Kecerdasan Manusia

10 Tipe & Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Manusia

Tipe &; Faktor Yang Menentukan Kecerdasan Manusia

Cerdas adalah (1) sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya); tajam pikiran; (2) sempurna pertumbuhan tubuhnya (sehat, kuat). Sedangkan kecerdasan adalah (a) perihal cerdas; (b) perbuatan mencerdaskan; kesempurnaan perkembangan akal budi (seperti kepandaian, ketajaman pikiran) – KBBI Luring. Merupakan kekuatan pikiran yang selalu berkembang ke arah yang positif ketika dirangsang oleh gejolak sosial. Jadi, tanpa masalah kecerdasan tidak akan berkembang. Bila saat ini hidup anda tidak pernah menemui persoalan, mungkin keadaan inilah yang membuat anda lemot.

Sadar atau tidak tingkat kecerdasan seseorang sangat dekat dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Biasanya semakin tinggi aktivitas seseorang maka semakin tinggi pula kepintarannya dan semakin rendah kepintaran seseorang maka semakin rendah pula aktivitasnya. Itulah mengapa bayi anda (yang baru lahir dan balita) di rumah sukanya tidur terus seharian, bukan karena mereka tidak pintar melainkan karena tingkat kecerdasannya belum dilatih sama sekali. Demikian jugalah halnya dengan hewan-hewan peliharaan anda di rumah, bila mereka kebanyakan tidur-tiduran melulu, itu tandanya tidak ada pikiran (kurang bisa mikir).

Tidak cerdas suka tidur tetapi otak cerdas tidak bisa tidur!

Bila anda suka tidur seharian dan sangat pulas pula, berarti itu tandanya aktivitas otak rendah. Keadaan ini cenderung membuat seseorang menjadi terkesan agak malas. Sebenarnya kemalasan itu tidak ada sebab semua manusia bahagia saat mengerjakan sesuatu sehingga rasa inilah yang menjadi pemicu seseorang untuk menyelesaikan sesuatu sesuatu. Tetapi yang ada dalam benak manusia adalah otak yang buntu (tidak bisa mikir) seperti balita atau hewan yang  sukanya tiduran saja. Jadi jangan marah kalau ada seseorang yang kerjanya tidur saja di sekitar anda, satu-satunya cara untuk menggiatkan orang seperti ini adalah dengan senantiasa menyarankannya untuk membuat pikiran selalu aktif.

Sebaliknya, ketika anda telah mencapai tingkat kecerdasan yang tinggi maka resikonya adalah menjadi susah tidur. Ini menunjukkan bahwa tingkat aktivitas otak sangat baik yang diiringi dengan tingkat kesadaran yang sangat mumpuni. Akan tetapi resiko yang dihadapi oleh orang-orang seperti ini adalah pikiran yang melayang-layang dan cenderung membahas-bahas hal yang negatif di dalam hati sendiri. Oleh karena itu, level otak yang semakin tinggi akan membuat anda mengalami banyak kesulitan untuk mengendalikannya, salah-salah sedikit maka hawa nafsu yang sesat juga berlebihan, kebinatangan dan kejahatan lainnya menyambar pikiran anda.

Solusi mengendalikan kecerdasan, terlalu rendah tidak baik dan terlalu tinggi tidak baik juga sedang-sedang saja tidak baik, jadi mendingan mati ajalah….

Setiap level kecerdasan memiliki resiko yang berdampak buruk terhadap pikiran itu sendiri maupun terhadap sikap sendiri (perkataan & perilaku). Artinya, menjadi orang yang tidak bisa mikir juga salah (tiduran terus), menjadi orang pintar juga salah (nggak bisa tidur, pikiran melayang-layang dalam imajinasi tidak jelas) dan sedang-sedang saja juga tidak baik (tanggung bila digunakan untuk menyelesaikan masalah). Oleh karena itu, anda harus belajar untuk menstabilkan setiap level otak yang dimiliki. Satu-satunya cara untuk mengendalikan hal ini adalah dengan senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

Cara pribadi mengendalikan kecerdasan yang berlebihan

Kami sendiri mengakui, menjadi orang cerdas itu benar-benar GAK BISA TIDUR. Waktu tidurnya ada tetapi pas diganggu dikit udah sadar 100% dan tidak ngantuk lagi. Di malam haripun yang kami rasakan adalah insumnia berat (sekitar jam satu dan jam dua sampai tiga terbangun). Rata-rata jadwal terbangun kami di malam hari (saat subuh) antara 2 sampai 3 kali. Sungguh ini memang tidak mengenakkan tetapi berusaha untuk diterima apa adanya. Saat terkejut, kami melakukan aktivitas seperlunya (misalnya ke toilet) dan tetap membaringkan diri di atas tempat tidur. Jadi saat kami insomnia, tutup mata saja di atas ranjang sambil bernyanyi di dalam hati memuji-muji nama Tuhan. Sungguh, aktivitas ini benar-benar menenangkan sehingga insomnia kami tidak berdampak buruk (tidak menimbulkan kegelisahan, keresahan, kekuatiran, ketakuatan atau hiper aktivitas di malam hari). Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi.

