Gejolak Sosial

Organisasi Tidak Jelas Dipelihara Pemerintah – Daripada Memelihara Komunitas Lebih Baik Memelihara Bakat Kreatif


Organisasi Dipelihara Pemerintah Tidak Jelas - Daripada Memelihara Komunitas Lebih Baik Memelihara Bakat Kreatif

Organisasi adalah (1) kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu; (2) kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama (KBBI Offline). Merupakan perkumpulan yang memiliki tujuan bersama untuk kepentingan setiap anggota-anggotanya. Suatu komunitas tidak didirikan untuk kesejahteraan ketua dan personel inti didalamnya melainkan untuk semua kalangan/ anggota yang ada didalamnya.

Adakah LSM yang mengawasi pemerintah?

LSM yang ada saat ini belum sepenuhnya menjalankan fungsinya sebagai lembaga pengawas dan pemerhati dibidang-bidang spesifik. Sebab biaya operasional dari lembaga tersebut tentulah telah menjadi beban tersendiri. Keadaan ini membuat mereka dengan terpaksa bergantung kepada kapitalis tertentu sedang pemiliki modal ini bekerja untuk pemerintah. Jadi wujud pengawasan yang diberikan oleh pers dan lembaga swadaya masyarakat cenderung melemah. Mustahil seorang penilai melakukan penilaian dengan jujur sedang mereka berteman dan saling kenal dekat. Akhirnya kebobrokan sistem dalam suatu negara akan terjun bebas karena lebih membela kemauan para kapitalis daripada kebutuhan rakyat banyak.

Orang-orang cerdas akan rajin berorganisasi untuk mengembangkan dirinya sekaligus menemukan penghasilan yang lebih baik. Terlepas sebagai perannya untuk mempererat kebersamaan di dalam masyarakat sekaligus mengawasi sepak terjang pemerintah.Ini akan menjadi sarana terbaik bagi kalangan intelektual untuk mengintervensi pemerintah. Tetapi tujuan intervensi ini tidak lain dan tidak bukan, karena menginginkan sesuatu dari jatah APBN. Artinya, prinsip para pendiri komunitas ini diragukan konsistensinya. Tujuan yang mereka perjuangkan sejak dari awal akan melenceng kemana-mana begitu pemerintah mencairkan sejumlah besar dana ke lembaga tersebut.

Lembaga Swadaya Masyarakat tidak semuanya murni bekerja untuk rakyat. Mungkin saja ada yang tulus membela kepentingan rakyat tetapi itu hanyalah kelihatannya saja. Mereka memunculkan suatu masalah untuk menjelaskan kesalahan sekaligus memancing daya tarik masyarakat luas. Tetapi ketika popularitasnya semakin baik maka tujuannya mulai kabur seiring dengan tawaran oknum pemerintah yang semakin tinggi. Sebab semakin terkenal suatu organisasi tentu saja nilai jualnya semakin tinggi di masa-masa kampanye dalam pesta demokrasi. Jadi para pengurus organisasi ini sebenaranya bukan bekerja untuk kepentingan masyarakat tetapi untuk kesejahteraannya sendiri.

Komunitas menjadi kuda tunggangan di musim demokrasi

Untuk mencari dukungan jelas tidak mudah saat seseorang/ sekumpulan pemimpin beradu tanding dalam pesta demokrasi. Komunitas kecil dan besar menjadi salah satu sarana terbaik bagi para calon legislatif dan eksekutif untuk mencari dan mengumpulkan suara di masa-masa kampanye. Mereka akan mengembangkan sayap dan janji-janjinya untuk para petinggi dalam organisasi tersebut agar beroleh dukungan penuh. Ini akan menjadi kesempatan yang sangat besar bagi pengurus untuk beroleh pendapatan yang lebih besar. Juga sebagai sebuah kesempatan untuk menduduki kursi penting dan menguasai proyek tertentu dalam pemerintahan.

Organisasi tidak jelas adalah lahan subur mencari uang dan berlangsungnya keburukan

Ada sekumpulan orang yang menamakan dirinya sebagai LSM ini dan itu. Mereka mengaku telah melakukan banyak kegiatan lalu pemerintah akan mengakuisisi keberadaannya dengan mencairkan sejumlah dana. Padahal organisasi ini tidak jelas dan cenderung menjadi lahan subur berkembangnya berbagai-bagai kebobrokan di dalam masyarakat. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasan yang kami ajukan.

