Gejolak Sosial

+10 Cara Menghilangkan Nafsu Makan – Mengalihkan Hasrat Pada Makanan Dengan Aktivitas Positif

Makanan itu seperti gula-gula yang rasanya sesaat indah di lidah yang mudah terlupakan. Layaknya petasan, meletus beberapa menit di udara setelah itu semuanya jadi abu yang hanya meninggalkan selongsong dan asap yang mengepul tebal di angkasa. Bahkan petasan jenis lempar akan membuat pernapasan terganggu sampai menyebabkan batuk. Artinya, nikmatnya makanan dan minuman hanya sesaat saja setelah itu yang kita alami adalah perut mulas dan ingin segera melepasnya ke jamban.

Jadi bisa dikatakan bahwa “makanan adalah kotoran dan semua makanan berawal dari kotoran.” Ini memang kenyataan sebab begitulah dunia ini berputar-putar dan tidak akan pernah habis dari waktu ke waktu. Jadi kalau ada orang yang mengatakan bahwa akan terjadi krisis pangan: semuanya itu hoax. Tetapi ini mungkin saja bisa terjadi jika manusia memilih untuk membangun hunian yang mewah, megah dan luas sehingga mengkikis habis wilayah pertanian, akibatnya terjadilah krisis pangan. Keadaan akan semakin diperparah oleh karena penggunaan tekonologi secara berlebihan.

Makan dan minum itu penting dan tidak bisa kita tinggalkan karena merupakan bagian dari kehidupan yang manusiawi. Tetapi mengkonsumsi panganan secara berlebihan jelas tidaklah baik bagi kesehatan, sekarang maupun yang akan datang. Hal-hal yang lebay biasanya terjadi oleh karena situasi emosional yang labil. Mungkin anda menduga bahwa makanan itu hanya soal perut tetapi pada kenyataannya keinginan yang besar untuk mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan, masalahnya terletak dalam pikiran bukan perut. Jadi jika hendak mengendalikan nafsu makan maka kendalikanlah pikiranmu terlebih dahulu.

Lebih daripada itu, cara kunci untuk mengendalikan nafsu makan adalah dengan berpuasa. Ini adalah aktivitas yang sangat kami rekomendasikan kepada para pembaca sekalian. Aktivitas puasa, sangat berpengaruh untuk mengendalikan pikiran sekaligus perut anda. Puasa adalah cara terbaik untuk mengendalikan kelima indra. Jika selama ini, anda merasa indra kerap kali liar, maka jinakkanlah ia dengan melakukan puasa. Awalnya memang akan terasa sulit untuk memulainya sebab siapakah orang yang tahan dengan godaan kenikmatan duniawi? Akan tetapi, jika sudah terbiasa niscaya akan dilakukan sambil menikmatinya dengan senyum.

Tips dan trik menghilangkan nafsu makan

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa pikiran dan perut adalah dua komponen penting yang harus benar-benar dikendalikan untuk menghilangkan nafsu makan. Cara mengendalikan pikiran adalah dengan senantiasa menyibukkannya pada aktivitas positif. Sedang cara mengendalikan perut adalah dengan membuatnya sehat dan terbebas dari penyakit. Sebab saat anda masih menderita asam lambung tinggi atau maag, niscaya apa yang sedang kita bicarakan ini tidak akan tercapai. Oleh karena itu langsung saja simak ulasannya, sebagai berikut.

Mengendalikan pikiran.

  1. Fokus kepada Tuhan.

    Ini tidak hanya membuat pikiran anda terus-menrus beraktivitas tetapi ini juga akan membuatmu senantiasa berbahagia hari demi hari. Bernyanyi-nyanyilah memuji Tuhan sampai pikiran terbuka agar rasa sukacita/ bahagia yang terkendali, tenang dan damai memenuhi hati lalu meluap dalam bentuk senyuman mungil di bibir masing-masing.

    Aktivitas memusatkan konsentrasi kepada Tuhan merupakan aktivitas yang multitasking dimana bisa dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lainnya. Seperti beberapa tingkatan fokus multitasking yang akan kami tampilkan pada bagian berikut ini.

