Lingkungan

+ 10 Bukti Rotasi Bumi Menghasilkan Energi Alternatif – Alasan Tidak Bisa Mengamati Gerakan Bumi Saat Berotasi Secara Langsung


Gambaran rotasi bumi

learner.org

Alam semesta penuh dengan aktivitas – pastikan itu positif

Tidak ada yang diam di seluruh alam semesta ini, bahkan matahari sekalipun pastilah berputar pada tempatnya. Layaknya tumbuhan yang senantiasa bergerak oleh karena pengaruh angin dan pertumbuhannya sendiri. Sekalipun ini termasuk dalam gerakan pasif tetap saja hal tersebut termasuk dalam gerakan positif untuk membuat hidupnya selalu aktif yang bermanfaat bagi dirinya sendiri. Demikian halnya juga dengan hewan-hewan liar bahkan yang kita pelihara sekalipun cnederung melakukan pergerakan. Terlebih lagi dengan manusia yang juga senantiasa bergerak dari waktu ke waktu.

Kita bergerak selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari juga agar pikiran senantiasa segar-bugar. Coba bayangkan bagaimana rasanya saat anda terus menerus diam tanpa melakukan apa-apa? Rasanya pasti suntuk dan kepala pastilah pusing. Selain itu, aktivitas yang kita lakukan juga berkaitan erat dengan kecedasan masing-masing orang. Artinya, orang yang senantiasa aktif biasanya memiliki kecerdasan yang lebih baik jdibandingkan dengan yang pasif. Terlebih lagi. jikalau seseorang mampu melakukan aktivitas multitasking  dalam waktu bersamaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa bagi manusia aktivitas sangat menentukan kebahagiaan hati  yang dirasakan masing-masing orang.justru lewat

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Kesimpulannya, seluruh makhluk hidup yang ada dimuka bumi senantiasa bergerak, tidak ada satu makhlukpun yang  hidupnya diam-diam saja sepanjang umurnya. Jika makhluk hidup saja demikian maka dapat dipastikan bahwa benda mati (misalnyatanah dan bumi ini juga akan melakukan hal yang sama. Bentuknya yang bulat senantiasa membuatnya mampu bergerak secara seimbang dan konstan untuk kebaikannya sendiri. Oleh karena itu, betapa ruginya kita satu hari ini bila belum melakukan satupun aktivitas untuk menyatakan kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama.

Ilmu pengetahuan baik tetapi bila digunakan untuk membuat diri sendiri lebih unggul dari orang lain akan menjadi jahat

Ilmu pengetahuan atau disebut juga sebagai sains adalah anugrah Tuhan. Sains tidak mungkin bertentangan dengan kehendak Tuhan tetapi sejalan dengan kehendak-Nya. Hanya saja, manusia cenderung menuhankan sains itu sendiri sehingga mereka melupakan Tuhan lewat berbagai-bagai penemuan yang mereka hasilkan. Ini jelas sekali saat ada beberapa ilmuan yang berubah menjadi atheis. Lewat semuanya itu, mereka menuhankan diri sendiri, mengejar arogansi agar ia sendiri (kelompoknya) lebih unggul dari orang lain. Dalam posisi inilah ilmu pengetahuan telah menjadi racun bagi manusia itu sendiri. Sebab masing-masing orang ingin diakui/ ingin lebih hebat dari sesamanya. Jika kita tidak memperjuangkan kesetaraan maka kehidupan masyarakat akan hancur bahkan peperangan akan segera terjadi menghampiri kita dan orang-orang yang kita cintai.

Penggunaan pengetahuan yang arogan membuat kita serakah, merugikan kelompok masyarakat tertentu dan merusak lingkungan

Selama kita memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk membangun, memperjuangkan dan mempertahankan kesetaraan maka selama itu pula seluruh umat manusia akan berjalan bersama dalam kedamaian dan kesejahteraan. Akan tetapi, ketika sistem sosial yang kita anut mulai melebihkan orang-orang tertentu sedangkan yang lainnya direndahkan secara halus maka disinila awal kehancuran itu mulai terjadi. Sebab yang namanya arogansi membuat hawa nafsu manusia tidak pernah puas akan apa yang dimilikinya. Lewat pengetahuan  yang dimiliki, mereka akan melakukan eksploitasi besar-besaran  untuk mengejar kenikmatan dan kemuliaan duniawi yang lebi dan lebih lagi. Akibatnya, aktivitas sains terkesan berlebihan yang merugikan orang/ kelompok tertentu dan merusak lingkungan alamiah. Padahal, lingkungan alamiah adalah pelindung aktivitas manusia di bumi ini.

