Gejolak Sosial

7 Cara Mengendalikan Orang Lain – Bagaimana Pihak Lain Mengatur & Menguasai Kehidupan Anda Sesuai Keinginan Mereka?


Cara Mengendalikan Orang Lain - Bagaimana Pihak Lain Mengatur & Menguasai Kehidupan Anda Sesuai Keinginan Mereka.png

Tuhan menciptakan manusia dengan keinginan bebas, berhak memilih sesuatu sesuai dengan intuisi. Tetapi dengan catatan, siap menanggung segala akibat yang timbul karena keputusannya itu. Tidak hanya manusia, semua makhluk hidup pada dasarnya memiliki keinginan. Tumbuhan keinginannya memasak dan mendekomposisi udara, air dan tanah untuk dijadikan bahan hijau: akar, batang, ranting, bunga, buat dan bagian-bagian lainnya. Hewan herbivora (pemakan tumbuhan) menginginkan tumbuhan hijau dan air untuk dijadikan daging, darah dan tulang. Sedangkan hewan karnivora (pemakan daging) menginginkan daging hewan lain dan air untuk kembali di jadikan daging, darah dan tulang. Seharusnya, manusia sebagai hewan omnivora (pemakan segalanya) menginginkan tumbuhan, daging dan air untuk dijadikan sebagai faktor pendukung pertumbuhan.

Sayang, keinginan manusia bukan sekedar sayur, daging dan air melainkan lebih dari itu. Mengapa? Karena manusia memiliki kecerdasan berkali-kali lipat dari semua jenis makhluk hidup lainnya. Kecerdasan inilah yang membuat keinginan kita menjadi lebih banyak dan semakin bertambah-tambah banyak lagi. Coba amati bagaimana manusia mengkonsumsi sesuatu, terlebih bagi mereka yang memiliki uang yang banyak. Pasti semua dibelinya bahkan ia membeli sesuatu lebih banyak dari yang dibutuhkannya. Coba bayangkan, apa jadinya bumi ini jika semua orang setamak yang satu ini? Bukankah bumi ini akan cepat hancur yang ditandai dengan semakin menipisnya sumber daya? Sebab setiap kali kita mengkonsumsi sesuatu, itu sama dengan menghancurkannya dengan cepat maupun lambat.

Hawa nafsu manusia adalah kelemahan. Terlebih ketika hawa nafsu itu tidak terkendali, itulah yang akan melemahkan, menjatuhkan dan menghancurkan kehidupan seseorang. Dengan keinginan yang berlebihan, manusia labrak sana-labrak sini, langgar sana-langgar sini, tidak menyadari bahwa telah keluar dari jalur dan melanggar aturan (perilaku menyimpang – kejahatan). Ia terjebak oleh perbuatannya sendiri dan dihukum karena kesalahannya besar. Tidak hanya itu saja, keinginan yang berlebihan juga beresiko melabrak (menyinggung, mengkebiri) kepentingan orang lain sehingga menderita kerugian (misal kepentingan yang melanggar hak orang lain). Bisa jadi nafsunya yang sesat itu berada di atas/ luar ambang batas normal sehingga merugikan dirinya sendiri (misal sakit-penyakit). Lagipula saat keinginan kita berlebihan, jumlah kerusakan yang diderita lingkungan akibat konsumsi yang dilakukan justru lebih besar (misal saat membangun rumah).

Jika ada orang yang hendak mengendalikan anda, yang pertama-tama mereka cari adalah apa keinginan yang sering dikonsumsi? Semakin banyak yang anda inginkan maka semakin mudah mereka menjebak lalu mengendalikanmu. Terutama yang mereka incar adalah apa keinginan yang paling anda gemari. Jadi berhati-hatilah dengan hobi anda selama jadi, bisa jadi orang lain akan mencoba mengontrol lewat semuanya itu. Oleh karena itu, ada baiknya jika setiap orang menjaga diri dan hatinya dari hawa nafsu yang berlebihan, bila perlu minatan terhadap semua hal adalah setara (sama rata) agar selalu ada pilihan.

