Lingkungan

7 Potensi Biomassa Di Indonesia – Memanfaatkan Hasil Panen Melimpah Agar Tidak Terbuang Sia-Sia


Potensi Biomassa Di Indonesia - Memanfaatkan Hasil Panen Melimpah Agar Tidak Terbuang Sia-Sia

Biomassa adalah jumlah keseluruhan benda hidup dalam suatu perairan (KBBI Offline). Energi biomassa adalah energi yang dihasilkan dari pembusukan (dekomposisi) makhluk hidup oleh mikroorganisme. Bahan-bahan yang hendak dibusukkan tidak harus dari makhluk hidup secara utuh melainkan sampah sekalipun akan dapat diubah menjadi biogas. Bio energi ramah lingkungan adalah masa depan untuk kehidupan seluruh makhluk. Sebab pemanfaatannya tidak menyebabkan polusi layaknya bahan bakar yang ditambang dari dalam bumi (minyak bumi).

Energi berubah bentuk

Seperti kita ketahui bersama bahwa kehidupan di alam semesta berputar-putar dalam sistem yang seimbang. Matahari memancarkan energinya yang membuat segala tanaman dan mikroorganisme (termasuk plankton) yang memiliki klorofil tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Lalu hewan termasuk manusia akan mengkonsumsi buah, daun dan umbi dari tanaman tersebut sebagai bahan pangan. Bahkan hewan yang layak konsumsi juga dijadikan lauk pauk oleh manusia. Sedang semua kotoran makhluk hidup yang dikeluarkan akan kembali di demineralisasi oleh kuman sambil melepaskan energi yang terkandung didalamnya.

Pernahkah anda melihat buah membusuk? Pembusukan itu akan terjadi secara perlahan yang didahului dengan warnanya yang mulai berubah menghitam. Lalu isinya menjadi cairan tersuspensi yang berbau tidak sedap. Kemudian lama kelamaan ukurannya akan mengempis dan semakin tipis hingga ia menjadi kering untuk kembali kewujud asalnya, yaitu tanah. Tahukah anda bahwa dalam proses ini energi dalam buah tersebut menguap untuk kembali ke matahari. Jadi segala jenis kotoran dan makhluk hidup yang membusuk akan di demineralisasi oleh mikroorganisme sembari melepaskan sesuatu untuk kembali ke asalnya, yakni matahari.

Menangkap sumber energi dalam udara bebas

Masalahnya sekarang adalah, “bagaimana menangkap sesuatu yang bahkan tidak dapat kita lihat?” Terdapat suatu gas kasat mata yang bisa dijadikan sebagai sumber bio energi, bagaimana cara memungutinya? Jika kita bisa mengisolasi proses pembusukan suatu bahan sisa makhluk hidup maka energi yang terbentuk akan dapat dikumpulkan tanpa menyatu dengan udara bebas yang membawanya kembali ke matahari. Ada beberapa pilihan untuk menangkap gas ini, berikut selengkapnya.

  • Proses pembusukannya diisolasi dalam wadah plastik tertutup yang kedap udara dan siap mengembang.
  • Tahapan demineralisasi diisolasi dalam sebuah drum yang terbuat dari besi/ baja/ alumium dan sebagainya yang kedap udara.
  • Untuk pembentukan energi dari biomassa dalam jumlah banyak akan dilakukan dalam tabung besar yang tertutup rapat (kedap udara) terbuat dari beton dan lain sebagainya.

Untuk mengefektifkan pembusukan maka yang perlu dilakukan adalah menambah air garam dalam adonan dengan konsentrasi setara dengan NaCl lautan. Seperti kita ketahui bersama bahwa lautan adalah pusat pembusukan (demineralisasi) terbesar dan terluas di bumi ini. Oleh karena itu, adalah penting sekali untuk menyamakan konsentrasi adonan biomassa yang diisolasi dengan konsentrasi mineral air laut. Bahkan bila tempat pembuatannya dekat dengan lautan cukup dengan mengalirkan masa air laut tersebut ke dalam masing-masing wadah kedap udara (dimana udara tidak bisa keluar masuk sembarangan).

Sebaiknya pemerintah mulai melirik sumber daya terbarukan ini

Kami sendiripun heran, mengapa pemerintah tidak mengembangkan perolehan energi di bidang biomassa? Tentu saja ini karena faktor ekonomi, sebab saat bio energi dikembangkan dan dimajukan otomatis minyak bumi akan sepi peminat dan perusahaan minyak milik negara merugi. Sebaliknya ketergantungan masyarakat terhadap pemerintah mengendur sebab petani sekalipun dapat membuat bahan bakarnya sendiri tanpa harus membayar dengan sejumlah uang. Jika dipikir-pikir petani yang lahannya luas akan menjadi sumber biogas yang menghasilkan energi untuk kebutuhannya sendiri bahkan ada banyak lagi yang bisa diperjual-belikan.

