Cerpen

10 Alasan Kisah Cinta Tak Seindah Lagu, Artis Cenderung Gonta-Ganti Pasangan – Lebih Baik Tujukan Itu Kepada Tuhan


Alasan Cinta Manusia Tak Seindah Lagu, Artis Cenderung Gonta-Ganti Pasangan – Lebih Baik Tujukan Itu Kepada Tuhan

Jelaslah bahwa lagu-lagu cinta begitu indah untuk dinyanyikan. Tidak hanya artis saja yang melakukannya melainkan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan kami sendiri menyukai hal tersebut, melakukannya hampir disegala waktu terkecuali ketika sedang sibuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Hanya saja, kami melakukan adaptasi terhadap lagu populer duniawi tersebut menjadi lagu rohani. Inilah terobosan terbaik selama menjalani hidup bahkan sekalipun kita berada di tengah-tengah permasalahan kecil, besar dan bertubi-tubi.

Masa muda (masa SMA) adalah masa yang paling indah

Memang kami akui bahwa kisah-kisah cinta manusia di masa muda, begitu memukau untuk diceritakan. Suasana hati kala kita masih muda sangatlah labil. Penyebab utama keadaan ini adalah situasi dimana fokus berpikir masih belum mantap. Alias cenderung berada dalam kekacauan berpikir. Ini juga menandakan bahwa kita belum menemukan ketenangan yang asalnya dari dalam hati saja. Tetapi begitu menyukai lawan jenis fokus berpikir kepadanya terus sehingga itulah yang membuat hati kita berbunga-bunga.

Mari angkat sebuah pertanyaan sederhan itu, “mengapa manusia yang sedang jatuh cinta hatinya begitu berbunga-bunga?” Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa orang yang mengalami hal tersebut adalah mereka yang masih kurang fokus kepada sesuatu selama hidup di dunia ini. Begitu mereka menemukan cewek atau cowok yang sesuai dengan keinginan hatinya maka secara drastis pikiran yang biasanya tidak mampu berkonsentrasi dipaksa untuk fokus terus memikirkan lawan jenis yang disukainya tersebut. Keadaan ini secara otomatis membuat suasana hatinya menjadi baik bahkan masalah yang biasanya menyusahkan hati pergi dan digantikan oleh cewek atau cowok tersebut.

Jutaan manfaat kita peroleh dari kemampuan fokus yang terlatih

Dari kejadian ini saja sudah kita ketahui betapa dahsyatnya manfaat dari membiasakan diri untuk memfokuskan pikiran pada sesuatu yang positif. Ketika otak terus memikir-mikirkan seseorang lalu suasana hati jadi senang bahkan berbunga-bunga. Dapat dipastikan bahwa demikian jugalah ketika kita senantiasa fokus kepada Tuhan. Alhasil saat sudah terbiasa dengan aktivitas tersebut akan banyak sekali ketenangan, kedamaian, kebahagiaan dan ketenteraman memenuhi hati sekalipun kita tengah dalam pencobaan hidup yang datang secara bertubi-tubi.

Orang yang sedang memadu kasih, bibirnya dipenuhi oleh kata-kata indah

Penciptaan lagu dikala masa pacaran adalah sebuah kreasi yang terwujud akibat suasana hati yang selalu berbunga-bunga saat memikirkan seseorang yang terkasih yang jauh di luar sana. Tercipta semacam keinginan yang tak masih terpendam dan belum terwujud yang disebut dengan kerinduan. Fokus hati yang begitu kuat kepada seseorang tetapi nyatanya indra masih belum mencitrakan apa-apa sebab kekasih yang diimpi-impikan masih jauh disana. Keadaan ini menunjukkan bahwa untuk bahagia sesungguhnya yang paling dibutuhkan adalah fokus hati/ pikiran bukan fokus indra/ fokus gemerlapan duniawi.

Disaat-saat merindu seperti inilah terkadang kala kita sedang santai, tiba-tiba lagu cinta yang syahdu dan memukau dilantunkan di dalam hati bahkan, bisa juga lewat bibir bahkan bagi mereka yang suka musik akan menggunakan beberapa instrumen tertentu.  Demikian halnya juga saat keadaan tersebut berlangsung dalam diri seorang seniman berbakat. Secara otomatis otaknya akan berputar cantik yang menghasilkan beberapa syair yang akan dirangkai dalam nada-nada yang enak di dengar oleh panca indra. Jadi, bisa dikatakan bahwa lagu cinta kemaknaan hanya bisa dibuat oleh seseorang yang sedang merindu. Sedang saat kerinduannya terjawab sudah niscaya tidak ada lagi syair yang menawan tersebut.

