Keluarga

11 Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak – Hidup Sederhana Menghemat Listrik Untuk Kebahagiaan Dan Kecerdasan Yang Lebih Baik


Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Turun – Hidup Sederhana Hemat Listrik Untuk Kebahagiaan Dan Kecerdasan Yang Lebih Baik

Energi sejati adalah sinar matahari. Tidak ada yang lebih besar daripada kekuatan yang satu ini. Saking kuatnya dia, mampu menarik bumi ini untuk senantiasa mengelilinginya alias berevolusi mengelilingi matahari. Masalahnya sekarang adalah bagaimanakah cara mengambil energi tersebut untuk menggantikan penggunaan tabung yang berisi minyak dalam setiap mesin yang kita miliki? Ada banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk tetap memperolehnya hari demi hari. Ada yang mengatakan bahwa perdamaian sudah diambang pintu tetapoi

Mengontrol pemakaian energi agar selalu ada

Energi adalah kebutuhan mendesak dalam kehidupan beberapa kalangan. Terutama saat orang-orang tersebut terlanjur ketergantungan dengan teknologi mesin.  Sekarang masalahnya adalah apakah penggunaan bahan bakar tersebut ditujukan untuk sesuatu yang bermanfaat atau hanya sekedar bermewah-mewahan saja. Penggunaan yang tidak bijak jelas akan menghabiskan pasokannya dalam jumlah banyak sehingga jumlah produksi lebih rendah daripada konsumsi. Sedangkan pemakaian yang terkontrol akan membuat pemanfaatan energi dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Pengertian

Listrik adalah daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk menghasilkan panas atau cahaya, atau untuk menjalankan mesin (KBBI Luring). Merupakan salah satu bentuk energi yang bisa terjadi secara alami (pergesekan udara di atmosfer) maupun buatan (dengan bantuan mesin generator). Ini adalah energi yang sangat bermanfaat bagi aktivitas manusia dalam berbagai bidang, baik oleh industri (besar, menengah dan kecil), perkantoran, transportasi sampai keperluan rumah tangga.

Hemat adalah berhati-hati dalam membelanjakan uang, dan sebagainya; tidak boros; cermat (KBBI Luring). Merupakan aktivitas menggunakan sesuatu seperlunya saja dalam arti tidak berlebihan. Aktivitas yang hemat biasanya menunjukkan bahwa kita tidak terlalu ketergantungan terhadap hal tersebut. Ini menunjukkan sebuah tindakan cerdas untuk memanfaatkan sesuatu agar tidak segera habis sehingga tidak menemukan penggantinya. Biasanya orang yang berhemat lebih antisipatif terhadap kemungkinan terburuk yang beresiko terjadi di masa depan.

Beberapa jenis sumber energi listrik

Listrik buatan dihasilkan lewat dua cara, ada yang dari kekuatan alam (misal air, angin, panas bumi, sinar matahari, biomassa, batu bara, nuklir) maupun dengan memanfaatkan energi dari bahan bakar minyak (misal solar, bensin). Kebutuhan suatu negara akan listrik cenderung naik dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya ekonomi masyarakat setempat. Sebab peredaran uang yang tinggi dan kemakmuran cenderung membuat manusia membeli mesin-mesin berteknologi secara pribadi sebagai pertanda meningkatnya taraf hidup dan memanjakan diri (hiburan).

PLTD adalah yang paling sering kita temui bahkan setiap badan usaha, kantor (swasta/ pemerintah) dan industri bahkan beberapa keluarga biasanya memiliki mesin genset sendiri. PLTA biasanya dioperasikan diwilayah dengan debit air yang tinggi lewat suatu bendungan atau air terjun. PLTA biasanya dioperasikan di daerah dataran tinggi tempat dimana angin tetap berhembus mengikuti tekanan udara dan rotasi bumi. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklik adalah sesuatu yang tidak kita miliki di Indonesia yang hanya dapat ditemukan di berbagai negara maju.

