Gejolak Sosial

7 Cara Mencari Kesibukan Solusi Masalah Hati Dalam Manajemen Pola Pikir

Mencari Kesibukan Solusi Masalah Hati Dalam Manajemen Pola Pikir

Seperti yang kami katakan pada tulisan sebelumnya bahwa diantara seluruh organ tubuh manusia yang paling aktif adalah otak. Pikiran adalah pusat kendali seluruh sistem yang ada dalam tubuh manusia. Memiliki wewenang dan pengaruh yang paling luas karena bisa mengakses seluruh sistem organ, jaringan hingga sel. Sebagai seorang pengendali, bukan berarti ia bisa bebas kendali dan selalu memiliki tujuan yang benar. Justru saat anda membiarkannya kosong begitu saja cendrung mudah terpancing oleh sifat-sifat buruk yang sudah ada di dalam alam bawah sadar masing-masing. Oleh karena itu, organ ini harus disibukkan dengan hal-hal yang positif agar ia terus menginstruksikan sesuatu yang baik.

Saat masalah mendatangi kehidupan anda, baik yang berasal dari luar maupun yang berasal dari dalam, sadarilah bahwa itu adalah makanan otak yang bermanfaat untuk menambah pengalaman pribadi. Oleh karena itu, janganlah terlena memikirkan dan membahas-bahas pergumulan tersebut secara terus menerus sebab otak akan menjadi penat oleh persoalan lalu hati galau, sedih, kuatir, lesu hingga stres. Melainkan berilah otakmu makanan bergizi yang bisa membuat perputaran & aktivitasnya menjadi positif sehingga hatipun bahagia, damai dan tenteram. Kami akan membahas tentang cara mencari kesibukan pada paragraf selanjutnya.

makanan otak adalah kesibukan yang sebenarnya

Jangan lupa bahwa otak harus selalu diberi makan

Jika anda makan 3 kali sehari, ada yang makan 2 kali sehari dan kami mengkonsumsi makanan hanya sekali sehari, ketahuilah bahwa otak butuh lebih dari itu. Kebutuhan ini seperti air sungai yang senantiasa mengalir dari hulu ke hilir, selama 24 jam dan selama 7 hari dalam seinggu. Bila anda kurang memperhatikan kebutuhan otak maka akan timbullah sifat-sifat manusiawi dari dalam alam bawah sadar masing-masing. Jadi, jangan bertanya-tanya, mengapa saya mudah marah, cepat sekali kesal, susah melupakan kesalahan sesama, penuh dengan prasangka buruk, suka menyombongkan diri, kerap cemburu kepada sesama, merasa sendiri, merasa kesepian, merasa diabaikan, merasa hampa dan lain sebagainya. Semua ini karena anda tidak memberi makan otak secara rutin/ terus-menerus.

Informasi makanan otak, selalu selektif dan kritis menikmatinya

Berhati-hatilah dengan informasi yang berasal dari luar diri ini. Tidak semua yang anda lihat dan dengar adalah baik untuk dipraktekkan. Justru ada beberapa informasi yang tidak baik diantara semua yang baik itu. Sadarilah bahwa saat menonton televisi, sinetron, film dan drama lainnya: ada yang baik dan jahat didalamnya. Sebab sebuah cerita tidak bisa berdiri tanpa suatu masalah. Sedangkan di dalam masalah itu ada banyak perilaku yang buruk diekspresikan. Oleh karena itu, selalu kritis dan selektif dalam mencerna informasi: pilah-pilah (pisahkan/ bandingkan/ bedakan) mana informasi yang salah dan mana informasi yang benar. Menikmati informasi sama dengan belajar.

Kata-kata makanan otak, berpikir sebelum berucap

Setiap perkataan yang keluar dari mulut anda merupakan aktivitas yang turut menjadi makanan otak. Saat anda sibuk berkata-kata maka saat itu jugalah pikiran dipenuhi oleh sesuatu yang berkaitan dengan apa yang sedang dikatakan. Perkataan tidak hanya diekspresikan melalui mulut saja melainkan bisa juga dalam bentuk karya seni, misalnya tulisan, gambar, ukiran, seni rupa dan lain sebagainya. Mencari kesibukan dengan bertutur sapa kepada orang lain dalam konteks ramah tamah turut menjadi kebaikan yang sederhana.

Bekerja dengan tekun makanan otak yang bermanfaat bagi diri sendir idan orang lain

Saat masalah datang adalah tidak baik ketika hal tersebut terus-menerus dipikirkan. Keadaan ini justru akan membuat anda semakin galau, sedih dan ketakutan. Adalah lebih baik bagi anda untuk menyibukkan tangan dan kaki dengan berbagai-bagai pekerjaan. Mulai dari hal-hal kecil sampai yang terbesar sekalipun. Jika kita sibuk maka otakpun akan larut mengikuti setiap gerakan yang dilakukan sehingga tidak ada lagi kesempatan untuk memikirkan persoalan hidup dan hatipun bebas dari rasa sesak.

Bila kecerdasan anda sudah meningkat maka beberapa pekerjaan yang tidak membutuhkan konsentrasi tinggi dapat diselesaikan sembari bernyanyi memuji-muji Tuhan di dalam hati. Setiap orang dimungkinkan untuk melakukan hal ini sebab pikiran manusia diciptakan multitasking. Lagipula ketika pekerjaan dilakukan sambil memuliakan Allah ada kenikmatan tersendiri yang membawa damai, bahagia dan tenteram di hati. Anda perlu melakukannya dengan tekun agar menjadi kebiasaan. Tetap konsisten menekuninya niscaya akan menjadi budaya yang mendatangkan sukacita.

