Gejolak Sosial

7 Alasan Menanam Pohon Adalah Ibadah – Kebaikan Sekunder Yang Terus Memberikan Hasil


Kristen Sejati – Ibadah yang sejati adalah saat kita mempersembahkan kehidupan kita sebagai alat untuk kemuliaan nama Tuhan. Artinya, ketika setiap perbuatan yang anda lakukan menyatakan kasih kepada sesama, itu sudah merupakan bagian dari membawa persembahan kepada Allah. Mengapa demikian? Sebab Roh Kudus ada dalam diri setiap manusia sehingga saat berbagi kasih kepada sesama manusia, anda juga telah melakukannya kepada Roh Kudus yang berdiam di dalam hati orang tersebut. Itulah mengapa ada firman yang mengatakan:

(Kolose 3:23) Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Pohon adalah sang pelindung bumi yang diciptakan Tuhan jauh sebelum manusia diciptakan. Tumbuhan hijau diciptakan duluan bukan tanpa alasan melainkan sebagai salah satu persiapan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Kita mengkonsumsi sesuatu, mengubahnya menjadi darah, daging, tulang dan energi lalu melepaskannya sebagai kotoran (dalam keadaan hancur). Sedang tanaman hijau dengan bantuan garam menyusun bagian-bagian yang hancur tersebut untuk kembali di susun menjadi bahan organik yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dan lain sebagainya. Jadi kehidupan manusia bersama garam dan pohon sebenarnya berputar dalam siklus yang sempurna. Karna itulah ada firman yang mengatakan.

(Kejadian 1:31) Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Perputaran bahan pangan yang dikonsumsi oleh manusia

Pepohonan dan tumbuhan hijau lainnya ada untuk menyeimbangkan aktivitas manusia. Sebab manusia dan binatang lainnya yang berkeriapan di sekitar kita membutuhkan bahan-bahan tertentu yang diproduksi oleh tanaman. Senyawa tersebut seperti oksigen (pernapasan), karbohidrat, lemak, protein (bahan pangan) dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, klorofil juga menjaga lapisan ozon agar tetap stabil bahkan turut menambal lapisan yang mulai menipis bahkan yang bolong sekalipun. Sudah tahukan manfaat ozon? Lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari langsung yang beresiko membuat kulit terbakar. Bila radiasi sinar matahari langsung mencapai permukaan bumi tanpa rintangan niscaya kita tidak bisa lagi keluar rumah.

Manfaat pepohonan yang tidak kalah menarik adalah untuk menarik air agar hujan tetap turun pada waktunya. Kebutuhan air di rumah anda bisa selalu ada karena di sekitar lingkungan masih terdapat banyak pepohonan hijau. Magnet air yang hijau ini bisa anda tanam dengan cara gratis, hanya butuh lahan kosong dan beni saja. Air hujanpun keberadaannya benar-benar gratis. Sedang tanpa yang hijau-hijau tinggi dan besar itu, air yang kita peroleh akan dibeli dari perusahaan pemerintah dan swasta, yang pastinya berbayar. Jadi, sekarang anda mau yang mana, pilih yang gratis atau yang berbayar? Makanya tanamlah pohon sekarang!

Tidak hanya sampai disitu saja manfaatnya, tanaman berklorofil juga turut membuat udara disekitar rumah anda menjadi lebih sejuk-segar. Anda tidak perlu lagi membeli AC mahal-mahal melainkan cukup dengan menanam beberapa batang di sekeliling rumah alhasil itu akan menjadi AC gratis dengan kekuatan tinggi di segala musim. Jika anda ingin merawat tanah-tanah di sekitar tempat tinggal sendiri agar tetap subur, tetap membutuhkan tanaman hijau berkayu yang satu ini. Daun-daunnya yang banyak dan rapat akan menjadi pelindung agar sinar matahari tidak sampai ke atas permukaan tanah. Ini membuat tanah tetap lembab dan mikroorganisme penyubur juga sangat menyukai daerah yang lembab sedangkan akar-akar pohon yang melakukan gerak pasif akan membantu menggemburkan tanah. Ada begitu banyak manfaat tanaman yang satu ini, silahkan di cek saja, manfaat hutan bagi kehidupan.

Faktor penyebab menanam pohon adalah ibadah

Manusia janganlah menjadi orang yang egois sebab kita tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Sebaiknya perluaslah wawasan dan pengetahuan anda mengenai kehidupan sampai menemukan fakta bahwa setiap makhluk hidup dan setiap ciptaan adalah penting. Dimana masing-masing memiliki peran yang besar untuk menjaga ekosistem tetap berjalan dengan semestinya sehingga terciptalah keseimbangan lingkungan. Berikut ini, beberapa alasan mengapa menam pohon sebagai sebuah bagian dari ibadah yang sejati.