PLN adalah perusahaan bersama

Sesuai dengan amanat Pancasila, sila ke tiga: “Persatuan Indonesia.” Demikianlah kehidupan kita dipersatukan untuk kepentingan bersama. PLN sebagai perusahaan negara seharusnya tidak pilih-pilih kasih dalam memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Sebab setiap orang di Indonesia adalah sama dan setara di hadapan hukum yang merupakan negara itu sendiri. Sayang, masih ada beberapa kendala sehingga hal tersebut belum sepenuhnya dicapai. Kita berharap kedepan ini PLN akan terus melebarkan sayapnya menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Semakin maju ekonomi semakin tinggi penggunannya

Pemanfaatan energi sangat menentukan kemajuan suatu daerah. Biasanya, daerah dengan tingkat konsumsi listrik yang tinggi termasuk wilayah yang sudah mengalami modernisasi. Ini terutama diketahui dari segi perkembangan jaringan komunikasi dan internet yang semakin baik. Penerangan di kota-kota besar juga menyerap energi cukup banyak. Terlebih jika diwilayah tersebut terdapat beberapa industri yang memproduksi barang berskala besar. Tidak lupa juga fasilitas hiburan adalah tempat-tempat lainnya yang membutuhkan energi yang lebih besar untuk mengoperasikannya.

Untuk kelas rumah tangga pemanfaatan energi yang satu ini tergantung dari ukuran hunian dan keberadaan pepohonan disekitarnya. Biasanya, rumah yang disekitarnya terdapat pepohonan rindang lebih sedikit membutuhkan listrik tetapi rumah terbuka yang jauh dari pinggir hutan dan pepohonan akan membutuhkannya lebih banyak terutama untuk pendingin ruangan. Silahkan hitung berapa jumlah peralatan rumah tangga yang perlu dicolokkan ke stop kontak di tempat anda. Alhasil semakin banyak peralatan semacam ini maka tagihan anda tiap bulan juga akan semakin tinggi.

Tanpa listrik suatu kota lumpuh total

Ini adalah bentuk energi yang paling banyak ditemukan disekitar kita. Biasanya, di rumah-rumah hanya ada tiga macam energi, yaitu listrik, bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar gas (BBG). Dua atau tiga jenis energi ini dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, memasak (BBM atau BBG), transportasi (BBM), penerangan, pendingin, air (listrik) dan lain sebagainya. Bahkan bagi mereka yang dapurnya penuh colokan (masak nasi, air, mencuci, panggangan dan lainnya) tidak dapat melakukan apa-apa dikala terjebak oleh pemadaman bergilir dari PLN.

Perkantoran yang menggunakan gedung-gedung bertingkat tinggi sangat membutuhkannya terutama untuk keperluan pendingin ruangan dan pencahayaan. Demikian juga untuk memasok setiap ruangannya dengan air bersih dari atas ke bawah. Semakin tinggi gedung tersebut maka akan semakin besar daya pompa yang dibutuhkan dan semakin besar pula energi yang diserab olehnya. Seperti itu pula dengan industri, biasanya semakin besar produksi maka semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan jalanan sekalipun membutuhkannya untuk penerangan dan traffict light (lampu merah). Jika kota semacam ini mengalami pemadaman bergilir niscaya aktivitas pemerintah, swasta dan masyarakat lumpuh total terkecuali bagi mereka yang memiliki generator pribadi.

Mengapa kita perlu menghemat penggunaan listrik

Hukum kekekalan energi menyebutkan bahwa energi tidak diciptakan dan tidak hilang melainkan hanya berubah bentuk. Demikian jugalah seharusnya dengan kilang minyak dan gas yang kita miliki, tidak pernah habis. Hanya saja arogansi manusia menyebabkan masing-masing orang berlomba-lomba menggunakan energi untuk keperluan ini-itu, diantaranya untuk mengejar penghargaan, pujian dan popularitas. Tindakan semacam ini mendorong seseorang untuk hidup dalam kenyamanan dan kemewahan sehingga mereka lebih suka tampil beda, praktis dan cepat lewat teknologi yang dimiliki.

Ada harga mahal yang harus dibayar karena kemewahan dan kenyamanan duniawi yang kita peroleh lewat aktivitas mesin berteknologi (barang elektronik). Mungkin saja kalau hanya satu dua orang yang melakukan hal tersebut maka efeknya tidak begitu terasa. Akan tetapi seiring dengan perkembangan ekonomi, semakin banyak jumlah orang kaya dan kapitalis dalam suatu daerah sehingga gaya hidup bermewah-mewahan menjamur di setiap kalangan. Konsumsi energi lebih tinggi dari produksinya sehingga mau tidak mau timbullah konspirasi untuk mengurangi jumlah penduduk (membunuh masyarakat secara halus) dan merebut ladang minyak di wilayah lain.

