Gejolak Sosial

10 Cara Iri Hati Keluar Hingga Menghancurkanmu – Cemburu Memancing & Melemahkan Manusia Dari Dalam (Destruksi Mindset)


Iri hati adalah sifat seseorang yang pantang melihat sesamanya lebih baik dari hari kemarin. Mungkin mereka adalah orang yang tidak pernah berpikir maju. Menganggap hidup itu selalu sama saja dari waktu ke waktu. Ketika menyaksikan perubahan sedikit saja, sangat sensitif lalu menanggapinya dengan sinis hingga ujung-ujungnya menjadi dengki yang tidak akan pernah padam sebelum niat jahat untuk menjatuhkan teman benar-benar terwujud.

Trend iri hati yang hanya menimbulkan masalah hati berikutnya

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa “kesombongan adalah alat untuk menghancurkan masyarakat kalangan atas (orang kaya, pejabat, pemimpin) sedangkan iri hati adalah alat untuk merusak masyarakat kalangan bawah (orang-orang menengah ke bawah)“. Kami sebagai orang biasa sangat mengenali rasa dengki yang juga berpotensi melemahkan diri ini. Semakin menekuni kebiasaan iri maka semakin tinggi pula kecemasan, kegelisahan, kekuatiran dan berbagai-bagai bentuk masalah hati lainnya.

Belajarlah menerima kenyataan apa adanya

Hampir semua masalah muncul diakibatkan oleh karena ketidakmampuan seseorang menerima kenyataan yang sedang berlangsung. Rasa dengki sama dengan rasa cemburu yang cenderung tidak mau menerima kenyataan hidup apa adanya. Sesuatu yang berlangsung atas dasar kedengkian biasanya berpotensi kuat untuk beralih menjadi kebencian hingga berujung pada permusuhan yang semakin rumit saja. Semua sifat-sifat ini (benci, dendam, amarah, melawan, anarkisme : kebinatangan) berputar-putar dalam diri anda akibat hawa nafsu yang tinggi akibat kedengkian yang meradang.

Berprasangka buruk hanya semakin membuat cemburu kentara

Iri hati tidak selalu berimbas pada perbuatan tidak menyenangkan, justru kadang rasa ini hanya dipendam selama bertahun-tahun sampai meluap suatu waktu yang tak terduga. Ada juga orang yang mengganggu anda bukan atas niat mendengki melainkan hanya sekedar menguji saja. Jadi, apapun perlakuan buruk orang lain terhadap dirimu, hindari langsung berpikir bahwa “itu karena mereka iri terhadapmu!” Sebaiknya hindari sikap yang berprasangka buruk terhadap orang lain, sebab penilaian yang lebay akan membuat hati ini berpikir untuk menghubung-hubungkan segala sesuatu pada sesuatu yang bukan-bukan. Alangkah lebih baik jikalau anda tetap berpikiran positif, menanggapi semuanya itu sebagai kesempatan untuk berkembang.

Atasilah dengan cepat

Harap dipahami bahwa iri hati adalah keadaan yang manusiawi. Ia bisa saja mucul sewaktu-waktu dari dalam hati anda. Kemampuan menjaga fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian adalah salah satu cara terbaik untuk mengabaikan sikap cemburu. Tetapi satu-satunya cara jitu untuk mengatasi hal ini adalah dengan merendahkan hati lalu menekan diri sendiri. Bila kedengkian muncul di dalam pikiran, mulailah berkata “Biarkan orang ini semakin tinggi Tuhan, semoga di lebih sukses lagi!” Bahkan ketika rasa dengki tidak berhenti meraung-raung dalam hati, lebih baik katakan “orang ini akan semakin tinggi sedangkan saya akan terus menurun, kuatkan hati menghadapi semua ini Tuhan!” Simak juga, Tips menghilangkan kedengkian.

Iri hati pada dasarnya disebabkan oleh ego keakuan. Sehingga saat ada orang yang hendak menikung, langsung saja kesal dan membenci. Oleh karena itu ego keakuan inilah yang harus ditekan dan dilemahkan bahkan diinjak untuk membebaskanmu dari berbagai-bagai bentuk iri hati. Tetapi selama egoisme menguasai kehidupan anda, selama itupula kedengkian akan meradang hingga membuat anda kehilangan kendali atas kata-kata dan perilaku yang berujung pada perbuatan menyimpang.

Cara iri hati keluar hingga menghancurkanmu (Destruksi Mindset)

Ada dua faktor yang membuat anda iri: pertama karena tidak bahagia dan ke dua adalah akibat pancingan dari orang lain. Sekalipun demikian sifat ini sama sekali tidaklah baik untuk dipelihara. Sebab orang lain sengaja memancing kedengkian dalam hatimu bukan tanpa alasan. Ini adalah salah satu perusak dalam pikiran manusia. Oleh karena itu, ketika seseorang berhasil membuatmu cemburu, mulai saat itu jugalah proses kehancuran pola pikir (destruksi mindset) berlangsung hingga merubah sikap menjadi jahat. Berikut ini beberapa cara orang lain membuat/ memancing anda untuk cemburu yang harus diwaspadai.

  1. Melalui perkataan.

    Beberapa orang dengan sengaja memancing rasa cemburu dengan pamer kata-kata sombong kepada anda. Bila terlalu fokus pada perkataan tersebut dan lupa diri maka kemungkinan besar andapun akan melakukan hal yang sama. Padahal dengan berlaku demikian, tepat saat itu juga kedamaian dan ketenangan telah meninggalkan anda.

