Lingkungan

7 Teknologi Menghabiskan Sumber Daya Memicu Peperangan


Teknologi Menghabiskan Sumber Daya Memicu Peperangan

Teknologi adalah (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; (2) keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI Offline). Pada dasarnya teknologi itu baik tetapi pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk hal-hal yang berlebihan dapat membawa dunia ini ke dalam keterpurukan, misalanya saja untuk melangsungkan konspirasi dan manipulasi terhadap seseorang atau sekelompok orang.

Teknologi seperti buah simalakama

Segala sesuatu di dunia ini bagai dua sisi mata uang, ada baik buruknya. Seperti pedang bermata dua yang bisa melukai dan bisa juga dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Pemanfaatan berbagai-bagai ilmu pengetahuan yang sudah ada maupun yang akan datang cenderung menyisakan dampak ganda. Oleh karena itu, setiap pengguna (user) hendaknya menyadari keadaan tersebut sembari memperhitungkan lagi batasan-batasan untuk memaksimalkan pemanfaatan demi kebutuhan yang positif.

Penggunaan teknologi sepertinya sebuah trend lama yang terus saja berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan bisa dikatakan bahwa beberapa orang yang memiliki sejumlah perangkat teknologi canggih menjadi populer baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Pada dasarnya, pemanfaatan yang ramah lingkungan akan mendukung kehidupan kita. Tetapi susuatu yang mulai berlebihan cenderung menimbulkan efek samping. Keadaan ini tidak hanya mempengaruhi/ merugikan diri sendiri melainkan juga orang lain maupun lingkungan sekitar

Kenyamanan dan kemudahan yang dihasilkan teknologi tidak selalu baik

Manusia jaman sekarang telah banyak mengalihkan kehidupan dari yang bersifat manual menjadi otomatis. Seolah-olah, apa saja yang sifatnya otomatis terkesan lebih keren dan lebih populer. Sedangkan orang-orang yang melakukan segala sesuatu secara manual dianggap sebagai sebuah kelemahan yang ketinggalan zaman (kuno). Beberapa orang mulai meninggalkan budaya hidup yang konvensional lalu beralih untuk meraih sesuatu yang lebih modern. Menipisnya budaya konvensional ini turut dipengaruhi oleh media yang cenderung menampilkan dan mengunggulkan hal-hal yang modern.

Manusia menyukai yang otomatis sebab dipenuhi dengan hal-hal yang baru. Modernisasi selalu memikat hati karena pesona pertamanya yang terdengar sangar di telinga. Padahal kita sangat tidak menyadari berbagai-bagai dampak buruk dari semua hal yang otomatis tersebut. Salah satu dampak besar yang membuat manusia mengalami kemunduran karena benda ini adalah karena meminimkan aktivitas sehari-hari. Saat aktiviatas kita minim maka kemampuan otak juga turut mengalami penurunan sehingga kecerdasan intelektual, emosional dan spirual menurun drastis. Jadi, setiap kenyamanan yang dinikmati tanpa disadari telah menurunkan kemampuan berpikir anda.

Teknologi menyingkirkan pekerja otot

Peralihan industri yang memanfaatkan teknologi mesin dan menjadikan manusia sebagai operator saja telah banyak mengurangi jumlah pekerja. Ini seperti ancaman yang semakin lama semakin meluas. Sebab teknologi yang terkenal akurat dengan tingkat kesalahan yang minim membuat para petinggi perusahaan menggunakannya terlebih ketika didukung oleh pemanfaatan sumber tenaga yang hemat dan ramah lingkungan. Pada akhirnya, peran mesin yang semakin luas dalam kehidupan manusia akan menggiring pemanfaatan tenaga manusia yang semakin rendah. Orang-0rang pintar yang memiliki modal besar tidak lagi mempekerjakan manusia untuk melakukan hal-hal tertentu melainkan lebih memilih untuk menyerahkannya pada mesin yang lebih setia. Pada akhirnya semua ini berkontribusi pada meningkatnya kemiskinan dan pengangguran. Simak juga, Tipe manusia berdasarkan pekerjaan.

