Gejolak Sosial

Alam Bawah Sadar & Sifat-Sifat Buruk Dalam Diri Manusia

Otak manusia seperti matahari yang senantiasa memancarkan pengaruhnya ke seluruh bagian di dalam tubuh. Pancaran ini sangat detail dan mampu mengendalikan unit terkecil, yaitu sel sekalipun. Tidak ada yang tahu kapan matahari akan kehabisan sinarnya atau mungkin takkan pernah habis, entahlah. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda. Tidak ada yang sama, hanya saja semuanya itu bisa diarahkan berdasarkan visi yang telah ditentukan sejak dari awal. Jadi setiap pikiran bekerja sesuai dengan tujuan yang ditentukan oleh pemiliknya.

Gemerlapan duniawi membuat manusia lupa diri: melupakan bahwa semua ada akhirnya

Sayang, kerap kali seseorang kehilangan tujuan hidupnya, entah bagaimana tetapi semuanya raib dimakan usia. Ini dikarenakan manusia lebih terlena dengan tujuan jangka pendek yang ditetapkannya sendiri. Biasanya tujuan semacam ini berhubungan dengan pencapaian hidup. Sayang, ada orang yang  telah terbakar hawa nafsu kepada kenikmatan dan kemuliaan duniawi. Keadaan inilah yang sering sekali mengubah tujuan hidup seseorang. Kita terus merasa “akan hidup 1000 tahun lagi.” Lupa diri lalu melupakan hari kematian, tidak tahu diri lalu melupakan hari penghakiman.

Manusia terus tenggelam dalam kesesatan ketika ia melupakan bahwa semuanya akan berakhir, maut akan menjemput dan hari penghakiman akan datang. Kita lebih terlena dengan indra yang terpesona dengan hal-hal duniawi. Gemerlapnya dunia inilah yang membuat manusia lupa diri. Lantas saja langsung berpaling meninggalkan Tuhan karena hal-hal yang sementara. Kebanyakan tidak sadar bahwa saat hati terlalu terpikat dengan hal-hal duniawi, tepat saat itu juga hawa nafsu yang keluar dari dalam hati menggiring kita untuk menginginkan yang lebih lagi. Bila keinginan semacam ini terus dipelihara, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai diri ini mulai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan materi yang lebih baik.

Mereka yang terlena dengan kenikmatan materi cenderung tidak bisa mikir. Sebab otaknya lagi sibuk sekaligus terlena menterjemahkan rasa yang dicitrakan oleh mata, lidah, telinga, hidung dan kulit. Keadaan ini membuat pikirannya lebih banyak mengalami kekosongan. Tepat saat dimana pikiran sedang kosong maka saat itu jugalah kesadaran seseorang tenggelam jauh ke dalam dasar pikiran yang paling dalam. Keadaan inilah yang membuatnya lupa diri sekaligus rentan dengan pengaruh dari luar. Artinya, hawa nafsu, kebinatangan dan sifat-sifat jahat dalam pikiran mudah sekali terpancing oleh gejolak disekitarnya saat kekosongan dialami oleh otak.

Jangan biarkan pikiran kosong

Jika anda mulai merasakan kehampaan dalam hari-hari belakangan ini, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh karena pikiran yang berputar-putar dalam kekosongan. Hati hampa sama dengan pikiran kosong. Semakin lama anda membiarkan aktivitas berpikir hanya berputar-putar tanpa tujuan yang jelas maka tepat saat itu jugalah kehampaan hati akan menawan kehidupan seorang manusia. Oleh karena itu, berusahalah untuk mengaktifkan pikiran dengan senantiasa memusatkannya kepada Tuhan (doa, firman, nyanyian pujian), bekerja dan belajar. Alhasil hati yang kosong itu akan terpenuhi dan terpuaskan oleh hal=hal positif.

Ada dua jenis kesadaran dalam pikiran manusia

Otak manusia memiliki dua bagian penting yang tidak terpisahkan dimana masing-masing saling mendukung satu sama lain. Ada bagian yang memberikan instruksi kepada seluruh tubuh tanpa terpikirkan terelebih dahulu (tanpa disadari). Di sisi lainnya, ada bagian otak yang melakukan sesuatu berdasarkan instruksi yang dihasilkan dengan cara memikirnya terlebih dahulu. Aktivitas alam bawah sadar jelas tidak disadari oleh manusia yang sedang melakukannya, sebaliknya aktivitas sadar selalu dipantau dan diawasi oleh pikiran sendiri.

Tidak ada perbedaan yang nyata antara alam bawah sadar dan sadar di dalam otak manusia. Apa yang dilakukan secara sadar terkadang bisa terjadi tanpa disasari. Kejadian ini memang langka tergantung dari latihan yang dilakukan oleh setiap orang. Intinya adalah sikap yang diulang-ulang lama setelah itu akan menjadi rutinitas. Hal-hal yang dilakukan secara rutin tanpa kenal lelah suatu saat akan menjadi kebiasaaan. Saat kebiasaan ditekuni dengan konsisten niscaya akan menjadi budaya yang terjadi secara otomatis. Jadi, agar aktivitas yang dilakukan berada di alam bawah sadar sehingga terjadi secara otomatis, yang perlu anda lakukan adalah mengubahnya menjadi budaya, tentu saja semuanya itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Hawa nafsu, kebinatangan dan kejahatan lainnya berada di dalam alam bawah sadar

Sifat-sifat kedagingan yang buruk sudah menyatu dalam alam bawah sadar pikiran kita. Keadaan ini dikarenakan oleh kemudahan yang diperoleh saat melakukannya. Itulah perbedaan antara keburukan dan kebaikan, yaitu lebih mudah melakukan hal-hal yang jahat daripada melakukan kebaikan. Jika saat ini anda adalah orang yang baik hatinya, sadarilah bahwa itu pertanda bahwa tingkat kecerdasan anda berada di tingkatan yang baik. Tetapi saat anda merasa baru-baru ini sering sekali mengekspresikan hawa nafsu sesat-berlebihan, kebinatangan dan kejahatan lainnya: artinya, tingkat kecerdasanmu beresiko terjun bebas.

