Gejolak Sosial

+10 Cara Sederhana Bersyukur Untuk Meraih Kebahagiaan – Mulailah Mensyukuri Hal Kecil Yang Terjadi Dalam Kehidupan Ini


Cara Sederhana Bersyukur Untuk Meraih Kebahagiaan - Mulailah Mensyukuri Hal Kecil Yang Terjadi Dalam Kehidupan Ini

Kristen Sejati – Syukur adalah (1) rasa terima kasih kepada Allah; (2) untunglah (pernyataan lega, senang, dan sebagainya) – KBBI offline. Merupakan ekspresi perasaan yang berkecukupan dengan pemberian Allah. Seperti perasaan kita penuh oleh karunia-Nya sebab semua yang kita butuhkan (bukan yang diinginakan-nafsu) telah dicukupkan oleh-Nya. Pemberian yang kita terima bukan karena hari ini telah melakukan kebaikan melainkan semuanya itu semata-mata karena kasih karunia-Nya bagi manusia.

Selain hubungan baik dengan manusia, hubungan baik dengan Tuhan justru sangatlah kita butuhkan. Ini adalah dasar dari semua hubungan yang ada. Bisa dikatakan bahwa Tuhan adalah penghubung dari semua yang baik di dalam dunia ini. Jadi, mustahil kita bisa memiliki hubungan yang baik dengan sesama manusia sebelum memiliki hubungan yang intim dengan Sang Khalik.Tahukah anda bahwa di sorga nanti, pekerjaan kita hanyalah memuji-muji nama-Nya & hanya Dialah yang menjadi milik kita satu-satunya? Ini jugalah dasar kami mengatakan bahwa saat hati memuji-muji Tuhan, kebahagiaan kita penuh.

Bersyukur merupakan salah satu cara agar bisa bahagia selama di bumi ini. Sebab kebiasaan berterimakasih kepada Allah menandakan bahwa kita benar-benar puas dengan segala pemberian-Nya. Besar kecil yang diberikan Tuhan, menganggap semua  itu adalah yang terbaik. Ini tidak berbicara tentang sesuatu yang kurang atau lebih melainkan semuanya itu sudah pas di hati. Titik pas di hati inilah yang dicapai dengan cara mensyukuri semua yang terjadi. Jika ada sesuatu yang lebih atau kurang kiranya bisa dicukup-cukupkan di dalam hati sendiri.

Aktivitas bersyukur disebut juga sebagai keadaan yang menemukan titik kecocokan dengan Tuhan. Seperti kita menyetujui segala perlakuannya dalam hidup ini. Sekalipun kenyataannya, kadang ada suka, duka, tawa, tangis, senang, susah dan lain sebagainya. Bila kita mampu membentuk persepsi positif ditengah situasi yang terjadi, persepsi yang di dasarkan pengetahuan akan firman Allah niscaya hati ini mampu mensyukuri semua yang telah terjadi. Untuk membangun sudut pandang positif semacam ini, butuh lebih banyak belajar dari Kitab Suci dan pengalaman mempraktekkannya.

Semua yang terjadi atas izin Tuhan, mulai dari hal-hal sederhana sampai kepada yang lebih besar, semua berasal dari Allah. Apapun yang anda alami sebaiknya diterima apa adanya dengan demikian hati lebih lega dan tenang menerima kenyataan yang sedang berlangsung. Keadaan ini juga menandakan bahwa anda sedang bersyukur kepada Tuhan sebab yang terjadi biarlah terjadi. Marilah menganggap bahwa segala yang terjadi dibentuk lewat tekanan dan latihan yang terus menerus dilakukan.

Yang membuatmu tidak bisa bersyukur

Apa yang mendorongmu untuk malas bersyukur kepada Allah? Apa karena Ia tidak pernah mendengarkanmu? Mungkin juga karena ia masih belum mekmenuhi semua keinginanmu? Tahukah anda bahwa salah satu cara terburuk untuk mengucap syukur kepada Tuhan adalah ketika keinganan dihati mulai memuncak melebihi langit-langit. Saat hawa nafsu terlalu tinggi sedangkan kemampuan kita biasa-biasa saja maka akan terjadi bias yang kuat antara harapan dan kenyataanl yang membuat anda tidak mampu bersyukur malainkan justru mulai timbullah kekecewaan dan  sungut-sungut.

