Keluarga

31 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Fisik, Mental Dan Sosial

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Fisik, Mental Dan Sosial

Olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing – KBBI Offline). Merupakan aktivitas positif yang menyehatkan, dilakukan secara rutin dan tidak berlebihan. Tidak ada seorangpun dari kita yang tidak beraktivitas hari lepas hari sebab tanpa pergerakan tidak ada satupun yang merasa sebagai organisme hidup melainkan lebih dekat kepada benda mati. Bahkan beberapa diantara benda mati itu masih memiliki pergerakan khusus, misalnya pada kendaraan yang digunakan sehari-hari (hekter, kipas angin, sepeda motor, mobil, kereta api, pesawat dan yang lainnya).

Pada awalnya, kami sepele dengan aktivitas ini. Sebab sudah ada herbal ajaib, buah ajaib dan mineral ajaib yang membuat sehat fisik luar-dalam. Akibatnya, lama kelamaan badang mulai menggembung (kayak ikan gembung, bulat tetapi berduri), napas terengah-engah saat berjalan jauh dan sendiri terasa nyeri tanpa sebab. Kami terus menanggung keadaan ini sebab jadwal begitu padat sehingga tidak ada lagi kesempatan untuk berolahraga. Belakangan ini secara tiba-tiba muncullah ide untuk jalan kaki saat pulang kantor. Seperti “menyelam sambil minum air”: pulang sambil olahraga. Diawal-awal lelahnya minta ampun tetapi setelah terbiasa kebugaran tubuh jadi maksimal.

Setiap makhluk hidup di bumi ini butuh pergerakan. Bahkan pepohonan (tumbuhan hijau pada umumnya) juga melakukan pergerakan sekalipun hanya berupa gerakan semu, itu sudah cukup untuk membuatnya hidup sampai sekarang. Terlebih lagi  organisme seperti manusia yang diciptakan dengan sendi-sendi pergerakan aktif. Jika tidak menggunakannya secara terus-menerus, ada kemungkinan fungsinya akan menurun. Pernahkah anda membuka pintu yang lama tidak pernah dibuka sebelumnya. Atau saat anda pertama kali memasuki rumah yang sudah lama ditinggalkan oleh penghuninya. Sudah pasti engsel-engsel pintu & jendela disana cenderung karatan dan susah untuk dibuka. Sekalipun terdapat beberapa yang bisa terbuka, tetap akan terdengar bunyi seperti melengking pada engselnya.

Manusia yang beraktivitas selain sehat jasmani, rohani dan sosial juga dapat mendukung/ merangsang otak untuk menjadi cerdas. Sebab aktivitas otak sangat erat hubungannya dengan aktivitas fisik. Untuk melakukan semua gerakan dalam olahraga, membutuhkan koordinasi dan latihan yang intensif sehingga ada keseimbangan antara bagian-bagian tubuh. Keadaan ini turut merangsang dan memacu aktivitas otak sehingga turut meningkatkan kecerdasan dari hari ke hari. Jadi, saat berolahraga, pusat kendali kehidupan manusia berlatih untuk memanajemen aliran syaraf sehingga menghasilkan koordinasi yang baik. Pada akhirnya latihan yang anda gunakan dalam aktivitas ini dapat membantu diri sendiri untuk mengendalikan diri.

Manfaat berolahraga bagi kesehatan jasmani, rohani dan sosial

Tidak hanya laki-laki yang membutuhkan olahraga melainkan perempuan, dari yang kecil, muda, dewasa hingga kekek-nenek. Bila anak muda membutuhkannya untuk membentuk tubuhnya menjadi atletis maka mereka yang sudah dewasa membutuhkannya untuk kehidupan seksual yang lebih baik. Sesungguhnya, masih banyak lagi khasiat dari aktivitas ini, berikut beberapa yang kami ketahui.

Kesehatan fisik.

  1. Menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh.

    Tubuh yang bugar setingkat lebih tinggi dari tubuh yang sehat. Bila hanya sekedar sehat saja, makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat mewujudkannya. Tetapi kesegaran tubuh lebih kepada pencapaian yang optimal terhadap kesehatan itu sendiri dimana fungsi-fungsi koordinasi bekerja dengan baik sehingga seseorang bisa melakukan aktivitas apa saja tanpa ada hambatan yang berarti.

