Gejolak Sosial

+10 Contoh Berpikir Positif Sehari-Hari Bahkan Saat Masalah Menghampiri Anda


Contoh Berpikir Positif Sehari-Hari Bahkan Saat Masalah Menghampiri Anda

Berpikir positif adalah aktivitas otak yang menuntun seseorang untuk semakin dekat dengan kebenaran yang hakiki. Inilah hal yang paling mendasar dalam kehidupan setiap manusia. Bila seseorang mampu bertahan dalam hal-hal mendasar maka selanjutnya perannya akan menjadi lebih baik. Akan tetapi seseorang yang dasar-dasar kehidupannya telah dicabik-cabik oleh waktu dan situasi akan mudah sekali goyah dan terlena oleh pengaruh buruk baik yang berasal dari dalam dirinya sendiri maupun yang berasal dari luar.

Sekalipun pikiran ada di atas kepala, bagian ini bermanfaat sebagai pondasi kehidupan anda. Beberapa juga meyakini bahwa bagian tersebut serupa kerangka kehidupan yang membentuk siapa dan bagaimana anda sebenarnya. Bila pondasinya kuat maka daya tahan & kekokohannya juga lebih baik. Tetapi saat pondasinya lemah, guncangan gempa sedikit saja bahkan guncangan angin ribut sebentar saja sudah merubuhkan bangunann & mencelakakan orang-orang di dalamnya. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah kekokohan pondasi bangunan  pikiran anda.

Salah satu dasar pemikiran yang paling kokoh dalam kehidupan manusia di tengah banyaknya tujuan-tujuan sempit yang bersifat individualistik dan kelompok adalah kebenaran. Ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai dasar kehidupan seseorang sebab nilai yang benar itu sifatnya universal (berlaku secara umum). Dalam pemahaman kami, hanya ada dua kebenaran yang sejati selama kita hidup di dunia ini, yakni (1) hidup untuk kemuliaan nama Tuhan dan (2) hidup untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama manusia lainnya. Jika saja semua orang diseluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia menjadikan dua hal ini sebagai tujuan hidupnya maka bumi ini akan hidup aman, damai dan makmur.

Ketahuilah bahwa pikiran manusia sangat rumit lebih sukar dipahami dibandingkan karya seni apapun yang ada di dunia ini. Otak adalah jaringan tersibuk dan yang paling rumit untuk ditiru secara sintetis. Jika anda tidak mampu mengendalikan organ yang satu ini maka kemungkinan besar seluruh hidup ini akan berangsur-angsur dalam penyimpangan. Sebab mengendalikan otak diawali dengan meningkatkan kecerdasan. Saat kecerdasan meningkat maka kesadaran juga meningkat. Peningkatan kesadaran inilah yang memungkinkan anda untuk mengendalikan diri. Namun sayang sekali, kesadaran manusia lebih dekat dan sangat dipengaruhi oleh apa yang diamati indra di luar sana.

Ketika pikiran anda sadar tetapi begitu besar terpengaruh terhadap indra, ada kecenderungan semua informasi yang anda serap mengotori hati anda. Kejadian inilah yang kerap kali membuat pikiran menjadi negatif sehingga sikappun turut menjadi amburadur. Dari pengalaman kami memikirkan hal positif yang ada di dunia ini, tidak ada satupun pemikiran yang mempu menangkal berbagai-bagai pengaruh buruk yang datang dari dunia ini selain dari pemikiran untuk membawa-bawa Tuhan kemanapun kita pergi. Jadi yang membuat Tuhan selalu ada di dekat kita adalah saat senantiasa memusatkan pikiran kepada-Nya dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

 Kebahagiaan Sejati & Fokus Pikiran Positif

Macam-macam cara (proses) berpikir positif yang dapat membentuk kehidupan anda menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Pikiran adalah pusat dari kehidupan anda sehingga berimbas pada perkataan (lisan), perilaku, hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan sesama bahkan masa depan juga. Menjaga pikiran anda tetap positif merupakan salah satu cara untuk menjadi pribadi yang senantiasa bahagia di segala waktu yang dijalani hari lepas hari. Kami akan menampilkan beberapa contoh berdasarkan pengalaman sendiri, perhatikanlah baik-baik dan jangan terikat pada konteks. Artinya, tidak perlu mengkopi-paste kata-kata yang ada dalam blog ini (pertama-tama tidak masalah teman) melainkan buatlah kata-kata sendiri yang mengalir keluar dari dalam hatimu. Kembangkan itu berdasarkan pemikiran pribadi sebab semua kemajuan yang dilakukan menunjukkan bahwa kecerdasan anda sama seperti kami bahkan lebih lagi. Cari tahu, Langkah-langkah berpikir positif.