Pengertian rotasi bumi

Rotasi bumi adalah (1) perputaran; (2) cara menanam berbagai jenis tanaman pada bidang tanah yang sama secara bergilir dalam jangka waktu satu tahun atau lebih (KBBI Luring). Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Aktivitas ini terus berlangsung dari waktu ke waktu juga dari zaman dulu sampai zaman sekarang. Waktu yang dibutuhkan oleh planet ini untuk berputar satu kali putaran penuh disebut dengan kala rotasi bumi. Dalam pemahaman kita, satu rotasi penuh ini membutuhkan waktu satu  hari (24 jam). Tetapi pada kenyataannya hal tersebut hanya berlangsung selama 23 jam 56 menit dan 4 detik. Inilah alasan mengapa dalam tahun kabisat setiap empat tahun sekali kita merayakan tanggal 29 januari untuk memenuhi kekurangan waktu rotasi yang telah kita abaikan selama ini.

Pendekatan rotasi bumi by scienceblogs.com

scienceblogs.com

Rotasi bumi menghasilkan gaya sentripetal yang mempengaruhi gravitasi (rotasi adalah gravitasi) dan pendekatan ilustrasi untuk lebih paham

Pernahkah anda jalan-jalan ke “Pasar Malam” saat musim-musim liburan telah tiba? Adakah kala itu anda menonton sesi acara Balap Maut yang ditampilkan? Bagaimana mungkin orang-orang ini bisa berjalan di atas dinding yang hampir tegak lurus menggunakan motor balap? Tahukah anda bahwa ada sebutan khusus untuk jenis gaya yang membuat orang-orang tersebut tetap lengket di dinding selama terus bergerak, yaitu gaya sentripetal. Tetapi apa yang terjadi jika yang bergerak bukanlah para pembalap itu tetapi dinding tempat lintasan mereka berada.Pasti yang terjadi mereka akan tercampak menuju ke tengah-tengah tabung lintasan, inilah yang disebut dengan gerakan sentripetal.

Masih kurang jelas ya tentang gaya sentripetal. Kami akan memberikan satu pendekatan lainnya. Eksperimen kali ini dapat dilakukan oleh siapa saja dimanapun anda berada. Untuk memulai pecobaan ini, anda hanya membutuhkan batu kecil saja yang seukuran kelereng atau lebih kecil lagi. Ambillah batu tersebut lalu letakkan di atas telapak tangan anda. Kemudian telungkupkan telapak tangan anda ke bawah, apa yang terjadi? Pastilah batu yang awalnya berada di telapak akan terjatuh ke bawah. Buat juga begini, ambil batu tersebut, letakkan di atas telapak tangan lalu rentangkan tangan anda sejauh mungkin ke samping. Lakukanlah gerakan cepat lalu pindahkan telapak tangan anda ke sisi sebaliknya (secepat yang anda bisa), apa yang terjadi?  Ya batu kecil itu tidak akan terjatuh selama tangan bergerak akan tetapi setelah tangan anda berhenti di sisi sebelah pastilah batu itu akan terjatuh: inilah yang dimaksud gaya sentripetal itu.

Selama planet kita tercinta ini berotasi, gaya sentripetal akan terbentuk yang kemudian di kenal sebagai gravitasi. Sedang, gaya sentripetal itu sendiri adalah gaya yang bekerja menuju pusat atau sumbu. Gaya inilah yang membuat kita tetap lengket di atas permukaan tanah. Ditambah lagi ketika tidak ada gaya yang lebih besar yang bekerja menarik kita ke luar angkasa, sebab planet terdekat jaraknya jutaan kilometer dari bumi. Jadi bisa dikatakan bahwa kecepatan rotasi suatu planet sangat menentukan gaya gravitasi yang dihasilkannya. Bisa dikatakan bahwa semakin cepat rotasinya maka semakin besar pula gaya gravitasi yang terbentuk.

Kita tidak bisa mengamati rotasi bumi secara langsung tetapi dapat mengamati akibatnya.

