Gejolak Sosial

+10 Ciri-Khas Penipuan Lowongan Kerja Rekrutmen PT. Pertamina, Garuda, PLN, Angkasa Pura Dan Lainnya


Hidup ini memang indah. Bagaimana tidak, segala hal yang terjadi di setiap hari yang kita lalui dapat dijadikan sebagai salah satu pengalaman berharga untuk menyambut hari esok yang lebih baik lagi. Bahkan masalah yang kita hadapi sekalipun sangatlah berharga untuk diceritakan kepada orang lain. Kami bersaksi bahwa sebagian dari tulisan kami yang ada di blog ini dirangkum dibalik penderitaan yang dialami hari lepas hari. Sungguh dari sini kami mulai mengerti bahwa kesulitanlah yang sebenarnya membentuk kehidupan kita. Lewat pergumulan hidup yang dihadapi, kita bisa banyak cerita dan berbagi pengalaman kepada lebih banyak orang. Seperti yang kami alami, baru-baru ini pun merupakan pengalaman pahit yang bisa dilihat dari sisi positif agar orang lain tidak terjebak dalam kesalahan yang sama kelak.

Bisa pusing dan stres karena terus menunggu jawaban dari surat lamaran kerja yang telah disebar

Masa-masa menunggu panggilan kerja memang saat yang mendebarkan dan penuh penasaran, dipanggil nggak ya… dipanggil nggak ya… . Belum lagi menghadapi tekanan dari teman, keluarga dan diri sendiri untuk segera mencari dan mengirimkan surat lamaran kerja lebih banyak. Semua tekanan ini murni membuat kita kacau balau dan kerap menanggapinya dengan emosi. Sadarilah bahwa amarah tidak akan menyelesaikan apa-apa. Malah keadaan ini semakin membuat kepala pusing, tidak bisa berpikir dengan jernih hingga menyebabkan stres berkepanjangan. Oleh karena itu, di kala tekanan dari luar begitu kuat maka berusahalah untuk membuat tekanan di dalam tetap adem. Tekanan di dalam yang kami maksudkan adalah suasana hati harus santai, tenang dan stabil agar mampu menahan imbang cemooh, ejekan dan penghinaan dari luar diri ini.

Menahan kuat tekanan dari luar berawal dari kemampuan manajemen pola pikir

Tidak ada hal lain yang dapat kami sarankan bagi para pembaca sekalian selain berusaha menjernihkan pikiran, memelihara kata-kata dan menjaga perilaku yang diekspresikan. Sebab dalam semua gejolak sosial yang kita hadapi, masalah akan semakin rumit jika duduk persoalan tersebut salahnya di kita. Semakin besar kesalahan kita dalam suatu pergumulan hidup maka semakin besar pula kegelisahan yang timbul karena peristiwa tersebut. Oleh karena itu, satu yang kami pesankan kepada para pembaca yang budiman saat menghadapi betapa sesaknya hidup ini adalah “jaga dirimu tetap konsisten berdiri dalam kebenaran.” Sebab kebenaran adalah sumber kedamaian, ketenangan, kebahagiaan dan ketenteraman hati. Jangan ikut-ikutan (sekedar balas dendam) dengan sikap yang lain yang syarat dengan dosa dan pelanggaran (kecil maupun besar) tetapi sekali lagi, “jaga konsistensi.”

Kebahagiaan Sejati & Fokus Pikiran Positif

Selalu sibukkan diri dengan aktivitas positif dengan begitu hal-hal yang buruk semacam ini tidak akan mudah mengacaukan pikiran anda. Jangan pernah lupa untuk selalu memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian untuk kemuliaan nama-Nya. Selain itu teruslah belajar mengembangkan diri dan bekerjalah menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan kepada anda. Selama masa menunggu jawaban dari pekerjaan yang dilamar, jangan hanya duduk dan tiduran saja di rumah seharian tetapi beraktivitaslah memberi manfaat bagi orang lain (dimulai dari hal-hal kecil). Atau setidaknya memberi manfaat bagi diri sendiri seperti membersihkan dan merapikan ini-itu disekitar anda. Bisa juga dengan menyibukkan diri dengan bakat yang dimiliki, misalnya di bidang olahraga, menulis, melukis, membuat puisi, cerita pendek, dan berbagai karya lainnya. Jangan biarkan diri bermalas-malasan sebab kemalasan hanya menyebabkan turunnya angka kecerdasan anda.