Selain untuk mengendalikan, keinginan juga digunakan orang lain untuk mempermain-mainkan. Saat mereka mampu membaca harapan di dalam hati lalu mengenali apa yang menjadi hasrat terdalam. Niscaya mereka akan menggunakan itu untuk mempermain-mainkan sekaligus menimbulkan rasa takut hingga andapun “manut-manut wae dengan maunya mereka.” Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika minat kepada sesuatu dan lain hal di sama-ratakan. Keadaan ini membuat anda lebih fleksibel dan luwes dalam bersikap. Ingatlah bahwa maksud dari perkataan kami adalah menyamaratakan perasaan (suasana hati) dengan berbagai-bagi hal materi yang dikonsumsi di dunia ini. Sekalipun ada perbedaan harga, berusahalah untuk tidak menilainya dari segi harga melainkan dari segi manfaat.

Misalnya kami kasih contoh. Seorang rekan tergila-gila dengan jam tangan mewah. Ini diketahui oleh sahabatnya. Ketika sahabatnya ini ada maunya, langsung disodorkannya jam tangan yang sangat mahal itu agar sikawan mau aja menurut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Coba kalau dia bersikap datar terhadap segala jenis jam tangan, tidak menilainya dari harga: sudah pasti tidak klepek-klepek lalu mau aja diatur sesuai keinginan orang lain. Oleh karena itu, mulai sekarang pelajarilah diri sendiri, kenali keinginan dan hasrat terkuat di dalam hati. Lalu mulailah beradaptasi menyesuaikan segala hal, bila perlu menyamaratakannya sesuai dengan manfaat terbebas dari sudut pandang harga.

Cara orang lain mengendalikan anda.

Butuh ilmu psikologi tinggi agar kita bisa mengendalikan orang lain. Tetapi apa yang kami tampilkan dalam bagian ini bukanlah hasil dari belajar di bangku kuliah melainkan diperoleh dari pengalaman dan hasil berpikir. Anda bisa percaya lalu menerapkan itu atau ragu-ragu lalu mengabaikannya. Berikut cara mengontrol/ mempengaruhi dan menguasai kehidupan anda sesuai dengan kehendak orang lain.

  1. Saat anda terlalu fokus pada indra.

    Ketahuilah bahwa kita manusia mandiri bahkan hewan-hewan di padang juga mampu hidup sendiri. Kemandirianlah yang mengharuskan kita untuk senantiasa bergantung kepada diri sendiri alias bersikap individualis. Tetapi saat anda terlalu fokus kepada hal-hal yang dapat diamati oleh indra niscaya ini kesempatan bagi orang lain untuk melemahkan sekaligus mengatur kehidupan anda.

    Ketika anda merasa bahwa kebahagiaan, kedamaian dan ketenteraman hati berasal dari luar diri ini, ada kemungkinan untuk mencarinya lagi dan lagi. Padahal kebiasaan konsumsi manusia adalah saat terlalu sering di konsumsi akan menyebabkan kelesuan lalu menginginkan hal yang lebih dari itu.

    Lagi pula ketika terlalu fokus kepada indra, bisa dimanipulasi pihak lain. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, orang lain akan memanipulasi indra anda sehingga terjadilah bias sehingga bahagia, damai dan tenteram yang ada di dalam hati sifatnya naik turun bahkan langsung drop down. Saat mereka bisa mempermain-mainkan anda (buktinya ada rasa benci, dendam dan amarah dari dalam hati) berarti sesuatu itu juga bisa digunakan untuk mengendalikanmu. Oleh karena itu, baiklah bagi setiap orang untuk mencari kebahagiaan, kedamaian dan ketenteraman di dalam hati sendiri dengan senantiasa bersyukur dan bernyanyi memuliakan Allah sehingga ada rasa senang-sukacita yang terkendali, tenang dan damai lalu meluap dalam senyuman di bibir masing-masing.

