Gejolak Sosial

+7 Fatamorgana Kebahagiaan (Senang Sesaat) Jadi Merasa Bersalah Hingga Mengacaukan Pikiran


Fatamorgana Bahagia Senang Sesaat, Jadi Merasa Bersalah Hingga Mengacaukan Pikiran

Fatamorgana adalah (1) gejala optis yang tampak pada permukaan yang panas, yang kelihatan seperti genangan air; (2) hal yang bersifat khayal dan tidak mungkin dicapai. Halusinasi adalah pengalaman indra tanpa adanya perangsang pada alat indra yang bersangkutan, misal mendengar suara tanpa ada sumber suara tersebut (KBBI Offline). Manusia yang inti kehidupannya jatuh dalam berbagai-bagai macam imajinasi membuat dirinya sendiri bahagia atau malah sebaliknya, menimbulkan kekuatiran dan kecemasan bahkan kesedihan yang mendalam.

Buang imajinasi bisa tidak menghasilkan karya seni dengan cara fokus kepada hal yang positif

Imajinasi alias khayalan bukanlah suatu masalah asalkan mampu menghasilkan sesuatu yang disebut dengan karya seni, itu hanya sebatas ilustrasi alias perumpamaan kehidupan. Tetapi, jika imajinasi anda tidak mampu ditransformasi dalam bentuk ilustrasi sehingga memberikan manfaat, tinggalkan semuanya itu teman. Khayalan yang tidak jelas hanya akan mengganggu pikiran anda (stres) yang sudah otomatis membuat mulut dan tindakan turut amburadur/ tertekan.

Imajiniasi juga bisa membuat anda senang: saat memikirkan hal yang indah-indah maka saat itu juga kesenangan memenuhi kehidupan anda. Sekarang, masalahnya adalah sampai kapan anda terus berimajinasi? Sadarilah bahwa pikiran yang terus-menerus keluar dari batas-batas kewajaran cenderung mendorong anda untuk tidak realistis dalam berkata-kata dan bertindak. Oleh karena itu, sekalipun imajinasi itu indah, adalah baik bagi anda untuk meninggalkan berbagai khayalan yang tidak jelas dengan cara fokus kepada Tuhan, pekerjaan, pelajaran atau hobi yang disukai.

Fatamorgana adalah pikiran negatif

Fatamorgana kebahagiaan (rasa senang) adalah tipuan yang diciptakan otak untuk membuat anda senang.Namanya saja tipuan, keadaan ini jelas merugikan anda secara moral. Mungkin di awal-awal anda tidak mengalami penyimpangan perilaku tidak juga mendapatkan keluhan/ komplain/ kritikan dari orang lain. Tetapi seiring waktu berlalu pikiran negatif selalu saja berimbas pada perkataan yang salah dan perbuatan yang menyimpang pula. Sebab pikiran, perkataan dan perilaku manusia adalah selaras.

Pikiran semacam ini manfaatnya hanya sesaat saja. Sensasi yang diberikannya hanyalah kesenangan duniawi yang tidak nyata dan imajinatif. Keadaan ini cenderung membuatmu susah menerima kenyataan yang terjadi terutama bila hal tersebut bertentangan dengan prinsip sendiri. Memelihara kebiasaan ini jelas tidak realistis dan cenderung membuat pikiran kacau, stres bahkan depresi. Sebab tidak semua hal yang terjadi harus sesuai dengan keinginan sendiri sebab ada banyak faktor yang mempengaruhinya dimana mustahil mengontrol semuanya. Daripada menyesali masa lalu yang sudah terjadi, lebih baik atur ulang pikiran, perkataan dan perilaku sendiri untuk masa depan yang lebih cerah.

Otak manusia selalu aktif, kasih makanan positif atau informasi negatif menguasai

Otak manusia adalah sistem yang paling aktif dan selalu diputar seperti film. Apa yang diputar adalah informasi. Itulah mengapa ketika pikiran anda kosong maka secara otomatis hawa nafsu sesat, kebinatangan dan kejahatan lainnya akan muncul di dalam hati secara tiba-tiba. Demikiran juga saat ada informasi yang salah dari luar, semuanya itu akan masuk dan diputar terus dalam pikiran tanpa anda sadari. Oleh karena itulah, penting banget fokus berpikir agar hal-hal yang salah tidak dibahas-bahas oleh pikiran anda.

Fatamorgana kebahagiaan/ kesenangan sementara yang membuat anda tidak tahan uji, merasa bersalah dan pikiran kacau

Pada dasarnya, pikiran mampu mengatur suasana tertentu sehingga menciptakan rasa senang di dalam hati masing-masing. Salah satu cara untuk meraih hal-hal tersebut adalah dengan bermimpi. Ada yang lebih sederhana dari mimpi yaitu berkhayal. Kebiasaan ini memang baik asalkan bisa ditransformasikan dalam bentuk karya seni. Tetapi bila khayalan yang anda alami tidak stabil, tidak jelas dan tidak menghasilkan karya seni lebih baik tiadakan kebiasaan ini. Berikut beberapa hal yang membuatmu senang sesaat tetap membuat tidak tahan uji, merasa bersalah dan mengacaukan pikiran.

  1. Fatamorgana merasa hebat-superior.

    Saat kita merasa sangat hebat dari orang lain, ini juga cenderung membuat anda mengalami sensasi bahagia dimana hati sangat senang karena hal tersebut walau hanyalah sesaat saja. Keadaan ini kerap kali dirasakan oleh orang-orang sombong di luar sana. Itulang mengapa orang yang angkuh dapat bertahan lama dari sikap yang tidak baik dikarenakan sensasi rasa senang yang dirasakan setelah melakukannya. Terlebih ketika beberapa fakta di lapangan mendukung keadaan tersebut (punya kelebihan, ada harta, jabatan dan lain-lain).