Apakah kita siap untuk melakukan konspirasi yang syarat dosa manipulasi agar rumah, kendaraan, dan barang-barang pribadi yang mewah lainnya tetap beroperasi? Haruskah kita membunuh dan menanggung dosa itu seumur hidup bahkan keturunan kita yang ketiga dan keempat juga turut menanggungnya demi penghargaan, pujian dan popularitas belaka? Sekali lagi kami ingatkan, ENERGI ITU SELALU ADA ASALKAN JUMLAH PENGGUNAANNYA TERKENDALI.

Cara menghemat penggunaan energi listrik di lingkungan sekitar tempat anda berada.

Tindakan penghematan selalu melibatkan banyak aspek kehidupan termasuk dalam hal menghemat listrik. Ini adalah suatu aksi yang terencana yang dilakukan oleh sekelompok orang. Salah satu sifat yang sangat dibutuhkan disini adalah kemandirian. Biasanya, orang yang lebih mandiri dalam beraktivitas dan bekerja lebih sedikit colok sana-colok sini. Tetapi, mereka yang mau segala sesuatu lebih mudah, praktis dan cepat pastilah membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menjalankan berbagai mesin berteknologi untuk menjalani hidupnya. Berikut ini beberapa cara yang kami anjurkan.

  1. Menjaga kelestarian lingkungan hidup.

    Hindari menebang pohon secara berlebihan hingga membuat hutan gundul sama-sekali. Sebaiknya, anda menggunakan transportasi massal yang tersedia di kota/ daerah tersebut, misalnya bus, angkot dan lain-lain. Milikilah hutan mini yang dikelola sendiri yang berada tepat disamping/ disekitar hunian anda.

    Lingkungan sekitar yang asri sangat membantu mendinginkan lingkungan sekitar rumah sehingga anda tidak lagi membutuhkan pendingin udara sekelas kipas dan AC. Tentu saja ini akan menyumbang nilai penghematan yang cukup besar sehingga tagihan listrik tidak membengkak tiap bulan.

    Jika lingkungan tempat tinggal anda asri dan hijau niscaya hujan akan tetap turun pada waktunya sehingga keluarga tidak begitu ketergantungan dengan air dari PDAM.

  2. Merancang rumah yang hemat listrik.

    Ada beberapa yang kami anjurkan untuk keadaan ini sehingga tempat anda tetap nyaman namun hemat dalam hal penggunaan energi.

    • Pastikan hunian anda memiliki ventilasi sebagai jalan keluar-masuk udara. Pastikan ventilasi ada pada keempat sisi rumah atau setidak-tidaknya dua sisi saja.
    • Jendela untuk ventilasi dan penerangan. Jika mau ruangan dalam rumah mudah dimasuki cahaya hindari penggunaan kaca nako gelap, hindari penggunaan jendela geser tetapi gunakanlah jendala yang bisa dibuka tutup 1800. Bila dimungkinkan buat jendela pada keempat sisi rumah atau setidak-tidaknya dua sisi saja.
    • Buat atap yang lebih tinggi agar suhu panas di siang hari tidak terasa. Bisa juga dengan menambahkan plafon dari bahan tertentu (kayu/ tripleks tebal) agar setiap ruangan tidak kepanadan di siang hari.
    • Milikilah rumah minimalis yang sederhana tetapi cukup untuk tempat tinggal dan istirahat seluruh keluarga.
  3. Perhatikan daya listrik yang anda gunakan.

    Pemerintah telah menyediakan daya listrik yang lebih murah untuk keluarga sederhana, yakni sebesar 400/ 450 Watt. Biasanya daya yang lebih tinggi dari nilai ini dikenakan biaya dasar yang juga cukup mahal. Bahkan untuk penggunaan listrik pulsa elektronik, pemakaiannya lebih umum dan praktis.

  4. Gunakan lampu yang hemat

    Ada beberapa tips yang kami sarankan untuk para pembaca sekalian, berikut selengkapnya.

