Gejolak Sosial

+7 Penyebab & Cara Mengatasi Mimpi Buruk – Menghilangkan Khayalan Yang Tidak Baik


Penyebab & Cara Mengatasi Mimpi Buruk - Menghilangkan Khayalan Yang Tidak Baik

Mimpi adalah (1) sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur; (2) angan-angan (KBBI Offline). Merupakan khayalan yang seolah-olah nyata tetapi pada akhirnya akan disadari bahwa itu tidak nyata. Setiap orang pernah mengalaminya, ini didorong oleh karena pengalaman yang dialami sehari-hari. Kami dahulu pernah mengalaminya tetapi itu terkesan sangat dipengaruhi oleh apa yang ditonton di siang hari sebelumnya. Pernah juga kami merasakan mimpi yang acak, tidak jelas dan menimbulkan tekanan mental tetapi pada akhirnya kami menyadari bahwa itu karena penyakit yang di derita. Bagaimana dengan anda teman, pernahkah mengalaminya? Dalam bagian ini kami akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi dan cara mengatasinya.

Mungkinkah kita mengendalikan mimpi? Pada dasarnya mimpi adalah aktivitas alam bawah sadar manusia yang sama sekali tidak terjangkau oleh pikiran logis yang bisa dikendalikan. Oleh sebab itulah, mimpi tidak bisa dihilangkan sama sekali sebab tidak ada yang bisa menghentikan aktivitas alam bawah sadar manusia. Seperti saat ini, “sewaktu anda menginginkan agar jantung berhenti berdetak adalah mustahil,” karena berada dibawah perintah alam bawah sadar otak. Tetapi orang yang kesadarannya tinggi mampu mengendalikan dan memanipulasi mimpinya sendiri sehingga yang buruk itu bisa dihilangkan. Saat anda mampu memanipulasi/ mengubah mimpi sendiri maka tepat saat itu jugalah terbangun dari tidur yang panjang.

Semakin cerdas maka semakin tinggi mimpinya

Apa hubungan mimpi dengan kecerdasan manusia? Orang-orang dengan kepintaran yang tinggi biasanya semakin beragam dan banyak pula hal yang dimimpikan. Itulah ada slogan yang mengatakan untuk “kejarlah mimpimu!” Jika anda adalah seorang yang memiliki mimpi yang cukup beragam, mungkin itu sebuah petunjuk kepada sesuatu yang baik. Selektif dan kritislah terhadap semua yang dirasakan itu, pilah-pilah mana yang baik dan benar juga mana yang salah dan jahat. Jika anda mampu menceritakannya kembali maka ubahlah itu dalam bentuk karya tertentu. Misalnya dengan menuliskan dan mengumpulkannya lalu menyusunnya dalam sebuah cerita yang utuh. Bisa juga dengan menggambarkan dan mengumpulkannya lalu menyusunnya dalam satu rangkaian kisah kemaknaan. Atau bisa juga menyusunnya dalam bentuk nada-nada lalu mengumpulkannya untuk dijadikan sebuah lagu pop, klasik, kontenporer dan lain sebagainya.

Mimpi di malam hari karena selalu berkhayal di siang hari (saat sadar)

Pada dasarnya semakin banyak anda berkhayal dalam posisi sadar (telah bangun dari tidur) maka semakin tinggi pula resiko mengalami mimpi dalam malam-malam panjang yang dilalui. Memang saat kita berkhayal tentang hal-hal yang menyenangkan, hati menjadi senang sekali. Kebahagiaan di dalam diri ini seolah kepenuhan terutama ketika yang dikhayalkan itu berhubungan dengan sesuatu yang selama ini diinginkan. Bila dibahas manfaat sesaatnya, memang baik kebiasaan ini tetapi terlalu banyak mengkhayal juga tidaklah baik. Terkecuali jikalau anda seorang seniman yang menghasilkan karya tententu secara rutin. Bahkan kami sendiri tidak memenuhi pikiran dengan angan-angan terus-menerus seharian melainkan hanya saat menulis di depan laptop.

