Gejolak Sosial

Pikiran Suka Bernyanyi – Ayo Improvisasi Lagu – Perbedaan Selera Musik Adalah Ujian Sosial

Pikiran Suka Bernyanyi - Ayo Improvisasi Lagu - Perbedaan Selera Musik Adalah Ujian Sosial

Otak adalah struktur paling rumit dan paling sibuk yang berada dalam tubuh manusia. Bahkan sekalipun anda tertidur, bagian ini masih terus aktif berperan mengkoordinir seluruh aktifitas organ, jaringan dan sel. Dalam hal pengelolaan seluruh tubuh, otak memiliki dua bagian besar, yaitu sistem syaraf sadar dan sistem syaraf di bawah sadar. Segala sesuatu yang dilakukan berdasarkan perintah langsun dari dalam pikiran atau disebut juga sebagai bagian dari keinginan manusia melibatkan sistem syaraf sadar. Sedangkan segala sesuatu yang sifatnya berjalan otomatis atau berupa gerakan refleks merupakan bagian dari sistem syaraf bawah sadar.

Aktivitas yang terus-menerus menjadi kebiasaan bahkan budaya yang berada di bawah sistem syaraf alam bawah sadar (otomatisasi)

Selain sistem sadar dan bawah sadar, ada pula aktivitas tubuh yang memiliki sifat kesadaran ganda, yaitu pergerakan yang bisa saja disadari tetapi bisa juga terjadi secara otomatis. Keadaan ini seperti gerak refleks yang terjadi saat anda mengalami kejutan. Hal yang sama juga akan terjadi ketika anda telah membudayakan sesuatu. Apa yang dilakukan secara berulang-ulang, konsisten dan tekun selama beberapa waktu biasanya akan menjadi budaya yang dilakukan secara otomatis (terjadi begitu saja tanpa menunggu keputusan otak). Oleh karena itu, terus biasakan diri melakukan hal-hal yang baik niscaya lambat laun itu akan lepas begitu saja hingga membuatmu bahagia.

Ketertarikan otak dengan intonasi dan nada

Segala informasi yang kita serap dari luar akan dikelola, disinergikan dan diadaptasikan di dalam pikiran sendiri. Semua aktivitas ini disebut dengan proses berpikir dimana semua hal yang dicitrakan dari lingkungan sekitar dimanajemen dengan sedemikan rupa di dalam otak. Dari sekian banyak informasi yang masuk di dalam kepala manusia, hal yang sangat dekat dan sangat disukai oleh otak adalah jenis informasi berupa suara yang memiliki intonasi dengan sekumpulan nada didalamnya. Pada dasarnya semua informasi disukai oleh otak hanya saja tidak semuanya hadir terus-menerus dan memiliki intonasi tetapi nada dan suara bisa melakukan semuanya itu.

Itulah mengapa otak sangat menyukai nada dan suara sebab terus ada dan selalu hadir dalam berbagai-bagai konteks (intonasi) yang berbeda. Seperti yang kami katakan sebelumnya, apa yang dilakukan terus-menerus akan menjadi kebiasaan bahkan telah membudaya sehingga menciptakan ketenangan & kebahagiaan tersendiri saat melakukannya. Oleh karena itu, bila ingin tetap bahagia janganlah berhenti bernyanyi teman di segala waktu. Saat pertama melantunkan nada mungkin bahagia yang anda rasakan sifatnya hilang-timbul, ini dikarenakan belum terbiasa. Tetapi, terus-menerus melakukannya akan menjadi kebiasaan bahkan mengubahnya menjadi budaya yang sifatnya selalu mendatangkan rasa bahagia disegala waktu.

Segala sesuatu berawal dari titik nol

Ingatlah bahwa selama kita hidup di dunia ini, segala sesuatu dimulai dari titik nol, demikian juga dengan kebahagiaan di dalam hati. Karna itulah setiap anak yang baru lahir selalu menangis. Artinya, kebahagiaan setiap manusia diawal hidupnya adalah nol besar (sedih-menangis). Seiring waktu berlalu iapun mulai menikmati semua informasi yang mendatanginya, beberapa membuatnya bahagia tetapi beberapa hal yang dicernanya dari luar juga membuatnya bersedih. Mungkin satu-satunya kebahagiaannya adalah saat Ayah & Bunda menghiburnya. Saat ia mulai beranjak remaja muda yang energik, ditemukanlah bahwa menyanyikan lagu membuatnya merasa bahagia, sayang itu hanya terjadi kadang-kadang. Tetapi ketika sudah dewasa dan teruji, ia mampu mengenali kebahagiaan itu dan tinggal mengaktifkannya saja dengan cara mengkopi-pastenya di segala situasi yang dihadapi.

Masalah melatih konsentrasi hingga membuat bahagia

Rasa bahagia itu seperti sukacita yang tenang dan damai yang meluap lewat senyuman manis di bibir masing-masing.  Ketika anda sudah menemukan cara mengaktifkan keadaan ini maka anda tidak akan lagi butuh uang, pujian, penghargaan, penghormatan dan hadiah dari orang lain. Melainkan mampu melakukannya bahkan selalu mengaktifkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah pencapaian tertinggi saat mengembangkan fokus berpikir. Level konsentrasi pikiran yang sudah mumpuni, tidak mudah terusik oleh kemelut dunia luar yang berpotensi mengusik anda. Tingkat kemahiran berkonsentrasi pada level ini haruslah terjuji. Artinya, anda harus melewati tantangan kehidupan/ ujian sosial/ masalah untuk memperolehnya.