Muncullah pertanyaan, apakah kita bisa mengamati rotasi bumi secara langsung? Mengapa kita tidak melihat tanah bergerak atau air bergerak di sekitar kita? Masalahnya adalah bumi ini terlalu besar untuk diamati oleh mata telanjang. Andaipun kita berada di luar angkasa untuk mengamati hal tersebut tetap saja tidak teramati. Kejadian ini sama seperti ketika kita melihat bulan di malam hari. Sadar atau tidak, bulan juga berotasi pada sumbunya tetapi tetap saja kita tidak mampu mengamati perputaran tersebut secara mata telanjang. Berikut beberapa faktor penyebab kita tidak bisa mengamati rotasi bumi secara langsung.

  1. Kita tidak lagi merasakan gaya rotasi bumi karena sudah terbiasa.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa rotasi bumi menghasilkan gaya gravitasi tetapi kita tidak menyadari bahwa selama ini ditarik kebawah oleh kekuatan itu. Hal ini terjadi karena kita sudah terbiasa dengan gaya tersebut sejak dilahirkan ke dunia ini. Terkecuali bagi mereka yang baru sadar dari sakit atau koma yang panjang. Biasanya, orang-orang ini akan oleng badannya ke kiri atau ke kanan bahkan hingga terjatuh oleh karena pengaruh gaya sentripetal (gravitasi) yang dihasilkan dari rotasi bumi.

  2. Ukuran dan diameter bumi yang besar membuat gerakannya (rotasinya)_ lambat.

    Semakin kecil jarak (diameter) maka semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk berotasi sekali putaran sehingga sesuatu terlihat sangat cepat. Saat semakin panjang jarak (diameter) yang ditempuh maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk berotasi sekali putaran sehingga terlihat lebih lambat bahkan tidak terpantau oleh mata telanjang.

  3. Kemungkinan mengamati rotasi bumi dari jauh tetap tidak terpantau.

    Saat mengamati pertandingan balap mobil dari dekat pasti penglihatan kita mengamatinya sangat cepat. Tetapi saat mengamati balap mobil jauh di luar stadion, yakni di salah satu gedung tinggi di daerah tersebut maka kita akan melihat pergerakan mobil-mobil itu seolah seperti semut yang sedang merangkak

    Ini sama halnya juga saat kita sedang melihat bulan di malam-malam tertentu. Sesungguhnya satelit yang satu ini mengalami rotasi tetapi tidak teramati oleh mata telanjang karena jarak yang jauh mengaburkan kecepatan.

  4. Medan elektromagnetik bumi seperti perisai yang membungkus, melindungi dan membuat kita tetap aman.

    Sekalipun di luar angkasa gaya tarik matahari yang begitu kuat terus berlangsung tetapi hal tersebut tidak menarik seluruh isi bumi. Tetapi yang tertarik ke arah matahari hanyalah gas-gas yang dibutuhkannya saja. Sedangkan dari strukturnya sendiri, yang lebih mirip dengan struktur matahari hanyalah inti bumi semata. Sabuk elektromagnetik planet atau disebut juga gaya gravitasi akan menghalangi indra untuk mengamati aktivitas tersebut secara langsung.

    Atau bisa juga mata dihalangi oleh atmosfer saat berada di luar angkasa seperti saat kita melihat bintang (planet) yang jauh disana ternyata hanya satu warna, yaitu cahaya putih atau keemasan yang dipancarkan oleh atmosfernya dari hasil pantulan sinar matahari.

  5. Kita tidak bisa mengamatinya secara langsung karena menjadi bagian darinya.

    Selama kita masih hidup dan berpijak di bumi ini maka selama itu pulalah kita tidak menyadari sedang bergerak ke sana kemari sebab sudah menjadi bagian yang terlindung didalamnya. Ini seperti saat kita sedang berada di dalam kapal saat melaju dalam kecepatan tinggi. Tidak merasakan apapun selain dari desau mesin dan deru ombak. Dua hal inipun hanya akan kita sadari saat berada di luar geladak kapal tetapi saat berada di dalam geladak atau di dalam salah satu sarana rekreasi yang disediakan, niscaya tidak ada rasa apa-apa dan kitapun menikmati momen tersebut dengan santai dan biasa saja.