    Sekalipun kami katakan bahwa manusia adalah mandiri, bukan dalam arti kita harus sendiri saat melakukan semua hal. Melainkan ada baiknya disamping mengembangkan sikap individualis, pula mengembangkan sikap sosialis di dalam diri masing-masing. Dengan demikian andapun bisa dekat dengan orang lain dan menjalin hubungan baik dengan lebih banyak orang.

  2. Kebutuhan.

    Kita dikendalikan oleh kebutuhan masing-masing. Misalnya saja, biasanya selalu makan nasi tetapi suatu saat tidak ada lagi beras sekalipun ada harganya selangit. Lalu tiba-tiba ada seseorang yang mendatangi anda lalu menawarkan beras secara gratis dengan syarat bla-bla-bla. Dia membuat ketentuan untuk memiliki kebutuhan tersebut dengan demikian anda dikendalikannya.

    Misalnya lagi, anda menderita suatu penyakit dan sangat butuh obat untuk meredakannya. Sudah mencari kemana-mana tetapi apotekernya mengaku stok sudah habis. Tiba-tiba anda didatangi oleh seseorang yang menawarkan obat itu secara gratis tetapi harus melakukan apa yang diperintahkannya.

    Itulah mengapa, mengurus seorang anak itu gampang-gampang susah. Bila mereka mulai macam-macam, tahan kebutuhannya lalu ajukan syarat agar mereka tidak lagi suka membantah dan melawan juga harus berubah menjadi lebih baik. Biar bagaimanapun, jangan terlalu sering menggunakan taktik semacam ini, gunakanlah disaat genting saja.

  3. Hawa nafsu yang sangat diimpikan.

    Yang kami bicarakan disini tidak semua hawa nafsu melainkan lebih kepada keinginan yang sangat dinanti-nantikan. Misalnya anda sangat menanti-nantikan untuk memiliki mobil. Beberapa orang mengetahui hal itu sebab anda telah mengumbarnya kepada mereka. Pihak tertentu berusaha mengendalikanmu agar melakukan apa yang mereka kehendaki sehubungan dengan jabatan yang saat ini di tempati. Karena begitu tergiur akan hal tersebut, tanpa pikir panjang ke depan, tawaran itu langsung anda terima. Ada baiknya jikalau anda selalu bersikap datar dalam segala hal; Memandang semua yang ada di dunia ini biasa saja butuh latihan. Saat hati mulai menggebu-gebu, sangkal diri, injak dan hancurkan itu dengan mengatakan, “kami ini hanyalah sampah yang tidak berguna, jauh dari kebenaran. Hinakan kami di bawah kaki-Mu ya Tuhan.”

  4. Ketergantungan.

    Orang-orang akan meneliti kehidupan anda terutama saat sedang bersaing untuk memperebutkan sesuatu. Biasanya mereka akan mencari tahu apa saja yang membuatmu ketergantungan. Saat mengendali kecanduanmu, mereka akan menyita atau menghambatnya pasokan selama beberapa saat. Sehingga pikiran anda mulai kacau, rasa benci memenuhi hati bahkan amarahpun meluap-luap. Akhirnya tugas/ pekerjaan yang diberikan kepada anda menjadi terbengkalai bahkan kompetisi yang sedang anda ikuti menjadi terbengkalai. Andapun beresiko tinggi mengalami kegagalan. Hindari sikap candu terhadap sesuatu, alangkah lebih baik jikalau anda menikmati materi secara fluktuatif (jangan yang enak terus, kadang yang buruk dan jelek rasanya baik diselingi).

  5. Kebanggaan: popularitas, pujian, karya dan lainnya.

    Ketika ada sesuatu yang sangat anda banggakan dalam hidup ini. Bahkan sampai mengumbernya kepada orang lain dengan nada sombong. Keadaan inipun di dengar oleh orang yang tidak senang kepadamu. Lalu mereka akan mencoba menekan, mempermainkan dan bahkan memeras anda lewat semuanya itu. Mereka memiliki akses kepada hal yang anda banggakan itu: mengganggu, menghambat, melemahkan bahkan menggagalkan faktor X yang anda bangga-banggakan itu. Orang-orang ini akan mendatangimu lalu mencoba mencairkan situasi dengan mengatakan bahwa kami bisa mengembalikan faktor X itu, andapun langsung klepek-klepek di depan mereka sehingga mau saja disuruh ini-itu.