Fokus Tuhan adalah solusi jitu dari setiap masalah

Ini adalah rahasia dari segala rahasia yang ada di bumi. Hidup kita asalnya dari Tuhan oleh karena itu sudah seharusnya saat ada masalah panggil nama-Nya dan pujilah Dia dalam rasa bersyukur yang penuh. Alhasil hadirat-Nya akan memenuhi hatimu hari lepas hari. Nyanyian puji-pujian kepada Tuhan adalah solusi dari setiap persoalan di dalam hati. Inilah makanan otak yang sesungguhnya, terlebih ketika anda mampu berimprovisasi dan mengadaptasikannya berdasarkan suara & nada yang muncul di dalam pikiranmu.

Menyanyi untuk Tuhan ini sifatnya general dan selalu membuat pikiran anda positif. Aktivitas ini bisa juga merupakan suatu koreksi yang membuatmu tidak dapat melakukannya karena telah berbuat dosa (bukan kekhilafan) sebelumnya. Segala bentuk kekesalan hati, dendam, sakit hati, kesombongan, amarah, kebencian, perasaan sendiri, merasa diabaikan dan sifat-sifat buruk lainnya akan diabaikan oleh pikiran sebab sedang terlena memuji Tuhan. Belajar menerima kenyataan (yang sudah terjadi tidak bisa berubah tetapi masa depat bisa direncanakan), menganggap semuanya itu sebagai yang terbaik untuk diri sendiri, mengucap syukurlah lalu bernyanyi memuliakan nama-Nya. Niscaya berbagai masalah akan terselesaikan.

Yang terpenting dalam manajemen pola pikir adalah memusatkan pikiran kepada Tuhan, bukanlah pelarian melainkan solusi dari semua pergumulan hidup sebab cepat atau lambat aktivitas ini secara inspirasi akan dikirimkan sebagai solusi dari persoalan yang terjadi.

Sibuk berbuat baik untuk menghilangkan keburukan di hati

Tidak mudah untuk berbuat baik. Saat anda memutuskan untuk menyibukkan diri melakukannya, hal mendasar yang dibutuhkan adalah PENGORBANAN. Musatahil ada kebaikan hati tanpa pengorbanan. Orang yang suka berkorban hanyalah mereka yang hatinya dipenuhi oleh cinta kepada Tuhan dan kasih kepada sesama. Bila tujuan hidup anda adalah sorga niscaya berkorban demi kebaikan bukanlah perkara susah. Sebab setiap hal yang dikorbankan kita tujukan kepada Tuhan bukanlah kepada manusia. Saat anda sibuk berkorban, sibuk berbuat baik, berbagai masalah hati yang datang dari luar dan dalam dapat ditepis (diabaikan) sembari menunggu inspirasi dari Tuhan untuk solusinya.

Kitapun dapat berbagi kasih kepada sesama dalam berbagai bentuk. Tidak hanya dalam hal materi melainkan dimulai dari hal sederhana saja. Itu bisa berupa ramah tamah (senyum, sapa, salam, terimakasih, tolong, maaf, menjadi pendengar yang baik). Ada pula sifat-sifat baik lainnya seperti setia, jujur, konsisten, ikhlas, berbagi informasi dan lain sebagainya. Andapun bisa berbuat baik menurut pekerjaan yang ditekuni. Bisa juga berbagi manfaat lewat karya yang anda hasilkan. Semuanya tergantung dari potensi, talenta dan sumber daya yang dimiliki pribadi lepas pribadi.

Memberi makanan otak sama dengan meningkatkan kecerdasan.

Saat anda rutin bahkan selalu memberi makanan otak dengan berbagai-bagai hal positif berarti aktivitasnya akan semakin tinggi. Aktivitas otak yang tinggi lambat laun akan membuat anda semakin cerdas dalam menjalani hidup. Jangan dulu berbicara tentang cerdas di sekolah melainkan setidak-tidaknya anda dimampukan untuk menyelesaikan masalah sendiri. Terlebih ketika fokus kehidupan selalu diarahkan kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian: alhasil lama kelamaan (tidak ada yang instan) aktivitas ini akan membuat anda bijak menjalani hari. Simak juga, Alam bawah sadar dan sadar di dalam otak.

Cara mencari kesibukan dan membuat otak sibuk agar kehidupan anda lebih positif

Otak adalah organ yang paling sibuk. Jika secara sadar anda tidak menyibukkannya dengan fokus Tuhan, bekerja, belajar, berkomunikasi, berkarya, berbaik hati dan lain sebagainya. Maka secara tidak sadar hal-hal yang syarat dengan hawa nafsu sesat-lebay, kebinatangan dan kejahatan lainnya akan keluar dari dalam alam bawah sadar masing-masing. Artinya, saat aktivitas pikiran tidak ada (kosong) sudah otomatis hal-hal buruk akan diekspresikan dalam perkataan dan perbuatan sehari-hari. Oleh karena itu sibukkan dirimu dengan sesuatu yang positif sembari memusatkan pikiran memuji-muji Tuhan (bila dimungkinkan) hari lepas hari.

Salam, fokusmu menentukan arah hidupmu!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.