Gejolak Sosial

10 Kepribadian Yang Berkualitas – Karakter Berkualitas Membuat Hati Tenteram


Kepribadian Yang Berkualitas - Karakter Berkualitas Membuat Hati Tenteram

Kepribadian adalah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakannya dari orang atau bangsa lain (KBBI Offline). Merupakan sifat manusia yang terus dibentuk dari waktu ke waktu. Ini selalu berubah seiringan dengan perkembangan pengetahuan dan wawasan juga menurut pengalaman yang dimiliki seseorang. Dalam banyak situasi, biasanya sifat-sifat ini akan menyesuaikan diri dengan keadaan dan gejolak yang terjadi disekitarnya (dari lingkungan), ada yang netral, bereaksi positif dan ada pula yang negatif.

Biasanya seorang anak kecil sampai berusia remaja (dewasa muda) belum mampu mengekspresikan secara konsisten kualitas kepribadiaan yang dimilikinya. Masa-masa ini masih dalam tahapan penyesuaian dimana sikapnya tidak sepenuhnya konsisten menanggapi sesuatu dan lain hal. Tetapi untuk hal-hal yang umum dan sudah biasa dilakukan/ sudah sering dialami, sifat-sifatnya bisa jadi tetap konsisten. Adalah lebih mudah bagi orang tua untuk membentuk anak diwaktu-waktu seperti ini. “Seperti sebuah tanaman yang masih muda, bisa diatur sesuai selera. Tetapi untuk mengubah orang yang dewasa butuh tekanan pengalaman buruk yang lebih besar, layaknya mengatur pohon yang berbatang besar.”

Untuk mencapai titik tertinggi dari sebuah kepribadian yang berkualitas perlu didasarkan pada sesuatu yang sifatnya universal dan konsisten dari waktu ke waktu. Kebenaran sejati adalah konsep sederhana yang bisa dijadikan sebagai sebuah standar untuk menemukan nilai-nilai yang lebih cocok untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama ada kebenaran maka selama itu pula keberadaan kita bermanfaat bagi kemuliaan nama Tuhan dan kehidupan orang lain. Peganglah dua dasar ini maka anda akan menemukan hal-hal berkualitas lainnya.

Kepribadian yang sejati adalah kekuatan yang sudah melalui dapur peleburan. Ujian kehidupan yang dialami akan menempa sekaligus menyeleksi sifat-sifat yang anda miliki. Sifat yang buruk tentu saja akan tereliminasi sedangkan sifat yang baik masih tetap harus diuji oleh sitasi. Artinya untuk memiliki suatu sifat maka diperlukan mental yang kuat untuk menanggung semua tekanan akibat dari perilaku tersebut. Jika seseorang bisa menanggung akibat dari tindakannya maka sifat itu akan dilanjutkan seumur hidup tetapi ketika dampak dari kepribadian tersebut tidak dapat dipikul, niscaya kebanyakan orang berubah haluan (sifatnya berubah). Berikut cara terbentuknya sifat-sifat yang berkualitas.

Menyerap informasi / mencitrakan sesuatu dari luar >> memikirkan >> memperkatakan (lisan, tulisan) >> melakukan/ berbuat >> Terbiasa >> Teruji >> kepribadian

Cara pembentukan kepribadian berkualitas - Terbentuknya Kualitas Kepribadian Seseorang

Kepribadian yang berkualitas baik dan telah teruji

Sifat-sifat yang baik pada awalnya didengarkan dan/ atau dilihat dan/ atau dirasakan lewat panca indra masing-masing. Bila selama memikirkan hal-hal tersebut, seseorang merasa suasana hatinya baik (tenteram) terlebih ketika sisi spiritual (agama) dan orang-orang disekitarnya mendukung maka akan menjadi sifat-sifat yang mencirikan kepribadian seseorang. Tetapi saat ia tidak sanggup menghadapi tekanan sosial akibat sifat tersebut maka tepat saat itu jugalah mulai ada niat untuk merubah diri. Pada dasarnya kepribadian yang berkualitas adalah sesuatu yang benar-benar teruji oleh lingkungan dan tetap membawa kedamaian bagi manusia itu sendiri. Beriku karakter berkualitas yang kami maksudkan.

  1. Takut akan Allah.

    Sudah tahukan, bahwa setia manusia di dunia ini dilahirkan sama seperti binatang lainnya dimana sifat-sifatnyapun tidak jauh beda dari hewan. Pada awalnya manusia secara sadar atau tidak sadar telah meniru hewan di sekitarnya. Konspirasi manipulasi dan kepicikan adalah sifat-sifat kebinatangan. Hawa nafsu sesat-lebay dan kejahatan lainnya adalah pelebaran dari kebinatangan itu sendiri. Setinggi apapun sifat manusiawi dari orang ateis adalah lebih baik kemanusiaan yang dimiliki oleh seorang yang beragama.

    Sifat yang takut akan Tuhan diiringi dengan kemampuan untuk selalu fokus kepada Yang Maha Kuasa hari lepas hari lewat doa, firman dan nyanyian pujian. Ini adalah aktivitas mengambil energi kehidupan dari Allah untuk dibagikan kepada sesama manusia.

    Otak manusia adalah organ yang paling aktif. Jika anda membiarkan pikiran kosong berlama-lama maka iri hati, kesombongan, sungut-sungut, kesedihan, keluh kesah, kegalauan, kecemasan, kekuatiran dan berbagai-bagai hal buruk lainnya akan merasuk dalam hati ini. Oleh karena itu, ada baiknya jikalau kita senantiasa mengaktifkan otak dengan senantiasa bersyukur dan bernyanyi agar pikiran terbuka hingga hati dipenuhi rasa senang-sukacita yang terkendali, tenang dan damai lalu meluap dalam senyuman mungil di bibir masing-masing. Aktivitas ini adalah cara jitu untuk membersihkan pikiran dari berbagai-bagai virus-virus keburukan.