Mimpi buruk atau tidak, tergantung dari isi pikiran anda

Kemampuan anda untuk menjaga pikiran sangat menentukan keadaan ini. Oleh karena itulah ada firman yang mengatakan seperti berikut ini.

(Filipi 4:8) Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Selama anda mampu menjaga pikiran dalam lingkup yang baik dan benar maka selama itu pula mimpi yang dialami hanya berbicara tentang kebaikan dan kebenaran. Tepat saat anda mengisi pikiran dengan hal-hal yang kotor, jorok, menakutkan, mengerikan dan menyeramkan maka saat itu jugalah beresiko bermimpi buruk.

Mimpi setelah trauma – dosa

Apa yang kita alami di dunia nyata cenderung akan di bawa dalam mimpi manis atau pahit di dunia nyata. Biasanya saat seseorang mengalami gejolak sosial yang belum pernah di lalui sebelumnya, tepat saat itu jugalah ia beresiko tinggi bermimpi di malam setelah kejadian. Trauma yang terjadi di siang hari (sewaktu masih sadar) bila menyebabkan rasa sakit tinggi, unik dan belum pernah dirasakan sebelumnya niscaya akan menjadi khayalan yang membuat anda terbangun di tengah malam. Demikian juga saat kita melakkan suatu kesalahan yang jelas-jelas sebagai sebuah dosa, alhasil di malam harinya cenderung akan bermimpi buruk seputar akibat dari kesalahan tersebut.

Sebenarnya, apa alasan yang menyebabkan seseorang bermimpi yang buruk-buruk?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mimpi anda. Itu bisa saja disebabkan oleh alasan fisik (trauma), psikis (tekanan mental) dan spiritual (karya seni). Oleh karena itu, agar kita benar-benar bisa mencegah terjadinya mimpi buruk, perlu mengetahui apa-apa saja yang menjadi faktor penyebab keadaan ini. Berikut akan kami uraikan beberapa alasan mengapa ada sering memimpikan hal-hal yang buruk selama ini.

  1. Fokus kehidupan yang salah.

    Saat pikiran anda dipenuhi oleh hal-hal materil maka tepat saat itu segala sesuatu yang diimpikan tidak jauh-jauh dari kenikmatan dan kemuliaan duniawi. Padahal kita semuanya sudah tahu bahwa hal-hal materi jika terlalu sering dikonsumsi akan membuat seseorang menjadi ketergantungan. Ketika seseorang terus tenggelam dalam rasa candu ini, pada satu titik ia akan menjadi bosan. Terlebih ketika teman-teman atau saingannya sudah memiliki sesuatu yang lebih baru dari yang dimilikinya. Keadaan ini akan mendorong seseorang dalam kegelisahan sekaligus mimpi buruk akan diri sendiri. Hal-hal yang dimimpikan adalah bagaimana bila teman-temannya mengejek, membully, menghinanya karena keadaan tersebut (miliknya sudah kalah tenar dari kepunyaan saingannya).

  2. Kekuatiran yang tinggi.

    Semakin kita bangga akan hal-hal duniawi yang dimiliki saat ini maka semakin tinggi pula kekuatiran di masa depan: bagaimana ketika materi itu sudah tidak ada lagi? atau bagaimana ketika sumber-sumbernya sudah mulai berkurang? Mimpi buruk tentang kehilangan inilah yang akan membuat malam-malam yang dilalui semakin menakutkan.

    Ini juga berlaku saat anda terlalu cinta terhadap seseorang sehingga cenderung tidak mau melepaskannya walau sedetik saja. Kekuatiran akan terbawa dalam tidurmu sehingga memimpikan hal-hal yang buruk (berprasangka buruk) terhadap kekasih hatimu saat ia sedang jauh di sana.

  3. Terlalu sering berkhayal di siang hari.

    Hati-hati dengan khayalanmu kawan: “belajarlah hidup realistis dan buang jauh-jauh khayalan itu dari ingatanmu!” Jangan jadikan khayalan yang tidak jelas sebagai alasan untuk berbahagia/ untuk merasakan kesenangan. Terkecuali jikalau anda aktif menghasilkan karya seni tertentu maka berkhayallah sesuai dengan genre (bidang) yang ditekuni.

