Gado-Gado

+10 Alasan Pohon Adalah Pelindung Dari Bencana Alam Dan Cara Hutan Menjadi Harta Di Masa Depan


Alasan Pohon Adalah Pelindung Dari Bencana Alam Dan Cara Hutan Menjadi Sumber Harta Kita Di Masa Depan

Tuhan adalah pelindung bagi seluruh umat. Semua diproteksinya sejak dari awal dunia ini dijadikan hingga saat ini dan sampai waktu yang tidak ditentukan. Tetapi ada orang yang mengatakan bahwa dia belum pernah melihat “Tangan Tuhan” menopang dan melindungi kehidupannya. Apa yang dikatakan oleh orang tersebut memang betul dan jelas salah. Memang dia belum pernah melihat Allah, kamipun demikian bahkan nabi Musa sendiri hanya pernah melihat bagian punggung-Nya saja tetapi rupa-Nya tidak ada seorangpun yang pernah mengamatinya dengan jelas, baik secara langsung maupun dalam mimpi. Tetapi, Dia telah mengutus kaum pelindung jauh sebelum kita diciptakan, tumbuhan hijau berklorofil.

Ada bagian diri Allah dalam setiap ciptaan-Nya

Kehadiran Tuhan dalam hidup kita memang tidak kasat mata tetapi Ia mewujudkan diri-Nya dalam berbagai-bagai bentuk yaitu ada yang berwujud manusia, hewan, tumbuhan, awan, matahari, air, tanah, garam dan lain sebagainya. Allah mewujudkan diri-Nya dalam berbagai-bagai rupa seperti seluruh bagian-bagian bumi beserta segala hal yang ada diatasnya. Ia adalah matahari yang menerangi segala sesuatu di waktu siang. Perlindungannya seperti awan yang menghalangi teriknya matahari di siang hari membuat suasana menjadi sejuk. Ia adalah pohon yang selalu mengeluarkan udara segar dan menyerap lebih banyak sinar matahari. Kehadiran-Nya dalam wujud hewan untuk memberi makan bagi manusia yang dikasihi.

Ia adalah air yang menjadi penyejuk dahaga dan pencuci segala sesuatu. Wujud-Nya seperti garam yang adalah mineral ajaib, berguna bagi segala sesuatu yang hidup di dunia ini. Kehadiran-Nya seperti dirus hujan yang selalu turun tepat pada waktunya. Ia adalah angin yang senantiasa berhembus menyejukkan kulit. Menjadi tanaman pangan yang adalah sumber bahan makanan bagi manusia. Ialah hewan predator yang menjaga kita dari berberbagai macam seranggap pengganggu. Sadarilah bahwa semua ciptaan-Nya mewujudkan masing-masing bagian yang berbeda dalam diri-Nya dimana semuanya itu ditujukan untuk kebaikan umat manusia.

Akal pikiran yang kita miliki adalah kunci untuk memanajemen semuanya itu

Apa yang kita butuhkan sudah diciptakan oleh Tuhan. Dalam enam hari penciptaan ada lima hari yang didedikasikan untuk menciptakan apa yang kita butuhkan. Dari sini bisa kita lihat bahwa ternyata untuk mengadakan kita di dunia ini membutuhkan persiapan yang matang. Untuk mengadakan seorang manusia yang ahli dalam mengelola segala sesuatu tidak cepat melainkan semua butuh waktu dan proses yang panjang. Itulah tugas utama kita di dunia ini, yakni untuk mengelola segala sesuatu sehingga setiap bagian-bagian yang ada berjalan dengan semestinya. Sadarilah bahwa tidak ada ciptaan yang salah, kalaupun ada kesalahan atau sampai timbul bencana, itu bukan salah ciptaan melainkan salahnya dikita yang salah mengelola.

Tidak ada ciptaan yang salah tetapi manusialah yang salah memanajemen

Salah satu kunci yang dipegang pengelola yang baik adalah menciptakan sistem yang seimbang

Tidak mudah untuk menjadi seorang manajer yang cerdas. Seorang pengelola yang di dalam hatinya sudah ada  hawa nafsu yang syarat dengan arogansi. Sedang di sisi lainnya, ia juga seorang dengan intelektual  (pengetahuan) yang mumpuni. Manajer yang baik pastilah akan menekan dan mengesampingkan keinginannya yang arogan melainkan lebih mengutamakan kepentingan bersama. Tugas utama dari seorang manajer adalah menjaga agar setiap komponen yang diciptakan selama  enam hari (seluruh alam semesta) senantiasa berputar pada porosnya. Saat ada bagian yang tidak berjalan sebagaimana mestinya maka dapat dipastikan  bahwa pada bagian tersebut telah terjadi instabilias akibat gangguan keseimbangan alam.