Syukur kepada Allah Bapa, hanya ketika pikiran kita fokus kepada-Nya maka ada kelegaan, ketentraman, kedamaian dan kebahagiaan melekat kuat di dalam batin ini. Kehadiran-Nya dalam otak kita seperti antivirus kekal yang selalu ada, tanpa bayaran (gratis), tanpa update, tanpa maintenance dan lain sebagainya. Sungguh nyata yang kami rasakan adalah hati ini benar-benar terbebas dari hawa nafsu yang sesat juga berlebihan, kebinatangan dan berbagai-bagai kejahatan lainnya. Sampai sekarang kami belum menemukan pikiran positif semacam ini yang bisa membersihkan (repair) seluruh kehidupan kami.

Jenis kecerdasan dan disebut juga sebagai faktor yang mempengaruhinya

Level pikiran sebanding tingkat aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Jangan biarkan dirimu diam terlalu lama, pula jangan biarkan diri menikmati hidup terus-menerus. Melainkan upayakan untuk senantiasa beraktivitas. Sebab, sadar atau tidak situasi semacam inilah yang digunakan Sang Pencipta untuk membentuk manusia sekaligus untuk melatih kecerdasan otaknya. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan beberapa contoh jenis aktivitas yang kemungkinan besar akan mempengaruhi kehidupan anda.

Berdasarkan, hierarki dasar dalam kehidupan manusia maka seseorang memiliki 3 sikap yang efektif untuk melatih kecerdasannya.

  1. Aktivitas pikiran.

    Fokus Tuhan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat otak selalu aktif di segala situasi maupun di segala waktu. Bahkan saat sedang menikmati hidup (misalnya makan dan bersantai) tetap masih bisa dilakukan di dalam hati. Kegiatan semacam ini sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan kita hingga menangkal hal-hal buruk yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar. Favorit kami saat menekuninya adalah dengan senantiasa bernyanyi memuji dan memuliakan nama Tuhan di dalam hati.

  2. Aktivitas berbicara.

    Jangan berpikiran bahwa untuk berbicara tidak butuh kecerdasan. Jumlah kosa kata yang keluar dari dalam mulut setara dengan tingkat kecerdasan orang tersebut. Jadi jangan anggap remeh dan nyaman saat anda terus-menerus diam-diaman saja setiap jam. Cobalah untuk mengeluarkan sepatah dua patah kata yang bermanfaat kepada siapapun. Tetapi berhati-hati jugalah dengan bibir yang suka gosip, fitnah, bully dan lain sebagainya. Melainkan berbicaralah sepositif mungkin. Carilah alternatif lain untuk menyalurkan kata-kata anda, misalnya dengan menulis diari, puisi, pantun, cerita dan karya seni lainnya.

  3. Aktivitas perilaku.

    Seberapa tinggi tingkat kerumitan pekerjaan anda? Banyakkah pekerjaan yang anda lakukan setiap hari? Orang yang pekerjaannya banyak biasanya tidak suka diam-diaman saja seharian. Tetapi mereka selalu berusaha menemukan dan melakukan sesuatu setidak-tidaknya yang berguna untuk kebaikan diri sendiri maupun sebagai penolong yang bermanfaat bagi sesama (setidaknya orang terdekat-keluarga).

    Berdasarkan aktivitas (pekerjaan) yang dilakukan sehari-hari.

  4. Tipe pekerja positif.

    Setiap pekerjaan selalu membutuhkan otak. Tidak ada satupun pekerjaan di dunia ini yang tidak membutuhkan pikiran. Satu-satunya pekerjaan yang tidak membutuhakan otak adalah saat menikmati hidup. Jadi bila selama ini anda lebih sering menikmati hidup daripada bekerja, dapat kami simpulkan bahwa tingkat kecerdasan anda cenderung menurun.