    • Sediakan waktu khusus untuk berdoa, membaca firman dan memuji-muji nama-Nya.
    • Manfaatkan waktu luang yang anda miliki untuk memusatkan pikiran kepada Tuhan.
    • Bernyanyi-nyanyilah memuji Tuhan di dalam hati dalam menempuh setiap jalan hidup yang anda lalui. Baik saat jalan kaki, menggunakan kendaraan roda dua, roda tiga (becak), roda empat (mobil) dan berbagai jenis kendaraan lainnya.
    • Usahakan untuk tetap fokus Tuhan saat melakukan pekerjaan ringan, misalnya saat merapikan kamar, menyapu lantai dan lain-lain.
    • Saat sedang melakukan pekerjaan atau sedang belajar yang membutuhkan konsentrasi tinggi, ambillah waktu istrahat disela-sela aktivitas tersebut lalu bernyanyilah memuliakan nama Tuhan bareng 3-5 menit saja.
    • Ketika hendak menunggu sesuatu, jangan diam saja tetapi puji-pujilah Tuhan di dalam hati sampai yang ditunggu itu datang juga.
    • Sewaktu sedang diomelin oleh orang lain, berusahalah untuk tetap positif, tanggapi dengan ramah dan bernyanyilah memuji Tuhan di dalam hati.
    • Bila sedang menghadapi banyak masalah, tetap datanglah untuk bekerja dan ramah kepada orang-orang yang anda temui sambil memuji-memuliakan Tuhan di dalam hati dari waktu ke waktu.
  2. Belajar positif.

    Dalam 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, sediakan juga waktu untuk belajar sekalipun anda sudah lama meninggalkan bangku sekolah. Pelajarilah buku-buku yang best seller, salah satunya adalah Kitab Suci. Anda juga bisa memperolehnya dari perpustakaan terdekat atau membelinya di toko buku terdekat. Atau andapun bisa membacanya dalam bentuk online konten (tulisan), baik melalui blog maupun melalui media sosial.

  3. Menyelesaikan pekerjaan.

    Apa pekerjaan yang diberikan kepada anda, selesaikanlah itu dengan penuh tanggung jawab. Upayakan untuk melakukannya dengan setulus hati seolah hal tersebut ditujukan untuk Tuhan dan bukan kepada manusia. Disela-sela pekerjaan anda beri kesempatan untuk memuji Tuhan dan ambillah juga waktu untuk berbuat baik kepada sesama. Lewat potensi yang kita miliki, hidup ini jadi bermanfaat bagi orang lain.

    Mengontrol perut.

  4. Sembuhkan penyakit perut yang anda alami.

    Penyakit perut yang paling umum dialami orang adalah maag. Sebaiknya jika masih menderita penyakit tersebut, janganlah berpikir untuk menghilangkan nafsu makan sebab beresiko tinggi menjadi lebih parah, yakni menderita tukak lambang. Melainkan berupayalah untuk menyembuhkannya terlebih dahulu. Bagi anda yang penasaran bagaimana cara menyembuhkan penyakit maag, silahkan klik halaman yang sudah kami tautkan.

  5. Melakukan puasa.

    Jika memang kehidupan anda telah benar-benar terbebas dari penyakit asam lambung maka dapat dilanjutkan dengan belajar berpuasa. Saat kita puasa maka pikiran akan dilatih untuk mengendalikan indra, salah satunya adalah indra pengecap yang terhubung dengan hidung dan mata. Orang yang sudah terbiasa berpuasa niscaya kesempatannya untuk menghilangkan nafsu makan semakin besar saja. Oleh karena itu, mulailah belajar melakukan aktivitas ini dari hari ke hari atau sekali/ dua kali/ tiga kali dalam seminggu.

  6. Mengecewakan diri.

    Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan nafsu makan. Bagi anda yang selama ini ilfil dengan rasa kecewa atau enggan untuk mengalami kekecewaan yang disebabkan oleh perilaku orang lain. Saat ini, mulailah belajar untuk mengecewakan diri sendiri agar lebih mampu mengendalikan diri untuk mengkonsumsi makanan dan ngemil. Anda bisa menempuh hal ini dengan melakukan.

    • Saat anda lapar dan rasa ingin makan melambung tinggi hingga ke atas leher. Datangilah meja makan di rumah lalu lihat makanan tersebut, bila perlu anginkan sedikit agar aromanya merasuk ke dalam hidung anda. Setelah itu, tinggalkan ruang makan tersebut lalu lanjutkan pelajaran/ pekerjaan.
    • Ketika muncul rasa ingin ngemil, datanglah ke kulkas/ lemari penyimpanan lainnya lalu lihat cemilan yang tersimpan disana. Setelah itu, tutup kembali lalu lanjutkan aktivitas anda memuji-muji Tuhan di dalam hati.
    • Saat ada niat untuk membeli cemilan dari warung atau swalayan terdekat. Datanglah ke swalayan tersebut, masuk ke dalam dan lihat betapa menariknya cemilan yang ada. Kemudian kecewakanlah dirimu dengan tidak jadi membeli hal tersebut dan pulang ke rumah dengan tangan kosong.
    • Sewaktu teman-teman sedang asyik makan dan minum yang lezat-lezat, datangi mereka, lihatlah betapa enak dan wanginya aroma makanan yang tersedia. Sampaikan perasaan anda terhadap keadaan tersebut, seperti “lezat banget makanannya ya….” Atau “ waw…. Makanannya benar-benar menggugah selera.” Setelah itu, kecewakan diri anda, jangan ikut gabung bersama mereka tetapi lanjutkan pekerjaan yang sedang ditekuni.
  7. Memelihara cemilan buah dan sayur.