Salah satu penyebab utama gangguan keseimbangan adalah penebangan pohon

Setiap sistem yang seimbang menunjukkan bahwa bagian-bagian yang ada didalamnya telah terkondisi pada kemampuan/ potensi yang semestinya. Keadaan ini adalah pertanda bahwa setiap kekuatan yang ada dalam sistem telah saling mengendalikan. Misalnya saja, gelombang panas yang ditimbulkan oleh matahari dapat ditahan imbang oleh kekuatan atmosfer bumi. Ini berasal dari luas dan lebatnya hutan-hutan yang ada disekitar kita dimana tumbuh-tumbuhan didalamnya adalah komponen utama yang membentuk hal tersebut. Akan tetapi, terkadang si ahli manajemen ini terlalu lemah terhadap keinginannya yang arogan. Ia berpikir untuk mencicipi hidup mewah dan megah di dalam rumah-rumah yang super besar, luas dan menjulang tinggi ke langit. Dimana semuanya ini diperoleh dengan menebang lebih banyak pepohonan di dalam hutan.

Faktor penyebab pohon adalah pelindung bumi dari segala hal yang jahat di alam semesta dan cara hutan menjadi sumber mineral tak ternilai

Selama enam hari proses penciptaan, masing-masing hal yang diciptakan Tuhan adalah bagian-bagian yang berbeda dimana masing masing memiliki peran khusus dalam suatu sistem. Setiap keunikan itu menunjukkan bahwa sesungguhnya  masing-masing komponen menjalankan peran yang tidak tergantikan oleh kehadiran lainnya. Inilah pekerjaan manusia untuk mengelola segala sesuatu sehingga berjalan dengan semestinya sambil memanfaatkan seadanya sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa alasan mengapa pepohonan dan tanaman berklorofil lainnya disebut-sebut sebagai pelindung keberadaan manusia di bumi ini.

  1. Tumbuhan adalah sumber bahan pangan – menjauhkanmu dari kelaparan.

    Masing-masing orang selalu membutuhkan bahan pangan untuk hidup. Keberadaan berbagai-bagai jenis tanaman palawija yang dapat tumbuh dimanapun berada di seantero negeri Indonesia merupakan suatu awalan yang baik untuk menjamin ketersesdiaan pangan. Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan, baik yang sifatnya alami yang diperoleh langsung dari alam sekitar maupun yang berasal dari hasil rekayasa manusia di dalam industri modern. Kebutuhan pangan adalah salah satu produk pertanian yang tidak akan pernah mati. Selama bahan pangan ada maka selama itu pula manusia hidup dan senantiasa beraktivitas melakukan hal positif.

  2. Tanaman hijau adalah sumber obat-obatan – menjagamu dari penyakit.

    Ada banyak jenis tanaman hijau yang dapat digunakan dalam pengobatan tradisional. Dari antara semua yang terkenal, salah satu yang populer adalah pemanfaatan jeruk nipis. Asam yang dikandungnya bisa menjadi sumber daya tahan tubuh sehingga fisik kuat manahan sakit-penyakit. Ada juga tanaman berklorofil yang disebut sebagai sumber antioksidan alami, yang dikenal sebagai herbal ajaib, yang terdiri dari jahe, bawang putih dan bawang merah. Masih banyak tanaman obat laiinnya anda bisa menemukannya dengan melakukan pencarian di Google Search Engine.

  3. Batang pohon adalah bahan bangunan – tempat berteduh dan berkumpul di waktu istirahat.

    Rumah bisa menjadi tempat yang indah untuk berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Besar atau kecilnya rumah yang anda bangun jangan sampai terlalu mencolok. Sebab semakin tinggi dan besar rumah yang akan dibangun maka akan semakin banyak pepohonan hijau yang akan ditumbangkan. Diantara semua yang ada, biasanya hanya pohon dengan jenis tertentu saja yang akan ditebang sebab tidak semua jenis kayu bagus dan tahan untuk dijadikan sebagai bahan bangunan.