Bukti bahwa bumi senantiasa berotasi dari waktu ke waktu

Saat kami memperhatikan rotasi planet biru, tidak memperhatikan yang besar, apa saja yang besar itu? Yang besar adalah bumi itu sendiri, yakni tanah dan batuan yang menyusunnya. Tetapi yang kita amati adalah  molekul kecil yang ada disekitarnya, yaitu udara (angin) dan air (lautan). Kedua jenis partikel ini tidak sekeras batu atau logam. Ketika batu dipukul maka getaran akan timbul keseluruh bagian batu tersebut. Akan tetapi ketika angin dan air dipukul atau permukaannya bergesekan maka yang terpengaruh hanyalah partikel yang mengalami gesekan sedangkan bagian lainnya terkesan tenang-tenang saja.Sebab ikatan antar molekulnya sangat fleksibel dan memiliki keterkaitan yang lemah dengan molekul lainnya.

Seperti tersirat dalam ajaran Tuhan Yesus: yang kecil akan mengawali yang besar dan yang kecil akan menjelaskan yang besar dimana segala sesuatu di alam semesta adalah terhubung. Dari sini jugalah kami berangkat untu tidak mengamati bumi yang besar ini sebab mustahil mata kita yang kecil mampu memperhatikan seluruh isi dunia ini. Terkecuali jikalau matamu adalah Mata Tuhan. Oleh karena itu, mari kita mulai saja membahas hal tersebut, seputar bukti dan sekaligus alasan mengapa bumi ini tidak pernah diam.

  1. Tidak ada yang benar-benar diam di alam semesta.

    Pelajarilah berbagai-bagai pola yang terbentuk di sekitar anda. Misalnya tentang makhluk hidup yang terus saja bergerak dari hari ke hari. Pohon sekalipun tidak bergerak secara nyata tetapi proses pertumbuhan dan angin yang berhembus disekitar, membuatnya cenderung bergerak pasif. Hewan-hewan sekalipun beberapa memiliki liang/ sarang tetapi ada waktu dimana mereka keluar untuk mencari makanan dan berburu. Sedangkan manusia sendiri dapat dinilai kecerdasannya dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Artinya, orang yang pikirannya lebih banyak kosong kurang cerdas dibandingkan dengan mereka yang otaknya selalu aktif (lewat fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja). Pada hakekatnya semua makhluk yang ada di muka bumi ini bergerak terus dan terus. Maka demikianlah seharusnya bumi ini juga harus senantiasa aktif sebagai pertanda bahwa ia hidup dan masih aktif melindungi makhluk-makhluk yang ada didalamnya.

    Inilah yang menegaskan bahwa hal-hal kecil menjelaskan yang besar dan yang kecil menggambarkan yang besar: persis seperti pernyataan Tuhan Yesus, yang berkata demikian.

    (Matius 25:21) Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

  2. Gerakan matahari di siang hari.


    Jika anda mengamati gerakan matahari pada waktu pagi sampai petang maka akan menemukan bahwa ia selalu bergerak lambat dari timur ke barat. Akibatnya, di awal pagi akan terasa hangat, tepat saat posisinya ditengah terik mentari berada pada puncak panasnya dan saat sore tiba tampak bahwa ia seolah tenggelam di ufuk barat. Orang awam mungkin berpikir bahwa mataharilah yang bergerak dari timur ke barat tetapi mereka yang mengerti sains akan menyadari bahwa keadaan ini dipicu oleh rotasi bumi yang bergerak dari barat ke timur.

  3. Bulan dan bintang di malam hari.

    Waktu Siang Dan Malam Di Bumi by Google

    Google

    Saat malam tiba, terkadang kita bisa melihat bulan (tidak setiap malam). Memang bulan juga yang bergerak mengelilingi bumi dan matahari. Tetapi disamping itu, keadaan ini juga dipengaruhi oleh gerak rotasi planet biru yang berputar pada sumbunya. Pada umumnya gerakan yang bisa kita amati lambat tetapi sesungguhnya pergerakan bulan mengorbit termasuk cepat akan tetapi jaraknya yang sangat jauh menipu mata yang melihatnya sehingga tergolong sangat lambat.Saat kita menatap bintang-bintang di langit dengan seksama, benda-benda langit itu bergerak sangat lambat. Bahkan terkadang beberapa diantaranya berkedip oleh karena pengaruh atmosfer planet tersebut yang sedang bergjeolak. Pada dasarnya  posisi dan rasi  bintang tidak akan banyak berubah terkecuali jikalau anda beralih ke kota lain yang sangat jauh di belahan bumi yang lain.

