Gejolak Sosial

Kenyamanan Membuat Tidak Berkembang – Zona Nyaman Tidak Selalu Baik


Kenyamanan Membuat Tidak Berkembang - Zona Nyaman Tidak Selalu Baik

Kenyamanan adalah salah satu faktor tepernting yang dicari manusia jaman sekarang. Mereka rela membayar mahal demi semuanya itu terwujud dalam kisah-kisah hidup sehari-hari. Keadaan ini, ditandai dengan faktor materi dan gemerlapan duniawi yang terus terpapar lewat indra. Oleh karena itu, beberapa orang begitu menggilai materi hingga meraihnya dengan berbagai-bagai cara termasuk melegalkan segala cara, contoh kecilnya adalah berbohong/ menipu.

Kenyamanan itu sementara saja

Tahukah anda bahwa nikmat secara duniawi hanya menyentuh pancaindra yang dimiliki? Semahal dan seberkelas apapun pelayanan materi dalam kehidupan manusia sifatnya tidak menyentuh hati. Sekalipun anda menikmati sesuatu yang mewah dan berkelas, tetap saja rasanya tidak akan bertahan lama melainkan hanya sementara saja, 3 detik, 3 menit, 3 jam, 3 hari, 3 bulan dan 3 tahun. Semakin sering melakukannya justru semakin besar pula potensi ketergantungan yang kelak dialami. Lagipula bila mengacu pada trend di pasaran, bukankah semuanya itu akan semakin naik/ tinggi/ mahal?

Semua orang jelas ketergantungan terhadap materi. Kita juga butuh makan, butuh minum, butuh pakaian, butuh rumah dan lain sebagainya. Masalahnya sekarang adalah apakah kecanduan yang kita alami sifatnya bisa dikendalikan atau jangan-jangan telah dikendalikan oleh trend? Berhati-hatilah saat memutuskan untuk menjadi seseorang yang candu sebab tanpa pengendalian diri bisa kebablasan: berpenyakit hingga banyak utang. Oleh karena itu, pengetahuan akan hal-hal yang sejati yang selalu ada sangat dibutuhkan untuk melonggarkan ikatan materi agar tidak terlalu mencekik.

Perbedaan antara kenyamanan dan kebahagiaan

Harap dipahami bahwa kenyamanan tidak sama dengan kebahagiaan. Ada perbedaan yang signifikan antara kedua hal ini. Sesuatu yang nyaman biasanya diraih dengan cara cepat dengan membeli sesuatu sedangkan bahagia itu diraih lewat kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi dan kemampuan menjaga konsentrasi yang diperoleh lewat latihan yang konsisten. Segala sesuatu yang nyaman biasanya berhubungan erat dengan indra manusia sedangkan sesuatu yang membahagiakan selalu berhubungan dengan hati. Simak juga, Cara Bahagia.

Memiliki kenyamanan biasanya bersifat fluktuatif sebab keadaan ini bertentangan langsung dengan gejolak sosial, misalnya pribadi pengganggu. Tentu saja anda tidak nyaman saat ada orang yang mengganggu pekerjaan, yang menimbulkan kebisingan, membuat kata-kata kotor, perilaku yang menjengkelkan dan lain sebagainya. Sebab pada dasarnya, masalah adalah gangguang rasa nyaman. Akan tetapi, bahagia itu selalu ada di hati, sepanjang waktu, asalkan anda tahu bagaimana cara mengaktifkannya sehingga hati senang yang terkendali, tenang dan damai lalu meluap dalam bentuk senyuman di bibir anda. Jalur terbaik untuk melakukannya adalah saat pikiran terpusat kepada Tuhan dalam nyanyian pujian.

Menggilai kenyamanan identik dengan sifat konsumtif

Fokus kehidupan yang cenderung mengarah kepada kesenangan indra berimbas pada kebutuhan hidup yang semakin lama semakin naik. Keadaan ini jugalah yang menciptakan suatu trend yang mengatakan bahwa semakin tinggi penghasilan maka semakin tinggi pula pengeluaran. Orang yang hatinya telah diikat oleh materi hanya mementingkan kesenangan indra di segala aktivitas yang dilalui. Keadaan ini membuat seseorang rela membayar lebih untuk sesuatu yang menyenangkan. Sedang kesenangan akan kepuasan indra hanyalah sesaat saja setelah itu anda harus membelinya lagi jikalau ingin bahagia dan demikianlah selanjutnya. Lama-kelamaan andalah orang konsumtif yang tidak dapat hidup tenang dan damai tanpa mengkonsumsi sesuatu yang bernilai. Saksikan, Dampak negatif kebiasaan konsumtif.