  4. Dedaunan menghasilkan oksigen – menepis segala sesak napas dan macam alergi lainnya dalam sistem pernapasan.

    Udara yang segar dihasilkan oleh berbagai-bagai tanaman hijau yang tumbuh di sekitar lingkungan kita. Setiap daunnya memiliki stomata yang senantiasa berespirasi untuk menyerap berbagai udara kotor untuk kemudian diubah menjadi oksigen dan berbagai jenis udara yang bermanfaat lainnya. Saat udara di sekitar kita kurang bersih maka ada beberapa orang yang begitu alergi dengan udara kotor sampai membuat mereka pilek, batuk, bersin hingga sesak napas. Oleh karena itu, peliharalah lebih banyak tanaman agar lingkungan sekitarmu tetap sejuk dan segar.

  5. Pepohonan mempertebal atmosfer – menahan sinar matahari, sampai jauh dari gelombang panas dan badai elektromagnetik.

    Pepohonan hijau selalu menghasilkan berbagai-bagai jenis udara segar. Saat jumlahnya disekitar anda ada ribuan di dalam hutan yang di sekitar rumah. Alhasil mereka akan menghasilkan lebih banyak udara seger untuk menjadi tabir surya alami yang melindungi kita dari sinar matahari yang menyengat. Jika tumbuhan lebih sedikit di sekitar lingkungan kita maka dapat dipastikan bahwa suhu lingkungan akan menjadi sangat panas yang bahkan menimbulkan bencana yang disebut gelombang panas. Dampak terparah dari menipisnya atmosfer di wilayah anda adalah saat terjadi gelombang elektromgnetik yang mengganggu aktivitas sinyal di wilayah tempat anda bermukim. Bahkan hal ini beresiko tinggi membakar hutan-hutan hijau yang masih tersisa.

  6. Pepohonan menyimpan lebih banyak air sehingga membentuk awan saat matahari terik – akibatnya sinar matahari akan terhalang dan intensitasnya berkurang.

    Daerah kering di padang gurun akan sangat panas ketika  matahari bersinar di siang hari. Ini dikarenakan oleh tipisnya atmosfer dan kurangnya jumlah awan di daerah tersebut. Tetapi di daerah dengan hutan-hutan tebal dan lebat, akibat sinar matahari yang terlalu panas akan membuat tanaman hijau melepas lebih banyak molekul uap air. Akibatnya, berbagai uap air ini akan mengumpul membentuk awan yang akan mengurangi intensitas sinar matahari langsung.

  7. Hutan mengundang hujan – mencegah kekeringan.

    Kita berpikir bahwa hujan adalah berkat Tuhan tetapi perilaku kita yang serakah untuk menebang berbagai jenis pepohonan di dalam hutan jelas akan menjadi ancaman. Memang hujan asalnya dari Tuhan dimana lewat proses respirasi yang dilakukannya maka atmosfer lebih tebal. Akibatnya udara menjadi sejuk dan segar sehingga ketika ada awan-awan kecil yang mengumpul akan secara otomatis diundang untuk jatuh ke bumi (kondensasi). Oleh karena itu mintalah sesuatu dengan melakukan apa yang seharusnya mendukung permintaan tersebut. Jangan yang diminta adalah agar hujan turun tetapi perilaku kita merusak hutan sangat kentara.

  8. Hutan membuat lingkungannya lembab – agar tidak mudah terbakar.

    Hutan yang memiliki kepadatan vegetasi yang lebat merupakan tempat dimana kandungan air disekitarnya sangatlah tinggi. Bahkan jika anda menyentuhkan tangan ke atas permukaan tanahnya akan terasa lembab dan basa. Vegetasi yang padat seperti ini disebut sebagai hutan hujan tropis. Salah satu manfaat nyata dari kelembaban yang tinggi membuat wilayah tersebut tidak mudah terbakar oleh pengaruh api kecil kecuali disebabkan oleh tindakan yang disengaja.

  9. Akar pohon mengundang air lebih banyak – mempertipis resiko banjir.

    Sungguh pohon adalah tanaman serba ajaib, mulai dari atas, samping, tengah, bawah hingga bagian tubuhnya yang diam di dalam tanahpun sangat bermanfaat. Bagaimana tidak, aktivitas akarnya yang tinggi merambat ke dalam tanah telah membuat tanah tersebut gembur. Sehingga saat hujan turun maka mudah sekali baginya untuk meresap ke dalam tanah ketimbang berkumpul-kumpul untuk mengalir di atas tanah. Jika semakin banyak air hujan yang berkumpul dan mengalir di atas tanah maka debit air akan meningkat dari yang seharusnya sehingga sungai dan saluran pembuangan meluap lalu menimbulkan banjir. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk menanamnya disekitar tempat tinggal anda.