Mesin membutuhkan BBM yang tidak sedikit dan polutan yang lebih berbahaya

Tahukah anda bahwa setiap aktivitas menghasilkan kotoran bagi bumi ini yang dapat mencemari dan menghasilkan polutan. Bukan hanya manusia yang membuang kotoran berupa urin dan feses melainkan mesin-mesin berteknologi canggih juga demikian. Hanya saja kotoran yang mereka hasilkan lebih sedikit dan lebih berbahaya. Oleh karena itu adalah lebih baik bagi anda untuk mengedepankan cara-cara konvensional saat melakukan sesuatu, selama masih bisa dikerjakan oleh tangan dan kaki ini maka selesaikan secara konvensional.

Teknologi mesin menghabiskan sumber daya

Bumi ini seperti dijemput ajalnya oleh mesin-mesin yang kita andalkan selama ini. Kita memang tidak merusak bumi tetapi mesin yang digunakan menyelesaikan pekerjaan ini (alat elektronik rumah tangga), yang bisa mengantar kemana-mana (transportasi) dan membuatmu nyaman juga terhibur (peralatan rumah tangga dan hiburan) telah menyebabkan pencemaran udara. Belum lagi masalah konsumsi minyak yang semakin tinggi. Keadaan ini dipicu oleh meningkatnya jumlah penduduk, meningkatnya jumlah uang di tangan masyarakat dan meningkatnya manusia yang menginginkan kehadiran teknologi dalam rumahnya. Juga turut di dukung oleh popularitas yang diberikan media terhadap mesin-mesin tertentu. Sehingga peningkatan penggunaan bahan bakar minyak semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Peningkatan kesejahteraan yang digalangkan oleh pemerintah pada akhirnya akan berbuah kepahitan. Sebab segala sesuatu yang dibayarkan negara kepada rakyat banyak telah mengarah ke kantong-kantong swasta. Sebab sektor hilir yang bersentuhan langsung dengan rakyat dikuasai oleh perorangan. Bahkan bisa dikatakan bahwa utang negara semakin banyak dikarenakan oleh penguasaan sektor konsumsi dan sumber daya alam lainnya yang semakin meningkat dari kalangan swasta. Bahkan bisa jadi para pengusaha ini lebih kaya daripada negara itu sendiri.

Sebenarnya, kamipun senang kalau di negeri ini banyak orang kaya, tetapi tahukah anda bahwa orang-orang inilah yang memboroskan bahkan menghabiskan seluruh sumber daya yang ada? Sebab semakin banyak uang yang mereka miliki maka semakin tinggi penggunaan teknologi yang dilakukan. Artinya, meningkat pula penggunaan bahan bakar minyak yang dibutuhkan. Bila keadaan ini belum diantisipasi maka jumlah konsumsi BBM akan lebih tinggi daripada jumlah produksi. Keadaan ini hanya tinggal menunggu waktu beberapa puluh tahun lagi sampai semuanya habis.

Kemajuan teknologi menyebabkan peperangan

Segala sesuatu yang menghasilkan kemampuan luar biasa dan kesombongan akan berakhir pada perselisihan hingga kekacauan. Ada banyak jenis teknologi yang kita kenal memiliki kemampuan yang luar biasa. Semakin luar biasa teknologi itu maka semakin besar dampak yang ditimbulkannya dan semakin liar tangan yang menggunakannya. Diantaranya yang terkenal adalah seperti berikut ini.

  1. Nuklir.

    Isu tentang energi nuklir telah tersohor sejak ledakan pertamanya di Hirosima dan Nagasaki (Jepang, 1945). Penggunaannya untuk menghasilkan energi listrik telah diaplikasikan di banyak negara. Tetapi kekuatiran akan pemanfaatannya pada hal-hal yang salah telah membuat beberapa pihak menentang penilitian lebih lanjut untuk tujuan militer.

    Coba bayangkan bagaimana kalau semua negara melakukan pengayaan uranium menciptakan hulu ledak jarak jauh untuk tujuan militer, bukankah ini awal dari kehancuran dunia? Sebab masalah senggol dikit aja udah main bom-boman. 😀

  2. Satelit.

    Penggunaan satelit adalah salah satu teknologi paling mutakhir untuk memantau keadaan wilayah yang luas dari atas. Pemanfaatan teknologi yang satu ini bisa saja diarahkan untuk tujuan-tujuan yang tidak baik dimana cenderung merugikan pihak lain sedangkan mereka sendiri memperoleh keuntungan dari semuanya itu.