  2. Meningkatkan metabolisme tubuh.

    Saat anda berolahraga, tubuh akan bergerak dari fase statis (yang biasanya bermalas-malasan) kepada fase kerja, kerja dan kerja. Metabolisme tubuh selalu ada tetapi saat sedah olahraga kinerjanya akan meningkat tajam. Keadaan ini akan meningkatkan penyerapan glukosa dan kolesterol dari dalam darah untuk digunakan oleh sel sebagai sumber energi. Salah satu bukti bahwa peningkatan metabolisme tubuh dapat menyehatkan tubuh adalah saat keluarnya keringat dimana bersamaan dengan itu sisa hasil metabolisme akan dikeluarkan/ diekskresi.

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh (detoksifikasi).

    Saat anda berolahraga, entah itu lari pagi (joging), lari sore, jalan santai, bola kaki, footsal, tenis meja, bulu tangkis, renang dan lain sebagainya; metabolisme tubuh meningkat drastis sehingga timbullah keringat di permukaan kulit. Keringat yang keluar menandakan keluarnya sisa-sisa metabolisme yang merupakan racun internal (yang dihasilkan oleh tubuh sendiri). Keadaan ini disebut juga sebagai detoksifikasi mekanik dimana setiap pergerakan yang anda lakukan mendorong keluar segala racun yang terdapat di dalam tubuh melalui kulit masing-masing.

  4. Meningkatkan fungsi otak.

    Mereka yang suka diam-diam saja seharian merupakan orang yang beresiko mengalami penurunan fungsi otak. Kecerdasan seseorang tergantung dari aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Semakin intens dan terstruktur aktivitas anda maka semakin baik hal tersebut untuk latihan otak. Mereka yang cerdas biasanya mampu menemukan kebahagiaan, kedamaian dan ketenteraman sendiri tanpa harus bergantung dengan dunia ini. Tetapi orang yang pikirannya kurang pintar biasanya masih mencari-cari hal tersebut di luar dirinya, dilingkungan sekitarnya.

  5. Menjaga kesehatan paru-paru.

    Aktivitas fisik yang intens dilakukan dapat membantu menyehatkan paru-paru anda. Sirkulasi udara di dalam alveolus menjadi lebih baik. Kapasitas penyimpanan udara di dalam paru-paru anda juga semakin besar. Keadaan ini membuat anda bisa menahan napas lebih lama ketika berada di bawah air. Nafas yang biasanya terengah-engah lama kelamaan akan lebih stabil sebab pengaturan nafas telah terkoordinasi dengan baik sekalipun di bawah tekanan.

  6. Menjaga kesehatan jantung.

    Olahraga secara rutin dan terus-menerus menjaga kesehatan jantung. Otot-otot disekitar itu akan dipacu untuk bekerja lebih keras sehingga kekuatannya semakin baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika saat berolahraga saja jantung tetap stabil terlebih lagi saat anda sedang santai, tetap stabil dan bebas dari kecemasan.

  7. Menjaga kesehatan ginjal.

    Ginjal sebagai sebuah saluran dapat mengalami kerja yang lebih intens saat kita sedang berolahraga. Keadaan ini dibuktikan dengan keringat yang keluar setiap kali melakukannya. Lagipula getaran tubuh yang timbul saat beraktivitas secara tidak langsung turut menggetarkan seluruh organ termasuk ginjal salah satunya. Keadaan ini membuat semakin kecil kemungkinan terjadinya batu ginjal sekalipun ada pasti akan hancur secara perlahan-lahan saat rutin berolahraga.

  8. Menjaga kesehatan otot.

    Latihan fisik turut meningkatkan kemampuan otot anda. Tidak hanya soal daya tahan yang lebih lama tetapi beban kerja yang meningkat akan dapat dihendel. Itulah mengapa orang yang terbiasa melakukan pekerjaan yang berat ototnya lebih kuat untuk mengangkat atau menopang sesuatu. Sebaliknya, mereka yang terbiasa menulis seharian kekuatan ototnya cenderung lebih lemah. Itulah mengapa, mereka yang aktivitasnya ringan/ mudah dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kemampuan otot tetap sama dengan orang yang seumuran dengannya.