Pengertian lowongan kerja, rekrutmen dan penipuan

Lowongan adalah pekerjaan (jabatan) yang terluang. Sedangkan kerja adalah (1) kegiatan melakukan sesuatu; yang dilakukan (diperbuat); (2) sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah; mata pencaharian; (3) perayaan yang berhubungan dengan perkawinan, khitanan, dan sebagainya; (4) pekerjaan; (5) bekerja (KBBI Luring). Jadi bisa dikatakan bahwa lowongan kerja adalah posisi kerja yang sedang kosong dan sedang dicari oleh suatu perusahaan/ instansi/ lembaga tertentu. Jaman sekarang, mencari lowongan memang lebih mudah sebab di internet ada berbagai situs jobseeker yang beredar luas. Dibalik kemudahannya, ada pula kelemahan yang beresiko tinggi merugikan setiap pencari kerja. Salah satu yang paling marak adalah penipuan lewat pengumuman lowongan dan rekruitmen kerja.

Rekrutmen adalah pengerahan, misalnya tenaga kerja (KBBI Offline). Merupakan usaha suatu lembaga/ instansi/ perusahaan tertentu untuk mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkannya. Proses rekrutmen biasanya memakan waktu sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam suatu perusahaan. Ini berbeda-beda untuk setiap instansi kerja, ada yang cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu beberapa hari. Hasilnya akan diperoleh calon pekerja yang dianggap layak dan tidak layak untuk dijadikan sebagai salah satu karyawan/ pegawai di tempat tersebut. Biasanya proses ini terdiri dari beberapa tahapan dimana setiap tahapan menerapkan seleksi khusus yang akan mengurangi jumlah peserta yang lulus. Perusahaan atau intansi yang ternama biasanya akan merekrut pegawainya dalam tahapan yang lebih panjang dan rumit.

Penipuan adalah proses, cara, perbuatan menipu; perkara menipu (mengecoh – KBBI Luring). Jadi bisa dikatakan bahwa penipuan lowongan kerja adalah peluang kerja palsu yang sengaja disebarkan lewat media tertentu. Sedangkan penipuan rekrutmen kerja adalah panggilan wawancara atau panggilan seleksi abal-abal yang sengaja disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ini bisa dialami oleh siapa saja terutama bagi mereka yang sedang gencar-gencarnya mencari lowongan lewat berbagai-bagai media dan situs yang tersebar luas di internet. Tidak ada yang bisa kami sarankan kepada anda selain berupaya untuk menjaga kewaspadaan agar lebih hati-hati saat menanggapi berbagai konten di dunia maya. Sebab bisa saja hal tersebut adalah salah satu dari sekian ribu kabar hoax.

Mengenali ciri-ciri penipuan terhadap lowongan kerja atau panggilan wawancara rekrutmen kerja

Kami akan bercerita sedikit tentang pengalaman pribadi ketika ditipu oleh seorang oknum yang mengatas namakan dirinya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lantas kamipun tidak curiga sebab mereka menyebarkan informasi tentang lowongan kerja tersebut di salah satu media sosial ternama dan lumayan elite, yakitu Linkedin.Com.  Tak disangka-sangka, hanya dalam waktu satu-dua hari saja, lamaran kami direspon secara positif. Lantas hati inipun terkejut dan semakin deg-degan karena selama ini tekanan dari luar untuk segera menemukan tempat kerja yang baru sangatlah intens. Ditambah lagi di Linkedin tersebut hanya ada dua formasi yang sangat cocok dengan kami dan wilayahnya dekat-dekatan ditempat kami berdomisili. Tetapi beruntung sekali, kami itu bokek, jadi pas minta uang segala macam: mau kasih apa? Setelah konsultasi kepada orang tua dan mengunjungi beberapa situs ternyata kami baru sadar telah ditipu oleh oknum tertentu. Lagi-lagi kami sangat berterimakasih: UNTUNG KAMI BOKEK 😀 😀 wkwkwkkkkk…. 😀 😀

Berikut ini beberapa ciri-khas penipuan terhadap lowongan dan rekrutmen kerja yang dialami sendiri dan juga kami peroleh dari beberapa situs tetangga.