  10. Akar pohon mengikat tanah dengan kuat – mencegah dari tanah longsor.

    Lagi-lagi manfaat akar pohon juga sangat jelas untuk melindungi pemukiman anda dari tanah yang bergerak dengan ekstrim yang disebut dengan longsoran. Jika suatu bangunan membutuhkan kerangka dari besi baja untuk membuatnya tetap kuat maka pepohonan juga melakukan perekatan yang sama pada tanah. Keadaan ini jelas sangat menguntungkan bagi kita terutama yang berada di daerah yang berbukit dan berlembah.

  11. Akar pepohonan merekatkan tanah – bahkan gempa bumi takkan menghancurkan pemukiman anda.

    Jangan salah kaprah lalu berpikir bahwa akar pepohonan hanya bermanfaat kecil sehingga anda dapat saja bebas untuk menebang pohon suka-suka hati semata mata demi kemewahan dan kemegahan duniawi. Ketahuilah bahwa saat terjadi gempa bumi biasanya daerah pesisir akan lebih banyak hancur karena efek getaran yang besar dan tak terkendali. Tetapi jikalau anda mengunjungi daerah yang subur dan sejuk dimana di sana lebih banyak pepohonan, niscaya tidak akan menemukan kerusakan yang besar. Terkecuali jika memang struktur rumah tersebut sangat tua dan rapuh sehingga sekalipun tanahnya tidak terbelah/ mekar tetap saja hancur karena bangunan tua.

  12. Respirasi klorofil selalu membersihkana udara – mengantisipasi badai dan angin kencang sejak dini.

    Tahukah anda bahwa badai dan angin kencang terjadi karena udara di sekitar anda terlalu berat karena terdiri dari konduktor yang ukuran molekulnya lebih besar dan sanggup menahan panas. Jika diumpamakan maka hal ini seperti perbedaan antara melempar dengan batu kecil dan dengan batu besar. Sudah pasti efek kerusakan yang lebih besar akan disebabkan oleh batu besar. Badai dan angin kencang adalah hasil dari akumulasi udara kotor yang syarat dengan mineral logam. Udara semacam ini akan menimbulkan badai dengan dampak merusak yang lebih nyata. Beberapa nama angin kencang yang cukup terkenal dengan kekuatannya yang dahsyat adalah tornado, angin topan, puting beliung, badai katrina dan lain sebagainya.

    Efek keberadaan pohon besar yang ukurannya menjulang tinggi ke angkasa juga bermanfaat sebagai salah satu cara alamiah untuk memecah kekuatan angin. Sehingga sekalipun dari arah datangnya memimiliki kekuatan besar tetapi berkat pepohonan yang banyak wilayah anda terlindungi dari peristiwa hadirnya angin kencang yang merusak.

  13. Tanaman tempat tumbuh kembangnya hewan – menjauhkan manusia dari binatang buas.

    Sadarilah bahwa bukan hanya manusia saja yang dihidupi oleh pohon yang ukurannya sangat besar tetapi hewan-hewan kecil sampai besar juga dilindungi olehnya. Ada banyak serangga yang menggantungkan kehidupannya untuk mengkonsumsi bagian tertentu dari daun, bunga, buah, kulit dan lain sebagainya. Serangga-serangga ini akan menjadi makanan bagi hewan yang lebih besar lainnya. Sehingga binatang buas sejenis monyet, ular dan kadal akan tetap mendapatkan makanannya hari demi hari.

    Pepohonan yang mengundang hujan juga turut membuat tanah-tanah menjadi sangat subur sehingga hewan herbivora (pemakan rumput) akan beroleh makanannya. Dengan demikian hewan herbivora tetap ada sehingga pemangsa seperti harimau tetap mendapatkan buruannya sepanjang hidupnya.

    Biasanya saat hewan-hewan buat sangat lapar mereka akan mengunjungi rumah-rumah manusia yang ada di sekitar hutan. Mereka memang tidak bertujuan hendak memakan atau menerkam seorangpun sekalipun yang terkecil diantara kita (manusia). Tetapi saat kita berpapasan dengan hewan buas bisa saja mereka hanya berusaha melindungi diri dari perilaku manusia yang agresif dan sangat merusak.