  9. Menjaga kesehatan tulang.

    Tulang yang sehat adalah yang mampu menopang tubuh tanpa kehilangan stabilitasnya. Olahraga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menguatkan tulang anda. Aktivitas melompat dan berlari merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dalam menahan beban yang lebih berat. Tulang andapun takkan mudah retak/ patah oleh karena benturan ringan.

  10. Menjaga kesehatan sendi.

    Saat anda terus menggunakan persendian untuk bergerak ke sana ke mari, keaadaan inilah yang membantu memperlancar aliran darah dan cairan sinovial yang melumasi sendi. Semakin banyak bergerak semakin lancar cairan sinovial sehingga menepis kekakuan dalam area ini. Keadaan ini membuat persendian dalam tubuh anda tidak mudah nyeri sekalipun dalam gerakan yang lebih intens. Justru semakin banyak gerakan anda maka semakin sehat sendi yang dimiliki.

  11. Menjaga kesehatan kulit.

    Saat sedang berolahraga biasanya kulit berkeringat. Keadaan ini menandakan lancarnya fungsi respirasi di area tersebut. Segala bentuk zat sisa yang berada di bawah kulit akan dikeluarkan sehingga permukaan kulit anda tetap sehat, segar dan kencang bebas dari segala jenis toksin yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

  12. Membuat gerakan tubuh terkoordinasi, luwes, fleksibel dan anggun.

    Mereka yang terbiasa berolahraga bisa bergerak dengan bebas. Dalam kehidupan sehari-hari, pergerakannya menjadi lebih terkoordinasi dan bebas dari kekakuan. Mereka juga bisa berjalan, bergerak menghindari senggolan, berbelok di tikungan dan gerakan lainnya dilakukan dengan luwes dan terlihat lebih anggun.

  13. Tidak mudah jatuh atau terpeleset.

    Orang yang rutin olahraga biasanya memiliki kekuatan otot dan tulang yang terkoordinasi sangat baik. Mereka bisa saja terpeleset dan terjatuh tetapi tidak sampai tergeletak. Biasanya mereka memiliki gaya khas tersendiri yang unik saat mengalaminya.

  14. Terhindar dari diabetes.

    Glukosa yang terkandung di dalam darah tidak dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Keadaan ini disebabkan oleh karena aktivitas tubuh yang kurang bahkan tidak ada sama sekali (terlalu santai menjalani hidup). Penumpukan glukosa di dalam darah akan memicu timbulnya penyakit diabetes. Saat anda bergerak/ beraktivitas/ berolahraga, sel-sel tubuh akan menyerap glukosa di dalam pembuluh darah sehingga mencegah timbulnya gejala penyakit diabetes.

  15. Terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

    Aktivitas fisik yang minim menyebabkan turunnya aktivitas sel-sel di dalam tubuh. Keadaan ini menimbulkan pemakaian kolesterol oleh sel berkurang. Ini akan semakin diperparah saat jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah menyebabkan anda menderita penyakit kolesterol tinggi.

  16. Terhindar dari penyakit asam urat.

    Asam urat adalah hasil akhir katabolisme (pemecahan) purin. Ada dua sumber purin di dalam tubuh yaitu yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dan yang berasal dari matabolisme DNA. Metabolisme yang meningkat saat olahraga membantu mendorong keluar asam urat melalui keringat dan urin yang dilepaskan. Kadar zat ini akan semakin terkendali di dalam tubuh saat aktivitas bergerak positif dilakukan secara rutin.

  17. Terhindar dari obesitas.

    Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit obesitas, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin, setidak-tidaknya 15-30 menit per hari. Kolesterol yang sudah tersedia di dalam darah tidak akan ditransformasi menjadi sel-sel lemak baru melainkan digunakan sebagai salah satu sumber energi untuk melakukan gerakan-gerakan yang teratur secara rutin.