    Bagi anda yang masih suka ngemil, belilah cemilan dari buah atau sayur untuk membatasi asupan makanan berkalori tinggi. Ini adalah langkah awal sebelum benar-benar meminimalisir hasrat untuk mengkonsumsi sesuatu. Tetapi konsumsilah dalam jumlah yang terbatas dan jangan terlalu banyak sebab biar bagaimanapun, sesuatu yang banyak juga bisa menyumbangkan nilai kalori yang tinggi pula sehingga tetap beresiko meningkatkan berat badan.

  8. Belajar makan sekali sehari.

    Bagi anda yang aktivitasnya tidak berat seperti seorang pegawai kantoran atau ibu rumah tangga, bisa menempuh poin ini. Akan tetapi bagi anda yang bekerja di luar rumah, mungkin Bertani, Berkebun, Tukang Bangunan dan pekerjaan berat lainnya, ada baiknya jika tidak melakukan poin yang satu ini. Belajarlah untuk makan sekali sehari saja dengan tata cara sebagai berikut.

    • Belajar dan berpuasa setidaknya sekali seminggu.
    • Setelah tahap pertama lulus, belajarlah untuk mengurangi aktivitas konsumsi “dua kali sehari” saja. Lakukanlah ini selama 3 bulan berturut-turut.
    • Bila anda sudah mahir hingga tahap dua, sekarang silahkan coba untuk mengurangi aktivitas makan, menjadi sekali sehari saja.
      • Makan sekali sehari bukan berarti anda tidak bisa mengkonsumsi yang lainnya tetapi gantikanlah aktivitas mengkonsumsi makanan yang berat menjadi makanan ringan, misalnya buah dan sayur.
      • Saat rasa lapar anda tiba-tiba muncul atau perut tiba-tiba keroncongan atau badan anda tiba-tiba lesu: langsung saja konsumsi air garam isotonik yang ada manis-manisnya.
  1. Mengkonsumsi larutan garam.

    Air garam manis isotonik adalah cairan elektrolit yang sangat bermanfaat untuk menetralkan pH cairan tubuh, agen detoksifikasi dan menyembuhkan berbagai jenis luka (termasuk tukak lambung). Anda bisa meminum larutan natrium seperti mengkonsumsi air pada umumnya. Larutkan sedikit sodium ke dalam air yang hendak di minum sehingga rasanya seperti ada manis-manisnya. Biasanya jika garamnya terlalu sedikit akan terasa tawar akan tetapi jika terlalu banyak akan terasa asin. Air garam manis isotonik ini bisa membuat anda tahan lapar bahkan makan sehari sekalipun akan dimungkinkan.

    Aktivitas positif lainnya untuk mengalihkan konsentrasi agar tidak memikirkan makanan terus-menerus.

  2. Berbuat baik – bersedekah.

    Sadar atau tidak yang namannya berbuat baik turut menyita waktu kita. Bila ingin jadi seseorang yang bermanfaat bagi sesama maka dedikasikan waktu untuk orang lain. Ini jelas butuh pengorbanan sebab yang namanya kebaikan hati tidak melulu soal uang dan uang. Aktivitas positif semacam ini turut membuat anda mampu menahan lapar lebih lama karena tenggelam dalam kebaikan hati yang mendatangkan sukacita.

  3. Menyalurkan bakat.

    Apa yang menjadi potensi anda, tekunilah itu untuk menghilangkan nafsu makan dari dalam pikiran. Seperti yang kami lakukan adalah menulis. Andapun bisa melakukannya dengan menulis buku haria sendiri atau menulis pengalaman pribadi. Bisa juga dengan melukis, membuat puisi, lagu dan masih banyak karya seni lainnya yang bisa dihasilkan untuk menghabiskan waktu luang yang dimiliki.