Saat anda terlalu fokus pada sesuatu yang besar, ada kemungkinan keadaan ini akan membuat hati mudah galau dan kerap kali sungut-sungut keluar dari dalam mulut sendiri. Terlebih saat hal-hal yang terlalu besar & tinggi. Oleh karena itu, daripada memikirkan sesuatu yang besar dan belum dimiliki pula maka lebih baik bagi anda untuk belajar peka terhadap hal yang kecill-kecil tapi pengaruhnya luar biasa. Mulailah belajar untuk mengingat kembali apa-apa saja yang kecil yang terlupakan dalam menjalani hari lepas hari.

Bersyukur yang tidak benar

Mengucapkan syukur bisa dilakukan dari berbagai-bagai sudut pandang, baik sudut pandang sendiri (diri sendiri), orang lain maupun dari sudut pandang Tuhan. Oleh pemakaian sudut pandang sendiri, kita sering jatuh dalam rasa yang sedang dialami. Saat sedang terpuruk maka bersedihlah hati ini; saat sedang berduka maka meranalah jiwa ini. Sedang oleh pemakaian sudut pandang orang lain maka kita cenderung membanding-bandingkan diri sendiri dari sesama; saat sesama misikin, merasa beruntung; ketika orang lain rugi, merasa hebat; pas saat orang lain lebih hebat dari kita, merasa cemburu. Oleh karenanya, mulailah bersyukur menurut sudut pandang kitab suci yang positif.

Baik bagi anda untuk tidak bersyukur dengan cara membanding-bandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan sendiri. Keadaan ini mungkin akan membuatmu bahagia sesaat tetapi tidak ada jaminan itu bisa berlangsung lama. Kita lantas merasa beruntung saat kehidupan orang lain lebih rendah/ hina dari diri sendiri, tetapi bagaimana saat ada orang yang lebih hebat dari kita? Sebab segera sesudah melakukan perbandingan dengan sesama, muncullah sikap sombong dan iri hati. Pada akhirnya kedua sikap ini tidak akan membangun kebahagiaan & kepuasan secara konsisten yang

Cara mensyukuri hal-hal kecil yang terdapat dalam setiap hari selama hidup di dunia ini.

Mengapa bersyukur itu sederhana? Sebab saat melakukannya anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Lagipula orang lain tidak perlu mengetahuinya melainkan cukup didalam hati saja maka maknanya akan meresap masuk secara mendalam sampai membuat anda bahagia, damai dan tentram menjalani hidup yang kadang tidak mudah. Kesederhanaan rasa bersyukur merupakan karunia Tuhan yang sudah ada dalam diri setiap manusia, tinggal mangaktifkannya. Dengan demikian andapun bisa menciptakan kebahagiaan sendiri yang gratis tetapi rasanya fully exclusive (khas-spesial).

Jangan salah kaprah dan menyangka bahwa hanya hal-hal materilah yang benar-benar dibutuhkan dalam hidup ini. Sebab, masih banyak hal sederhana yang tidak bisa dibeli seandainya kita tak memilikinya sama sekali, niscaya ajal sudah menunggu di depan. Oleh karena itu, mulailah mengenali, menggali dan mempelajari semuanya itu sehingga selalu ada rasa terimakasih yang penuh buat kehidupan yang sedang kita jalani kepada Sang Pencipta.

  1. Bersyukur karena sampai detik ini masih bisa bernafas lega.

  2. Bersukahati sebab pagi ini masih bisa makan dengan nasi dan lauk seadanya.

  3. Bersukacita, hari ini bisa masak tanpa ada yang kebakaran.

  4. Berbahagia, hari ini bisa melakukan pekerjaan dengan baik & benar.

  5. Bersyukur bisa kerja tepat waktu karena semua selesai sebelum headline-nya.

  6. Berterimakasih telah diberi kesempatan untuk melihat matahari terbit pagi ini.

  7. Berbahagia karena diberi kesempatan untuk merasakan kehangatan sang mentari yang mendamaikan hati.

  8. Bersukacita sebab Tuhan menurunkan hujan tepat & indah pada waktunya.

  9. Sangat bersyukur karena Tuhan memberi petunjuk hidup sehat ternyata simple, yaitu konsumsi air garam isotonik sehari-hari.

  10. Sungguh bersukahati, semua penyakit telah dilenyapkan oleh sesuatu yang sederhana, yakni garam.

  11. Alangkah baiknya Tuhan itu, manusia tidak pernah kekurangan sebab kita berada dalam siklus kehidupan yang selalu berputar.