  1. Allah ada dalam setiap diri orang percaya.

    Ketahuilah bahwa ada Roh Kudus yang merupakan bagian dari diri Allah yang berdiam dalam setiap orang percaya. Jadi setiap kebaikan yang anda lakukan kepada seseorang berarti sudah melakukannya juga kepada Roh Allah yang berdiam di dalam setiap manusia. Artinya, melayani Allah tidak hanya dilakukan di gereja melainkan saat kita melayani sesama juga sudah melayani Roh Allah yang berdiam didalamnya. Oleh karena itu, setiap kebaikan yang kita lakukan merupakan bagian dari ibadah yang sejati untuk melayani Tuhan. Seperti kata firman.

    (Matius 25:40) Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

  2. Kasih kepada sesama berarti mengasihi bumi.

    Jika mengatakan bahwa kita mengasihi sesama manusia berarti sudah sepantasnya untuk mengasih bumi ini. Mengapa demikian? Sebab BUMI ADALAH RUMAH KITA. Siapa orang yang tidak melindungi rumahnya berarti tidak menghargai sesamanya sebab orang lain juga menggantungkan kehidupannya kepada alam sekitar kita untuk mencari nafkah.

  3. Kasih kepada sesama berarti menjaga keseimbangan.

    Orang yang tahu kebenaran tetapi tidak melakukannya adalah berdosa. Kita sudah tahu bahwa tumbuhan hijau adalah produsen sedangkan kita adalah konsumen, jadi harus ada keseimbangan antara produsen dengan konsumen. Gangguan keseimbangan dapat menimbulkan bencana kelaparan dimana-mana. Demikian juga dapat kita katakan bahwa orang yang menebang pohon sembarangan sama dengan mendatangkan bencana bagi orang lain. Sebab pembalakan liar akan mengundang bencana, misalnya banjir, tanah longsong dan banjir bandang. Dimana semuanya itu akan beresiko merugikan orang lain.

  4. Pepohonan mengstabilkan ozon berarti melindungi manusia dari gelombang panas.

    Efek gelombang panas telah banyak membunuh orang di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, tanamlah pohon agar udara tetap bersih dari polutan sehingga resiko terjadinya gelombang panas semakin tipis.

  5. Pepohonan menstabilkan udara tetap sejuk.

    Manusia butuh kesejukan. Jika orang-orang di kota besar menciptakan kesejukan dengan membeli kipas angin dan AC yang membutuhkan uang, Anda tidak perlu itu asalkan ada pepohonan hijau dan rimbun disekitar. Orang lain dan keluarga anda sendiri tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli berbagai alat elektronik tersebut. Sebaliknya uang itu bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting. Seseorang dapat duduk dan bernaung di bawah tumbuhan besar ini sambil bersyukur karena terhindar dari sengatan matahari langsung.

  6. Menjaga tanah tetap subur sehingga tetap menghasilkan.

    Gerakan pasif dari akar pohon dan perlindungan dari sinar matahari langsung telah membuat tanah disekitar terjaga kesuburannya. Andapun bahkan mungkin saja orang lain yang turut merasakan manfaat pohon tersebut dapat menanam sesuatu ditanahnya dimana hasilnya dapat dikonsumsi untuk memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan. Bisa juga menanam pohon yang menghasilkan buah langsung agar bisa dipetik bahkan bisa dibagikan ke orang lain juga.

  7. Masih banyak lagi manfaat pohon menjadi kebaikan sekunder yang anda lakukan.

    Silahkan lihat sendiri pada link yang telah kami tautkan pada paragraf sebelumnya, ada banyak manfaat setelah menanam tumbuhan hijau yang satu ini. Memang kebaikan yang diberikannya tidak dapat langsung dirasakan bahkan masih membutuhkan beberapa tahun hingga pohon tersebut tumbuh dewasa dan berbuah.

  8. dan lain sebagainya.

Tanaman hijau adalah penyeimbang aktivitas manusia. Keberadaannya dapat menjaga bumi ini tetap layak untuk ditempati dari generasi ke generasi. Bukankah saat bumi ini tetap sejuk, hujan tetap turun, tanah tetap subur dan bahan pangan tetap tersedia juga merupakan bagian dari menjaga kebaikan itu tetap ada? Bahan pangan apa yang anda sedekahkan kalau tanah tidak mengeluarkan hasilnya? Bagaimana anda bisa ke luar rumah untuk berinteraksi dengan sesama saat matahari membakar kulit? Mungkinkah anda mampu duduk nyaman bercengkrama dengan anggota keluarga dan orang lain di rumah saat udara menjadi panas-gerah? Pohon adalah kebaikan sekunder yang anda lakukan kepada orang lain dan terus tumbuh memberkati lebih banyak orang dari tahun ke tahun.

Salam, mari tanam pohon sebanyak-banyaknya!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s