  4. Kesehatan fisik.

    Kesehatan fisik yang memburuk bisa saja menggiring anda untuk mengalami malam yang penuh mimpi buruk. Dahulu waktu kecil kami juga sering bermimpi buruk: itu tidak jelas apa yang sedang dimimpikan. Tetapi seperti menciptakan halusinasi yang menyakitkan hati. Pada akhirnya, ketika umur beranjak 14 Tahun, diketahui menderita penyakit Tumor otak.

    Demikian juga saat anda sedang tidur di dalam ruang tertutup. Pastikan sirkulasi udara disana selalu lancar. Sebab udara yang pengap atau memberikan/ menunjukkan bau tertentu yang mengurangi kadar oksigen akan membuat anda berhalusinasi saat sedang tertidur. Oksigen yang kurang selama proses tidur tidak hanya berbahaya bagi kesehatan melainkan turut menggiring diri ini untuk memimpikan hal-hal yang buruk.

  5. Trauma fisik.

    Ketika seseorang mengalami luka atau benturan di bagian tubuh tertentu dimana kejadian itu baru pertama kali terjadi. Sedang kawan ini sendiri selalu memikirkan kejadian tersebut di siang hari niscaya peristiwa tersebut cenderung di ulang-ulang di dalam mimpi selama beberapa hari setelah itu hilang sama sekali.

  6. Trauma sosial.

    Saat seorang manusia tidak pernah diejek, tidak pernah dihina, tidak pernah dicela dan tidak pernah dibully berarti selama ini posisinya selalu aman dan nyaman karena semua terkendali. Saat hal-hal yang tidak terduga terjadi dimana untuk pertama sekali si kawan ini diejek/ dihina/ dibully maka ada kecenderungan kejadian ini akan diulang-ulang di dalam mimpi yang dialami selama beberapa hari. Bahkan ini akan terus terjadi ketika ia sendiri tidak mau berdamai dengan orang lain atau enggan menerima kejadian tersebut apa adanya.

    Kesalahan yang kita lakukan di depan umum bisa saja dimimpikan hari lepas hari. Terlebih ketika anda tidak mau memaafkan diri sendiri dan selalu membahas-bahas kejadian tersebut di dalam hati di siang hari (saat sedang sadar).

  7. Trauma psikis (stres).

    Saat anda mengalami tekanan mental atas kejadian-kejadian tertentu di dalam hidup ini, peristiwa tersebut cenderung dimimpikan di malam harinya. Semakin tinggi angka stres yang dialami maka semakin tinggi pula resiko mengalami mimpi buruk. Oleh karena itu, selesaikan masalah yang dialami secepat mungkin. Jangan biarkan situasi buruk semacam ini terus-menerus menghantui pikiran di siang hari saat sedang sadar melainkan terima semua apa adanya lalu berdamailah dengan pihak-pihak yang terkait.

  8. Pengalaman spiritual.

    Kejadian semacam ini lebih dekat kepada sesuatu yang disebut sebagai karya seni. Seleksi setiap mimpi yang dialami lalu rangkailah itu dalam suatu kesatuan yang bermakna baik bagi kehidupan manusia. Mimpi buruk yang menjadi karya seni adalah hasil gabungan dan pengembangan yang teliti sehingga mengajarkan setiap manusia tentang kebenaran yang sejati (mengasih Tuhan dan sesama).

Cara mencegah, mengatasi bahkan menghilangkan mimpi buruk

Untuk mencegah sepertinya sangat mudah, yaitu hentikan asupan energi ke otak niscaya mimpipun tidak akan pernah terjadi. Saat mengatasi mimpi dilakukan dengan cara meminimalkan kemungkinan untuk memikirkan hal-hal yang kotor, buruk, jahat, sesat dan yang menimbulkan ketakutan. Sedangkan untuk benar-benar menghilangkan hal-hal buruk adalah dengan senantiasa menjaga fokus selalu kepada Tuhan di segala waktu. Berikut selengkapnya, cara mengantisipasi mimpi yang dialami.