Alasan kisah kasih di sekolah tak seindah lagu

Kisah kasih di sekolah memang begitu seru bagi beberapa orang. Mereka menganggap bahwa masa-masa SMA adalah saat yang begitu seru dan indah dalam seumur hidup di dunia yang fana ini. Tapi tahukah anda bahwa semuanya itu tak seindah lagu tembang kenangan yang dinyanyikan oleh beberapa artis yang sangat populer dizamannya. Artinya, kebanyakan keindahan karya tersebut tidak sesuai dengan apa yang sedang dihadapi. Memang dulunya sesuai tetapi saat ini sudah jauh berbeda. Berikut alasannya kisah cinta manusia tak seindah syair lagu.

  1. Indah itu saat merindu dimana kekasih hati masih jauh.

    Sadarilah bahwa kekasih hati yang jauh di mata tapi dekat di hati itulah yang membuat kita merindu sehingga indah rasanya dunia ini untuk dilalui. Lagu tentang kerinduan memang cocok untuk dinyanyikan saat sedang merindukan seseorang. Tetapi bagaimana jadinya ketika kerinduan kita kepada kekasih hati sudah terjawab dimana pacaran sudah beranjak masuk dalam pernikahan, yang hidup sangat dekat – sekamar berdua dan tidak ada lagi kerinduaan.

    Itulah mengapa kami selalu mengatakan untuk mengubah lagu populer duniawi menjadi lagu sorgawi sebab kita masih merindukan Tuhan, merindukan surga-Nya, mengapa demikian? Karena sampai sekarang kita masih belum melihat-Nya secara indra alias secara tatap mata. Keadaan yang merindu inilah yang membuat hati menjadi begitu bahagia bercampur rindu untuk segera bertemu dengan Tuhan yang akan datang untuk kedua kalinya sebagai hakim atas dunia ini.

  2. Saat menyadari bahwa dia juga punya kelemahan dan kelebihan.

    Lagu yang kita nyanyikan setiap hari seolah-olah menunjukkan betapa luar biasanya cinta kasih kepada seseorang. Kita berpikir bahwa kekasih hati yang dimiliki seindah syair yang terucap. Sayang, belakangan kita menyadari bahwa, sikawan ini juga manusia biasa yang memiliki kelemahan dan kelebihan yang tidak sesempurna lagu cinta yang kerap kali kita bawakan.

    Inilah sebabnya, mengapa kami mengatakan bahwa ada baiknya jika segala syair yang indah itu hanya ditujukan kepada Tuhan saja. Buatlah lagu-lagu populer duniawi itu menjadi pujian dan penyembahan kepada Tuhan. Aktivitas ini akan meningkatkan kreativitas anda bahkan turut membuat hati damai, tenang, lega dan tenteram dimana-mana.

  3. Justru nyanyian yang kita bawakan kepada pasangan membuatnya manja bahkan terkesan sombong.

    Saat kita terlalu mengekspos keindahan kisah cinta berdua dalam berbagai syair. Keadaan ini beresiko membuat pasangan kita jadi manja karena terlalu dipuja-puji bahkan beresiko sombong pula kepada orang lain bahkan kepada diri sendiri. Ini murni kesalahan kita sendiri yang terlalu memuja-muji pasangan. Saking dipujanya pasangan, kita tidak mau dia lelah bekerja di rumah dengan mengadakan 3 orang pramuniaga (pembantu rumah tangga). Padahal keadaan ini jelas-jelas beresiko tinggi membuatnya semakin gila dengan entertainment, suka ngerumpi membicarakan keburukan orang lain (gosip) dan berbagai perilaku buruk ibu rumah tangga lainnya.

    Terlalu memuji seseorang (lebay) beresiko membuatnya sombong dan berlaku buruk terhadap orang lain. Itulah mengapa sebaiknya, kita memuja-muji Tuhan saja, justru dengan demikian kita semakin diberkati hari lepas hari. Kami sendiri tidak tahu betul apakah nyanyian yang dilantunkan untuk Tuhan sudah layak dan diterima-Nya atau tidak. Tetapi satu hal yang kami rasakan dengan pasti adalah ada ketenangan dan kebahagiaan yang abadi di dalam hati. Bahkan sekalipun berbagai-bagai masalah menerpa kita, asalkan pikiran tetap fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian niscaya semua dapat dihadapi dengan sukacita.

  4. Sewaktu kita menghadapi penderitaan bersama pasangan sehidup-semati.

    Memfokuskan pikiran untuk menyanyikan lagu-lagu tertentu membuat suasana hati menjadi baik. Saat kita melantunkan syair cinta kepada pasangan maka seolah-olah dalam sekejap kesenangan muncul dari dalam hati ini. Sayang , semuanya itu hanyalah di dalam nyanyian saja sedangkan di dunia nyata kerap kali kita merasakan betapa hari-hari yang dilalui kerap kali diselingi pula dengan penderitaan. Inilah yang menyadarkan kita bahwa kisah cinta manusia tidak seindah lagunya.