  4. Penentuan waktu – Penanggalan tahun kabisat.

    Tahukah anda bahwa sesungguhnya kala rotasi bumi tidak sampai 24 jam penuh melainkan hanya 23 jam 56 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berovolusi mengelilingi matahari adalah satu tahun (365 hari). Untuk menggantikan menit-menit yang kita abaikan inilah maka tanggal 29 februari hanya terjadi sekali dalam empat tahun.

  5. Gerakan angin.

    Energi Angin Akibat Rotasi Bumi

    jschaible.com

    Memang kadang juga gerakan angin dipengaruhi oleh polutan, cuaca dan suhu udara di daerah setempat. Biasanya angin akan bergerak dari daerah bertekanan tinggi/ bersuhu rendah ke daerah bertekanan rendah/ bersuhu panas. Akan tetapi, dalam keadaan normal bukan anginlah yang bergerak tetapi bumi inilah yang senantiasa berotasi.

    Angin disekitar kita memang tergolong tenang karena masih tertahan oleh kontur permukaan bumi, pepohonan dan gedung-gedung. Tetapi jika anda berkesempatan untuk berkunjung atau jalan-jalan ke lautan maka akan selalu merasakan semilir angin dari waktu ke waktu.

    Demikian halnya juga ketika kita berada di tempat-tempat yang tinggi dimana tidak ada lagi yang menghalangi (misalnya di atas puncak gunung) pastilah semilir angin akan selalu berhembus disana (tanpa henti). Semilir angin semacam ini jelas-jelas tidak dipengaruhi oleh tekanan dan suhu udara melainkan hembusannya terjadi karena kita yang bergerak mengikuti rotasi sedang angin sebagai molekul yang kecil tetap di tempatnya.

    Ini sama halnya saat kita sedang naik motor. Ketika menggas motor di daerah yang sepi pastilah angin yang menerpa kita terasa sangat kencang padahal bukan anginnya yang bergerak tetapi kitalah yang bergerak kencang. Oleh karena pengaruh rotasi arah angin yang timbul selalu berlawanan arah dengan rotasi planet biru.

    Pengaruh rotasi bumi terhadap angin bisa dimanfaatkan sebagai generator yang tidak pernah habis (rotasi tidak pernah berhenti). Hanya saja harus ditempatkan di daerah dataran tinggi tanpa pegunungan disekitarnya atau di puncak gunung. Lalu dibuat menghadap ke barat atau timur (agar berdampak langsung terhadap rotasi bumi dari barat ke timur). Alhasil ini akan menjadi energi alternatif yang akan menyumbang lebih banyak listrik bagi penduduk.

  6. Pergerakan awan.

    Amati dengan seksama pergerakan awan di tempat anda, Apakah awan tersebut terlihat bergerak sangat lambat? Sadarilah bahwa gerakan yang lambat itu teramati karena jarak anda dan jarak awan tersebut sangatlah jauh. Akan tetapi, jika anda memiliki biaya lebih dan dapat menggunakan pesawat layang atau terjun payung ke atas sana maka akan menyaksikan betapa cepatnya awan-awan itu bergerak. Arah gerakan awan selalu berlawanan arah dengan rotasi bumi. Sekarang muncul pertanyaan dari kami, apakah kecepatan angin di tempat tinggi dan awan dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menghitung rotasi bumi?

    Pergerakan yang berlawanan dengan rotasi bumi ini tidak berlaku bagi awan yang berada di tempat yang rendah sehingga pergerakannya dipengaruhi oleh tekanan dan suhu udar. Lagipula awan yang rendah akan terhalang oleh keberadaan gunung yang tinggi disekitarnya sehingga tidak bergerak melawan rotasi melainkan sesuai dengan tekanan udara. Awan yang bergerak ke barat berlaku untuk yang berada tinggi di atas, seberapa tinggikah itu? Mudah saja untuk menentukannya, jika anda mengamati awan tersebut mengarah ke barat berati itulah dia.