    • Belilah lampu hemat energi/ LED. Lampu semacam ini sangat populer diantara pedagang, anda bisa menanyakannya langsung. Hanya saja harganya tentu lebih mahal dari biasanya. Hindari penggunaan lampu pijar terkecuali untuk keperluan khusus (misalnya untuk ternak).
    • Hidupkan lampu jika hari sudah gelap terkecuali untuk keperluan tertentu. Sepertinya sinar matahari masih cukup terang pada pukul lima dan enam. Tidak perlu menghidupkan lampu saat segala sesuatu masih terlihat agak jelas terkecuali jika memang hendak membaca atau melakukan aktivitas yang membutuhkan detail.
    • Matikan lampu saat hari sudah pagi. Begitu anda bangun pagi, lampu-lampu di luar rumah sudah bisa dimatikan terutama bila anda berada di lingkungan padat penduduk.
    • Tahukah anda, apa lampu yang paling jarang dimatikan orang di dalam rumah? Ya, itu adalah lampu kamar mandi. Ini terutama bagi hunian yang setiap kamarnya memiliki toilet pribadi. Oleh karena itu, biasakan diri untuk selalu mematikan lampu toilet begitu selesai dan keluar dari ruangan kecil tersebut.
    • Minimalisir penggunaan lampu hias terkecuali untuk keperluan komersial. Lampu hias yang bercorak biasanya digunakan untuk sekedar menarik mata seseorang. Semakin banyak jumlah yang anda miliki maka semakin tinggi biaya listrik yang harus dikeluarkan. Biasakan hidup sederhana itu hemat.
  5. Gunakan perangkat audio minimalis.

    Anda bisa memanfaatkan radio, tape, VCD/DVD player dan sound system sekedar untuk hiburan keluarga tapi nggak mesti juga harus kedengaran satu kompleks, itu namanya sedang kondangan. Semakin lama bersosial dalam masyarakat maka semakin baik respon untuk hidup minimalis. Sebab kesederhanaan itu lebih menenangkan hati.

  6. Perhatikan pintu kulkas anda.

    Semakin lama pintu kulkas di buka maka akan semakin banyak arus yang diserapnya. Pastikan anda memberikan tekanan penuh saat menutup pintu kulkas.

    Periksa apakah karet pintu kulkas sudah terpasang rapi. Sebab jika karetnya dower/ melekang maka suhu dinginnya akan keluar walaupun sudah di tutup. Keadaan ini bisa membuat daya yang digunakannya tetap tinggi. Oleh karena itu, sentuhkan permukaan tangan anda disekeliling pintu kulkas yang sudah tertutup. Jika ada bagian karet yang kurang rapat biasanya suhu dinginnya akan keluar dan terasa dingin di telapak tangan.

  7. Minimalisir penggunaan mesin listrik berteknologi.

    Kami tidak bisa mengatakan kepada anda, seberapa banyak mesin berteknologi yang digunakan untuk membantu pekerjaan. Sebab kami juga harus jujur bahwa aktivitas sehari-hari selalu dibantu oleh mesin berteknologi canggih. Tetapi kami akan berikan gambarannya, begini-begitu.

    Seperti yang kami pernah sampaikan sebelumnya bahwa kebahagiaan hati sangat bergantung dengan aktivitas yang kita lakukan. Demikian juga dengan kecerdasan otak sangat tergantung dengan aktivitas yang dikerjakan. Intinya adalah tidak nyaman rasanya jika kita hanya duduk saja seharian lalu menunggu semuanya dikerjakan oleh mesin. Tetapi yang membuat kita bahagia dan cerdas adalah saat mampu bekerja sama dengan mesin namun tidak menghilangkan aktivitas dari dalam diri sendiri. Ingatlah bahwa terlalu/ selalu diam dan terlalu tenang juga tidak baik bagi perkembangan pikiran masing-masing.

  8. Matikan peralatan listrik yang tidak dibutuhkan.

    Ada beberapa saran yang kami berikan untuk menghemat pemakaian arus listrik di rumah anda.

    • Terkadang kita meninggalkan rumah dalam waktu lama dengan peralatan listrik yang masih aktif. Keadaan ini jelas akan membuat daya serap arus tetap tinggi dan tagihan juga tetap seperti biasa padahal kita sering keluar rumah akhir-akhir ini.
    • Ada baiknya jika anda mematikan AC saat meninggalkan rumah. Pastikan bahwa seluruh ruangan yang ber-AC tersebut tertutup rapat dengan celah yang sangat minimal. Hindari membuka pintu atau jendela pada ruangan yang ber-AC. Sebaiknya pasang tirai yang agak tebal untuk meminimalisir masuknya panas dari cahaya matahari ke dalam ruangan ber-AC tersebut.
    • Hindari juga meninggalkan peralatan listrik dalam keadaan tertidur. Misalnya saat menonton televisi/ radio tiba-tiba kantuk muncul lalu kitapun lupa mematikan alat elektronik tersebut. Ini membuat barang-baran tersebut tetap aktif sekalipun sedang tidak dibutuhkan.
    • Jika ingin meninggalkan laptop/ komputer dalam waktu lama hindari mematikannya dalam mode sleep tetapi lakukanlah “shut down” atau setidak-tidaknya “hibernate.” Dan jangan lupa cabut coknya.
    • Saat mematikan televisi/ receiver digital/ DVD player, jangan hanya melakukannya menggunakan “remote control” dalam keadaan “stand by” tetapi tekan juga tombol “power” dan cabut colokannya.
  9. Cabut stop kontak.