  6. Harga diri dan penghormatan.

    Ketika anda sangat ingin di hormati alias gila hormat. Beberapa orang akan tampil lalu menghargai kemudian tidak lama setelah itu menghina anda. Yang lainnya bahkan lebih parah, tidak pernah lagi menghargai anda lewat kata-kata dan cenderung mengejek (bully) secara lisan. Keadaan ini lantas membuat hidupmu menjadi kacau balau dan bingung tidak tahu harus berbuat apa, bahkan terkadang rasa benci membara di dalam hati dan hampir-hampir saja meluap lewat amarah dan kekerasan.

    Saat anda memiliki sesuatu yang baik, orang lain akan datang merayu dengan kata-kata yang sangat lembut, halus dan santun (seolah tidak bisa di tolak). Begitu anda tidak memberikannya kepada mereka langsung marah dan sikapnyapun berubah menjadi cuek & judes 180 derajat. Karena hatimu begitu gila hormat dan tidak mau dicuekin oleh orang-orang tersebut, anda langsung saja memberikan apa yang mereka inginkan. Dapat dikatakan bahwa dengan demikian mereka mampu mengendalikan kehidupan dan keputusanmu lewat penghargaan dan penghormatan. Anda turuti yang mereka katakan sekalipun itu salah, mereka menghargai dan menghormatimu. Tetapi saat anda tidak menuruti apa yang mereka kehendaki (karena keinginan itu salah), tepat saat itu juga mereka akan menjadi orang langganan yang terus mengumbar kebencian di sisimu.

    Hindari sikap gila hormat tetapi hargai dan hormati sesama manusia sebagai bagian dari tindakan membalas budi terhadap kebaikan Tuhan yang sebelumnya telah anda terima selama ini.

  7. Cinta – kekasih hati.

    Jangan cinta-cinta kali kepada sesama manusia teman. Apakah anda pernah melihat kisah romeo & juliet yang akhir cintanya tragis (kematian)? Saat anda terlalu mencintai seseorang maka bisa dikatakan bahwa orang yang anda sayangi tersebut bisa mempengaruhi kehidupanmu. Perhatikan firman ini:

    (Matius 10:37) Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

    Oleh karena cinta kepada sesama dan dunia ini seseorang bisa saja membelokkan kebenaran. Itulah mengapa Tuhan Yesus menegaskan bahwa cinta dunia dan orang-0rang yang ada di dalamnya tidak boleh lebih besar daripada cinta kepada Allah alias cinta kebenaran adalah segalanya.

    Lagipula beberapa orang bisa saja menyakiti orang yang anda cintai lalu mereka akan mengendalikanmu lewat semuanya itu. Bisa juga mereka akan mengancam kehidupan orang yang anda cintai agar anda menuruti kemauan mereka. Itu jugalah yang sampai saat ini membuat kami tetap jones, kami mulai ragu mencintai seseorang karena tidak ingin dikendalikan lewat semuanya itu.

Dalam dunia ini ada yang namanya gonjang-ganjing kehidupan. Semakin kuat ikatan yang anda bentuk dengan hal-hal duniawi maka semakin mudah untuk mengguncang kehidupanmu. Tetapi bukan dalam arti juga bahwa kita tidak boleh menjalin hubungan dengan sesama manusia dan hal-hal duniawi lainnya. Yang kami anjurkan agar “apapun ikatan yang anda jalin dalam kehidupan ini, terserah, yang penting tidak lebih kuat dari kedekatanmu dengan Tuhan yang adalah kebenaran itu sendiri.” Tidak ada yang dapat mengontrol kehidupan anda saat selalu intim dengan Tuhan tetapi begitu hasrat dan kecanduan dengah hal-hal duniawi menjadi tinggi, tepat saat itu jugalah semakin besar potensi untuk mengatur kehidupanmu sesuai dengan keinginan oknum/ kelompok tertentu.

Salam, berjaga-jagalah!

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.