  18. Membantu melangsingkan tubuh.

    Olahraga secara rutin dan teratur akan mendorong keluar lemak untuk digunakan sebagai salah satu sumber energi sehingga sel-sel lemak di bagian perut, paha dan bokong berangsur-angsur akan berkurang juga sehingga tubuh anda tetap langsing. Keadaan ini tentu saja di dukung oleh asupan makanan dan minuman yang seimbang alias tidak berlebihan (jumlah makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan).

  19. Membantu meringankan tubuh (menjaga kebugaran).

    Badan yang terbiasa beraktivitas akan lebih ringan sebab kemampuan otot-ototnya sudah lebih baik ditambah lagi kekuatan tulang yang lebih padat akan semakin meringankan badan adna. Gerakan anda saat berjalan dan beraktivitas terkoordinasi dengan baik bahkan semakin lincah dan gesit.

  20. Terhindar dari hipertensi.

    Penyakit darah tinggi merupakan bagian dari kelainan pembuluh darah akibat penumpukan lemak pada dinding bagian dalam. Saat anda berolahraga, lemak/ kolesterol yang terdapat di dalam darah akan langsung diserap oleh sel untuk diubah menjadi energi. Keadaan ini akan membuat anda terhindar dari penyakit hipertensi.

  21. Terhindar dari arterosklerosis.

    Penumpukan kolesterol pada arteri yang menuju jantung dapat berakibat fatal. Anda bisa menghindari resiko penyakit ini dengan rutin berolahraga hari lepas hari. Metabolisme sel yang tinggi saat beraktivitas memaksa kolesterol yang terdapat di dalam pembuluh darah untuk dikonversi ke dalam sel kemudian diubah menjadi energi sebagai sumber tenaga saat olahraga sedang berlangsung.

  22. Menyehatkan kehidupan seksual.

    Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menyehatkan organ vital anda dan pasangan. Selain memperkuat otot-otot tubuh, secara tidak langsung aktivitas ini turut memperkuat otot di daerah panggul dan bokong. Jadi, andapun terbebas dari penyakit lemah syahwat yang biasanya disebabkan oleh karena penumpukan lemak pada pembuluh darah yang menuju ke daerah organ intim.

    Manfaat secara mental (psikis).

  23. Membantu menciptakan rasa senang – bahagia.

    Aktivitas yang kita lakukan bisa menimbulkan sensasi rasa senang asalkan dijalankan dengan tulus dan penuh rasa syukur. Tidak hanya olahraga, berpikir, berbicara, menulis, berbuat dan lain sebagainya dapat memicu kebahagiaan asalkan dilakukan sambil bersyukur dan memuji-memuliakan nama Tuhan di dalam hati. Semua aktivitas yang positif akan menciptakan kebahagiaan tersendiri.

  24. Melatih konsentrasi dan fokus.

    Saat berolahraga, ada banyak otot dan sendi yang harus dikoordinasikan dengan baik. Jika tidak berkonsentrasi saat melakukannya, kemungkinan besar anda akan terjatuh, tergelincir, terpelecok, dan lain sebagainya. Semakin bagus fokus saat melakukannya maka semakin kecil timbulnya kesalahan yang beresiko merugikan anda maupun orang lain.

  25. Membantu mengatasi stres.

    Kesibukan yang positif akan membuat perputaran otak turut menjadi positif sehingga berbagai-bagai energi negatif seperti iri hati, kecemburuan, prasangka buruk, kekuatiran, ketakutan, kecemasan dan lain sebagainya akan di tepis jauh. Hilangnya pikiran negatif karena aktivitas positif turut membantu menjauhkan anda dari stres karena beban pikiran yang berlebihan.

  26. Menghilangkan insomnia.

    Kebiasaan tidak dapat tidur di malam hari beresiko menciptakan stres dan paginya bisa-bisa lebih mudah lelah saat bekerja. Penyakit susah tidur di malam hari terkadang disebabkan oleh karena makanan dikonsumsi secara berlebihan sesaat sebelumnya (makan di atas jam 07.00 malam). Kelebihan energi semacam ini dapat membuat organ pencernaan anda terus saja aktif sehingga secara tidak langsung keadaan tersebut mempengaruhi kesadaran anda. Oleh karena itu, ada baiknya jikalau energi yang berlebihan dibuang di sore hari agar lelah & keringat keluar sehingga malamnya terlelap dengan pulas. Simak juga, Cara menghilangkan kebiasaan susah tidur.