  14. Menghasilkan barang tambang berkualitas – membuat kita kaya-raya di masa depan.

    Tahukah anda bahawa hutan hujan tropis sangat kaya dengan bahan-bahan tambang berkualitas? Itulah mengapa daerah Papua sangat kaya dengan emas karena sejak dari awal hutan-hutannya terjaga dan belum rusak sama sekali. Karena itu jugalah daerah Kalimantan bahkan mungkin Sumatera dan Nias kaya akan bahan tambang seperti batu bara.

    BATU BARA ADALAH BAHAN TAMBANG MURAHAN yang dihasilkan oleh bumi. Sesungguhnya jika kita mau lebih sabar dan menunggu hingga beberapa ratus tahun lagi niscaya tempat tersebut akan menjadi wilayah dengan berbagai-bagai benda yang indah-indah didalamnya.

    Sadarilah bahwa keadaan ini dipicu oleh karena pepohonan di dalam hutan mengundang air hujan yang kaya garam mineral turun ke atas bumi. Sedang mineral garam ini adalah makanan yang baik bagi mikroorganisme untuk membuatnya terus aktif bermetabolisme menghasilkan bahan-bahan yang unik. Jika aktivitas kuman-kuman ini di dukung oleh keberadaan pohon-pohon besar diatasnya maka hal tersebut akan memberikan efek tekanan yang kuat terhadap tanah. Ditambah lagi oleh aktivitas rotasi bumi niscaya akan ada wilayah tersebut akan menghasilkan emas terbaik dan berbagai-bagai batu permata yang sangat indah lainnya. Jika mau lebih sabar lagi dan menahan diri untuk tidak melakukan eksploitasi maka bukan saja didalamnya tetapi permukaan tanahnyapun akan menghasilkan berbagai bagai batu mulia lainnya. ADAKAH ORANG YANG MAU BERSABAR DISINI? Baca juga, Tambang di masa depan.

  15. Tumbuh-tumbuhan tidak akan pernah habis – manusipun tidak akan pernah mati.

    Apakah anda salah satu manusia yang berpikir bahwa bisa hidup seorang diri di bumi ini? Jalas hal tersebut tidak mungkin sebab segala sesuatu yang ada di bumi ini saling menjaga dan saling melindungi. Tanpa atmosfer yang selalu dihasilkan oleh pohon maka kita akan terbakar habis oleh karena teriknya sinar matahari. Bahkan ada informasi yang mengatakan bahwa kekuatan radiasi sinar matahari di luar atmosfer bumi bisa mencapai 40000 Celcius. Artinya, tepat saat kita memusnahkan pepohonan dari lingkungan sekitar maka tepat saat itu juga gelombang panas akan terjadi. Jika situasi semakin parah dan tidak dapat ditanggulangi maka akan timbullah gelombang elektromagnetik yang dapat merusak berbagai sinyal elektronik di sekitar kita. Puncak dari menipisnya atau hilangnya lapisan atmosfer pelindung di bumi adalah badai matahari yaitu kebakaran besar yang akan menghanguskan segala sesuatu.

    Jadi sadar atau tidak bisa dikatakan bahwa pepohonan adalah tiket masuk kita untuk menempati dunia yang bebas dari bencana alam dari generasi ke generasi.

Di bumi ini kita jangan egois dan juga jangan sok-sok-an lalu menebang pepohonan yang tumbuh subur di sekitar dengan alasan yang tidak jelas, lebay dan tidak bermanfaat. Ketahuilah bahwa Allah sudah mempersiapkan segala sesuatunya jauh sebelum kita diciptakan. Jangan memandang rendah pekerjaan Tuhan dari hari pertama sampai hari ke lima lalu semena-mena berikhtiar untuk memunahkan beberapa ciptaan semata-mata demi kemewahan, kemegahan dan kenyamanan dari hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketahuilah bahwa tidak ada artinya lagi bumi ini saat atmosfer didalamnya sudah hilang sebab satu-satunya pendukung kuat keberadaan makhluk hidup adalah atmofer. Sedang atmosfer itu sendiri hanya dihasilkan oleh tanaman berklorofil dan sebagian dari lautan luas. Jadi biarkan bahkan pelihara dan bersimbiosislah dengan pepohonan, berikan mereka ruang yang lebih luas dengan demikian kita tidak harus berakhir oleh bencana. Juga manusia tidak harus saling berperang satu sama lain untuk memperebutkan sumber daya yang tersedia. Sekali lagi kami ingatkan bahwa hutan tropis adalah wilayah yang kaya akan hal-hal berharga kelak. Jadi bersabarlah…..

Salam, Saatnya melindungi pelindung kita!

Iklan

1 reply »

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s