Bukankah pemenuhan kebutuhan energi di Indonesia dikuasai oleh minyak bumi? Ada baiknya jikalau fokus terhadap minyak bumi mulai dikuragi dengan mengerahkan segala daya upaya untuk mengembangkan pemanfaatan bio energi dimaksud. Dengan demikian sektor energi tidak begitu ketergantungan dengan minyak bumi yang notabene merusak lingkungan. Pemanfaatan sumber daya terbarukan akan menghemat anggaran negara sekaligus memberdayakan hasil panen yang melimpah-limpah dihasilkan oleh petani Indonesia.

Potensi biomassa di Indonesia

 Sebaran potensi energi biomassa di Indonesia (Sumber : ZREU,2000)

Sebaran potensi energi biomassa di Indonesia (Sumber : ZREU,2000)

Potensi sumber daya biomassa di Indonesia salah satu yang terbesar dibandingkan negara lain, menurut laman Kementerian ESDM, potensinya apabila dikembangkan adalah 50 Giga Watt (GW). Selain itu, data dari (ZREU,2000) menyebutkan bahwa Indonesia memproduksi 146,7 Juta ton atau setara 470 Giga Joule (GJ)biomassa per tahun yang mana sumber utamanya berasal dari residu pertanian yaitu sebesar 150 GJ per tahun dan karet kayu 120 GJ per tahun. (Kaskus.co.id).

Di beberapa wilayah di Indonesia telah memanfaatkan potensi biomassa yang terkandung di daerahnya. Bagusnya PLNBm gedungnya berdekatan dengan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) agar berbagai sampah biologis yang terdapat dari segala penjuru (termasuk sampah industri dan rumah tangga) dapat dijadikan sumber energi biomassa. Alangkah lebih baik jika kedua perusahaan ini berdekatan dengan lautan sehingga lebih mudah untuk mengoleksi air laut ke dalam sistem. Beberapa sumber pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakunya adalah tumbuhan-tumbuhan seperti karet, sisa kayu, sisa proses gula, sisa padi, sisa kelapa dan lain sebagainya.

Keunggulan penggunaan biomassa untuk menghasilkan energi

Ada banyak manfaat penggunaan bio energi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk diketahui terlebih dahulu bahwa biomassa harus diwadahkan dalam perairan yang sudah digarami untuk memudahkan proses demineralisasi. Keadaan ini akan membuat gas metana atau apapun namanya gas alam tersebut (hidrogen, helium) akan naik ke atas lalu terkumpul sehingga menekan wadah kedap udara. Artinya, proses demineralisasi akan membuat wadah tertekan, plastik mengembang dan indikator tekanan akan terus meningkat dari waktu ke waktu hingga semua bahan tersebut dibusukkan seutuhnya.

Macam-macam bahan dasar bio energi yang terdapat di sekitar kita

Alih fungsi energi dari minyak bumi (brown energy) menjadi green energy akan mengubah pergerakan ekonomi. Uang tidak lagi berputar disekitar perusahaan besar sekelas Pertamina atau Petromax melainkan para petani akan di beli hasil panennya untuk dijadikan bahan dasar. Perputaran uang selama ini yang hanya menguntungkan kapitalis kelas atas akan beralih ke kalangan bawah sehingga kesejahteraan menggerakkan seluruh lini kehidupan bernegara.

Pada dasarnya semua makhluk hidup mampu menghasilkan biogas, ketika sudah tidak bernafas/ bernyawa lagi. Bagian-bagian tubuh yang terlepas (daun, ranting) bahkan kotoran sekalipun dapat menjadi bahan dasar energi biomassa. Berikut ini berbagai bahan-bahan yang kami maksudkan.

  1. Berbagai jenis rumput.

    Ini adalah tanaman yang mudah sekali tumbuh di daerah tropis yang basah dimana-mana. Rumput liar akan menjadi bahan pembuatan bio energi jika saja semuanya dapat dikumpulkan. Jadi petani tidak perlu membuang atau membakar rumput liar yang dibabat dari tanaman utama melainkan bisa dijual untuk menghasilkan uang.