  2. Berbuat baik terhadap sesama.

    Seorang manusia harus menyibukkan dirinya dengan senantiasa berbagi kasih kepada sesama. Tanpa aktivitas memberi manfaat maka sikap individualis yang kental dengan mementingkan diri sendiri akan menawan kehidupan manusia itu sendiri dalam keterpurukan.

    Aktivitas ini bisa dimulai dari keluarga lewat hal-hal kecil, misalnya ramah tamah (senyum, sapa, salam, terimakasih, maaf, tolong, menjadi pendengar yang baik), perhatian/ empati, berbagi informasi, berbagi solusi dan berbagi menurut sumber daya, potensi dan pekerjaan yang ditekuni.

  3. Memiliki hati yang tulus.

    Ketulusan hati adalah sebuah niat yang tidak memiliki maksud apa-apa. Ini adalah aktivitas yang tidak mengharapkan sesuatu sebagai imbalan dari perlakuan yang diberikannya.

    Pada dasarnya sulit sekali untuk bersikap ikhlas dalam bertindak tetapi bagi orang yang memiliki keyakinan kepada Tuhan, sederhana saja. Setiap orang percaya memiliki Roh Allah dalam hatinya sehingga apapun yang kita lakukan kepadanya sudah melakukannya untuk Tuhan. Jadi segala sesuatu yang kita ekspresikan kepada sesama sebaiknya dialamatkan kepada Allah dengan demikian kita tulus adanya.

    Hati yang tulus ini juga berhubungan erat dengan kejujuran. Orang yang memiliki maksud hati yang lurus dan tidak ada yang disembunyikan dari sesama. Kejujuran dalam berkata-kata dan berperilaku membuat hati terasa lega dalam bersikap.

  4. Sabar dalam segala situasi.

    Orang yang sabar adalah kuat bersikap. Jaman sekarang kekuatan sejati tidak dinilai dari otot dan senjata yang dimiliki tetapi melalui kesabaran seseorang di dalam melalui berbagai tantangan kehidupan.

  5. Rendah hati.

    Sikap yang rendah hati identik dengan kehidupan yang sederhana. Ini juga erat kaitannya dengan kebiasaan seseorang yang suka menyangkal diri. Sebab manusia dilahirkan dalam kesombongan sehingga harus selalu menyangkal diri dalam setiap hal yang dicapainya. Ini bisa dilakukan dengan meyakini bahwa semua yang kita miliki adalah asalnya dari Tuhan. Bisa juga dengan mengatasnamakan kebersamaan dalam melakukan suatu usaha.

  6. Selalu bahagia – ceria.

    Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih BerkualitasOrang yang selalu berbahagia adalah mereka yang mampu menjaga pikirannya dari hal-hal buruk. Selama kita mampu berkonsentrasi kepada sesuatu yang baik (fokus Tuhan, belajar, bekerja) maka selama itu pula bahagia itu selalu ada di dalam hati. Tepat saat pikiran berubah menjadi keruh oleh situasi maupun oleh pemikiran sendiri maka saat itu jugalah kebahagiaan anda luntur.

  7. Bertanggung jawab.

    Orang yang bertanggung jawab adalah mereka yang menyelesaikan pekerjaan yang dipercayakan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Melakukannya dengan penuh kesungguhan dalam artian semaksimal mungkin untuk memberikan hasil yang memuaskan.

  8. Pemaaf – mudah memaafkan.

    Manusia bukanlah makhluk yang sempurna oleh karena itu sangat dibutuhkan sikap yang rela memaafkan kesalahan sesamanya. Sikap yang satu ini murni tidak dibawa dari lahir melainkan dibentuk secara perlahan-lahan. Maafkanlah sebanyak-banyaknya orang yang bersalah kepada anda dengan demikian anda belajar melupakan dan mengikhlaskan masa lalu yang suram.

  9. Luwes-fleksibel-mudah beradaptasi.

    Sikap yang mudah menyesuaikan diri menandakan bahwa kehidupan seseorang tidak bergantung pada satu-dua hal saja melainkan ia mampu tetap berbahagia dalam situasi yang berbeda sekalipun.

    Sikap yang fleksibel juga berhubungan dengan kesederhanaan hidup. Mereka yang memiliki terlalu banyak standar/ syarat materi selama menjalani hari akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan orang lain.

    Orang yang luwes juga menandakan kemampuannya yang menerima kenyataan apa adanya. Baik keadaan tersebut sesuai atau bertentangan dengan keinginannya tetap dijalani dengan sukacita tanpa ada dendam dengan siapapun.

  10. Bersikap konsisten.

    Sifat yang konsisten adalah perilaku yang selalu sama sekalipun situasi dan kondisi berbeda-beda. Orang yang tetap mempertahankan kepribadiaannya dari waktu ke waktu memiliki integritas yang teruji.

Pada akhirnya, kepribadian yang berkualitas manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh orang lain tetapi juga turut dirasakan oleh diri sendiri. Semua karakter yang baik akan mendatangkan ketenteraman hati. Jika sifat-sifat yang saat ini anda ekspresikan menciptakan kegelisahan, kegalauan dan kecemasan: segera tinggalkan hal tersebut. Harap diingat bahwa untuk mengaplikasikan sifat-sifat yang berkualitas ini membutuhkan pembiasaan yang teruji. Gejolak sosial (masalah) yang anda hadapi adalah kesempatan untuk menempa diri anda dalam kualitas yang sebenarnya. Semuanya itu pastilah akan membuat kehidupan anda dekat dengan Tuhan dan juga dekat dengan sesama manusia.

Salam tegar!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.