Dihilangkan dengan cara selalu fokus pada hal-hal positif.

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

  1. Fokus Tuhan.

    Ini adalah rutinitas yang selalu bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan apapun yang sedang di alami saat ini. Bahkan kami sendiri selalu memusatkan pikiran kepada Tuhan dengan senantiasa bersyukur dan bernyanyi memuliakan Tuhan di segala waktu hingga ada rasa senang-sukacita yang terkendali, tenang dan damai memenuhi hati hingga meluap dalam senyuman mungil di bibir masing-masing.

    Andapun bisa senantiasa memusatkan pikiran kepada Tuhan dengan mengambil waktu untuk berdoa atau bisa juga dengan membaca firman-Nya di sela-sela waktu luang yang dimiliki. Jangan lupa saat membaca firman, ambillah pensil biasa/ bewarna untuk menggaris bawahi setiap poin-poin unik-mencolok yang didapatkan.

  2. Fokus bekerja.

    Memiliki pekerjaan turut membuat otak aktif. Saat otak selalu aktif, kecerdasan akan semakin baik. Orang yang cerdas biasanya lebih mudah meraih kebahagiaan sejati yang asalnya dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, cintailah pekerjaan yang anda lakukan dan lakukan pekerjaan yang dicintai. Pekerjaan juga bisa menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan bakat/ potensi yang dimiliki.

  3. Fokus belajar.

    Ada banyak hal-hal baik yang bisa dipelajari di dunia ini. Silahkan masuk dalam perpustakaan terdekat di tempat anda atau bisa juga dengan mengunjungi perpustakaan daerah atau perpustakaan di salah satu universitas di tempat anda. Menghabiskan beberapa jam untuk duduk di perpustakaan tidak akan terasa lama ketika sedang mencari sesuatu yang penting.

    Apalagi saat ini yang namanya buku tidak selalu tersedia dalam bentuk hard copy. Ada buku-buku tertentu yang disajikan secara online dan beberapa diantaranya gratis (tentu saja yang berbayar lebih baik). Tulisan di blog/ website tertentu juga merupakan ilmu pengetahuan gratis yang bisa dipelajari dalam waktu luang yang dimiliki.

    Pernah mengalami mimpi buruk lalu hendak Mengatasinya, mungkin dengan beberapa cara.

  4. Selalu berpikiran positif.

    Pikiran yang selalu positif merupakan suatu lahan subur untuk berkembangnya hal-hal yang baik dan benar. Semakin baik suasana hati anda maka semakin baik pula mimpi yang dirasakan. Oleh karena itu, kendalikan apa yang sedang di bahas-bahas di dalam hati. Sebab bunga-bunga tidur tersusun dari apa yang selama ini dipikirkan.

    Ini turut dibentuk dengan sudut pandang yang positif juga. Cobalah untuk memandang sesuatu yang negatif dari sudut pandang positif. Misalnya seperti berikut ini.

    • Saat teman berbuat salah, katakan tidak ada manusia yang sempurna.
    • Ketika orang lain usil kepada anda, katakan ini kesempatan untuk bersabar.
    • Saat sedang mengalami nasib sial, katakan ini agar semakin dekat kepada Tuhan.
    • dan lain sebagainya.
    • Andapun perlu mencagah diri sendiri untuk memikirkan hal-hal buruk yang kerap kali memenuhi hati ini. Sifat-sifat negati itu seperti.
      • Iri hati – cemburu terhadap keunggulan seseorang; hancurkan ego saat itu terjadi.
      • Sombong – tinggi hati terhadap kelebihan/ keberuntungan yang dimiliki; hancurkan arogansi di dalam hati.
      • Suudzon – berprasangka buruk terhadap situasi atau seseorang; lebih baik bernyanyi memuliakan Tuhan atau lanjutkan pekerjaan yang ditekuni.
      • Bersungut-sungut – menyalahkan situasi, orang lain, Tuhan dan diri sendiri; lebih baik bersyukur dan menerima kenyataan apa adanya.
      • Kekuatiran – masa depan yang buruk; lebih baik selalu bersyukur dan memuji Tuhan di dalam hati, percaya kepada penyertaan dan pertolongan Tuhan.
      • Ketakutan – masa lalu yang menyakitkan; lebih baik selalu bersyukur dan memuji Tuhan di dalam hati, percaya kepada penyertaan dan pertolongan Tuhan.
  5. Hindari sikap yang terlalu berharap terhadap sesuatu.