  7. Gerakan air laut.

    Gelombang laut akibat rotasi bumi

    Google

    Tahukah anda bahwa pinggir laut terus bergelombang karena pengaruh rotasi bumi? Tetapi coba perhatikan lautan yang luas dan dalam pastilah airnya terasa tenang-tenang saja. Jadi, pertanyaannya sekarang adalah mengapa kekuatan rotasi bumi sangat terasa di pinggir pantai? Ini terjadi karena kekuatan air laut yang melawan rotasi bumi terkonsentrasi di pinggirnya.

    Mari lakukan lagi percobaan yang sederhana ini. Ambil ember yang cukup besar, isilah airnya sampai hampir penuh lalu putarlah ember tersebut searah dengan jarum jam atau sebaliknya (tanpa harus menganggkatnya), apa yang terjadi? Jika anda bisa mengamatinya dengan seksama maka akan timbul semacam gelombang yang terjadi di pinggir permukaan air. Eksperimen ini membuktikan mengapa di pinggi pantai gelombang laut sangat terasa.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa ketika molekul kecil dan fleksibel mengalami gesekan maka yang terpengaruh hanyalah bagian yang terkena gesekan tersebut (bagian pinggirnya saja) sedangkan bagian lainnya (misalnya bagian tengah) terkesan stabil saja. Itulah mengapa lautan yang luas bisa-bisa adem dan kalem tetapi pinggir pantai sangatlah bergelora.

    Kekuatan rotasi bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang tidak pernah habis, yaitu dengan memanfaatkan gelombang lautan sebagai tenaga generator. Terutama untuk daerah pantai yang berhadapan langsung dengan samudera yang luas. Inilah pekerjaan pemerintah yang sebenarnya.

  8. Perubahan cuaca.

    Pernahkah anda mendengar berita tentang bencana atau keadaan di daerah yang satu yang terbawa ke daerah yang lain? Misalnya tentang cuaca dingin dari Australia yang membuat Indonesia sejuk atau cuaca buruk dari samudra pasifik yang terbawa ke Indonesia? Sadarilah bahwa keadaan semacam ini akan terus terjadi karena perputaran rotasi bumi dari barat ke timur.

  9. Gerakan pesawat di udara.

    Pesawat lebih cepat tiba saat ke barat karena rotasi by hearstapps.com

    hearstapps.com

    Pernahkah anda berpergian dengan menggunakan pesawat? Silahkan lakukan eksperimen pribadi dengan menghitung perbedaan waktu keberangkatan/ kedatangan dari barat ke timur atau dari timur ke barat. Biasanya, waktu tempuh dari barat ke timur akan lebih lama daripada waktu tempuh dari timur ke barat. Atau waktu yang dibutuhkan untuk ke barat akan lebih cepat daripada saat hendak ke timur. Dengan catatan kecepatannya tidak jauh berbeda.

  10. Pergerakan kapal dilautan bebas.

    Kapal lebih lama sampai saat menuju ke timur by ert.gr

    ert.gr

    Sama halnya seperti perjalanan pesawat, demikian juga dengan perjalanan kapal-kapal di lautan yang luas. Kapal yang bergerak dari timur ke barat akan lebih cepat sampai dibandingkan dengan kapal yang berangkat dari barat ke timur. Artinya, BBM yang dibutuhkan oleh kapal untuk berpergian ke arah barat lebih hemat daripada BBM yang dibutuhkan saat berpergian ke arah timur. Dengan catatan kecepatan yang ditempuh oleh kapal tidak jauh berbeda. Biasanya kecepatan itu dipengaruhi oleh jenis kapal, cuaca dan jumlah penumpang.

    Pertanyaannya sekarang, mengapa hal ini tidak terjadi saat kita menggunakan alat transportasi darat? Ya benar… Daratan dan jalanan ikut terseret saat perputaran ini terjadi sedangkan lautan dan angin akan tetap ditempatnya ketika ketika bumi ini berputar-putar. Partikel udara dan air sifatnya sangat fleksibel dan mudah bergeser sehingga ketika rotasi terjadi, hanya bagian-bagian tertentu yang dekat dengan permukaan bumi saja yang ikut bergerak bersama sedangkan bagian lainnya yang jauh dan tidak terjangkau akan tetapi ditempatnya sehingga mereka tampak/ terasa melawan arah perputaran planet ini