Rasa sakit adalah hambatan pertama-tama untuk merasakan kebahagiaan sejati. Bila kami katakan hambatan bukan berarti anda bisa putar balik lalu menjauhi masalah. Justru kebiasaan inilah yang membuatmu semakin rapuh. Ada baiknya jikalau mulai belajar dari sakit hati dari keluarga, saudara, sahabat dan teman-teman sekitar. Orang-orang terdekat inilah yang menjadi sarana untuk menguji diri sendiri lewat kebaikan yang anda lakukan kepada mereka. Kebaikan yang sangat sederhana dan berpotensi diabaikan adalah ramah taman. Dahulu kami belajar bertahan lalu mengabaikan rasa sakit dari orang-orang terdekat dahulu. Sehingga keadaan ini membuat kami lebih siap menghadapi tantangan yang berasal dari lingkungan sekitar (orang jauh tak di kenal). Sebelum anda berhasil mengabaikan kesakitan ini maka selama itu pula bahagiamu tanggung dan putus-putus.

Nada-nada dalam lagu membantu anda untuk berbahagia

Untuk memudahkan agar anda tetap bahagia di segala waktu maka dibutuhkan jalur yang baik dimana sesuai dengan tujuan dimaksud. Ini seperti jalur rel kereta api yang mengarah kepada kebahagiaan itu sendiri. Jalur terbaiknya adalah saat kita terus bernyanyi di segala waktu, baik bernyanyi lewat mulut maupun saat bernyanyi di dalam hati sendiri. Aktivitas semacam ini bila terus-menerus dilakukan akan melatih kecerdasan otak sekaligus mampu mempertemukan dan membawamu dalam suasana bahagia berupa rasa senang yang tenang, damai dan terkendali lalu meluap melalui senyuman dibibir anda.

Pujian dan penyembahan kepada Tuhan membawamu dalam kenikmatan sejati

Ada banyak aliran lagu di dunia ini, pop, rock & roll, soft rork, hip-hop, disco dan lagu-lagu penyembahan kepada Tuhan. Pada intinya hanya ada dua macam jenis lagu, yaitu yang berisi pujian kepada sesama manusia dan yang berisi pujian kepada Allah. Adalah tidak masalah jikalau menyanyikan lagu-lagu duniawi tetapi sadarilah bahwa rasanya datar dan dangkal. Tidak seperti lagu pujian dan penyembahan kepada Tuhan yang makna dan manfaatnya dalam banget hingga menyentuh hati. Selain itu terus-menerus memuji Tuhan dengan kata-kata yang sama (lagu sama) tidaklah masalah sedangkan saat menyanyikan lagu duniawi, satu putaran saja rasanya hampa dan membosankan.

Bila kita pahami lebih dalam lagi, sesungguhnya nyanyian pujian kepada Tuhan memberikan kesan bahagia yang kuat dan tak mudah pudar walau hidup dirintangi oleh berbagai-bagai pergumulan. Tetapi lagu duniawi hanya berlaku saat suasana lagi tenang dan semua tercukupi, sedangkan saat ada masalah, menyanyikan lagu cinta kepada sesama hanya akan membuat hati ini semakin galau, cemas, gelisah dan kuatir akan masa-masa ke depan ini. Oleh karena itu, mulai putuskan untuk terus-menerus membiasakan diri menyanyikan lagu pujian dan penyambahan kepada Tuhan sehingga lama-kelamaan akan menjadi budaya yang menfaatnya tidak hanya di dapatkan di bumi ini tetapi diakhiratpun nanti.

Melakukan improvisasi mengubah syair lagu duniawi menjadi lagu rohani

Jika anda sudah mahir melakukan semuanya ini maka mulailah berimprovisasi membuat lagu sendiri. Membuat lagu tidak perlu ribet tetapi cukup mengubah kata-katanya saja. Misalnya dengan cara mengubah syair lagu duniwi menjadi syair rohani sekalipun nadanya sama. Ini butuh keahlian khusus dan dapat anda capai ketika kecerdasan sudah semakin berkembang. Pertama-tama mulailah dengan berimprovisasi dengan mengubah syair lagu menjadi satu kata saja. Misalnya Haleluya, maka anda bisa mengucapkan kata ini sepanjang lagu duniawi itu dimainkan sambil menikmatinya dengan penuh penghayatan dimana semuanya itu meresap ke dalam jiwa ini. Simak juga, Cara mengubah lagu rock & roll menjadi lagu penyembahan kepada Tuhan.

Perbedaan selera musik adalah ujian kehidupan

Mungkin saja ada perbedaan selera musik antara anda dan orang tua, atau anak-anak, atau dengan tetangga sebelah rumah. Jangan ilfil dengan keadaan ini sebab hati yang jengkel akan berubah membenci, mendendam bahkan hingga akhirnya musuh-musuhan. Melainkan cobalah terima semuanya itu apa adanya, sebab semakin kita melawan maka semakin tinggi kekalutan dan ketidakdamaian di dalam hati. Tetapi saat anda mampu menerima apa adanya niscaya hati tetap tenang dan damai sembari menyelesaikan berbagai pekerjaan (aktivitas lainnya) yang ada di depan anda. Sadarilah bahwa ini adalah kesempatan untuk menyesuaikan diri hingga membuat otak anda berkembang bahkan menjadi lebih bijak hari lepas hari.

Salam cerdas!

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.