Gejolak Sosial

Aktivitas Otak Dalam Manajemen Pola Pikir – Memusatkan Pikiran Pada Tuhan Hilangkan Semua Keburukan

Aktivitas Otak Dalam Manajemen Pola Pikir - Memusatkan Pikiran Pada Tuhan Hilangkan Semua Keburukan

Jika di dunia ini penggunaan teknologi mesin sifatnya terbatas. Beberapa digunakan hanya 2 jam saja sedangkan yang lainnya dipakai sampai 6 jam. Ada juga yang bisa digunakan selama 24  jam bahkan ada yang dipakai secara terus menerus selama berhari-hari. Sekalipun demikian, biar bagaimanapun panjangnya penggunaan mesin berteknologi tetap saja ada waktunya untuk berhenti sehingga komponennya bisa beristerahat sembari didinginkan. Semakin lama daya tahan mesin dalam hal waktu operasional maka semakin baik pendingin yang digunakan. Tanpa pendingin akan terjadi overheat yang beresiko menyebabkan kerusakan ringan, sedang sampai berat.

Otak selalu aktif 24 jam

Otak manusia seperti mesin yang tidak pernah diam. Bahkan lebih lagi, sebab terus saja beraktivitas hari lepas hari bahkan disaat anda sedang tertidur. Dalam keadaan tertidur biasanya yang masih aktif hanyalah sistem otak alam bawah sadar saja. Ini seperti pengaturan hormon, aktivitas sel dan organ dalam (misalnya jantung, hati, ginjal dan lainnya), gerak refleks dan lain-lain. Sedangkan sistem kesadaran aktif mengalami peristerahatan sementara. Saat anda selalu mengalami insomnia, aktivitas otak yang tinggi bisa menyebabkan overheat yang ditandai dengan sakit kepala, pusing dan lain sebagainya. Kecuali anda menjaga kadar elektrolit sebab salah satu manfaat larutan air garam manis adalah mendinginkan mesin organik dalam tubuh anda.

Pikiran manusia terdiri dari sistem sadar dan bawah sadar

Otak manusia di kelompokkan berdasarkan tingkat kesadaran setiap ekspresi, ada yang dinamakan sistem sadar dan ada pula sistem bawah sadar. Kedua kondisi ini menunjukkan bahwa ada aktivitas yang sifatnya terjadi secara otomatis dan ada pula aktivitas yang sifatnya terjadi secara manual (harus diperintahkan langsung). Apa yang terjadi secara otomatis disebut juga sebagai insting seperti gerak refleks, pengaturan hormon, keseimbangan asam-basa, sistem organ dalam, mimpi dan lain sebagainya. Sedangkan gerakan yang terjadi secara manual biasanya merupakan hasil berpikir. Jadi perbedaan mendasar antara kedua sistem ini adalah, insting terjadi begitu saja tanpa berpikir terlebih dahulu sedangkan sistem sadar berlangsung sebagai sebuah hasil berpikir sebelumnya.

Tidak ada batasan yang jelas antara sifat sadar dan alam bawah sadar. Tetapi pada dasarnya kedua hal ini bisa kita gunakan untuk mengelompokkan sikap manusia. Biasanya hal-hal yang terjadi secara otomatis disebut juga sebagai insting. Semua sikap yang kita ekspresikan bisa saja menjadi insting yang terjadi tanpa perintah dari hasil berpikir asalkan sudah terbiasa dilakukan. Jadi setiap sifat yang dilakukan terus-menerus hingga terbiasa bahkan sampai membudaya akan menjadi insting yang terjadi secara otomatis tanpa harus dipikirkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, selalu budayakan untuk melakukah hal-hal yang baik niscaya akan ada suatu titik dimana semua itu dilakukan tanpa sadar sedang pahala andapun semakin bertambah-tambah di sorga.

Sifat-sifat kebinatangan, hawa nafsu dan kejahatan lainnya berada di bawah alam bawah sadar

Manusia memiliki sifat-sifat default yang disebut sebagai sifat-sifat manusiawi. Ini adalah sifat dasar yang selalu dimiliki oleh setiap orang. Diantara semua sifat yang ada, beberapa diantaranya seperti amarah, kesombongan, iri hati, suudzon (berprasangka buruk), sungut-sungut, hawa nafsu dan sifat-sifat kebinatang lainnya. Semuanya ini sudah ada dalam otak anda dalam bentuk insting yang bisa saja diekspresikan/ meluap/ keluar secara otomatis. Itulah mengapa orang yang pikirannya sedang kosong mudah sekali dihantui oleh:

  • egois berlebihan,
  • hawa nafsu sesat-lebay,
  • kebinatangan (amarah, dendam, kebencian, kekerasan),
  • rasa sakit,
  • ketakutan,
  • kecemasan,
  • kekuatiran dan
  • kejahatan lainnya

Keadaan ini disebabkan karena alam bawah sadarnya lebih aktif, besar dan kuat sehingga mengungkit-ngungkit sifat buruk di atas. Akhirnya iapun akan terpengaruh lalu melakukan sifat-sifat negatif itu tanpa disadari (secara otomatis).