  2. Pamer uang.

    Masalah gaji yang diterima setiap bulan bisa jadi bahan gunjingan untuk memancing niat iri hati di dalam dirimu mencuat keluar. Anda bisa saja menganggap hal tersebut dilakukan atas dasar ketidakbenaran (tipu-tipu, korupsi, penggelapan). Tetapi jikalau anda tetap mampu mempertahankan fokus kepada Tuhan lalu mengatakan di dalam hati “Mohon berkatilah dia Tuhan dan berkati juga saya bahkan berkati semua orang ya Tuhan.” Niscaya berbagai-bagai rasa yang salah itu akan hilang.

  3. Lewat makanan dan minuman.

    Beberapa orang akan memamerkan makanannya yang begitu maknyus dan wenak tenan didepanmu. Jika anda tergoda, langsung berkata “Saya juga bisa beli makanan seperti itu!” Tetapi ketika hati ini bebas dari berbagai bentuk kecemburuan maka hati akan berkata “Selamat ya teman, semoga pada kenyang, biarlah saya aja yang kelaparan di sini!

  4. Pamer fashion.

    Banyak orang akan datang ke hadapanmu lalu memperlihatkan baju-baju baru yang mereka beli dari luar kota bahkan ada yang dari luar negeri juga. Keadaan ini membakar rasa dengki di dalam hati lalu andapun memecahkan celengan dan mengambil uang tabungan yang di kumpulkan selama bertahun-tahun untuk membeli pakaian yang sama bahkan lebih baik dari model punya mereka.

    Sadarilah teman, ini hanya membuat hati tidak tenang dan tabungan anda semakin menipis. Oleh karena itu, katakan kepada mereka “Wah…. bajunya bagus-bagus ya jeng, beli dari mana?” Niscaya hati ditenangkan lewat semuanya itu.

  5. Pamer barang berteknologi.

    Ada teman memiliki handphone baru yang keluaran limited edition. Bagaimana anda menanggapi keadaan ini? Haruskan cuek saja lalu meninggalkan teman dalam keadaan hati yang sangat kesal karena berhasil menyaingi smartphne yang anda miliki. Atau anda bisa mengatakan kepadanya “Itu handphone amazing banget bro, pesan dari mana?

  6. Pamer kendaraan.

    Orang kaya yang sombong datang dihadapanmu dengan gaya yang angkuh dan lebay sambil memamerkan mobil barunya. Tetapi untuk menenangkan diri dan mengusir iri hati dari dalam hati, andapun berkata, “Keren banget mobilnya teman, kami ajalah yang tiap hari cuma bawa sepeda ke kantor.”

  7. Pamer rumah.

    Seorang teman menunjukkan betapa megah dan hebatnya rumah yang dibangun oleh keluarganya. Sikap andapun tetap tenang dan santai, lalu masuk ke dalam sambil berkata “Ini rumah apa istana, toiletnya saja seukuran rumah kami.” Sekedar bencanda sambil menepis iri hati dalam pikiran.

  8. Pamer tanah dan harta benda.

    Teman entah berantah tiba-tiba mengaku kepada anda bahwa telah membeli sejumlah tanah yang luasnya tak terbatas. Andapun datang dengan senyum santai lalu mengatakan, “Itu luar biasa teman, selamat ya…..”

  9. Melalui perilaku.

    Perilaku seorang teman begitu angkuh dihadapan anda. Bahkan menilainya sebagai sebuah tndakan yang sombong. Sadarilah tepat saat itu juga niat untuk iri hati telah meradang di dalam pikiran. Sebenarnya andapun bisa melakukan perbuatan yang sama untuk membalasanya tetapi lebih memilih untuk belajar mengendalikan diri. Anda lantas mengatasinya, dengan mengatakan di dalam hati, “Orang ini masih sangat muda, dia belum mengerti apa-apa tentang kehidupan, sadarkan dan kasihani dia ya Tuhan!

  10. Pamer kekuasaan-pengaruh.

    Saat seseorang memamerkan betapa berkuasanya dia dibandingkan dengan dirimu, apa yang anda lakukan untuk menanggapinya? Bila anda memilih untuk beroleh ketenangan dan kedamaian hati, akan mengatakan “Selamat ya teman, semakin populer saja akhir-akhir ini. Kami-kami yang disini pada tertinggal semuanya.”

Daripada fokus pada orang lain yang beresiko membuatmu mendengki, alangkah lebih baik jikalau anda senantiasa bernyanyi memuji Allah di dalam hati agar rasa sukacita (senang) yang terkendali, penuh damai dan tenang memenuhi hati hingga meluap menjadi senyuman yang membahagiakan semua orang.

Iri hati adalah cara seseorang untuk menghancurkanmu dari dalam. Bila ia sempat meradang maka tujuanmu akan berubah, perkataan dan perilakupun cenderung lain dari sebelumnya saat dahulu masih menjadi orang yang alim dan baik hatinya. Keadaan semacam ini turut menghilangkan ketenangan dan kedamaian di dalam hati. Sikap pamer orang lain menyerang ego keakuan di dalam diri manusia. Selama ego itu masih berdiri teguh (belum dikalahkan, direndakahkan) dan tidak mau menerima kenyataan maka selama itu pula kecemburuan akan menggerogoti kehidupan anda hari lepas hari. Ujung-ujungnya, perbuatan menyimpang akan menguasai lisan dan perilaku (sikap) kepada sesama. Pada akhirnya, kedengkian hanya meninggalkan duka dan kerugian. Tips sekedar, Cara menghilangkan sikap cemburu.

Salam pengendalian diri.

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s