Gejolak Sosial

10 Cara Suara Hewan Mencobai Anda Untuk Melatih Konsentrasi Hingga Meningkat Kecerdasan


Cara Suara Hewan Mencobai Anda Hingga Melatih Konsentrasi Berpikir

Hewan di sekitar kita tidak diberikan Tuhan secara kebetulan dalam dunia yang fana ini. Sebab, di tanah kita berpijak adalah lahan penuh coban dan godaan. Bisakah kita memahami kehidupan seperti Allah memahaminya. Bumi ini bukan saja hanya miliki manusia tetapi milik semua makhluk lainnya. Hawa nafsu yang terlalu berlebihan terhadap segala sesuatu merupakan akar dari semua masalah kehidupan. Manusia tidak bisa mengendalikan dirinya dan telah kehilangan akal sehat jikala hendak memunahkan satu spesies saja dari antara binatang tersebut.

Kita berpikir bahwa saat mengikuti apa yang diinginkan maka saat itu juga ada kebahagiaan. Padahal semua yang kita inginkan dari bumi ini hanya memberi dampak yang sementara saja. Lagipula setiap satu nafsu yang dilampiaskan biasanya menyebabkan sejumlah kerusakan Alam sekitar. Keadaan ini terus menggiring kita untuk menambah keinginan sehingga lama kelamaan nafsu yang terlalu tinggi akan merusak (mengkonsumsi) segala sesuatu tanpa ada pikiran sedikitpun untuk memperbaharui (mendaur ulang) semuanya itu.

Sebaiknya, kita melatih diri untuk memiliki “kebahagiaan sejati yang selalu ada.” Sayang, satu-satunya cara untuk beroleh rasa ini, yakni dengan menjalani ujian kehidupan. Sebab di sana ada yang namanya rasa sakit untuk merangsang otak berkembang agar kemampuan fokus terus meningkat. Tepat dimana hari anda memiliki kekebalan emosional yang mumpuni terhadap rasa ini maka saat itu jugalah kemajuan adaptasi otak menjadi lebih baik. Keadaan ini akan membuatmu mampu berkonsentrasi penuh untuk tetap merasakan sukacita yang terkendali, tenang dan penuh damai hingga meluap dalam bentuk senyuman manis.

Seandainya semua orang mampu menjaga fokus berpikir dari berbagai-bagai hal yang salah dari luar sana lalu berkonsentrasi untuk membangkitkan kesenangan yang terkendali dan penuh damai lewat senyuman yang dipancarkan. Bila kebahagiaan sejati yang tetap ada ini bisa selalu diaktifkan oleh seseorang maka ia tidak butuh lagi mengikuti hawa nafsunya yang menginginkan ini-itu untuk bahagia sebab dia sudah memilikinya jauh sebelum memenuhi hasrat ini. Sebab ada indikasi beberapa orang ingin membeli ini-itu, dipuji, dihargai, dihormati, ternama, terkenal, kaya-raya dan lain sebagainya semata-mata demi meraih kebahagiaan sejati yang hanya sesat saja.

Cara suara hewan menggoda kehidupan anda

Adalah baik bagi anda untuk melatih diri agar memiliki rasa bahagia yang sejati itu. Salah satu cara untuk memilikinya adalah dengan mengembangkan kemampuan konsentrasi berpikir lewat ujian sosial yang dihadapi sehari-hari. Beberapa ujian sosial yang mungkin dialami adalah yang berasal dari sesama manusia, hewan dan alam sekitar. Pada bagian ini, kami lebih menekankan topik tentang bagaimana caranya hewan peliharaan bahkan yang liar sekalipun di luar sana dapat memberi anda peluang untuk mengembangka konsentrasi berpikir. Berikut beberapa teknik hewan mencobai kehidupan terkhusus lewat suara.

  1. Camkan ini, HEWAN BUKAN MUSUH.

    Jangan salah kaprah lalu berubah menjadi membenci. Saat hewan diluar sana menguji tetap santai dan hadapi dengan tenang serta berlapang dadalah sebab biar bagaimanapun seluruh alam semesta selalu memuji-muji Tuhan, termasuk yang empat kaki, dua kaki bahkan yang berkaki banyak sekalipun. Seperti ada tertulis (Yesaya 43:20) Binatang hutan akan memuliakan Aku, serigala dan burung unta, sebab Aku telah membuat air memancar di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, untuk memberi minum umat pilihan-Ku;

    Setiap suara hewan yang terdengar jelas maupun tidak didedikasikan untuk memuji-muji Tuhan. Saat kita terganggu dengan keberadaannya berarti itu sama saja dengan sikap yang iri terhadap Tuhan. Istilahnya muncul penyataan, “Mengapa hewan memuji-muji Allah, mengapa bukan saya yang dipujinya?” Lalu anda hadir dengan penuh emosional melempari binatang itu, bukankah itu salah? Oleh karena itu, bila anda bersahabat dengan musuh yang adalah hewan terlebih lagi bukan mustahil untuk kembali bersahabat dengan musuh manusiamu.

  2. Jadi GR, berpikir mereka memuji-muji diri ini.

    Ini adalah anggapan yang paling nyeleneh, jelas-jelaslah telah dituliskan dalam Kitab Suci bahwa hewan memuji-muji Tuhan tetapi kita begitu GR lalu menganggap bahwa itu ditujukan untuk kita. Bila ada referensi yang menyatakan bahwa hewan memuji manusia, tolong disampaikan dimari, tepatnya di bawah kolom komentar yang tersedia. Hindari sikap yang terlalu sensitif dan gede rasa/ kepedean.