    Manfaat secara sosial.

  27. Mengatasi keringat dingin – gugup.

    Orang yang tidak rutin berolahraga lebih sering mengalami kegugupan saat berada di depan umum. Keringat dingin yang keluar saat demam panggung menandakan betapa kacaunya koordinasi di dalam tubuh seseorang. Kurangnya konsentrasi dan otot-otot yang menjadi tegang mengakibatkan tingginya metabolisme yang sebenarnya tidak dibutuhkan saat tampil di depan umum.

  28. Menciptakan kebersamaan.

    Bagi anda yang memiliki hobi yang sama dapat melakukan jenis olahraga tertentu pada waktu yang telah di tentukan sebelumnya. Misalnya futsal, bola kaki, voli, tenis dan lain sebagainya. Aktivitas yang dilakukan serentak seperti ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kepeduliaan diantara sesama anggota tim.

  29. Membuat anda dekat dengan seseorang.

    Di sela-sela permainan yang anda lakukan bersama, dapat saling berbagi dengan kawan-kawan. Keadaan inilah yang secara tidak langsung membuat anda dekat dengan orang lain. Komunikasi terbuka yang dilakukan juga dapat mendorong terciptanya rasa saling peduli satu-sama lain.

  30. Memiliki banyak teman.

    Ada banyak cara untuk memiliki banyak teman, satu diantaranya adalah dengan berolahraga bersama orang-orang baru. Teman anda akan semakin banyak saat ada kompetisi yang diadakan antar klub/ antar kelurahan/ antar kecamatan/ antar kabupaten dan lain sebagainya. Asalkan anda bermain dengan sportif dan tidak menyimpan dendam kepada siapapun setelah permainan usai.

  31. Membuat anda panjang umur.

    Jika kesehatan fisik sudah terjaga, kesehatan mental juga stabil sedangkan kehidupan sosial turut ramai: semua keadaan ini adalah jaminan kepada umur panjang. Satu-satunya yang dapat membuat anda sakit atau mengakhiri hidup anda adalah karena kesalahan sendiri (human error), misalnya terjatuh saat berkendara, terluka saat memotong sesuatu, dikerjai orang lain dan lain sebagainya.

Selalu persiapkan air garam manis isotonik sewaktu berolahraga. Kadar isotonik diperoleh dengan menambahkan 9 gram per Liter air putih hangat sehingga memberi rasa yang agak manis dan bukan asin (terlalu banyak digarami) atau tawar (terlalu sedikit garamnya). Anda bisa meminumnya disela-sela latihan dan dapat pula mengkonsumsinya di akhir dari aktivitas fisik yang dilakukan. Manfaat minuman isotonik ini adalah untuk menetralkan berbagai buangan (racun) hasil metabolisme tubuh setelah olahraga selesai. Pada dasarnya otot menghasilkan asam laktat saat beraktivitas. Asam laktat tersebut akan dibuang/ disalurkan ke dalam darah sehingga beresiko tinggi mengubah pH normal cairan intravaskuler ini. Toksin yang menyebabkan pergeseran pH yang kentara akan membuat jantung berdetak dengan cepat dan tidak beraturan. Penyakit jantung arithmia karena racun memenuhi darah harus dinetralisasi dengan cara mengkonsumsi air garam isotonik yang ada manis-manisnya.

Sehat tanpa olahraga rasanya kurang afdol. Sebab tanpa pergerakan yang baik tubuh akan terasa berat, kaku dan mudah lelah saat mengerjakan sesuatu yang baru. Adalah baik bagi kita untuk berolahraga, carilah kesempatan di tengah padatnya jadwal sehari-hari. Manfaatnya tidak tanggung-tanggung, membuat anda sehat dari atas ke bawah; baik fisik, mental dan sosial akan dibaikkan lewat semuanya itu. Kesehatan bisa dibeli tetapi kesegaran dan kebugaran tubuh diciptakan dari latihan dan gerakan yang teratur dan terkoordinasi dengan baik.

Salam bugar luar-dalam!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.