    Ada baiknya jika anda memberikan puji-pujian itu hanya kepada Tuhan saja. Sebab Tuhan tidak menjanjikan hal yang baik saja hari lepas hari. Tetapi ada keburukan yang dapat ditanggung dengan penuh kebahagiaan/ sikacita di dalam hati. Penderitaan yang kita alami di dalam Tuhan justru membuat diri ini semakin cerdas dan bijak menjalani hidup.

  5. Ketika menyadari bahwa pasangan sehidup semati kita mulai memudar.

    Hari tua itu pasti akan datang juga sebab tidak ada makhluk abadi di bumi ini. Pasti rasanya kurang sedap ketika kita menyanyikan lagu cinta yang romantis padahal umur sudah tidak muda lagi. Kerentaan ini justru akan membuat nyanyian tersebut tersendak dan hanya dinyanyikan setengah saja sebab tanda-tanda penuaan mulai muncul di atas tubuh ini.

    Sebaliknya, saat kita melantunkan lagu-lagu pujian tersebut untuk Tuhan saja niscaya hati damai, bahagia dan tenteram sehingga mampu menerima keadaan pasangan apa adanya. Justru kedekatan kita dengan Tuhan membuat hubungan dengan sesama semakin intim dan awet hingga kakek-nenek bahkan hingga ajal menjemput kita.

  6. Sewaktu fokus kita lari lalu mulai memikirkan orang lain yang lebih baik.

    Ini salah satu dampak buruk dari kebiasaan berimajinasi memiliki pasangan yang sesempurna lagu. Saat seseorang menyadari bahwa ternyata pasangan yang ada disampingnya sudah hilang daya tariknya di telan usia, besar kemungkinan akan melirik orang lain yang lebih muda dan menawan. Ujung-ujungnya minta cerai dengan istrinya/ suaminya lalu menikahi orang yang lebih muda dan menawan.

    Sadarilah jika yang ada di dalam hati kita adalah syair cinta yang selalu romantis padahal hubungan dengan pasangan tidak selalu romantis nicaya hati mulai melirik orang lain untuk di puja-puji. Oleh karena itu, jangan sampai fokus memuliakan Tuhan lari kepada hal lain, bisa saja hawa nafsu menjadi tidak terkendali lalu menginginkan hal yang aneh-aneh.

  7. Lagu dibuat untuk populer sedangkan cinta kita dengan sesama tidak selalu populer bahkan bisa dikatakan tidak dikenal orang lain yang bukan kerabat dekat.

    Seniman membuat lagu tertentu biar populer bahkan sampai hampir semua orang diseantero daerah kita mengenalnya. Kitapun saat menyanyikannya merasa senang karena hal tersebut sangat terkenal diantara manusia. Kemudian kita berkhayal dengan berpikir bahwa kisah cinta kita akan sepopuler lagu yang dinyanyikan. Tapi sayang, apa yang kita harapkan berbeda jauh dari kenyataan sehingga membuat hati kecewa bahkan menjadi sedih dan galau pula.

    Terkadang pikiran kita suka berimajinasi. Khayalan menjadi liar lalu mulai timbul harapan yang tidak penting, yaitu membuat kisah cinta kita menjadi terkenal seterkenal lagu yang dinyanyikan. Sayang sekali, hal tersebut tidak menjadi nyata sekalipu kita berusaha mati-matian mencari sensasi lebay untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, tepis imajinasi yang tidak bermanfaat dengan senantiasa bernyanyi memuliakan Tuhan di dalam hati.

  8. Lagu sebagai salah satu bentuk karya seni merupakan bagian dari imajinasi.

    Syair adalah hasil karya seni yang kemungkinan besar dihasilkan dari imajinasi seseorang. Karya seni memang baik sebagai salah satu perumpamaan untuk menambah pengalaman hidup. Hanya saja, kita harus berhati-hati karena ada berapa kesenian yang terkesan berlebihan dan tidak masuk akal. Oleh karena itu selektif dan kritislah memilah-milahnya.

    Imajinasi jelas berbeda dari kenyataan. Oleh karena itu saat menikmati suatu karya seni, ambil maknanya saja, apa hal yang bisa dipelajari dari keadaan tersebut, sekedar motivasi. Sedang untuk melakukan hal tersebut di dunia nyata terkadang kita tidak dapat memenuhinya karena kenyataan jelas beda dari khayalan.