Lowker yang menipu bisa anda amati saat mencari-cari lowongan pekerjaan di berbagai situs di Internet.

  1. Disebarkan di situs-situs entah-berantah dan kadang yang gratis.

    Lowongan kerja yang disebarluaskan memang menyabet nama perusahaan ternama seperti Pertamina, Garuda, PLN, Yamaha, Honda, Netsle, Orang Tua, Angkasa Pura dan lain sebagainya. Intinya, mereka menggunakan nama-nama brand yang sangat dikenal secara luas oleh masyarakat. Tetapi, lowker semacam ini dimuatnya di situs-situs entah berantah yang tidak populer sama sekali. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan sub domain gratisan. Misalnya sub domain blogspot.com, wordpress.com, webly.com dan lain-lain.

    Sekalipun mereka menggunakan domain utama, tetap saja nama domainnya suka aneh-anak dan tidak berhubungan dengan info lowongan pekerjaan. Bahkan bisa saja hal tersebut di muat pada situs Linkedin.Com (salah satu situs yang terkenal profesional) seperti yang kami alami. Oleh karena itu simak poin selanjutnya teman agar anda benar-benar mampu mengenali dan membedakan yang mana yang asli dan yang mana yang palsu.

  2. Tata bahasa dan hurufnya kurang-kurang.

    Informasi lowongan pekerjaan bodongan biasanya memuat tata bahasa yang agak rancu bahkan terkesan kata-katanya kurang huruf sana-sini. Disinilah ketelitian anda sangat dibutuhkan saat membacanya. Sebab perusahaan besar ternama dengan karyawan/ pegawai yang terpelajar tidak mungkin kemampuan komunikasi tertulis mereka seburuk itu. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa setiap lowongan kerja yang anda baca tertulis dengan cermat dan tepat. Saat menemukan kalimat yang ambigu, hal tersebut patut dicurigai.

  3. Menawarkan gaji yang tinggi.

    Sudah nama perusahaan yang mereka pake persero (pemerintah punya), kalau yang swasta, sangat populer. Merekapun menggunakan iming-iming gaji di atas rata-rata (di atas UMR/ UMK). Siapa coba yang tidak tergiur dengan tawaran semacam ini? Mungkin beberapa sampai ngiler kali ya….. wkwkwkkkkk

    Sadarilah bahwa sebesar-besarnya suatu industri, tidak pernah menawarkan gaji di awal-awal penyebaran informasi lowongan kerja. Perusahaan semacam ini jelas tidak kredibel sebab biasanya soal-menyoal tentang gaji ditanyakan (ditegaskan) pas wawancara, itupun kalau HRDnya tidak kelupaan.

  4. Emailnya gratisan, hotmail, outlook, gmail, yahoo, asia dan lain-lain.

    Alamat email yang mereka berikan dalam lowongan kerja tersebut adalah palsu atau menggunakan email gratisan yang orang biasa saja (seperti anda dan kami) bisa memilikinya. Seharusnya alamat email yang diikutkan di dalam sana adalah jenis premium yang berhubungan langsung dengan situs perusahaan. Misalnya kalau itu dari pertamina maka sureinya akan seperti ini [……..@pertamina.com], bila dari PLN maka sureinya akan seperti ini […….@pln.co.id], bila dari garuda maka sureinya akan seperti ini […..@garuda-indonesia.com]. Pada dasarnya jenis email premium selalu berhubungan dengan situs perusahaan yang bersangkutan.

    Tidak ada salahnya bagi anda untuk mengetahui alamat website resmi perusahaan lewat internet dan sureinya tidak akan jauh-jauh dari alamat situs resminya, hanya saja sudah di tambahkan kata “rekrutment” dan “@” di belakangnya seperti yang kami contohkan di atas.

    Ciri-ciri surat panggilan rekrutmen bohongan untuk panggilan wawancara atau tes lainnya.