  1. Kesalahan pertama dalam suatu organisasi adalah saat para petingginya tidak menerapkan keadilan sosial dan memiliki aliran dana yang tidak transparan. Akibatnya, paguyuban semacam ini hanya akan menguntungkan oknum tertentu saja.
  2. Tingginya resiko doble keanggotaan dari satu orang. Artinya, hanya satu orang saja mampu memegang beberapa kartu organisasi yang berbeda. Ini dilakukan agar jatah pembagian yang diterimanyapun semakin banyak.
  3. Ketidakjelasan aktivitas membuat orang-orang ini hanya duduk saja tanpa melakukan sesuatu yang berfaedah bagi masyarakat. Padahal dana APBN/D yang mereka gunakan diambil langsung dari uang rakyat.
  4. Saat mereka telah memiliki suntikan langsung dari dana APBN maka kehidupannya akan berada dalam zona nyaman. Orang yang pintar berorganisasi tetapi sangat minim beraktivitas membuat kecerdasannya menurun.
  5. Biasanya orang yang tidak cerdas kurang mampu menemukan rasa bahagia di dalam dirinya. Sedang dia sendiri sangat ketergantungan dengan materi. Baginya uang adalah segalanya, sebab dari sanalah ia merasa senang.
  6. Organisasi yang tidak jelas semacam ini cenderung akan menjadi alat bagi penguasa untuk melakukan berbagai-aksi yang baik bahkan yang buruk sekalipun. Justru orang-orang inilah yang akan mengacaukan suatu negara. Hanya dengan mengucurkan sejumlah dana saja maka mereka akan membuat banyak rakyat bergerak untuk mewujudkan keinginan kapitalis/ penguasa (tergantung siapa yang mengucurkan dana).
  7. Komunitas yang tidak jelas hanya membina manusia bertemperamen buruk. Karena mereka hanya menunggu dijatahin sesuatu oleh pemerintah. Aktivitas yang minim membuat hawa nafsu yang sesat-lebay, kebinatangan dan kejahatan lainnya berkembang di dalam dirinya. Oleh karena itu jangan tanya kalau LSM semacam ini lebih banyak memelihara preman untuk kepentingan penguasa/ kapitalis tertentu.

Ada apa sebenarnya, mengapa semua orang ingin mendirikan organisasinya sendiri? Keadaan ini dipicu bukan karena mereka memang benar-benar pintar berorganisasi melainkan hanya karena sebuah pancingan. Ketika manusia dipancing oleh sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya sendiri, masing-masing orang akan berbondong-bondong dan berkerumun untuk melakukan hal yang sama. Ketika suatu komunitas tidak memiliki aktivitas yang berarti dibiayai dengan harga tinggi oleh negara maka orang-orang cerdas akan menirukan hal yang sama. Mereka merasa tidak masalah saat menerima gelontoran dana gratis dan besar tanpa tanggung jawab sedikitpun. Padahal dengan berlaku demikian, kecerdasannya sedikitpun tidak akan berkembang. Keadaan ini justru beresiko menimbulkan pertentangan, percekcokan bahkan perpecahan dalam suatu wilayah.

LSM tanpa aktivitas beresiko menjadi bom waktu. Dengan membina perkumpulan yang tidak jelas semacam ini, tidak akan memberikan faedah bagi negara. Sebab manusia yang aktivitasnya tidak ada cenderung lebih temperamen dibandingkan mereka yang sibuk bekerja. Keadaan ini bisa saja dimanfaatkan oleh oknum tertentu yang memobilisasi & mengarahkan mereka untuk melakukan aksi-aksi yang tidak sewajarnya. Akibatnya, orang-orang yang dimanipulasi oleh politik kepentingan beresiko memecah belah masyarakat.

LSM/ organisasi/ komunitas yang tidak memiliki aktivitas adalah ancaman bagi negara. Pekerjaan adalah sesuatu yang membuat orang tetap waras dan berpikir positif dalam menjalani hidupnya. Daripada memelihara perkumpulan orang-orang yang kurang kegiatan maka lebih baik bagi pemerintah untuk memberikan pekerjaan sandiwara. Tetapi semuanya ini kembali lagi kepada keadilan negara membagi sumber daya. Jika yang berorganisasi lebih tinggi pendapatannya niscaya manusia akan beramai-ramai melakukan hal tersebut. Sebaiknya negara memelihara komunitas yang jelas memiliki potensi positif untuk kebaikan masyarakat. Dengan demikian dapat diajak untuk bekerja sama, mendamaikan dan mensejahterakan kehidupan bersama.

Salam persatuan!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.