    Biasanya teknologi yang kita miliki di rumah ditinggalkan dalam keadaan stop kontak yang masih terhubung dengan instalasi listrik. Sekalipun sudah dimatikan (shut down), biasanya peralatan tersebut memiliki perangkat yang masih aktif didalamnya. Keadaan ini membuat televisi/ DVD player/ parabola/ rice coocker/ dispenser tersebut masih aktif walau hanya menyerap sedikit saja arus. Biar bagaimanapun juga “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” ujung-ujungnya tagihan membengkak jua.

  10. Sebisa mungkin hindari penggunaan genset.

    Biaya operasional untuk genset lebih tinggi dibandingkan dengan saat anda menggunakan listrik negara. Ini dikarenakan oleh efek dari produksi besar-besaran, efisiensi generator dan sejumlah subsidi dari pemerintah. Gunakan mesin pribadi hanya disaat-saat genting (ada acara tertentu) saja terkecuali jika memang dompet anda memang lebih tebal.

  11. Cari hiburan yang lain.

    Menikmati hidup selama berjam-jam di depan televisi atau main play station jelaslah tidak sepenuhnya baik. Bila kepala anda mulai berat dan pikiran mulai suntuk di depan televisi atau saat mendengar radio, itu tandanya sudah saatnya untuk mencari hiburan yang lain. Misalnya dengan.

    • Tenangkan diri, isterahat sejenak lalu bernyanyi-nyanyilah memuliakan nama Tuhan.
    • Membaca Kitab Suci dan buku lainnya.
    • Kerjakan aktivitas bermanfaat lainnya di dalam rumah misalnya bersih-bersih, rapikan ini-itu dan lainnya.
    • Senam atau berolahraga.
    • Menekuni bakat yang dimiliki.
    • Bercengkrama dengan teman.
    • Jalan-jalan keluar cari angin ke tempat-tempat sejuk.
    • Mengunjungi warganet lainnya di media sosial. Jangan terlalu lama satu-dua jam cukup.
    • Main game. Tidak perlu lama-lama, satu-dua jam cukup.

Apa hubungannya hidup hemat dengan kebahagiaan dan kecerdasan?

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa saat kita menghemat sesuatu berarti menggunakannya seperlunya saja tidak berlebihan atau mubazir. Ini adalah tanda bahwa hidup yang kita jalani lebih apa adanya atau lebih sederhana. Biasanya orang yang hidupnya sederhana lebih mudah meraih kebahagiaan sebab segala sesuatu yang ada padanya dicukup-cukupkan sambil menikmatinya dengan penuh rasa syukur.  Dan lagi, mereka yang hidup sederhana, biasanya menggunakan teknologi alakadarnya saja sehingga membuatnya tetap aktif dari waktu ke waktu. Tanpa disadari aktivitasnya yang positif itu telah membuatnya semakin cerdas.

Fokus Berpikir Manusia Agar Hidup Lebih Berkualitas

Orang yang tinggal dilingkungan yang lebih hijau dengan pepohonan yang tumbuh dengan rindangnya akan lebih hemat dalam hal penggunaan arus listrik. Pastikan hanya medatangkan mesin-mesin berteknologi (barang elektronik) yang dibutuhkan dan mendesak saja ke dalam hunian anda. Kita menghemat listrik bukan karena takut energi itu habis tetapi sebagai tanggung jawab moral untuk hidup sederhana. Sebab dimana ada kesederhanaan maka disanalah ada kerendahan hati. Saat kita tampil merendah maka tidak butuh hal yang rumit dan mahal untuk membuat hati bahagia dan cerdas. Karena hanya orang-orang bijak dan bahagialah yang hidupnya sederhana.

Salam, menghemat itu awal kesederhanaan!

1 reply »

  1. “I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz reply as I’m looking to design my own blog and would like to know where u got this from. kudos”
    fiverr.com

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s