Berikut ini kumpulan persepsi yang baik agar pikiran tetap positif sehingga dapat menenangkan dan membahagiakan kehidupan anda.

  1. Di bawah kepak sayap-Mu, Kau bawa ku terbang tinggi melintasi badai hidup di dunia ini. Jadi tidak perlu takut dan gentar sebab Tuhan didekatmu.
  2. Kita hidup karena kemuliaan nama Tuhan, mati karena kemuliaan nama Tuhan. Jadi lakukanlah segala sesuatu demi kemuliaan nama Tuhan.
  3. Masih hidup sampai sekarang adalah luar biasa karena kemurahan hati Tuhan.
  4. Masalah adalah cara Tuhan meng-upgrade kehidupan kita.
  5. Pergumulan hidup itu baik untuk membuat kita tetap dekat kepada Tuhan.
  6. Semua yang terjadi adalah kehendak Tuhan, bersyukur buat semuanya ya Tuhan.
  7. Semuanya ini harus terjadi agar kita meresapi dan merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan manusia.
  8. Apa yang terjadi, biarlah itu terjadi. Kita hanya berjuang semaksimal mungkin, selebihnya serahkan pada kehendak Tuhan.
  9. Gejolak sosial bertujuan untuk membuat kehidupan kita semakin tajam. Tetapi bukan untuk melukai/ menyakiti orang lain melainkaun untuk menyatakan kasih Allah kepada sesama.
  10. Hidup ini butuh pengorbanan. “Sebilah pedang akan terus diasah sehingga permukaannya terkikis agar menjadi tajam.” “Sebatang lilin akan meleleh untuk menerangi ruangan yang kosong.” Ada begitu banyak ego di dalam hati untuk dikuliti agar kita bisa menjadi orang yang berguna bagi kemuliaan Tuhan dan bermanfaat juga bagi kehidupan sesama.
  11. Dunia ini kampus kehidupan sementara yang selalu diselingi dengan ujian. Jika kita setia dan taat sampai ajal menjemput kelak maka pada saatnya nanti kita akan pulang ke rumah Bapa di sorga untuk selamanya.
  12. Hidup ini hanya sementara sedangkan kehidupan kita yang kemudian adalah selamanya. Jangan korbankan kehidupan kedua dalam neraka abadi hanya karena tidak setia dan taat dalam hidup yang sementara di dunia ini.
  13. Hidup ini butuh keseimbangan, tidak mungkin baik terus-menerus dan tidak mungkin juga buruk terus menerus. Melainkan susah-senang diterima apa adanya sembari dinikmati aja.

    Persepsi untuk merendahkan hati saat kesombongan menguasai.

  14. Manusia hanyalah setitik debu yang tidak ada apa-apanya di mata Tuhan.
  15. Kita hanyalah makhluk hina yang secara tidak langsung mengkonsumsi kotorannya sendiri. Jadi tidak perlu membanggakan diri.
  16. Kami hanya sampah, dipandang sebelah mata bahkan tidak berguna yang hanya bisa bertahan hidup selama mengandalkan Tuhan seutuhnya.
  17. Kita pantas dihina orang, toh kita hanya makhluk hina yang tidak ada apa-apanya di dunia ini. Hanya Tuhanlah yang pantas ditinggikan dan dipuji untuk selama-lamanya.

    Persepsi melayani (kami peroleh dari seorang hamba Tuhan).

  18. Sadarilah bahwa kehidupan anda saat ini tidak dibuat atas kehendakmu atau atas kehendak orang tuamu atau atas kehendak pasangan hidupmu melainkan “anda ditempatkan disini karena rencana Tuhan“.

    Ada banyak orang saat ini tidak senang dengan, tempat belajar, tempat kerja, rekan kerja, bos yang memimpin dan banyak sekali hal disekitarnya yang tidak disukainya. Tetapi bila memiliki prinsip bahwa anda ditempatkan di sini atas rencana Tuhan pasti lega rasanya hati ini menghadapi semua tantangan yang muncul.

  19. Layanilah seseorang bukan berdasarkan prinsip “untuk siapa?” melainkan “karena siapa?“.

    Beberapa orang memandang muka saat melayani orang lain. Mereka begitu agresif dan sangat perhatian saat yang datang adalah pejabat atau orang kaya. Tetapi saat yang dihadapannya begitu lusuh dan tidak punya benda-benda yang wah maka senyumanpun tidak ada dibibirnya. Oleh sebab itu jauhkan alasan ini dari hidupmu “saya melayani untuk saudara sendiri/ orang kaya/ pejabat”. Melainkan biar lebih semangat melakukannya maka tanamkan alasan ini dalam hatimu “saya melayani karena itu adalah tugas yang dipercayakan Tuhan kepada saya“.