Manusia Berpikiran Kosong Alam Bawah Sadarnya Yang Penuh Kebinatangan Berkuasa

Semakin sering pikiran kosong maka semakin sering juga sifat-sifat buruk yang penuh dengan kebinatangan, hawa nafsu sesat dan kejahatan ini akan muncul ke permukaan. Jika pikiran saja sudah menyimpang maka kemungkinan besar sikap, baik perkataan maupun perbuatan akan turut melenceng dari jalur yang benar. Oleh karena itu, jangan biarkan pikiran anda mengalami kekosongan dalam waktu lama melainkan senantiasa isi dengan hal-hal positif seputar Ketuhanan, pekerjaan dan pelajaran. Kami menyarankan anda untuk senantiasa bernyanyi di dalam Tuhan agar pikiran selalu aktif sehingga alam bawah sadar yang syarat dengan kebinatangan bisa di tekan seminimal mungkin agar tidak muncul ke permukaan.

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Mengapa alam bawah sadar manusia penuh dengan kebinatangan? Benarlah apa kata rasul Paulus bahwa manusia penuh dengan perbuatan daging yang terdiri dari (bandingkan dengan Galatia 5:19-21):

  • percabulan,
  • kecemaran,
  • hawa nafsu,
  • penyembahan berhala,
  • sihir,
  • perseteruan,
  • perselisihan,
  • iri hati,
  • amarah,
  • kepentingan diri sendiri,
  • percideraan,
  • roh pemecah,
  • kedengkian,
  • kemabukan,
  • pesta pora dan sebagainya.

Namanya saja perbuatan daging, berarti perbuatan ini sudah melekat kepada kedagingan kita alias sudah bawaan dari lahir. Selama pikiran anda kurang sadar karena minimnya aktivitas (berpikir, berkata-kata, bertindak) alhasil semua perbuatan daging ini akan muncul tanpa disadari. Sehingga dimana ada kesempatan sekalipun dalam kesempitan maka disanalah hal-hal buruk ini akan membuahkan dosa. Oleh karena itu, tetap sibukkan diri anda untuk bekerja atau belajar atau setidak-tidaknya puji-pujilah Tuhan di dalam hati sehingga pikiran tetap aktif dan berbagai-bagai hal buruk itu disingkirkan dari dalam hati masing-masing.

Manusia berpikiran aktif alam Bawah Sadarnya Yang Penuh Kebinatangan Ditekan

Kesimpulan

Bila saat ini anda marasa hati masih dipenuhi oleh dendam, iri hati, kesombongan dan kebencian kepada orang tertentu: belajarlah fokus kepada hal positif untuk menepis semuanya itu. Jika saat ini anda mudah sekali kesal dan sering tidak dapat menerima kenyataan yang sedang terjadi: belajarlah memusatkan pikiran kepada Tuhan, senantiasa bersyukur dan pasrahkan hidup pada rencana-Nya sambil memuliakan nama-Nya untuk menekan pikiran negatif tersebut. Apabila saat ini, anda masih merasa sakit saat kebaikan hatimu diabaikan/ diacuhkan oleh orang lain: biasakanlah dirimu untuk senantiasa bernyanyi memuliakan Allah niscaya rasa sakit itu tidak akan bersarang lagi di dalam pikiranmu. Jikalau saat ini anda masih susah melupakan masa lalu yang pahit, getir dan menyakitkan hati: sibukkan dirimu dengan pekerjaan atau dengan mempelajari Kitab Suci atau bisa juga dengan senantiasa memusatkan hati kepada Tuhan sehingga masa lalu itu bisa dilupakan. Ingatlah bahwa saat anda terus-menerus melakukan hal tersebut, lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan. Saat dimana kebiasaan itu menjadi budaya tepat disanalah akan ada manfaat yang berlimpah-limpah saat memusatkan pikiran pada hal-hal yang baik dan benar.

Dalam manajemen pola pikir, anda harus senantiasa mengaktifkan sistem sadar di dalam otak. Ini akan membantu anda untuk menekan sifat-sifat buruk yang syarat dengan hawa nafsu sesat-berlebihan, kebinatangan dan kejahatan lainnya. Semakin aktif pikiran untuk bekerja, belajar atau memusatkannya kepada Tuhan maka semakin kecil kemungkinan munculnya sifat-sifat buruk itu di dalam hati. Akan tetapi, bila anda terus saja terlena dan candu dengan tontonan televisi, hiburan, internet, media sosial, cemilan, kemewahan, kenyamanan dan pesona duniawi lainnya, alhasil jangan di tanya “mengapa saya jadi orang jahat & tidak bermoral?” Yang kami maksudkan disini bukan dalam arti jangan menikmati hidup, tetapi hindari melakukan semuanya itu secara berlebihan. Justru lebih baik tangan dan kaki bekerja sambil memuji-muji nama Tuhan dan menggerakkan badan sesuai intonasi nyanyian yang sedang kita lantunkan. Sikap andapun akan menjadi positif, penuh kasih kepada Tuhan dan otomatis penuh kasih kepada sesama. Simak juga, Cara mencari kesibukan positif.

Salam santun

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.