  5. Surat yang dikirimkan kepada anda terkesan sangat sederhana dan penuh kekurangan.

    Contoh Penipuan Surat Undangan Rekrutmen PT Pertamina Persero Dari Oknum Yang Tidak Bertanggung JawabBiasanya surat resmi selalu tampak rapi disana-sini dan berbagai atributnya lengkap. Sedangkan surat panggilan tes wawancara atau tes tertulis yang anda terima penuh dengan kekurangan dan sangat sederhana. Berikut ini beberapa kekurangan yang kami maksudkan.

    • Kop surat tidak lengkap. Tidak tertulis nomor telepon resmi perusahaan dan alaman email yang valid.
    • Sekalipun di kop suratnya terdapat nomor telepon tetapi itu hanyalah nomor handphone yang sama dengan nomor kontak yang diberikan penipu kepada anda.
    • Suratnya tidak ada rata kiri dan kanan.
    • Tidak ada stempel perusahaan, sekalipun ada stempelnya yang lama.
    • Menggunakan materai (untuk apa seorang direktur memateraikan tanda tangannya? Ha-hai…)
    • Ada berbagai-bagai logo yang terlihat lebay.
  6. Nomor telepon yang digunakan hanyalah nomor handpone biasa.

    Tidak menggunakan nomor asli perusahaan bersangkutan. Silahkan cari tahu nomor telepon perusahaan tersebut dengan mengunjungi situs resminya lalu cocokkan dengan nomor telepon (contact person) yang anda terima.

    Pada umumnya nomor telepon yang mereka gunakan di kop surat adalah nomor handphone biasa yang dapat kita beli dari conter terdekat. Nomornya tidak terlihat premium dan sangat umum.

  7. Berani menelpon anda.

    Orang-orang ini memiliki keberanian tinggi agar andapun segera melakukan yang mereka minta. Tidak ada HRD perusahaan besar yang menelepon anda untuk mengundang para calon pekerjanya. Sekalipun ada, itu hanyalah SMS biasa terkecuali jikalau HRD perusahaan tersebut adalah saudara/ kenalan anda 😀

  8. Lokasi wawancara biasanya jauh dari tempat pencari kerja dan sangat terkenal.

    Contoh Penipuan Rekrutmen dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Oleh Oknum Tidak Bertanggung JawabIni adalah modus para penipu agar memiliki cerita kronologis yang bisa diumbar sebagai alibi untuk meraup isi dompet anda. Mereka juga cerdas dan tidak meminta uang tanpa alasan. Uang itu diperlukan sebagai ongkos pesawat dan penginapan (hotel) yang ditempati selama mengikuti tes tertulis atau tes wawancara. Yang anehnya adalah mereka memintanya pulang pergi dan anda dituntut untuk membayar semuanya itu di muka. Diiming-imingi bahwa semuanya itu akan dibayar begitu anda sampai di lokasi ujian. Logikanya adalah, jika memang perusahaan ini hendak menanggung uang transpor, lantas mengapa ongkos pulangnyapun dibebankan ke kita? Ini adalah kesalahan yang bisa anda sadari dan tegaskan bahwa surat panggilan tersebut jelas-jelas palsu.

    Biasanya, tempat-tempat yang dituju adalah daerah wisata atau setidak-tidaknya di pusat Indonesia, yaitu Di Jakarta. Beberapa orang juga pernah menerima undangan untuk melaksanakan wawancara di Bali.

  9. Ada yang bilang bahwa mereka juga dikasih foto-fota karyawan dan beberapa acara resmi perusahaan

    Penipu ulung ini memang kenal betul dengan kelemahan para korbannya. Mereka sengaja memberikan berbagai-bagai tawaran yang memukau lewat panca indra (khususnya mata). Agar sedapat-dapatnya para pelamar tergiur, jatuh hati dan lupa diri sehingga masuk dalam jebakan mereka. Foto-foto karyawan yang mereka tampilkan jelas hanya orang-orang asal yang kebetulan diambil dari internet sedangkan perayaan pesta yang mereka tampilkan hanyalah gambar yang juga dikoleksi dari internet.

