Keluarga

7 Manfaat Cicak Di Rumah – Jangan Memburu & Memakan Dagingnya!

Manfaat Cicak Di Rumah - Jangan Membunuh dan Memakan Dagingnya!

Sadarilah bahwa segala sesuatu yang ada disekitar kita tidak terjadi secara kebetulan seperti yang sering diungkapkan oleh banyak orang cerdas di luar sana. Bila kita kembali lagi ke teori evolusi atau lebih luas lagi tentang kosmologi maka akan menemukan bahwa orang-orang ateis beranggapan alam semesta terjadi begitu saja. Suatu hal yang kebetulan ada dan terjadi begitu saja tanpa rancangan dan tata kelola yang baik. Layaknya air yang tiba-tiba jatuh dari langit tanpa suatu sebab yang pasti. Padahal hujan tidak terjadi dengan sendirinya melainkan ada proses panjang yang menyertainya.

Mengapa cicak suka berada di rumah bersama manusia

Muncul pertanyaan yang paling mendasar saat kita membahas topik ini, mengapa cicak suka berada di rumah tepatnya di atas plafon di samping lampus? Ini adalah fenomena awam, seperti kata pepatah “dimana ada gula disitu ada semut.” Begitulah kadal yang satu ini menetap di dalam rumah karena serangga kecil sangat tertarik dengan cahaya lampu di malam hari sehingga membuat makhluk yang satu ini mendapat makanannya gratis. Untuk apa pergi jauh-jauh berburu ke hutan jikalau anda tahu tujuan serangga saat malam tiba? Itulah pintarnya kadal ini memanfaatkan kebiasaan serangga dan manusia sebagai keuntungan.

Ditempat kami sendiri, keberadaan makhluk ini tidak hanya di atas plafon/ tripleks saja melainkan mereka rutin berpatroli ke segala dinding rumah kita. Bahkan kerap kali mereka memasuki tempat sampah yang ada disamping meja kerja dimana jaraknya mudah terjangkau oleh tangan sendiri. Ngapain dia di tempat sampah? Pada awalnya kami berpikir bahwa cicak ini menjadi pemulung memakan sisa-sisa tetapi ternyata yang diburunya adalah semut yang menggandrungi sampah tersebut. Mereka seperti tidak takut dengan keberadaan kami yang cukup dekat. Sedang kami sendiripun merasa lucu sendiri karena kadang-kadang tercampak ke atas lantai papan saat sedang bercanda dengan temannya. Ruangan yang awalnya sepi ternyata bisa jadi rame karena keberadaan hewan kecil ini.

Ini tidak kebetulan ada di rumah kita

Jika segala sesuatu terjadi secara kebetulan, bagaimana mungkin hal yang tanpa perencanaan itu menciptakan keseimbangan alam? Demikian juga halnya dengan cicak yang ada di rumah kita tidak hadir secara kebetulan saja melainkan berperan penting untuk menciptakan keseimbangan di rumah kita yang sederhana. Jika anda mau mengambil waktu lebih lama maka akan menyadari bahwa kadal yang satu ini memang membawa berkah bagi kehidupan keluarga tercinta. Berikut ini klasifikasi dari cicak rumahan.

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Subordo : Sauria
Famili : Gekkonidae
Genus : Cosymbotus
Spesies : platyurus
Nama binomial : Cosymbotus platyurus (Wikipedia.org)

Predator yang mengusir cicak dari rumah

Cicak adalah salah satu binatang yang hidupnya enak, mengapa demikian? Sebab hewan yang satu ini juga terdapat di rumah orang miskin dan rumah orang kaya sampai istana presiden terkecuali untuk hunian yang telah dipasang dengan pendingin ruangan atau disebut juga AC. Berikut ini beberapa alasan mengapa tidak ada cicak di rumah anda.

  1. Rumah tidak ada pembatas antara ruangan dengan atap (plafon) sehingga tidak ada tempat untuknya hinggap. Mungkin saja dia ada tetapi tidak terpantau.
  2. Ada kucing yang bisa naik ke plafon.
  3. Tikus dimana-mana sebagai salah satu musuh alaminya.
  4. Ruangan tertutup dan ber-AC.
  5. Rumah baru di bangun atau sedang di bangun.
  6. Diperkotaan yang bebas serangga mustahil cicak hadir tanpa makanannya.
  7. Adik di rumah sering menangkap dan mempermainkannya.