    Di dalam Kitab Suci ada juga digambarkan kisah-kisah imajinatif tetapi semua kisah itu menunjukkan suatu makna untuk sesuatu hal yang pasti sudah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi. Bahasa dalam Kitab Suci lebih menceritakan kepada penggambaran tentang suatu waktu yang nyata (kisah nyata). Sedangkan dalam beberapa karya seni (pantun, puisi, lagu, novel, roman, film, sinetron, ftv dan lain sebagainya) hal tersebut hanyalah imajinasi yang dihubung-hubungkan dengan ilmu pengetahuan plus logika.

  9. Membuat bosan saat terus menerus dilantunkan.

    Ada satu titik dimana saat kita terus menerus menyanyikan lagu yang sama setiap waktu akan mulai muak lalu berhenti bernyanyi. Lain halnya ketika sedang memuji Tuhan, sekalipun yang terucap hanya Haleluya dan beberapa kata sederhana lainnya tetapi sangat mengena saat dinyanyikan di dalam hati sekalipun secara berulang-ulang.

    Bila menyamakan kisah cinta anda dengan sebuah lagu romantis berarti pada satu titik di masa depan anda akan menemukan kejenuhan dengan pasangan.

  10. Itulah sebabnya, ada artis yang suka menyanyi tetapi hobi gonta-ganti pasangan karena terus hidup dalam imajinasi dan tidak siap menderita bersama pasangan.

    Pernahkah para pembaca mendengarkan kisah tentang seorang artis yang kerap kali gonta-ganti pasangan? Kemungkinan besar keadaan ini dipengaruhi oleh karena si artis tersebut beranggapan bahwa kisah cinta yang dialaminya selalu seindah lagu. Padahal seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa lagu duniawi pada satu titik akan menyebabkan kejenuhan. Demikian juga hubungan anda dengan pasangan suatu saat mengalami kejenuhan karena apa yang anda harapkan (seperti yang termuat dalam syair yang dinyanyikan) tidak sesuai dengan kenyataan yang sedang berlangsung. Sehingga mengganti pasangan hidupnya dengan mencari orang lain (gonta-ganti pasangan).

—–#—–

Kami tidak memaksa anda untuk berhenti membuat lagu cinta kepada sesama. Tetapi selalu pahamilah dengan sungguh-sungguh bahwa pasangan anda bukanlah manusia sempurna seperti apa yang dinyanyikan oleh artis yang anda kenal baik, artis Korea dan film Korea romantis lainnya. Kenyataannya hanya Tuhanlah yang sempurna! Lihat seluruh ciptaannya membentang luas yang seimbang satu-sama lain. Tidak ada ciptaan yang benar-benar musnah melainkan hanya mengikuti pola-pola siklus kehidupan yang berputar sempurna.

—–#—–

Jika saat ini anda adalah seorang seniman pencipta lagu, jangan fokus pada karyamu dan jangan fokus pada betapa terkenalnya lagu yang dihasilkan. Sebab saat kita fokus kepada hal-hal duniawi semacam ini, itu artinya kita membanggakannya. Keadaan ini menunjukkan bahwa kita menjadikan karya tersebut bukan untuk bermanfaat bagi orang lain tetapi untuk keuntungan pribadi semata. Sebaliknya, alangkah lebih baik jikalau anda mengarahkan fokus dengan mengasihi Tuhan sepenuhnya dan mengasihi sesama seperti diri sendiri.

—–#—–

Pujian sebaiknya kita berikan kepada Tuhan karena perbuatannya yang besar telah membuat alam semesta yang berjalan dalam siklus sempurna. Sedangkan manusia, hanyalah manusia terbatas dimana mungkin saja ada satu sisi yang tidak kita sukai di dalam kehidupannya.

—–#—–

Ketika kita terus hidup dalam imajinasi akibat lagu yang kita nyanyikan sedangkan kenyataan yang dihadapi sama sekali tidak demikian. Alhasil keadaan ini beresiko tinggi membuat seseorang kecewa, menyesal, marah hingga stres. Bahkan karena terlalu terbius dengan keindahan lagu, membuat kita lupa diri lalu terus-menerus mencari kekasih dengan gonta-ganti pasangan hidup. Karya yang kita hasilkan mengindikasikan bahwa semua akan terus membaik tetapi realitas kadang menempatkan kita tersudut, terpuruk hingga terjatuh. Oleh karena itu, sebaiknya lantunkan senandung yang indah itu hanya untuk Tuhan saja. Dialah satu-satunya yang terus membuat kita bertahan dan berkembang di bumi ini. Bahkan kasih setianya, indah pada waktunya. Temukanlah itu di dalam dirimu teman.

—–#—–

Saat hubungan kita dengan Tuhan baik niscaya hubungan dengan sesama juga semakin langgeng sekalipun gejolak kehidupan sering kali menerpa dari waktu ke waktu.

Salam luar biasa!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.