  20. Jauhkan dari pikiranmu prinsip “saya melayani demi….” melainkan “saya melayani walaupun“.

    Beberapa orang melayani sesamanya demi uang, pujian, penghargaan, penghormatan dan lain sebagainya. Saat hal-hal yang diinginkan hatinya itu tidak ada atau telah berubah menjadi kurang menyenangkan maka semangat untuk melayani kembali kendor.
    Oleh karena itu, saat menghadapi situasi sulit agar lebih semangat menjalaninya maka katakanlah dalam hatimu “saya melayani walaupun tempat kerja kami tidak ada AC-nya, saya melayani walaupun kadang kala pasiennya cuek-cuek saja, saya melayani walaupun beberapa teman tidak ramah menanggapi kehadiran saya” dan lain sebagainya.

  21. Melayani orang lain adalah “suatu kesempatan bagi kita untuk berbuat baik kepada Tuhan“.

    Saat kita berbuat baik kepada sesama jangan fokus kepada siapa berbuat baik melainkan agar lebih semangat saat melakukannya maka anggaplah bahwa saat berbagi kasih kepada sesama adalah suatu kesempatan bagi kita untuk berbuat baik kepada Tuhan.

  22. Jangan pernah menganggap bahwa “orang lain ada karena kita” melainkan anggaplah bahwa “kita ada karena orang lain“.

    Hindari anggapan bahwa orang lain sukses karena kita, si itu bahagia karena kita, si ini sehat karena kita, si anu selamat karena kita. Melainkan anggaplah bahwa kita sukses karena dukungan orang lain, kita bahagia karena orang lain, si ini sehat karena Tuhan yang mengizinkannya, si anu selamat karena Tuhan yang melembutkan hatinya. Pada dasarnya, prinsip semacam ini mengajak kita untuk tidak memfokuskan segala sesuatu kepada diri sendiri melainkan mengembalikannya dalam kebersamaan dan juga di dalam Tuhan.

    Contoh berpikir positif saat menghadapi masalah.

    Sebelum simbol ini “>>” menyatakan kejadian yang sedang berlangsung dan ditangkap oleh indra anda. Sedangkan setelah simbol ini “>>” menyatakan isi pikiran anda (yang anda bahas-bahas di dalam hati)