Masa lalu ada di alam bawah sadar

Salah satu hal lainnya yang sangat fenomenal adalah masa lalu. Tidak ada seorangpun yang bisa melupakan masa lalunya, kami juga demikian teman. Terlebih ketika ada hal-hal buruk telah terjadi pada masa itu. Keburukan ini semakin menciptakan kepahitan yang membuat hati perih ketika kejadian tersebut diingat kembali. Peristiwa yang sudah terjadi biasanya sudah melekat di dalam otak kita, keadaan ini membuatnya terletak di dalam alam bawah sadar masing-masing. Saat anda tidak mengaktifkan sistem kesadaran di dalam otak, ada kemungkinan bagian-bagian dalam alam bawah sadar manusia akan semakin kentara. Sehingga andapun cenderung mengalami bayang-bayang nyata dari masa lalu. Mungkin keadaan inilah yang membuat seseorang galau, sedih, kuatir, cemas, takut dan lain sebagainya.

Rasa sakit ada di alam bawah sadar

Kepahitan dan kesakitan yang anda rasakan setiap hari berasal dari alam bawah sadar masing-masing. Keadaan ini dipicu oleh karena kurangnya bahkan tidak ada sama sekali aktivitas di dalam otak. Secara berangsur-angsur tapi pasti, rasa sakit yang dihasilkan lewat semua peristiwa tersebut akan semakin kentara. Keadaan inipun menyebabkan timbulnya gejolak baru di dalam diri masing-masing orang. Yaitu munculnya sifat-sifat kebinatangan (amarah, kebencian, dendam, kekerasan) yang membuat situasi semakin runyam. Semakin lama kita menikmati hidup semakin kosong pikiran ini maka semakin berkuasalah alam bawah sadar yang jahat mengendalikan kehidupan ini.

Berpikir negatif secara sengaja sangat mendukung sifat-sifat buruk

Anda sudah sadar bahwa pikiran negatif itu bisa mempengaruhi moralitas tetapi masih saja memberi kesempatan kepada hal-hal negatif seperti ini untuk menguasai pikiran,

  1. Kesombongan (merasa lebih baik dari yang lain, merasa lebih hebat, merasa tahu segalanya, merasa paling jago dan hal-hal berlebihan lainnya).
  2. Iri hati (cemburu saat orang lain beruntung, tertawa sinis saat orang lain sial dan lain sebagainya).
  3. Prasangka buruk (menebak-nebak pikiran orang lain, menyatakan kesalahan seseorang padahal belum menyaksikannya, mempersalahkan seseorang padahal bukan kesalahannya, menganggap orang lain jahat/ buruk, cemas akan masa depan, kuatir terhadap masa depan dan lain sebagainya)
  4. Sungut-sungut (merasa hari ini sial banget, merasa hidup ini tidak berarti, menyesali masa lalu, menyesali orang lain, menyesali Tuhan, menyesali situasi, bersedih karena masa lalu dan lain sebagainya).

Sadarilah bahwa semua pikiran di atas akan memdatangkan keburukan bagi sifat-sifat anda. Sekalipun anda sadar bila pikiran negatif di atas menguasai niscaya akan keluarlah kata-kata (lisan-tulisan) yang kasar, cemooh, sindiran, keluhan, ejekan bahkan perilakupun mulai menyimpang menjurus kepada dosa dimana SEMUANYA ITU DILAKUKAN SECARA SADAR.

Cara simple dan praktis bahagia

Fokus Tuhan, bekerja dan belajar membantu anda tetap sadar

Satu-satunya cara mencegah berkuasanya alam bawah sadar yang negatif, yaitu dengan senantiasa membuat otak selalu aktif dari waktu ke waktu. Keadaan ini akan mendorong dan menekan alam bawah sadar yang syarat dengan hal-hal yang buruk. Keadaan ini membuat sikap lebih positif hari lepas hari. Salah satu fokus terbaik untuk membuat perilaku dan perkataan tetap positif adalah saat pikiran senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Andapun bisa tetap mengaktifkan kesadaran itu dengan cara menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing. Demikianlah juga saat kita belajar pikiran positif akan membuatmu tetap sadar.

Sifat-sifat buruk/ negatif dalam diri manusia selalu ada. Ketika tingkat kesadaran di dalam diri seseorang menurun drastis. Tepat saat itu jugalah hal-hal negatif beresiko keluar dari dalam diri masing-masing sebab tidak butuh otak (kecerdasan) untuk melakukan hal-hal yang buruk. Oleh karena itu, hindari kebiasaan maraton (lebih dari dua jam) menikmati hidup. Semakin lama menikmati gemerlapan duniawi maka semakin kosong pikiran ini sehingga resiko dikuasai oleh hawa nafsu sesat-lebay, kebinatangan dan sifat-sifat jahat lainnya semakin besar. Anda dapat mengubah hal ini dengan senantiasa memikirkan hal yang baik dan benar, diantaranya adalah fokus Tuhan (doa, firman, nyanyian pujian), bekerja menyelesaikan sesuatu dan belajar. Pada dasarnya saat kita memusatkan pikiran kepada Tuhan, hidup ini selalu terhubung kepada kebenaran dan kebaikan sedang yang buruk-buruk dijauhkan terkecuali bila anda MELAKUKANNYA DENGAN SENGAJA.

Salam, bersihkan pikiran – sikap otomatis bersih!

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.