Gejolak Sosial

Orang Kaya (orang besar) Dosanya Dilegalkan – Rakyat Jelata Kekhilafannya Dibesar-Besarkan, Dimana Keadilan?


Orang Kaya (orang besar) Dosanya Dilegalkan - Rakyat Jelata Kekhilafannya Dibesar-Besarkan, Dimana Keadilan

Apakah dunia ini hanya untuk kalangan tertentu saja? Hanya bagi mereka yang hidup di atas angin, yang memiliki finansial yang lebih tinggi dari kebutuhannya, yang berada dekat-dekat dengan kapaitalis, yang hidup dekat dalam lingkaran penguasa, mereka yang memiliki relasi dengan kalangan atas, orang-orang ternama dan berdarah bangsawan. Diatas semuanya itu, Tuhan tidak menciptakan dunia ini hanya untuk di tinggali manusia saja melainkan untuk semua makhluk.

Sadarkah anda dengan keseimbangan ekosistem lingkungan hayati? Bukan tanpa alasan Allah menciptakan tumbuhan hijau, bukan tanpa alasan Allah menciptakan hewan-hewan dan juga bukan tanpa alasan Tuhan menyandingkan Adam bersama Hawa. Ini adalah miniatur kehidupan yang kelihatannya kecil tetapi sesungguhnya memiliki makna yang luas dan berhubungan dengan seluruh lini kehidupan manusia selama hidup di dunia. Demikian jugalah seharusnya hubungan yang terjalin antara manusia, seseorang dilahirkan ke dunia bukan karena kebetulan melainkan untuk menyatakan kehendak dan kebaikan Allah kepada umat manusia.

Jangan salah kaprah lalu menganggap bahwa anda lebih penting dari orang lain, sebab di mata Tuhan kita selalu sama. Oleh sebab itu penting bagi seluruh manusia untuk memperjuangkan kesetaraan terhadap berbagai-bagai jenis manusia di muka bumi. Inilah yang menjadi dasar perdamaian, ketentraman dan kesejahteraan yang hakiki. Tidak ada yang dapat menggoyahkan sebuah sistem yang mengedepankan keadilan sosial. Sebab tanpanya maka besar kecenderungan bagi seseorang untuk menekan, menindas dan memperalat sesamanya demi kepentingan diri sendiri untuk tujuan-tujuan sempit yang menyimpang.

Tanpa kesetaraan maka orang-orang kecil akan menjadi dasar pijakan bagi orang-orang besar sedangkan perputaran ekonomi yang semakin cepat akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Artinya, ketidakadilan akan melemahkan kehidupan orang lain dan juga turut menyebabkan pencemaran lingkungan. Tanpa sebuah sistem yang dibina dalam kebersamaan dan keadilan sosial maka tidak ada yang namanya perdamaian, ketentraman hati jauh dan kesejahteraan menjadi barang mahal. Bila keadaan ini terus berlangsung maka bukan tidak mungkin bahwa aksi-aksi kriminalitas terus terjadi dan bencana alam merajalela.

Dalam sistem yang tidak adil biasanya kebebasan hanya milik orang kaya (konglomerat), penguasa dan kalangan ternama lainnya. Hanya orang-orang yang memiliki uang banyaklah yang bisa menikmati hidup sepuas-puasnya, bisa melakukan apa saja bahkan untuk melampiaskan hawa nafsu yang sesat juga tidak masalah. Keadaan ini menunjukkan bahwa seolah-olah uang telah menjadi tiket ajaib untuk bisa mengakses banyak hal di seluruh penjuru dunia.

Keadaan ini semakin membuat uang menjadi komoditas yang sangat diburu oleh beberapa orang. Mereka melakukan aksi-aksi jahat untuk melemahkan sesamanya namun dibungkus dalam tatanan yang halus dan bersahabat. Seolah-olah mareka menawarkan solusi tetapi nyatanya hal itu hanyalah sebuah kejahatan konspirasi untuk menarik lebih banyak uang ke dalam perbendaharaannya. Saat kertas ajaib ini didewakan oleh manusia maka saat itu jugalah perolehannya akan melampaui batas-batas kemanusiaan bahkan batas-batas kebenaran itu sendiri.

Dengan alasan untuk memutar uang (agar ekonomi berjalan) maka beberapa pengusaha akan mendirikan kasino alias perjudian yang dilegalkan. Ini akan menjadi pusat pencucian uang dimana hampir semua orang menghabiskan waktunya untuk duduk nyaman sambil berharap keberuntungan yang besar akan datang. Bukankah orang-orang yang datang ke tempat-tempat semacam ini hanyalah mereka yang memiliki dana besar? Atau bisa juga dikatakan bahwa ini hanya untuk kalangan pengusaha kelas kakap yang jumlah hartanya bertambah setiap harinya. Sedangkan orang-orang kecil yang melakukan perjudian di rumah-rumah akan ditangkapi oleh petugas keamanan. Dimana keadilan?

Dengan alasan untuk menekan aksi pelecehan seksual di masyarakat maka pemerintah melegalkan didirikannya rumah lendir untuk bisnis prostitusi. Bukankah hal-hal semacam ini lebih kita temukan di cafe dan hotel mewah yang berbintang? Tidak lain dan tidak bukan, pengunjungnya adalah lagi-lagi konglomerat dan penguasa (pejabat) yang memiliki pengaruh yang besar di masyarakat. Saat kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh masyarakat kecil di hukum dengan sanksi tegas oleh pengadilan maka pada saat itu juga para kapitalis dan orang-orang berdompet tebal melakukan pesta seks dengan perempuan yang bukan pasangan resminya di dalam lingkungan yang melegalkan prostitusi. Dimana keadilan?

Memiliki relasi dan pengaruh yang kuat di masyarakat membuat seseorang bisa bertindak dengan kelicikan dan kepicikan. Ketika oknum keluarga atau kerabatnya melakukan kesalahan, merugikan orang lain dan melanggar hukum. Dengan mudahnya ia berkonsultasi kepada koneksinya, para petinggi dan orang-orang berpengaruh. Pelanggaran berat yang dilakukan oleh kerabatnya akhirnya bisa didamaikan saja dengan hanya membayarkan sejumlah santunan dalam jumlah besar. Uang yang dimiliki telah membebaskan mereka dari sanksi hukuman yang seharusnya ditanggung seumur hidup. Tapi lihatlah, rakyat jelata yang tua renta mencuri buah kakao langsung saja ditangkap lalu diganjar hukuman yang tegas oleh pengadilan. Dimana keadilan?

Jaman sekarang memang edan… Uang telah menjadi komoditas yang bisa membeli segala hal. Anda bisa menukarkannya dengan hal-hal yang diinginkan hatimu bahkan melakukan kejahatanpu sah-sah saja asalkan dompet anda tebal. Kemahakuasaan uang niscaya akan membawa negara ini ke dalam era baru dimana manusia akan berjuang mati-matian bahkan sampai tak lagi mengenal batasan untuk memilikinya. Keadaan ini akan semakin merusak tatanan bermasyarakat dan sekaligus merusak lingkungan alamiah. Oleh karena itu jangan bertanya-tanya lagi mengapa aksi-aksi kriminal, terorisme dan bencana alam terjadi dimana-mana, itu semua karena uang! Simak, Faktor yang mempengaruhi terjadinya aksi penyimpangan.

Salam, batasi dan hentikan kekuasaan uang!

1 reply »

  1. Bedeh cool Abis keep posting yah Gan… numpang mampir nawarin produk yah… bagi yg suka ngebet ataaupun main game online bisa mampir ke website kita yah di id303.com 🙂

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s