan di berikan pupuk cair dari air garam isotonik. Simak juga, Khasiat garam bagi tanaman pertanian

Tanpa garam maka akan muncullah berbagai abnormalitas di atas bumi ini. Sedangkan tanah saja tanpa kandungan garam akan menjadi tandus dan tidak dapat ditumbuhi oleh rumput sekalipun. Demikian jugalah kehidupan manusia tanpa asupan yang tepat maka segala aktivitas kita terhambat dimana salah satu hambatan terbesar itu adalah melemahnya kesehatan hingga membuat seseorang lebih cepat menjemput ajalnya. Jadi jika hendak berumur panjang maka upayakan untuk selalu mengkonsumsinya lebih kurang 9 gram per hari untuk takaran orang dewasa.

Salam sehat alami!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.