  4. Berkomunikasi/ bercengkrama bersama teman.

    Ini juga bisa menjadi aktivitas dengan sesama sahabat atau teman. Akan tetapi, berhati-hatilah jangan sampai terjerumus dalam gosip yang panas. Orang yang suka menggunjing orang lain biasanya cenderung merendahkan, menjelekkan dan menghina dengan memberi alasan yang tidak dapat dibuktikan. Aktivitas semacam ini sudah lebih berat bahkan berpotensi menjadi fitnah.

  5. Jalan-jalan ke taman kota sambil jalan kaki bareng teman.

    Perbanyaklah aktivitas anda maka rasa laparpun akan hilang. Anda bisa melakukannya dengan jalan-jalan ke taman bersama teman. Ini juga bisa dilakukan diwaktu-waktu liburan atau diakhir pekan. Bisa melakukannya sambil olahraga seperti jalan kaki, menggunakan sepeda, menggunakan kendaraan roda dua, becak, bus kota dan lain sebagainya.

  6. Berkunjung ke perpustakan atau museum kota bersama teman.

    Untuk menghilangkan nafsu untuk mengemil ini dan itu, ada baiknya jikalau melakukan wisata ilmu pengetahuan di perpustakaan atau di museum yang terletak di sekitar tempat anda. Mungkin saja anda berpikir bahwa ini hal yang membosankan karena sudah berulang kali kesana. Akan tetapi bila anda menikmati semuanya itu, berjalan-jalan sambil berkeliling dan bernyanyi-nyanyi memuliakan Tuhan hingga pikiran terbuka dan dipenuhi oleh rasa sukacita/ bahagia yang terkendali, tenang dan damai lalu meluap dalam senyuman manis di bibir masing-masing. Niscaya sekalipun sudah sering berkunjung kesana tetap saja menyenangkan untuk dijalani.

  7. Gabung ke media sosial.

    Andapun bisa berkunjung ke media sosial, menyibukkan diri dengan menyatakan suka dan berkomentar atau menuliskan status inspirasional. Lakukanlah semuanya itu paling-paling selama satu sampai dua jam saja. Hindari aktivitas yang terlalu lama di depan LCD kecuali saat mengerjakan sesuatu.

  8. Menonton film.

    Untuk mengalihkan konsentrasi agar nafsu makan bisa ditepis maka andapun bisa menonton televisi. Tontonlah satu dua acara saja, hindari berlebihan sebab justru hal-hal yang lebay akan berdampak sebaliknya buat pikiran sendiri. Menonton televisi cukup satu atau dua jam saja, sebab lebih daripada itu akan membuat pikian suntuk – rasa-rasanya otak buntu. Ini namnya kepenatan, untuk menghilangkan silahkan beraktivitaslah, mungkin membersihkan rumah, merawat tanaman, jalan kaki, senam dan lain sebagainya.

  9. Bermain game.

    Memang main game juga bisa membuat nafsu makan hilang karena kelupaan akibat saking asyiknya permainan tersebut. Akan tetapi, kembali lagi kepada aturan saat menikmati hidup, janganlah berlebihan. Cukup satu-dua jam saja sebab saat lebih dari pada itu, otakpun menjadi penat.

  10. Tidur sesaat.

    Jikalau memang semua pekerjaan anda sudah selesai, rumah sudah rapi, masakan sudah selesai dan hal-hal lainnya sudah tertata dengan baik. Bolehlah anda melewati waktu-waktu kedepannya dengan membaringkan diri sambil bersantai lalu bernyanyi-nyanyilah memuji Tuhan di dalam hati hingga andapun tertidur pulas.

Untuk menghilangkan nafsu makan yang dibutuhkan adalah mengendalikan pikiran dan menyehatkan lambung. Bila perut anda sehat dan bebas dari penyakit maka rasa lapar yang muncul bisa dikendalikan. Saat pikiran sudah bisa dikendalikan maka menahan nafsu makan untuk berpuasa adalah sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan/ sukacita. Biasakanlah untuk melakukan aktivitas positif maka aktivitas tersebut akan membuat anda mampu mengendalikan hasrat mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Pada akhirnya, keinginan untuk mengkonsumsi ini dan itu akan lebih mudah dihilangkan saat anda pernah merasakan kekecewaan yang bermanfaat. Simak juga, Tips melangsingkan badan.

Salam santun

1 reply »

  1. terimakasih informasinya, lengkap banget bisa diterapkan nih sangat bagus sekali mengalihkan hasrat makan dg hal positif. semoga saja selalu bisa melakukan hal yg postif dan beri kesehatan

    Disukai oleh 1 orang

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.