  11. Menjatuhkan bola/ benda dari tempat tinggi

    Pernahkah anda melakukan percobaan ini? Untuk membuktikan perihal pasti tentang pergerakan rotasi bumi maka silahkan jatuhkan benda seperti bola dari atas gedung yang tinggi. Maaf saja, percobaan kali ini tidak dapat dilakukan di dalam ruangan melainkan harus di luar ruangan. Pastikan di bawah ada teman anda yang sudah siap mengamati seberapa melenceng arah bola tersebut. Biasanya, arah bola tersebut tidak akan jatuh tegak lurus melainkan akan menyimpang ke barat. Semakin tinggi jarak bola yang anda jatuhkan maka semakin besar penyimpangannya, sebaliknya semakin rendah jarak bola yang anda jatuhkan maka semakin kecil penyimpangannya bahkan jika terlalu dekat (terlalu rendah) tidak akan terdeteksi sama sekali.

  12. Oksigen ada di padang gurun.

    Orang yang hidup di padang gurun tidak pernah melaporkan bahwa mereka kekurangan oksigen padahal di daerahnya tidak ada pepohonan rimbum melainkan hanya tanah-tanah yang tandus. Lalu darimanakah semua oksigen yang mereka hirup itu? Yes… Itu adalah oksigen dari tempat yang lain telah tersuspensi secara merata akibat aktivitas rotasi bumi.

  13. Oksigen juga ada di lautan yang luas.

    Pernahkah anda ke lautan yang luas dimana tidak ada lagi kelihatan daratan di sana? Seharusnya ini juga menjadi daerah yang kadar oksigennya kurang sehingga membuat kita sesak napas. Akan tetapi tidak ada seorangpun yang kekurangan oksigen di lautan terluas manapun sebab semuanya tersuspensi merata akibat bumi yang senantiasa berotasii. Jadi bisa dikatakan bahwa proses rotasi bumi ini seperti ketika kita mengocok/ mengaduk dengan sendok, minuman yang telah ditaruh gula dan garam hingga tercampur sempurna maka jadilah minuman berasa madu.

Memanfaatkan energi rotasi bumi

Penggunaan bahan bakar minyak untuk mendukung berbagai aktivitas manusia telah banyak mencemari lingkungan. Hal ini terutama disebabkan oleh karena minyak yang kita gunakan berkualitas rendah (bensin kualitas rendah). Akibatnya, bahan bakar jenis ini melepas partikel logam di udara yang kemudian akan menjadi konduktor sehingga membuat suhu lingkungan semakin panas saja. Oleh karena pemerintah tidak sanggup menyediakan bahan bakar minya yang ramah lingkungan akibat kendala biaya yang mahal. Maka tidak ada salahnya untuk melirik energi alamiah yang dihasilkan dari rotasi bumi.

Kekuatan angin dan gelombang lautan adalah energi alternatif yang tidak akan pernah habis. Selain itu, kedua potensi alam ini juga tersedia gratis di seluruh wilayah Indonesia. Negeri ini yang dipenuhi oleh pegunungan dan dataran tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, baik untuk kebutuhan penduduk maupun untuk kebutuhan kantor pemerintah dan swasta. Yang dibutuhkan adalah menghadapkan setiap kincir angin tersebut ke arah barat sehingga dihasilkan energi angin yang tidak pernah habis dan selalu ada selama alam semesta ini masih ada. Demikian juga dengan pemanfaatan gelombang laut yang dapat dilakukan di pantai yang menghadap ke samudera yang luas atau ke arah barat/ timur sehingga terus memasok listrik bagi kebutuhan penduduk.

Rotasi bumi terhadap siang dan malam

chronicle.co.zw

Kajian yang kita lakukan kali ini benar-benar telah membuka wawasan tentang rotasi bumi yang pada awalnya tidak kita sadari tetapi setelah diamati dan dipikirkan baik-baik barulah memahaminya. Dua hal yang sangat berguna disini, yaitu ketika melakukan perjalanan di atas air (kapal) dan udara (pesawat), waktu tempuh yang kita butuhkan untuk menuju ke barat lebih singkat di bandingkan saat ke timur. Juga bahan bakar yang kita gunakan akan lebih boros saat berangkat ke timur tetapi akan lebih hemat saat kembali pulang ke barat. Sudah saatnya juga bagi pemerintah untuk memanfaatkan energi yang dihasilkan lewat rotasi ini sebagai alternatif yang benar-benar hijau dan ramah lingkungan, yaitu energi angin dan energi gelombang laut.

Salam Indonesia hijau!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.