    Ekspektasi yang terlalu tinggi sedangkan kenyataan yang jauh lebih rendah cendrung membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Ada baiknya dalam hidup ini, tidak terlalu fokus kepada masa depan. Hiduplah serealistis mungkin dan jangan biarkan khayalan tentang masa depan yang sekalipun tergolong menyenangkan, menghantui pikiran hari-hari yang dilalui. Sadarilah khayalan yang anda alami itu akan berubah drastis ketika menyadari bahwa kenyataan tidak sama dengan mimpi manis. Kesadaran akan hal inilah yang membuat anda bermimpi buruk.

    Daripada menghibur diri dengan mengkhayalkan hawa nafsu yang terwujud di masa depan, alangkah lebih baik jikalau anda senantiasa bersyukur dan memuliakan Tuhan di segala waktu agar hati selalu senang-sukacita yang terkendali, tenang dan damai hingga meluap dalam senyuman mungil di bibir masing-masing.

  6. Jujur dalam segala keadaan.

    Kejujuran anda salah satu faktor yang membuat hati tenang dan tidurpun terlelap sampai pagi. Ketika kita berbohong kepada orang lain terlebih jika yang kita bohongi adalah sekumpulan orang (lebih dari dua orang) niscaya rasa bersalahnya juga tinggi. Semakin tinggi sikap yang disembunyi-sembunyikan maka semakin tinggi pula resiko mengalami mimpi buruk.

  7. Hindari banyak berkhayal untuk senang kecuali saat menghasilkan karya seni.

    Terkadang beberapa orang mengkhayalkan hal-hal yang tidak jelas untuk membuat dirinya senang. Keadaan ini memicu aktivitas otak yang tinggi untuk merekam apa yang diangankan. Ketika anda memancing aktivitas otak pada hal-hal yang tidak realistis maka bukan mustahil apa yang dipikirkan itu tiba-tiba keluar sebagai mimpi buruk dalam tidur malam anda sehingga sering terbangun saat dini hari.

    Anda bisa menggunakan pikiran untuk mengkhayalkan sesuatu asalkan ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut sebagai karya seni. Ini dapat dilakukan secara rutin dan jangan biarkan khayalanmu sia-sia tanpa memberikan hasil apapun.

  8. Berdamai dengan gejolak sosial yang dihadapi.

    Apapun masalah yang sedang anda hadapi, berusahalah untuk menyelesaikannya dengan cara-cara yang benar. Sebab menempuh penyelesaian dengan cara yang tidak benar cenderung menciptakan rasa bersalah yang mengganggu pikiran hingga berubah menjadi mimpi buruk yang menakutkan. Oleh karena itu, hadapi persoalan senyatanya, terima apa adanya, sabar menanggung derita dan maafkan setiap orang yang terlibat didalamnya.

    Baik juga bagi anda untuk senantiasa memberanikan diri terjun dalam ujian sosial. Yang paling sederhana diantara semuanya itu adalah dengan senantiasa beramah tamah kepada siapapun. Kebaikan yang satu ini bisa menjadi salah satu sarana untuk terbiasa dengan tekanan, pengabaian dan penderitaan sosial. Jika anda sudah terbiasa dengan masalah dan mampu menyesuaikan diri niscaya semua itu bisa dihadapi dengan lapang dada tanpa menyisakan luka maupun rasa sakit yang berpotensi hadir dalam mimpi buruk anda.