Etiskah mengkonsumsi daging cicak?

Ada berbagai informasi yang tersebar di Internet yang menyatakan bahwa cicak itu baik untuk dimakan. Bisa menyembuhkan berbagai-bagai macam penyakit ini dan itu. Sadarilah bahwa semua informasi itu adalah bersifat umum adanya sebab semua daging juga bermanfaat seperti itu. Justru kalau kita belajar dari alam maka akan menemukan bahwa BINATANG PEMAKAN DAGING UMURNYA LEBIH PENDEK DARI HEWAN PEMAKAN TUMBUHAN. Jadi jelaslah bahwa sikap mengkonsumsi daging cecak tidaklah membawa perubahan berarti dalam kesehatan, toh masih ada daging lain yang ditujukan buat di makan dengan rasa lebih enak misalnya ayam, sapi, babi dan lain-lain. Sedangkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit silahkan mengkonsumsi obat segala penyakit yaitu garam.

Manfaat cicak yang dibiarkan hidup dan berpatroli di dalam rumah

Kita butuh kadal di rumah untuk menjaga keseimbangan serangga kecil sebab ketika sifat mau menang sendiri cenderung membuat bumi ini dipenuhi dengan serangga dan tikus. Jangan sepele dengan kadal kecil ini sebab banyak manfaat unik dan berkualitas yang dihasilkan dari kebiasaan menjaga keberadaan cicak di dalam ruangan/ kamar/ ruang tamu anda. Semua khasiat ini bisa kita raih jika tidak serakah dan mau hidup berbagi tempat dengan makhluk hidup lainnya. Berikut selengkapnya kegunaan dari predator tersebut.

  1. Predator nyamuk.

    Nyamuk adalah momok yang kerap kali menyerang daerah endemik yang menyebabkan berbagai-bagai macam penyakit berdasarkan jenis vektornya. Berikut ini beberapa penyakitnya adalah malaria, dengue fever, DBD, chikungunya, kaki gajah dan lain sebagainya. Simak juga, Tips membasmi nyamuk dari rumah.

  2. Memburu lalat.

    Lalat juga bisa menjadi vektor pembawa penyakit bagi manusia. Cicak akan dengan senang hati memburu serangga yang satu ini. Sehingga keberadaan lalat di rumah terkendali dan tidak sampai hinggap ke makanan kita. Tentunya dianjurkan juga untuk menggunakan tudung makanan agar tidak mudah dihinggapi oleh serangga pengganggu.

  3. Membunuh semut.

    Kami sendiri awalnya tidak tahu bahwa kadal yang satu ini adalah predator semut. Setelah menyadarinya kami membiarkannya berkeliling disekitar bahkan sangat dekat (terjangkau tangan). Dari sini kami baru menyadari bahwa ternyata makhluk kecil disekeliling kita sangat perhatian dan ramah ketika kita tidak mengganggu. Kami malah membiarkan mereka dekat-dekat sehingga terbiasa dengan keberadaan masing-masing.

  4. Membasmi laron secukupnya.

    Kalau musimnya tiba, laron akan datang secara bergerombol ke dalam rumah kita dan kadal inilah yang menjadi salah satu predatornya. Memang tidak semua dia makan sebab tentu saja perutnya tidak begitu besar untuk menampung laron yang datang bergerombol tetapi setidak-tidaknya mengurangi.

  5. Predator kupu-kupu malam.

    Saat malam tiba, ada kupu-kupu berukuran kecil yang mendatangi rumah. Tidak seperti kupu-kupu biasa yang bentuknya indah, kupu-kupu malam warnanya lebih pudar dari putih sampai coklat dan ukurannya lebih kecil dari biasanya.

  6. Membasmi lipan yang anakan dan Serangga kecil lainnya.

    Lipan yang ukurannnya lebih kecil pastilah disukai oleh makhluk hidup ini. Selain itu masih banyak serangga yang mungkin mendatangi rumah kita tetapi sudah dinetralisir terlebih dahulu oleh kadal ini.

