Gejolak Sosial

Kecenderungan Manusia Saat Membaca Alkitab, Kembali Pada Kebiasaan Selama Ini & Tujuan Masing-Masing

Kecenderungan Manusia Saat Membaca Alkitab, Kembali Pada Kebiasaan Selama Ini & Tujuan Masing-Masing

Kristen Sejati – Alkitab adalah buku misteri yang paling tua di seluruh dunia. Bila anda telah memiliki berbagai koleksi buku novel serial & buku cerita lainnya di rumah maka rugi rasanya untuk tidak memiliki Kitab Suci yang satu ini. Sehebat dan seternama apapun kisah yang disampaikan oleh seorang seniman, tidak ada kenamaan yang lebih kompleks dan lengkap selain Alkitab. Bahkan sekalipun buku Harry Potter adalah yang terlaris di seantero bumi ini, tetap tidak mampu mengalahkan popularitas Kitab Suci yang satu ini.

Allah dengan perantaraan para hamba-Nya telah merancang Kitab Suci dengan serapih dan sekaliber seperti sekarang ini bukan tanpa pengorbanan, melainkan beberapa dari tokoh didalamnya mengorbankan dirinya bersama ajaran yang disampaikannya. Beberapa nabi dalam buku suci ini telah ditimpakan hukuman yang lebih besar daripada kesalahannya. Tetapi pada akhirnya, apa yang disampaikannya diterima oleh masyarakat karena terbukti telah menjadi kenyataan.

Dari yang kami ketahui, untuk mempelajari Alkitab, butuh kekuatan Roh Allah sebab buku yang satu ini penuh dengan misteri. Bila anda adalah orang yang sangat tertarik dengan kisah-kisah misteri kehidupan maka mulailah mengalihkan bacaan dari buku-buku duniawi menjadi buku-buku sorgawi. Sebab, kisah misteri didalamnya penuh dengan teka-teki : membenarkan orang-orang benar sedangkan yang berdosa akan digiring dalam kesesatan. Oleh karena itu, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan melainkan bacalah berulang-ulan dari awal sampai akhir hingga anda menemukan maknanya.

Buku yang satu ini memang sangat unik dan khas (lain dari yang lain). Sebab ia memberikan sesuatu kepada pembacanya berdasarkan kecenderungan kehidupan mereka selama ini. Misalnya saat seorang pencuri/ maling mendapatkan, membaca dan memahaminya, ia akan mendapatkan dukungan atas perilakunya selama ini. Ketika seorang koruptor membaca & memahaminya maka ia akan menemukan pembenaran atas setiap perilakunya. Sewaktu seorang berjiwa maling membaca & memahaminya, iapun akan mendapatkan keuntungan dari semua itu. Ketika seorang yang pikirannya mesum mencoba menelaahnya, iapun akan menemukan sesuatu yang mempermulus kemesumannya. Demikian seterusnya untuk jenis kejahatan lainnya.

Baik bagi anda untuk membaca buku yang satu ini dengan niat yang tulus dan murni sebab tujuan yang tidak benar akan menggiring anda pada ketidakbenaran. Semua ini tergantung dari Roh yang ada di dalam diri sendiri. Silahkan ingat-ingat kembali, makanan yang cenderung anda konsumsi selama ini: apakah itu makanan yang baik atau apakah itu makanan yang jahat? Sebab makanan yang jahat akan membangkitkan roh yang jahat. Sehingga roh ini akan lebih mempertajam dan memperjelas bagian-bagian yang negatif lalu melemahkan hal-hal positif di dalam Kitab Suci. Dalam moment seperti inilah anda sering terjebak.

Sekalipun Alkitab adalah sumber dari semua solusi masalah yang dihadapi sehari-hari, ia juga dikenal sebagai sebuah jebakan bagi para pendosa dan orang-orang munafik. Mereka akan membacanya lagi dan lagi, terus-menerus namun tidak mampu melihat sesuatu yang baik didalamnya. Melainkan yang diekspresikannya hanyalah nafsu untuk melawan, memerangi dan memenangkan suatu gejolak sosial. Sebab dalam bagian tertentu ada yang mengatakan bahwa “kita adalah orang-orang yang lebih dari pemenang.” Jadi mereka mengartikan kemenangan itu sebagai sesuatu yang diperoleh hari lepas hari padahal yang menang adalah Yesus Kristus melawan Iblis. Setelah kebangkitan-Nya, iblis telah diikat & dilumpuhkan di dalam neraka sehingga kita menang karena Yesus menghadiahkan kemenangan (yang direbutnya dari iblis) itu kepada manusia.

Tuhan Yesus tidak menginginkan agar kita memenangkan semua persaingan sosial entah berantah yang terjadi disekitar kita. Cerdaslah mengikuti kompetisi sebab tidak semua persaingan adalah baik yang malah berujung pada gejolak sosial yang tidak ada akhirnya. Tapi, coba perhatikan kata-kata Yesus: (Matius  11:28) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Jadi, saat terjadi masalah dalam hidup anda, silahkan fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian niscaya Ia akan memberikan kelegaan sekaligus inspirasi untuk menemukan jawaban dari semua pergumulan hidup anda.

Sebelum membaca Alkitab, ada baiknya bila anda memberisihkan hati dan memurnikan tujuan sesaat sebelum membacanya. Ini adalah awal yang baik untuk menggiring rel/ jalur pemahaman anda dalam kebenaran sejati. Selalu pahami bahwa hanya ada dua inti permasalahan yang dibahas-bahas di dalam Kitab Suci yang satu ini, yaitu mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama manusia. Jikalau ada yang anda temui lewat dari kedua hal itu, berarti kisah tersebut termasuk dalam ranah perumpamaan dimana yang perlu anda ekstrak (pahami) adalah makna dibalik semua peristiwa yang tertulis disana.

Kecenderungan kita saat membaca Alkitab bergantung kepada roh yang selama ini dipelihara di dalam keseharian anda. Roh yang anda pelihara terbaca jelas dari kebiasaan bersikap, (1) baik dalam hal tutur kata (2) maupun tindakan yang diekspresikan juga (3) dari informasi yang sering anda masukkan dalam otak selama ini. Selama anda tidak pernah keluar dari jalur kebenaran maka selama itu pula Roh Kebenaran akan semakin kuat dalam dirimu. Tetapi ketika keinginan/ hawa nafsu anda mulai terikat dengan dunia dengan segala gemerlapan yang ada didalamnya alhasil ayat-ayat Alkitab akan dikomersialkan untuk kepentingan pribadi bahkan dijadikan alasan untuk menghakimi orang lain.

Salam ketulusan hati!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.