  12. Betapa luar biasanya Allah kita, sebab sekalipun tidak ada apa-apa untuk dimakan (zaman kekeringan-kelaparan) tetapi masih ada air laut untuk diminum sehingga kita tetap bertahan hidup.

  13. Tersenyum dan berterimakasih saat masalah datang sebagai kesempatan untuk melatih kemampuan mengendalikan diri.

  14. Berbahagia karena kita sampai dengan selamat di tempat yang kita tuju.

  15. Bersukacita karena sekalipun banyak godaan dan ancaman telah dilewatkan Tuhan dari hadapan kita.

  16. Tersenyum dan berbahagia karena hari ini bisa kembali berjumpa dengan rekan kerja.

  17. Bersukacita karena hari ini diperhadapkan dengan ujian agar lebih fokus kepada Tuhan di segala waktu (kecuali saat bekerja yang membutuhkan konsentrasi).

  18. Bersyukur telah diberikan teman kerja yang memiliki sifat beranekaragam sehingga kita bisa belajar menyesuaikan diri.

  19. Bersukahati, hari ini diberi ujian sama Tuhan sehingga otak kita dilatih untuk menjadi lebih cerdas.

  20. Selalu mengucap syukur saat menghadapi gejolak kehidupan dengan demikian mental kita dilatih untuk lebih kuat/ tabah menjalani hari.

  21. Berterimakasih karena hari ini masih diberi kesempatan untuk berbaik hati kepada Yesus-Yesus kecil (bandingkan Matius 25:34-46).

  22. Bersukacita, bisa mengambil peran untuk membantu orang lain berhasil/ sukses.

  23. Bersukahati, bisa bermanfaat bagi orang lain lewat kata-kata (ramah tamah) yang diekspresikan.

  24. Berbahagia telah diberikan lawan/ penguji yang sepadan sehingga kita tetap waspada di segala waktu.

  25. Tersenyum bahagia, sekalipun kita diuji hingga goyah bahkan jatuh tetapi tidak sampai rebah-tergelatak tak berdaya masuk rumah sakit.

  26. Bersukahati karena telah diberi penghasilan (gaji), walaupun kecil tetapi masih bisa menghidupi seluruh anggota keluarga.

  27. Bersyukur memiliki anak yang walau kadang keras kepala tetapi mau disuruh kesana kemari.

  28. Berterimakasih telah diberikan rumah yang sederhana, sekalipun hujan, panas dan dingin terjadi, kita telah terlindungi di dalamnya.

  29. Berbahagia memiliki anak yang sekalipun kepintarannya sedang-sedang saja tetapi perilaku dan perkataannya santun kepada orang tua.

  30. Berterimakasih telah diberikan orang tua yang sekalipun galak tetapi mampu memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya.

  31. Bersukacita karena Tuhan itu adil, Ia menitipkan kelemahan sekaligus dengan kelebihan kepada masing-masing orang.

  32. Bersemangat, karena untuk menjadi bahagia sangatlah simple, cukup dengan bernyanyi memuliakan Tuhan di segala waktu.

  33. Bersukahati, sebab untuk membuat hati tentram, damai dan lega hanya butuh fokus pikiran yang selalu tertuju kepada Tuhan.

  34. Terimakasih Bapa, setiap hari, setiap jam bahkan setiap detik yang kami lewati telah dianugrahkan dengan kebahagiaan, kedamaian dan ketentraman hati.

Bersyukur adalah menyetujui semua yang terjadi sebagai proses kehidupan yang diijinkan Allah kepada umat kesayangan-Nya. Ingatlah bahwa tidak semua berkat dapat diperoleh dengan mudah tetapi terkadang kita perlu berjuang, bertekun, bekerja keras, bersabar bahkan berkorban agar layak mendapatkannya.

Bersyukurlah dalam segala aktivitas yang berhasil anda lakukan. Berbahagialah buat setiap pekerjaan yang dapat anda selesaikan hari ini, sekalipun banyak tentangan yang menyertainya. Milikilah pikiran positif saat menghadapi suatu masalah dengan memandang kepada manfaat yang kelak anda peroleh setelah menyelesaikannya. Milikilah persepsi positif sebab di tengah kelemahan anda & keluarga, Tuhan juga telah menitipkan kelebihan. Bersyukurlah dalam semua hal yang anda tekuni hari ini, dengan demikian fokus selalu tertuju kepada Tuhan. Dimana ada rasa syukur maka disanalah ada kebahagiaan, kedamaian dan ketentraman hati.

Salam kebersyukuran yang sempurna!

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.