Kalau semua orang mau nyaman bumi bisa hancur

Kenyamanan itu mahal teman. Untuk membebaskan telinga dari kebisingan, harus tinggal di daerah terpencil, jauh dari jalan besar, halaman yang luas, tembok rumah tebal dan kedap suara. Lalu untuk memperbaiki pandangan mata, harus membangun rumah di tepi pantai/ tebing, menerapkan motif tertentu di dindingnya, menyewa arsitek berpengalaman untuk mendesain, membeli ornamen unik di toko barang antik dan lain sebagainya. Saat hendak memperbaiki penciuman, harus sering-sering nyabun, belilah parfum asli yang baunya tahan hingga berhari-hari dan lain-lain. Untuk menyamankan lidah, harus makan di restoran mewah, membeli ikan basah yang segar merah, selalu mengkonsumsi makanan yang segar dan lain sebagainya. Bila ingin memanjakan kulit, belilah pakaian dari jenis katun dan bahan alami lainnya, belilah mobil mewah agar tidak terkena terik matahari, gunakan karpet di seluruh area lantai dan lain sebagainya.

Bila semua orang mau hidup mewah seperti di atas setiap hari, mungkinkah bumi ini mampu memfasilitasinya? Tidak masalah asalkan apa yang kita konsumsi (hancurkan) sama/ setara dengan apa yang mampu dibangun (produksi). Bukankah kenyamanan seperti di atas hanya membuat bumi ini semakin tergerus sumber dayanya hingga meringsek masuk ke dalam untuk menambang ini-itu? Bila segala yang nyaman ini menjadi keinginan masing-masing orang niscaya dunia akan mengalami degradasi dari tahun ke tahun hingga mempercepat pemanasan global yang menimbulkan bencana alam maha dahsyat.

Kenyamanan membuat kemampuan tidak berkembang

Kenyamanan indra hanya membuat anda semakin manja. Sebab indra selalu menginginkan ketenangan dan kedamaian di dalam keheningan. Padahal, hening itu sama dengan diam sama dengan tidak melakukan apa-apa. Aktivitas yang minim cenderung membuat aktivitas otak menurun. Artinya, terlalu mengagung-agungkan keheningan dan ketenangan bisa-bisa membuat pikiran tumpul hingga turunnya kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, jangan memaksakan orang lain untuk diam dan tetap tenang melainkan belajarlah menyesuaikan diri di tengah ketidaknyamanan yang terjadi.

Rasa nyaman sangat dekat dengan keadaan dimana seseorang sedang sendiri, menyendiri di suatu tempat. Saat anda berkeinginan untuk tidak mau mengacaukan pencitraan indra terhadap hal yang buruk-buruk, tepat saat itu jugalah paparan dengan berbagai gangguan sosial diminimalisasi. Sedangkan kita sudah tahu bersama bahwa terlalu lama menyendiri jelas tidak baik bagi kesehatan sosial manusia itu. Oleh sebab itu imbangi kebiasaan saat sendiri dengan sifat yang mau bergaul dengan orang-orang sekitar.

Kenyamanan sering juga disebutkan sebagai situasi dimana kita sedang tidak ada kerjaan, istilahnya lagi santai. Dimana semua tanggung jawab yang harus diselesaikan diserahkan sama pramuniaga, bawahan dan teknologi mesin semuanya. Sadarilah bahwa kebiasaan berdiam diri tidak selalu membuat nyaman di hati sebab justru saat kita bekerja hati menjadi bahagia. Oleh karena itu, jangan membuang seluruh tanggung jawab anda kepada orang lain, bila perlu kerjakanlah apa yang dapat  diselesaikan untuk hari ini.

Rasa nyaman identik dengan keamanan, maunya semua aman saja di bawah kendali tanpa menemukan rintangan yang berarti. Padahal masalah yang kadang membuat kita tidak senang kerap kali bermanfaat untuk melatih kecerdasan dan kepribadian masing-masing. Saat sedang menghadapi persoalan hidup, disanalah kita belajar mengendalikan diri dari hawa nafsu yang sesat, kebinatangan dan kejahatan lainnya. Lagipula pergumulan hidup yang anda hadapi akan merangsang otak untuk mengembangkan pola pikir sehingga turut meningkatkan kecerdasan nada.

Hidup yang terus-menerus berada di zona nyaman adalah milik kakek-kakek dan nenek-nenek yang sudah kehilangan semangat mudanya. Jikalau anda seorang pemuda yang energik dan ingin hidupnya berkembang, sesekali tinggalkan kenyamanan yang anda miliki untuk menyambut kehidupan yang penuh tantangan. Nyaman di indra harus diseimbangkan dengan sikap yang mau menerima pergumulan hidup untuk diri sendiri. Setidak-tidaknya bergumullah dengan orang-orang yang mempermain-mainkan kebaikanmu, yang mengacuhkan kebermanfaatanmu dan yang membalas kesihmu dengan kebencian dengan tetap konsisten melakukan menyatakan kasih Allah yang telah lebih dahulu anda rasakan.

Salam tangguh!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s