  7. Kotorannya bisa untuk pupuk.

    Ini bisa jadi sebuah masalah bagi beberapa orang karena tidak sedap mata memandang saat tahi cicak ada dilantai atau bahkan di atas meja. Oleh karena itu, kami anjurkan agar tidak meletakkan tudung makanan tepat di bawah lampu melainkan geser sedikit ke kanan atau kekiri agar terhindar dari terpedo udara bewarna hitam dengan putih salah satu detonator di ujungnya. Juga selalu tutupi makanan dengan tudungnya atau simpan dalam lemari khusus makanan. Kitapun bisa menggunakan kotorannya yang agak berbau ini menjadi pupuk tanaman. Koleksi dari lantai atau meja menggunakan sarung tangan atau tissu sehingga bisa dipindahkan ke

Jangan salah persepsi lalu mengatakan bahwa predator membunuh semua mangsanya. Harap diingat bahwa keberadaan predator untuk menjaga keseimbangan jumlah serangga agar tidak berlebihan bukan memusnahkannya sama sekali! Itulah makna sebenarnya dari rantai makanan.

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita tidak ada secara kebetulan tetapi semua telah direncanakan Tuhan. Kadal jenis ini adalah salah satu predator yang bisa kita ajak berteman, jadilah sahabat predator dengan memberi mereka ruang yang cukup untuk hidup. Toh yang dimakannya bukan nasi atau lauk pauk melainkan serangga kecil yang kerap mengganggu kehidupan kita. Oleh karena itu, jangan egois apalagi serakah karena seburuk-buruknya cicak pastilah mendatangkan kebaikan juga asalkan kita bisa memandang keberadaan mereka dari sudut pandang positif.

Salam, ayo bersahabat dengan binatang!

2 replies »

  1. Sya tidak setuju kalo cicak itu memburu semut.
    Justru perhatikan baik2 cicak itu bukan memakan semutnya tapi mencuri remah – remah makanan dri semut. Karna cicak itu pemalas dan cenderung ingin kepraktisan, dan dia tau remah makanan yg di bawa para semut itu pilihan(sudah dipisahkan dengan kotoran) jadi enteng saja dia mejeng nongkrong menjilati remah – remah yg susah payah binatang kecil seperti semut gotong beramai – ramai sungguh cicak binatang pemalas,pengganggu yg menyebalkan dan membuat lekotoran.
    Anda bisa mempelajari fakta – fakta hewan pemakan semut bukan lah cicak. Rata – rata hewan pemakan semut memiliki ciri hidung yg sama dan bukanlah seperti cicak.
    Kotoran cicak itu mengandung berbagai macam penyakit yg mengganggu, tidak baik dijadikan pupuk,karna makanannya juga serangga yg hidup di tempat – tempat kotor seperti lalat dan nyamuk.pupuk kandang yg bagus dipakai itu dari kotoran hewan pemakan tumbuhan karna sistem kerjanya seperti kompos atau humus yg terbuat dari tumbuhan – tumbuhan.
    Tidak berbagi di rumah manusia pun cicak bisa hidup di alam bebas dan seharusnya diluarlah tempat mereka bukan di pemukiman manusia,karena dari sejarahnya juga cicak itu adalah binatang reptil tua yg generasinya telah hidup berjuta – juta tahun lebih awal dari generasi dinosaurus bahkan bisa bertahan sampai masa sekarang.
    Saya setuju dengan anda untuk menyayangi binatang tapi tidak dengan binatang reptil pemalas danenjijikan seperti cicak ini.

    Disukai oleh 1 orang

    • Waw, pengetahuan yang luar biasa teman….
      Justru taik cicak akan menjadi suatu ujian kesehatan bagi kita untuk meningkatkan daya tahan Tubuh.
      Kami lebih memilih untuk bersikap general terhadap hewan sebab mereka bisa mengendalikan diri dan mengendalikan jumlahnya. Artinya, saat tidak ada makanan, hewan-hewan itu akan saling makan (kanibalisme) jadi kita tidak perlu susah membunuh mereka.
      Terimakasih dan Salam jumpa kembali….

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.