    Harap disadari bahwa kita adalah makhluk yang dipersiapkan untuk mandiri yang mampu menciptakan bahagianya sendiri. Seandainya anda merelakan diri untuk diuji orang lain sehingga merasakan sakit hati lalu belajar mengatasinya maka andapun akan dimampukan untuk menciptakan rasa senang yang terkendali, tenang dan damai bahkan meluap lewat senyuman sembari memusatkan hati kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.

  3. Suara binatang yang menggangu konsentrasi saat bekerja.

    Saat anda sedang bekerja serius untuk menyelesaikan sesuatu, tiba-tiba saja beberapa binatang di sekitar rumah mengeluarkan bunyi aneh yang mungkin mengganggu konsentrasi berpikir. Sadarilah bahwa ini adalah kesempatan bagi anda untuk melatih kemampuan berpikira agar semakin terlatih mengabaikan hal-hal yang tidak penting.

  4. Suara hewan mengganggu fokus belajar.

    Saat belajar, sebaiknya hindari posisi yang terlalu aman dan nyaman sebab tidak selamanya belajar itu hening. Terlebih ketika kita hidup berbaur dalam masyarakat yang pluralis. Justru ditengah berbagai perbedaan kepentingan, bisa belajar untuk menyesuaikan diri. Kemampuan anda untuk menyesuaikan diri terhadap suara hewan niscaya mampu juga tabah menghadapi berbagai-bagai gangguan suara yang berasal dari manusia lainnya dan mesin.

  5. Suara hewan yang mengganggu fokus saat berbicara.

    Berkomunikasi dengan sesama membuat kita bahagia, asalkan apa yang disampaikan adalah pembicaraan yang positif. Sebaiknya lakukanlah ini secara berkala (pada waktu-waktu tertentu) untuk melatih rasa sosial di dalam diri masing-masing. Terkadang saat kita sedang berbicara dengan orang lain, ada-ada saja bunyi yang lain yang mengganggu pembicaraan sehingga gagal fokus dengan kata-kata yang terucap. Bila anda mampu menyesuaikan diri dengan keadaan ini niscaya tingkat kecerdasan anda akan menjadi lebih baik lagi.

  6. Bunyi yang dikeluarkan hewan saat anda diperjalanan.

    Saat kita berada di jalan harus fokus ke depan, jangan biarkan hal-hal yang mengganggu mencelakakanmu. Gangguan pertama sesaat sebelum kecelakaan biasanya adalah gangguan konsentrasi berpikir. Jika anda gagal fokus lalu terlalu senang atau terlalu kesal karena suara hewan di sekitar, keadaan semacam ini menempatkan anda dalam resiko kecelakaan yang semakin tinggi.

  7. Suara binatang yang mengganggu tidur anda di tengah malam.

    Ini adalah salah satu keadaan yang sangat menantang. Tidur yang nyenyak dan nyaman bisa-bisa jadi amburadur hanya karena gonggongan anjing di luar sana. Bila ini terjadi pertama sekali, tetaplah tenang dan jangan panik. Cobalah untuk menerima semuanya itu apa adanya sambil berterimakasih kepada Tuhan telah diberikan satu lagi kesempatan untuk dicobai. Bila anda terus berlatih niscaya kemampuan untuk mengabaikan hal-hal yang tidak penting semakin membaik.

  8. Kebisingan dari hewan sepanjang malam.

    Jikalau anda tinggal di pinggiran hutan kemungkinan besar untuk mendengarkan kebisingan hewan-hewan malam semakin besar. Ini adalah kesempatan baik bagimu untuk belajar menyesuaikan diri dengan situasi lingkungan dengan demikian keadaan tersebut mempersiapkan dan melatih anda untuk menghadapi kebisingan yang lebih hebat. Bila anda seorang yang tidak terbiasa dengan kebisingan mesin yang meraung-raung maka mulailah pelihara kodok/ katak di rumah (yang banyak) untuk melatih kemampuan organ telinga terhadap suara-suara yang menggelegar.

  9. Suara hewan yang menakutkan di padang belantara.

    Pernahkah anda masuk ke dalam hutan? Ada banyak suara aneh yang ada di dalam hutan, mulai dari unggas (burung), amphibi, mamalia, binatang melata dan serangga. Semua yang anda dengarkan disana bisa saja membuatmu merinding ketakutan. Terlebih ketika sedang seorang diri saja di padang belantara. Bila anda mau belajar dengan tulus lalu melatih diri untuk mengabaikan yang tidak penting dengan tetap memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian kepada Tuhan niscaya ketakutan di dalam hati pergi.

  10. Suara hewan saat berdoa.

    Binatang memang bisa aja ya teman…. Masih sempat-sempatnya mereka mengganggu kita saat lagi bersekutu dengan Tuhan. Oleh sebab itu, hindari fokus kepada suara yang anda dengarkan melainkan fokuslah terhadap setiap perkataan yang anda ucapkan. Pastikan semua kata-kata itu meresap sampai ke ulu hati ini hingga anda merasa sukacita yang terkendali, tenang dan damai bahkan meluap lewat senyuman manis dibibir. Teruslah latih berdoa agar semakin hari fokus pikiran semakin mantap hanya kepada Tuhan saja.

Fix: Kita butuh hewan disekitar untuk menguji diri ini. Hidup bersama beberapa binatang peliharaan adalah sangat kami rekomendasikan untuk semua pembaca. Kehadiran mereka seperti ujian yang pertama-tama untuk mempersiapkan kita menghadapi tantangan yang lebih besar lagi. Bila diuji hewan saja kita keok apalagi ketika diuji  oleh sesama manusia. Sebaliknya, ketika anda mampu menanggung cobaan dari binatang niscaya sebesar apapun cobaan dari manusia akan sanggup dihadapi dengan kepala dingin dan berlapang dada.

Salam, cintai ujianmu teman!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.