  23. Cantik/ tampan ya >> nafsu syahwat langsung memuncak.
    [Solusi] Memuji-muji Tuhan di dalam hati.
  24. Uang itu besar sekali, ambil aja >> nafsu untuk mencuri meremas hati.
    [Solusi] Ingat-ingat Tuhan kawan, saat ini mata-Nya sedang tertuju padamu lho…
  25. Ada buah yang matang, lagi banyak, sikat aja >> nafsu ingin memiliki meradang.[Solusi] Minta izin dulu lah kawan, moga-moga dikasih.
  26. Sikawan masih anak kecil tidak tau apa-apa >> keinginan untuk mengkibuli berdesis.
    [Solusi] Jujurlah disegala waktu, konsistensi adalah emas langka.
  27. Enak tuh cemilannya >> nafsu di lidah mengalir deras.
    [Solusi] Tetap fokus pada aktivitas positif yang sedang dilakukan.
  28. Oh Man… Bajunya modis banget >> nafsu untuk belanja menggeliat.
    [Solusi] Selalu sibukkan diri dengan pekerjaan yang anda sukai selama ini.
  29. Gila Man… Dia jadi juaranya >> kedengkian menguasai hati.
    [Solusi] Dia pantas mendapatkannya, ucapkanlah selamat.
  30. Kami ini orang hebat, hartamu banyak >> kesombongan mengelilingi hati.
    [Solusi] Menyangkal diri.
  31. Lihatlah semua pujian & pengakuan yang ada >> jadi bangga banget rasanya.
    [Solusi]Kami hanya manusia yang tidak berhaga, Tuhanlah bekerja dalam semua kebaikan ini.”
  32. Kamu orang baik lho, yang kamu lakukan berdampak besar >> merasa bangga lalu memandang orang lain sinis.
    [Solusi] “Kami hanya manusia sampah yang tidak ada gunanya, Tuhanlah yang telah lebih dahulu berbuat baik kepada kami.”
  33. Uang gede boss, gelapkan saja >> keinginan untuk korupsi mendekat.
    [Solusi] Ingatlah bahwa Tuhan mengawasimu, uang tidak dibawa mati.
  34. Teman ini memalukan, terus melakukan kesalahan di depan umum >> rasanya jengkel memperhatikannya.
    [Solusi] Tak seorangpun manusia lahir sempuna bahkan anda sendiri memiliki kelemahan.
  35. Kawan ini buat orang jengkel >> Ingin rasanya balas dendam.
    [Solusi] Kuatkan hati menjalani hidup, rasa sakit itu bermanfaat. Biji harus hancur agar kecambah didalamnya bisa tumbuh.
  36. Sepertinya kawan ini munafik >> menghakimi orang lain di dalam hati.
    [Solusi] Kasihani orang ini Tuhan, semoga dia segera bertobat.
  37. Sepertinya kawan ini memiliki maksud jahat >> menuduh orang lain yang tidak-tidak.
    [Solusi] Tunggu dulu perkembangannya, apa dia konsisten? Tidak terburu-buru memutuskan.
  38. Kawan ini lagaknya seperti maling >> menilai orang baru buruk semua.
    [Solusi] Kita lihat saja nanti, semoga dia adalah orang baik.
  39. Orang ini hartanya hasil korupsi >> mengutuki orang lain dalam hati.
    [Solusi] Kasihani orang ini ya Tuhan, semoga dia dapat pencerahan.
  40. Orang ini berlaku tidak sopan >> mencuat keinginan untuk menggertak.
    [Solusi] Ini cobaan yang datan dari Tuhan, kuatkan aku ya Bapa.
  41. Sikawan ini berlebihan sekali >> muncul niat untuk meledeknya.
    [Solusi] Kasihani orang ini, dia masih anak muda, sadarkan dia ya Tuhan.
  42. Yang satu ini suka mengganggu orang >> ada nafsu untuk mengganggu balek.
    [Solusi] Ini adalah kesempatan bagi saya untuk mengendalikan diri, kuatkan hatiku ya Tuhan.
  43. Usil banget sih yang satu ini >> keinginan untuk menjitak kepalanya.
    [Solusi] Ini adalah kesempatan bagi saya untuk melatih konsentrasi, kuatkan hatiku ya Tuhan.
  44. Kuatir menghadapi ujian kehidupan/ ujian sekolah – takut gagal melewati semuanya ini.
    [Solusi] Sukses dan gagal makanan kehidupan. Bantu kami melewatinya & persiapkan kami menerima apapun hasilnya ya Tuhan.
  45. Contoh kasus saat kebaikan kita diabaikan >> rasa-rasanya ingin menghajar orang tersebut.
    [Solusi] ada sakit hati >> Ini dahsyat & sudah sepantasnya ya Tuhan, kuatkan kami melaluinya.
    [Solusi] ada rasa sakit >> Kami ini hanya debu tanah yang tidak berguna, itu sudah seharunya terjadi. Kuatkan kami ya Tuhan.
    [Solusi] ada sakit hati >> Ini baik untuk masa depan kami, ajari kami mengendalikan diri ya Tuhan.
    [Solusi] ada sakit hati >> Terimakasih ya Tuhan. Ini bermanfaat untuk membentuk kami menjadi orang yang kuat & tabah.
    [Solusi] tidak terasa sakit >> kasihani orang-orang ini ya Tuhan, mereka tidak berdosa apa-apa. Kiranya mereka menyadarinya kelak.
    [Solusi] tidak terasa sakit >> teruskanlah berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan anda.
    [Solusi] tidak terasa sakit >> teruslah bernyanyi-nyanyi di dalam hati untuk memuliakan Allah kita.

Semakin banyak problematika kehidupan yang anda alami maka semakin luas pula pengalaman anda untuk membuat pikiran tetap positif. Apapun pergumulan hidup yang diijinkan Tuhan terjadi dalam setiap hari yang anda lalui –  Jangan pernah benci masalah. Melainkan pandanglah itu sebagai sebuah kesempatan untuk melatih kemampuan berkonsentrasi sekaligus melatih kamampuan mengendalikan diri. Dibalik semua persoalan yang anda hadapi, milikilah tujuan yang benar dalam hati. Ini akan menjadi pondasi yang kuat dalam keseharianmu : berfokuslah kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian (terfavorit) dan di dalam kesempatan yang mungkin berbagilah kepada sesama untuk menyatakan kasih Allah kepada dunia yang telah lebih dahulu anda terima. Lanjutkan baca, Manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Salam penjaga hati yang sejati itu Tuhan!

3 replies »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.