  3. Drone.

    Pesawat tanpa awak merupakan salah satu teknologi militer yang cukup terkenal saat ini. Pemanfaatannya untuk memantau wilayah tertentu dari jarak jauh membuat anda tidak perlu lagi berkunjung ke suatu tempat untuk melakukan inspeksi awal. Mesin ini juga berperan untuk memetakan suatu wilayah dan memantau aktivitas yang mencurigakan di wilayah tertentu. Pesawat tanpa awak ini bisa saja digunakan untuk melakukan teror di daerah tertentu yang beresiko memicu terjadinya perang.

  4. Komputerisasi – Robotika.

    Pengembangan teknologi komputer telah lama memasuki era baru yang yang mulai di transformasikan dalam bentuk yang menyerupai manusia yang disebut dengan komputerisasi robotik. Pemanfaatan teknologi robot memang masih belum maksimal sebab bahan metal yang menyertai komponennya lebih berat dari daging yang alamiah karena tarikan gravitasi bumi. Oleh sebab itulah teknologi yang satu ini bentuknya hanya dibuat mini saja sebab membutuhkan energi dan pengendalian keseimbangan yang luar biasa besar untuk menggerakkan robot sebesar manusia. Seandainya mesin yang satu ini terus dikembangkan lalu menemukan titik cerah (dukungan mini sel energi mega dan pengatur keseimbangan) maka bisa saja dimanfaatkan untuk kebutuhan militerisme atau melakukan pekerjaan kotor lainnya.

  5. Kloning.

    Dahulu sempat tersohor tentang informasi yang satu ini. Tetapi tidak mungkin melakukan kloning terhadap orang dewasa dengan memori nol besar. Sebab biar bagaimanapun besar badannya bila pengalamannya nol maka tetap akan menjadi orang dengan kepribadian yang kekanak-kanakan. Kecuali ada teknologi yang bisa menambah memori seseorang dalam sekejap. Jika saja prinisip semacam ini bisa dikembangkan maka kemungkinan untuk menciptakan prajurit handal dalam jumlah besar hanya membutuhkan waktu sekejap.

  6. Televisi.

    Seharusnya televisi adalah tempat untuk mempopulerkan berbagai-bagai informasi positif bagi seluruh masyarakat sekaligus menyampaikan informasi terupdate dari seluruh penjuru negeri. Tetapi pihak marketing swasta sangat tahu bahwa televisi adalah mainan seluruh warga masyarakat dari yang rendah sampai yang tinggi, dari yang nggak punya apa-apa sampai yang kaya raya. Ini bisa saja dimanfaatkan untuk menghipnotis masyarakat untuk melakukan aksi-aksi tertentu yang menguntungkan bagi mereka juga. Bahkan kotak ajaib yang satu ini bisa dijadikan sebagai alat propaganda negatif untuk membingungkan dan mengacaukan masyarakat.

  7. Internet dan media sosial.

    Internet menghabiskan sumber daya karena pesan-pesan marketing yang terkandung didalamnya yang cenderung menggiring seseorang untuk gila belanja. Media sosial juga bisa memicu peperangan, jangankan peperangan yang besar peperangan yang kecil saja bisa. Misalnya akun si A di hack oleh orang lain lalu orang itu menggunakan akunt tersebut untuk melakukan bully, fitnah dan lain sebagainya. Akibatnya orang-orang di dunia nyata akan menyerang pemilik akun yang asli padahal bukan dialah yang melakukan semuanya itu.

Berhati-hatilah menggunakan teknologi sebab manfaatnya tidak selalu positif. Jangan senang saat mesin membuat pekerjaan anda ringan bahkan tidak ada sama sekali sebab aktivitas yang minim menurunkan kesadaran dan melemahkan otak. Oleh karena itu, manfaatkanlah yang satu ini dengan sebijak-bijaknya dan tidak perlu berlebihan. Apabila pemanfaatannya sudah mulai mengarah untuk merugikan orang lain, merusak lingkungan bahkan diri sendiri sebaiknya mulai beralih ke teknik konvensional. Tidak perlu terlalu senang karena mesin membuat hidup lebih nyaman sebab ketahuilah bahwa efeknya juga sekaligus membuat otot dan otak lemah.

Salam, Ilmu pengetahuan ada batasnya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.