    Jika anda memikirkan suatu perkataan lalu merasakan tekanan dan sakit hati setelah itu. Bully semacam ini haruslah senantiasa diujikan kepada diri sendiri agar sensitifitas dan rasa sakit terhadap perkataan itu hilang sama sekali. Ini kami sebut sebagai simulasi bully agar tahan uji menghadapi gejolak sosial yang terjadi. Perkatakanlah hal-hal tersebut kepada diri sendiri sampai rasa sakit itu menjadi terbiasa dan berangsung-angsur menghilang.

  9. Berdamai dengan mimpi anda – memanipulasi mimpi.

    Saat anda selalu bermimpi tentang kejadian dimana diri sendiri dalam keadaan tertekan karena diusik dan dikerjar-kejar oleh makhluk ghaib/ makhluk asing/ alien. Ada baiknya jikalau anda tidak terus-menerus melarikan diri. Aktivitas pelarian semacam inilah yang membuat mimpi buruk yang dialami semakin panjang dan lama. Melainkan alangkah lebih baik jikalau anda berteman, bersahabat, bergandengan tangan bahkan berpelukan dengan oknum yang mengejar-ngejarmu itu: toh nggak akan terjadi apa-apa kan….? Sebab semuanya itu hanyalah halusinasi yang sebenarnya bisa dikendalikan sendiri.

    Mencegah agar tidak bermimpi lagi dengan cara.

  10. Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang.

    Makanan yang sehat adalah yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan anda. Keseimbangan antara porsi makanan dan berapa jumlah yang anda konsumsi merupakan suatu keadaan yang berdampak baik bagi kesehatan. Tetapi ketika yang dikonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan, niscaya obesitas menunggu di depan.

    Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan otak, konsumsilah selalu herbal ajaib. Bawang merah, bawang putih, jahe adalah bumbu yang harus senantiasa ditambahkan di dalam setiap masakan di rumah.

    Jeruk nipis atau jeruk all variant adalah minuman dengan vitamin C dosis tinggi yang dapat diperoleh dengan mudah dan harga murah di sekitar tempat tinggal anda. Konsumsi satu buah perasan jeruk nipis setiap pagi setelah sarapan pagi.

    Garam adalah senyawa penyusun elektrolit tubuh yang sangat bermanfaat untuk menetralkan pH seluruh cairan tubuh, termasuk didalamnya adalah pH cairan otak. Ketika pH cairan otak berubah kemungkinan besar seseorang akan mengalami sakit kepala, pusing hingga pingsan. Garam juga berperan penting untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Konsumsi garam sebanyak satu setengah sendok teh per hari (9 gr/ hari) dalam keadaan isotonik. Tanda larutan garam telah isotonik adalah rasanya akan menjadi agak manis tetapi saat rasanya terasa asin berarti jumlah garam yang ditambahkan terlalu banyak.

  11. Hindari mengkonsumsi makanan kalori tinggi sebelum tidur.

    Kami sendiri tidak lagi mengkonsumsi makanan saat gelap mulai menunjukkan pukul 08.00 malam. Ini juga membantu kita untuk menikmati tidur yang lebih nyenyak. Sebab energi yang berlebihan di malam hari dapat membuat anda mengalami insomnia bahkan sekalipun mampu tertidur bisa saja terbangun dari mimpi buruk dalam keadaan keringat membasahi sekujur tubuh.

  12. Pastikan kamar anda tidak pengap.

    Seharusnya ada ventilasi di kamar yang ditempati yang berhubungan langsung dengan lingkungan luar. Sirkulasi udara yang lancar membuat anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus kuatir mengalami mimpi buruk. Seseorang yang tidur dalam kamar yang pengap dan kekurangan oksigen beresiko tinggi mengalami halusinasi sekaligus mimpi buruk.

  13. Hindari informasi yang buruk masuk ke dalam otak.

    • Upayakan untuk tidak menonton film bergenre horror.

      Sebenarnya, indra adalah input untuk otak anda. Jadi ketika yang anda masukkan di dalam inputnya buruk niscaya yang diproses di dalam otak juga akan menjadi buruk adanya. Semakin cerdas anda mengelola inputnya maka semakin bagus, jernih dan segar pikiran yang dimiliki. Menonton film horor, film porno dan film-film lainnya yang terkesan menyeramkan dapat membantu anda untuk memimpikan keburukan sepanjang malam. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencegah diri sendiri melakukan aktivitas ini.