  5. Tipe pelajar positif.

    Tipe manusia dengan aktivitas otak semacam ini adalah mengembangkan suatu rangsangan untuk mempengaruhi perkembangan pikiran seseorang. Pada dasarnya, setiap jalur dalam pikiran manusia senantiasa tumbuh dan berkembang dimana salah satu cara untuk mengembangkan pengertian yang dimiliki yaitu dengan belajar. Kegiatan ini tidak melulu tertuju pada aktivitas di sekolah melainkan dalam hidup sehari-haripun kita bisa belajar banyak hal lewat berbagai media mapun menggunakan indra (pengamatan langsung – 5 macam indra) dan imajinasi sendiri.

  6. Tipe manusia yang bernyanyi kreatif.

    Sistem impuls dalam menyampaikan rangsang selalu bergerak secara beriringan dan teratur. Pergerakan aliran listrik di dalam neuron memiliki pola-pola sendiri yang bersifat naik-turun. Inilah yang menjadi penyebab utama, mengapa saat anda barnyanyi, bahagia di hati jadi kepenuhan. Bernyanyi semacam ini lebih dekat untuk menciptakan lagu sendiri yang sesuai dengan pemahaman anda. Lebih baik bernyanyi memuji-muji Tuhan, pahalanya banyak daripada memuji orang-orang duniawi (pahalanya tidak jelas bahkan kadang mereka membenci balik).

  7. Tipe otak yang menekuni hobi.

    Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepintaran seorang manusia adalah hobi positif yang dilakukannya sehari-hari. Jujur saja, sebenarnya hobi kami adalah jalan kaki tetapi berhubung karena jarak rumah dan tempat kerja jauh maka naik motorlah jadinya. Tetapi kedepan ini bila kami memiliki uang yang cukup akan membeli sepeda sebagai alat transportasi. Ini lebih menyehatkan teman sebab kami perhatikan tubuh ini semakin berlemak duduk nyaman di atas motor. Ingatlah bahwa saat keringat kita keluar maka hati otomatis berbahagia.

  8. Tipe otak yang berkarya seadanya.

    Karya seseorang selaras dengan level pikirannya. Jika di dalam pikiranmu ada sesuatu yang disebut sebagai imajinasi lalu mampu menterjemahkannya dalam berbagai bentuk, misalnya seni rupa (ornamen), seni menulis, seni tarik suara dan lain sebagainya. Wujud nyatakanlah semuanya itu dengan melakukan dan mendokumentasikannya. Hindari niat untuk sesuatu yang jauh (pujian, popularitas, dikenang dan lainnya) yang beresiko memperberat beban hidup ini melainkan biarkan semuanya mengalir. Bila anda punya sesuatu di dalam sana silahkan ekspresikan, tidak ada juga tak masalah, semuanya tergantung dari kasih karunia Allah.

  9. Tipe otak yang menyelesaikan masalah

    Masalah adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anda. Bila selama ini berpikir bahwa tanpa persoalan itu baik, mulai sekarang ubahlah mindset seperti itu. Ada baiknya bila anda mencari-cari pergumulan hidup untuk diselesaikan agar membantu pikiran tetap cerdas karena terus diasah. Salah satu cara praktis mencari masalah adalah dengan senantiasa beramah tamah kepada semua orang, tetapi dibalik semuanya itu hindari sikap lebay.

  10. Tipe manusia multitasking yang positif.

    Pernahkan anda mengamati seseorang yang bekerja multitasking? Ini adalah salah satu ciri khas kecerdasan manusia. Salah satu pekerjaan multitasking yang pernah kami amati adalah pekerjaan perempuan saat memasak di dapur. Bukankah mereka hebat dalam hal ini? Masak air, lauk, sayur dan lain sebagainya dalam satu waktu. Perempuan yang seperti ini adalah mereka yang memiliki kemampuan otak yang lebih tinggi bahkan mungkin saja mereka lebih pintar dari pasangan hidupnya (suami). Tetapi berhati-hatilah, tidak usah memaksakan diri untuk multitasking (hanya untuk yang sudah terbiasa) sebab untuk apa mengerjakan beberapa hal sekaligus tetapi satupun tidak ada yang selesai? Malah beresiko rumah jadi kebakaran.

Jumlah aktivitas yang anda lakukan sehari-hari setara dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki. Semakin banyak berpikir, semakin banyak bicara, semakin banyak bekerja maka semakin pintarlah dirimu. Sayang, kepintaran yang tidak stabil akan membuatmu susah tidur setiap malam, hawa nafsu sesat juga aneh, sisi kebinatangan sering keluar dan kejahatan lainnya termuat dalam sikap sehari-hari. Oleh karena itu, selalu pusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian (terfavorit) dalam kesempatan yang tersedia niscaya jalan pikiran anda selalu baik & benar adanya. Simak juga, Manfaat pikiran positif hari lepas hari.

Salam latihan otak!

2 replies »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.