    Sadarilah bahwa anda tidak bisa terus-menerus berbahagia dalam sikap yang tinggi hati. Sebab sifat ini adalah kelemahan dalam diri manusia yang beresiko membuatmu menolak ujian kehidupan dan cenderung menghalalkan segala cara untuk meraih sesuatu.

  2. Fatamorgana akan menjadi pemenang.

    Saat kita berpikir akan memenangkan suatu kompetisi maka akan muncullah berbagai-bagai sensasi rasa senang yang membuat anda berbahagia. Keadaan ini memang baik untuk menambah semangat tetapi terlalu fokus pada hasil membuat anda enggan mengambil cara-cara yang baik dan benar dalam memperoleh kemenangan. Lagipula terlalu memaksakan kehendak cenderung membuat anda juga turut merasakan kekecewaan yang besar ketika kemenangan itu tidak terwujud.

  3. Fatamorgana akan mendapatkan untung besar.

    Jenis kesenangan yang satu ini dapat diperoleh dengan cara memikirkan bahwa di masa depan anda akan menjadi seseorang yang sangat beruntug, kaya-raya dan populer. Keadaan ini jelas membuat seseorang menjadi sombong sekaligus bahagia. Sayang, khayalan seputar hal-hal ini tidak akan bertahan lama. Terlebih ketika mengalami tekanan kehidupan dan kenyataan yang berkata lain.

  4. Fatamorgana melihat orang lain susah.

    Ada juga orang lho teman yang bahagianya saat melihat orang lain susah. Ketika memandang kepada orang yang tidak punya apa-apa, bukan berdoa demi kebaikan mereka yang dilakukannya malah berkata, “syukur…. syukur….” Ini jelas kebiasaan yang tidak baik teman karena cenderung menciptakan kesombongan sendiri. Pertanyaannya adalah bagaimana pula ketika ada orang yang hidupnya lebih baik dari anda? Pasti hati dipenuh dengan kegalauan dan kedengkian. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan buruk ini sedini mungkin dan pujilah/ ucapkanlah selamat kepada orang yang pantas mendapatkannya untuk menepis iri hati tersebut.

  5. Fatamorgana berhubungan intim dengan seseorang.

    Aktivitas ini menyenangkan walau hanya sesaat saja. Entah karena terlalu sering menonton film bokep atau foto-foto seksi, kita jadi berkhayal tengah berhubungan badan dengan seseorang. Ini juga terjadi kerap terjadi kepada sebagai seorang jones sejati. Semakin sering kita membiarkan pikiran kosong saat menikmati hidup maka semakin besar potensi khayalan semacam ini terjadi. Inilah juga yang membuat kami memilih untuk selalu bernyanyi memuliakan Allah di segala waktu dalam hati sendiri. Saksikan  teman, Cara bahagia yang sederhana.

  6. Fatamorgana pacaran.

    Saat pacaran, tercipta juga kesenangan diantara ke dua manusia. Bila rasa senang ini akan terwujud sampai gerbang pernikahan maka akan menjadi kebahagiaan tetapi yang berakhir dengan kata-kata “putus” merupakan bagian dari fatamorgana yang sifatnya sementara. Mereka menyebutkan cinta tetapi kami menyebutnya sebagai cinta monye, cinta lokasi dan cinta yang penuh dengan kepura-puraan. Oleh karena itu, lebih baik jangan berpacaran dengan seseorang yang belum siap untuk menikah.

  7. Fatamorgana kenikmatan duniawi alias fatamorgana indra.

    Segala gemerlapan duniawi yang ada di hadapan anda jelas bisa membuat hati senang dan bahagia tetapi semuanya itu hanyalah sesaat saja. Candu terhadap kebahagiaan indra akan meningkatkan kebutuhan hidup dari tahun ke tahun (karena mengikuti trens). Terlalu kebablasan (terlalu sering, lebay) mengkonsumsi materi menyebabkan overdosis hingga menimbulkan penyakit.

    Sadarilah bahwa kebanyakan kesenangan indra membutuhkan uang. Ketergantungan terhadap kenikmatan dunia berarti membutuhkan uang yang semakin lama semakin besar untuk memiliki semuanya itu. Padahal uang yang kita miliki tidak selalu ada dan jumlahnyapun terbatas.

  8. Fatamorgana kejahatan.

    Terkadang saat kita ngejahatin orang lain muncullah rasa senang akibat sensasi yang tersebut. Keadaan ini membuat anda merasa bahagia walau hanya sesaat seja. Dibalik semuanya itu, sadarilah bahwa kesenangan semacam ini hanya membuat kehidupan anda semakin sulit sebab beresiko celaka, masuk lembaga pemasyarakat bahkan tidak tertutup kemungkinan mengalami kematian. Sifat-sifat yang jahat sebaiknya mulai kikis dari dalam diri anda sebab tidak ada kata kembali setelah ini.

Ada banyak sekali hal yang membuat anda senang selama hidup di dunia ini. Lakukanlah semuanya itu selama berada dalam koridor yang baik dan benar. Sadarilah bahwa ada banyak fatamorgana (halusinasi) yang salah yang bisa saja berpotensi memberi kesenangan sekaligus meracuni otak anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam megelola pikiran, kembangkan kemampuan untuk mengoreksi diri sendiri, selektif dan kritis saat mencerna informasi. Dengan demikian kemampuan berpikir tidak mengalami penyimpangan yang kontras dari nilai-nilai kebenaran. Salah satu aktifitas terbaik yang mampu membersihkan hati adalah saat pikiran selalu terhubung dengan Sang Pencipta dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Simak juga, Cara membuat hati tenang saat mengalami kesusahan.

Salam raihlah yang sejati!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s