Gejolak Sosial

10 Hal Yang Selalu Kurang – Mengapa Manusia Selalu Merasa Kurang Selama Menjalani Hidup?

Hal Yang Selalu Kurang - Mengapa Manusia Selalu Merasa Kurang Selama Menjalani Hidup

Kurang adalah (1) belum atau tidak cukup (sampai, genap, lengkap, tepat, dan sebagainya); (2) (untuk menyatakan bilangan, ukuran, dan sebagainya yang) sedikit (satu, dua, dan sebagainya) lagi menjadi bilangan bulat; (3) belum atau tidak sama dengan yang seharusnya; (4) (dalam perbandingan menyatakan) tidak lebih dari; (5) tidak berapa; sedikit; (6) sesuatu yang tidak ada (yang menyebabkan tidak lengkap, tidak genap, tidak cukup, tidak sempurna, dan sebagainya); cacat; cela (KBBI Offline). Merupakan perasaan manusia yang terkadang tidak bersesuaian dengan kenyataan yang sedang berlangsung. Ini merupakan kebalikan dari kata “pas.”

Mengapa anda masih bekerja hari ini? Pertanyaan ini sangat sederhana dan lumayan menggelitik beberapa orang yang mendengarnya. Tentu saja kebanyakan jawabannya adalah untuk menafkahi diri sendiri dan keluarga tercinta tentunya. Mungkin beberapa ada juga yang menjawab, mempekerjakan diri sendiri untuk mengasah kemampuan (otak, fisik, mental), potensi dan bakat yang dimiliki. Tetapi jawabannya akan terasa aneh ketika seseorang menyatakan bahwa ia bekerja untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam hidupnya.

Faktor penyebab hidup terus berkekurangan

Bila kita rinci lebih dalam lagi untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi mengapa seseorang terus saja merasa kurang. Kita akan temukan bahwa rasa ini tidak berawal dari luar diri manusia itu sendiri. Sebab jika kita bandingkan dengan orang lain, masih cukup banyak orang yang merasa sudah pas. Pada akhirnya, kita akan mengetahui bahwa perasaan ini berawal dari dalam hati sanubari seseorang. Saat energi dalam pikiran telah sampai pada tahap berkekurangan dimana hal-hal negatif-buruk juga turut merasuk ke dalam pikiran sehingga membuat suasana hati menjadi kurang bagus/ merasa kurang enak.

Aktivitas manusia yang terlalu minim merupakan penyebab utama dari perasaan yang terus merasa kurang. Saat pikiran tidak mampu lagi mengolah informasi dengan lancar, otak mulai mandek, buntu sana-sini: keadaan ini adalah pertanda bahwa anda butuh ketenangan untuk kembali menciptakan suasana positif di dalam hati. Salah satu cara untuk mencapai ketenangan itu adalah dengan melakukan aktivitas yang biasa anda kerjakan, misalnya dengan senantiasa fokus kepada Tuhan. Mengapa demikian? Karena apa yang sudah terbiasa dilakukan juga termasuk sebagai salah satu hal yang membawa anda dalam ketenangan dan ketenteraman hati. Oleh karena itu, biasakan hal-hal sederhana yang mudah dilakukan untuk menenangkan pikiran, salah satu yang terbaik adalah bernyanyi memuliakan Tuhan dari waktu ke waktu.

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Bisa dikatakan bahwa saat pikiran sedang tidak beraktivitas, rentan dengan rasa kurang ini dan itu. Oleh karena itu, buat otak anda selalu beraktivitas detik demi detik dengan memusatkan pikiran kepada Tuhan, mempelajari sesuatu dan mengerjakan beberapa hal. Ini adalah aktivitas positif yang dapat membantu anda untuk tetap sadar sehingga selalu kepenuhan dengan hal-hal yang baik bukannya malah merasa kekurangan terus-menerus.

Sekali lagi kami ulangi, perasaan yang kekurangan dimulai dari dalam pikiran sendiri. Keadaan ini pada umumnya disebabkan oleh karena minimnya aktivitas otak. Sedang aktivitas otak itu sendiri dapat digiatkan dengan cara memusatkan pikiran kepada Tuhan, belajar dan bekerja.

Indikator hidup yang selalu kurang

Saat anda kurang kegiatan maka tepat saat itu juga perasaan yang kekurangan akan memenuhi hati anda. Oleh karena itu jangan pernah biarkan otak berlama-lama dalam keadaan kosong melainkan selalu penuhi itu dengan berbagai-bagai hal positif agar hidup kepenuhan dan ekspresi sikap (perkataan dan perbuatan) kepada sesama tetap baik adanya. Berikut ini beberapa perasaan (tanda) yang mungkin pernah anda alami karena minimnya aktivitas (terlalu lama bersantai).

  1. Kurang puas. Biasanya ini ketika menggunakan suatu produk.
  2. Kurang bahagia. Bisa saja dialami oleh seseorang yang sedang kurang kerjaan.
  3. Kurang senang. Mungkin karena pikiran terus membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  4. Kurang nikmat. Saat indra sedang menikmati sesuatu baik dari sentuhan maupun dari pendengaran (bernyanyi) dan lain sebagainya.
  5. Kurang enak. Biasanya ini tentang rasa dilidah.
  6. Kurang besar. Ketika apa yang kita dapat ukurannya lebih sederhana dari orang lain.
  7. Kurang banyak. Mungkin ini soal uang yang jumlahnya dibandingkan dengan orang entah berantah.
  8. Kurang indah. Ini mungkin muncul dari perasaannya saja yang hampa oleh karena minimnya aktivitas.
  9. Kurang damai. Biasanya ini karena belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  10. Kurang terwujud mimpinya. Sepertinya apa yang ditargetkan tidak sesuai dengan apa yang dicapai.

Pada dasarnya perasaan yang serba kekurangan diakibatkan oleh karena pikiran kosong melulu. Ini bisa saja disebabkan oleh karena terlalu banyak menikmati hidup, bisa juga karena terlalu banyak santai dan juga dapat timbul oleh karena kebiasaan yang suka membanding-bandingkan manusia dalam perspektif yang sempit. Harap diketahui bahwa kemampuan membanding-bandingkan juga bermanfaat untuk menambah ilmu dan motivasi tetapi jika melakukannya secara berlebihan dapat berakibat munculnya perasaan minder karena merasal lemah disana dan disini. Oleh karena itu sibukkan otak anda dengan senantiasa memusatkannya kepada Tuhan, mempelajari sesuatu dan mengerjakan beberapa hal.

Salam, Stay connect to the God!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.