  2. Dedaunan hijau.

    Daun hijau adalah salah satu bahan terbaik untuk pembuatan bahan bakar. Tetapi untuk kembali menumbuhkan daun dibutuhkan waktu yang tidak sebenentar. Padahal kita sudah mengetahui bersama bahwa daun tanamanlah yang terus aktif menyerap sinar matahari untuk diubah menjadi sesuatu. Untuk dedaunan hijau yang tumbuh dengan cepat dapat dimanfaatkan sebagai sumber bio energi.

    Di salah satu daerah di Indonesia jenis dedaunan hijau yang dimanfaatkan sebagai bio energi adalah eceng gondok yang terdapat di muara sungai. Potensinya sangat besar karena pertumbuhan yang sangat cepat (produksi cepat) sehingga menjadi alternatif untuk dijadikan sumber daya terbarukan.

  3. Batang tanaman.

    Pada dasarnya batang tanaman bisa dijadikan bahan untuk pembuatan energi biomassa. Tetapi membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk mengoleksinya dari tanaman. Terlebih ketika batang tersebut berukuran besar dan keras.

    Ada satu batang tanaman yang lentur dan dapat dibentuk (digiling/ dihaluskan) menjadi bahan bio energi dengan cepat, yaitu batang bambu. Pertumbuhan batang bambu juga tergolong cepat, yaitu dalam kurun waktu 3,5 tahun sudah bisa panen.

    Batang lainnya yang dapat dijadikan sumber biomassa adalah tebu. Setelah gulanya diekstrak maka sebaiknya batang/ ampasnya kembali diisolasi dalam larutan garam untuk dijadikan energi.

  4. Bahan-bahan sampah kering.

    Selain tidak berguna dan terdapat banyak di alam, sampah biologis yang kering seperti daun dan ranting yang kering dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan energi biomassa. Sayang nilai dan jumlah biogas yang dihasilkannya juga turut berkurang drastis di bandingkan bahan hidup.

  5. Hewan-hewan.

    Daging ternak, darah dan tulang juga bisa menjadi bahan utama untuk menghasilkan energi terbarukan. Nilai gas yang dihasilkannya juga berada pada jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang dihasilkan dari bahan-bahan hijau. Sayang, untuk membesarkan hewan ternak biasanya dibutuhkan waktu yang lama, setidak-tidaknya satu tahun ke atas.

  6. Kulit buah.

    Ini adalah salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan bahan pembuatan biomassa. Disamping bahan-bahannya yang tersedia banyak terutama di musim buah-buahan juga bisa menambah penghasilan petani. Misalnya dari kulit buah manggis, kulit buah durian, kulit buah langsat, kulit kelapa sawit. Bisa juga dimanfaatkan beserta biji yang terkandung di dalamnya. Daripada kulit buah-buahan ini dibuang sia-sia, lebih baik dikumpulkan kepada pengepul (orang pemerintahan) untuk kemudian diolah menjadi bio energi.

  7. Buah-buahan.

    Indonesia dengan potensi pertanian yang melimpah-limpah menghasilkan sangat banyak jenis buah-buahan pada musimnya. Saking banyaknya jenis buah tersebut sampai ada yang tidak dipetik melainkan dibiarkan begitu saja membusuk di atas tanah. Daripada terbuang sia-sia, adalah lebih baik jika pemerintah memanfaatkan buah-buahan yang berlebihan ini untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan biomassa. Keadaan ini sekaligus dapat menambah pemasukan para petani sehingga tidak merugi terus saat musim penen melimpah-limpah. Contoh buah-buahan itu adalah durian, kelapa sawit, pepaya, pisang, rambutan, duku dan lain sebagainya.

    Begitu juga halnya dengan penggunaan buah pohon aren. Daripada masyarakat mengubahnya menjadi tuak yang memabukkan maka lebih baik pemerintah membeli air aren/ tuak tersebut untuk dijadikan bahan pembuatan biogas yang ramah lingkungan.

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan hasil alam. Pada musim panen berbagai-bagai jenis panganan, sayuran, umbi-umbian dan buah-buahan dihasilkan sehingga terkadang keadaan ini membuat sebagian kecil bahkan sebagian besar terbuang dan membusuk sia-sia. Keadaan ini jelas tidak menguntungkan para petani, oleh sebab itu pemerintah harus mulai mengembangkan pemanfaatan energi biomassa. Sehingga setiap hasil panen yang tidak habis terjual dapat dibeli oleh petugas untuk dijadikan bio energi menunjang aktivitas di dalam derah sendiri. Aktivitas ekonomi semacam ini turut membuat perputaran uang tidak hanya berlangsung disekitar perusahaan energi kelas kakap melainkan juga menguntungkan masyarakat luas.

Salam green energy!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.