    • Hindari pembicaraan yang menakutkan.

      Komunikasi yang dilakukan dengan sesama selalu upayakan berjalan dengan baik. Jika teman mulai membicarakan hal-hal yang sebenarnya berbau mistis, lebih baik jauhi tempat tersebut. Anda bisa juga tetapi disana namun mengkondisikan pikiran untuk senantiasa fokus Tuhan yaitu selalu bersyukur dan memuliakan nama-Nya. Beberapa orang juga tidak menjauh dari pembicaraan tersebut tetapi mengambil buku yang baik untuk dibaca-baca atau bisa dengan menyibukkan diri dengan handphone/ smarthpone (pilihan terakhir) yang dimiliki.

    • Hindari bacaan yang menakutkan atau menyeramkan.

      Ada baiknya jikalau anda menjauhkan diri untuk mengkonsumsi bacaan yang membuat diri sendiri takut. Sadarilah bahwa membaca lebih melekat di otak di bandingkan dengan menonton film. Sebab saat membaca, kita mengkhayalkan (mengimajinasikan atau memvisualisasikan) bahan bacaan tersebut. Ini seperti menonton film tetapi videonya diputar di dalam otak anda. Keadaan inilah yang membuat bacaan kita lebih beresiko menciptakan mimpi buruk di bandingkan dengan saat menonton televisi.

  14. Santai dalam segala sesuatu.

    Tidak perlu terburu-buru saat menghadapi segala sesuatu di bumi ini. Hadapi semuanya dengan lapang dada, terima apa adanya dan selalu pastikan bahwa tidak ada satupun yang ketinggalan/ kelupaan. Jikalau dalam menjalani hari ada hal-hal yang terlupakan/ terabaikan berarti anda terlalu santai.

    Saat anda tetap santai namun tetap hati-hati dalam menjalani hidup maka resiko terjadinya trauma fisik, psikis dan sosial semakin minimal. Sekalipun terjadi suatu masalah, asalnya bukan dari diri sendiri, itu sangat melegakan.

  15. Konsisten melakukan hal-hal yang baik.

    Setiap aktivitas yang baik, jika dilakukan dengan teratur dan terus-menerus akan menjadi rutinitas yang mendatangkan manfaat bagi pelakunya. Ketika semuanya ini dilakukan dengan konsisten kelak akan menjadi kebiasaan. Saat hal-hal yang sudah terbiasa dilakukan dengan tekun dalam waktu yang lama niscaya akan menjadi budaya yang mendatangkan kebahagiaan tersendiri di dalam hati masing-masing.

Indra adalah imput untuk masuknya berbagai-bagai informasi ke dalam otak, entah itu sesuatu yang bergenre positif atau sesuatu yang bergenre negatif. Pada dasarnya, semua yang masuk inillah yang akan menciptakan seperti apa bunga-bunga tidur yang anda alami. Semakin baik yang diinpup di indra maka semakin baik pula mimpi itu. Tetapi sekalipun, hal-hal yang buruk diinput indra secara tidak sengaja berupayalah untuk membuat pikiran tetap sadar. Sebab alam bawah sadar manusia dipenuhi dengan hal-hal buruk sehingga kekosongan pikiran akan membuat anda bermimpi buruk pula. Selama anda mampu menjaga dan memelihara pikiran yang tetap berputar pada kaedah-kaedah realistis, positif dan sesuai tradisi (kebiasaan fokus) niscaya kemungkinan untuk mengalami mimpi buruk semakin kecil.

Salam, semoga bermimpi indah!

Iklan

1 reply »

  1. terimakasih informasinya, iya juga si kadang apa yg dipikikan terlalu dalam disiang hari atau ketakutan2 lainnya bisa jadi pemicu mimpi buruk. sering banget ngalami ini tapi coba deh mau tk terapin solusi di artikel ini

    Disukai oleh 1 orang

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s