  10. Dilancarkan saat akhir pekan atau di hari libur agar kita tidak bisa melakukan konfirmasi.

    Informasi bahwa anda diterima di perusahaan/ instansi ternama tersebut diterima bertepatan di akhir pekan, misalnya hari jumat sore atau hari saptu. Ini adalah salah satu strategi jitu yang mereka lancarkan agar kita tidak bisa mengkonfirmasi ke perusahaan dimaksud. Sebab kebanyakan karyawan di bagian pelayanan masyarakat (humas) pada akhir pekan atau di hari libur sedang tidak di kantor. Akibatnya anda cenderung tidak bisa melakukan konfirmasi.

  11. Respon mereka sangat-sangat cepat.

    Anda baru saja mengirimkan surat lamaran ke perusahaan dimaksud, biasanya harus menunggu lama untuk mendapatkan jawaban terhadap posisi yang sedang anda lamar. Tetapi, kali ini surat lamaran kerja yang anda kirimkan di jawab dengan cepat, tidak sampai satu minggu melainkan hanya dalam waktu beberapa hari saja. Anda harus merasa ragu karena hal tersebut sebab respon cepat semacam ini bisa saja berasal dari panggilan kerja palsu.

  12. Anda dimintai sejumlah uang yang nilainya cukup besar.

    Ini adalah kebiasaan para penipu ulung tersebut. Mereka akan memintamu untuk membayar ongkos tikat dan penginapan hotel baik saat berangkat ke sana hingga saat pulang dari sana. Ini jelas terkesan aneh ya…. Sebab jika memang instansi tersebut ingin menanggung biaya akomodasi anda maka  sudah barang tentu ongkos pulang tidak akan anda bayarkan melainkan diperoleh langsung saat tes tertulis/ wawancara teresebut sudang berlangsung atau sudah selesai. Jadi gunakan daya analisis otak anda teman agar mampu menyadari hal tersebut.

  13. Menuntut anda agar melakukannya dengan cepat.

    Ini adalah adalah salah satu cara mereka agar amda tidak sempat mikir dan menggunakan penalarannya yang tajam untuk menganalisis hal tersebut. Mereka akan memberi anda waktu yang cukup singkat dengan menuliskan pada pengumuman tersebut agar segera melakukan pembayaran di rekening bank atau ATM terdekat. Orang yang terburu-buru melakukan semua hal biasanya untuk membuat anda tidak sempat berprasngka buruk terhjadap mereka.

  14. Saat ditelepon orangnya berbicara sangat cepat (seperti tergesa-gesa: mungkin karena ketakutan wkwkwkkkk).

    Lalu andapun berani menelpon orang tersebut untuk memastikan tentang kebenaran proses rekrutmen dimaksud. Pas anda menghubunginya, tidak ada yang menjawab. Atau sekalipun ada jawaban namun pria atau wanita yang anda hubungi terkesan tidak tenang, terlalu terburu-buru saat bicara dan apa yang dibicarakannyapun tidak begitu jelas terdengar. Ini jelas bukan perilaku cerdas dari seorang costomer service (human rezource) perusahaan ternama tetapi ketakutan yang timbul dari seorang pendosa.

Jaman sekarang memang sudah dari dulu edan. Teknologi yang ada saat ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kebaikan tetapi dimanfaatkan juga untuk melakukan berbagai aksi kejahatan. Dijebak oleh seorang penipu ulung yang berpengalaman jelas menyakitkan dan merugikan. Tetapi tidak perlu di sesali melainkan ambillah hikmat dari semuanya itu. Jadikan sebagai pengalaman yang berharga untuk diceritakan kepada orang lain, di bagikan kepada keluarga dan di-share ke sahabat-sahabat anda. Semuanya ini tidak akan kami tulis jika belum pernah mengalaminya. Jadi berbahagialah dalam hidup yang singkat ini ketika beroleh masalah dari berbagai lini kehidupan yang dijalani. Lebih daripada itu anda harus kritis, selektif, waspada dan selalu memastikan kebenaran semua informasi yang diterima. AWAS HOAX!

Salam, tegarkan hati tetapi tetap santun
– menulislah dari pengalaman
!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s