anak

Beraktivitas Sambil Tersenyum – Senyuman Mungil Menentukan Air Muka Anda

Beraktivitas Sambil Tersenyum – Senyuman Mungil Menentukan Air Muka Anda

Tubuh yang senantiasa beraktivitas memiliki kebugaran yang lebih baik. Tingkat kecerdasan yang “cukup-cukup makanlah,” artinya “anda tidak perlu makan di luar sebab pikiranmu bisa memberi makan tubuhmu.” Salah satu makanan yang bisa kita hasilkan sendiri adalah kepuasan: saat kita terus menyibukkan diri dengan aktivitas memusatkan pikiran kepada Tuhan, belajar dan bekerja niscaya itu bisa diraih. Tidak hanya itu saja, saat aktivitas memusatkan konsentrasi kepada Tuhan telah mencapai stabilitas yang baik maka kedamaian, kebahagiaan, kelegaan dan ketenteraman akan menjadi milikmu selamanya. Inilah makanan yang dimaksudkan Tuhan Yesus “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi” (bnd Yohanes 6:35).

Jika kita mampu mengaplikasikan dalam kehidupan ini segitiga emas kekristenan (syarat mengikut Yesus) dan pencobaan di padang gurun (juga yang di alami Yesus) alhasil, hidup ini bisa mandiri. Anda tidak harus mengkonsumsi materi tertentu untuk menjadi bahagia bahkan setiap waktupun bisa dirasakan. Situasi di sekelilingmu tidak harus hening dan diam agar hati damai, bahkan dalam setiap hembusan nafasumu juga hadir. Hidupmu tidak harus kaya-raya baru ada kelegaan, bahkan rasa itu selalu ada di setiap langkah-kakimu. Sekalipun demikian bukan dalam arti, saat mampu menghasilkan makanan sendiri maka kita tidak lagi butuh orang lain. Melainkan hidup ini harus ada keseimbangan antara kedekatan kita dengan Tuhan dan dengan sesama manusia.

Pengertian senyum mungil

Senyum adalah gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit (KBBI Offline). Jadi, bisa dikatakan bahwa senyum mungil atau disebut juga senyum simpul adalah gerak tawa yang terbatas menunjukkan kebahagiaan yang tak terbatas. Seseorang melakukannya dengan hati-hati karena ekspresi ini memang tidak ditujukan untuk sesama melainkan untuk diri sendiri. Senyuman semacam ini lebih sering tidak disadari orang lain sebab bibir merekah tidak begitu lebar, hanya mereka yang teliti sajalah yang mampu mengenali aktivitas ini.

Sangat menentukan air muka anda

Senyuman mungil yang sangat sederhana ini sangat mempengaruhi penampilan seseorang sebab berhubungan erat dengan ekspresi wajah. Teman-teman anda, bisa melihat perubahan pada air muka yang diekspresikan, apakah sedang ceria atau murung? Ini sangat tergantung dari senyum mungil yang anda ekspresikan. Artinya, tawa sederhana ini sangat menentukan penampilan masing-masing. Seandainya orang yang melakukannya adalah perempuan, ia akan terlihat semakin manis. Kalau saja yang melakukannya adalah seorang pria, ia akan terkesan lebih ramah. Jadi, tekunilah kebiasaan tersebut agar bisa menemukan nikmatnya.

Tanda kesehatan fisik

Saat kita sedang tersenyum mungil, tidak hanya otot di bagian bibir saja yang ikut mengembang, tetapi otot di sekitar mata,hidung dan pipi juga ikut berkontraksi. Keadaan ini membuat aliran darah di muka menjadi ramai lancar. Sehingga wajah seseorang akan terlihat berseri-seri (beberapa juga kemerahan). Keadaan inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab, orang yang suka tersenyum itu memiliki kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang suka murung. Sebaliknya saat seseorang sedang stres dimana tidak ada senyum sehingga ekspresi mukanya terlihat penuh dengan beban hidup, seolah sedang bersusah hati. Karena itulah muncul pernyataan, orang yang terlalu sering stres, kesehatannya bisa terganggu.

Senyuman meningkatkan konsentrasi – lakukan saat berkomunikasi

Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, lakukanlah sambil tersenyum mungil sebab kebiasaan ini menandakan bahwa kita sedang berkonsentrasi mendengarkan pembicaraan yang sedang dilakukan. Saat otot-otot di bagian wajah berkontraksi untuk mengekspresikan sebuah senyum, tepat saat itu jugalah konsentrasi pikiran ditujukan untuk mendengarkan dan menyampaikan sesuatu. Aktivitas ini seperti saat kita sedang berdiri, otot diseluruh badan yang berkontraksi mendorong konsentrasi kita ke arah tertentu. Itulah mengapa orang yang beraktivitas sambil berdiri lebih mudah fokus untuk menyelesaikan pekerjaannya. Demikian juga saat kita berkomunikasi sambil tersenyum mungil akan membantu meningkatkan konsentrasi pada topik yang sedang dibahas.

Senyumannya yang arogan dan syarat iri hati cenderung hanya sesaat saja

Sama seperti berbagai aktivitas positif yang kita lakukan selama hidup ini, senyuman juga merupakan salah satu diantara sekian banyak aktivitas yang positif. Membiasakan diri untuk mengekspresikannya dari waktu ke waktu adalah suatu jalan menuju kepada pikiran yang positif. Sebab adalah mustahil seorang yang pikirannya negatif bisa menebarkan senyum yang notabene jauh dari hal-hal yang baik. Tetapi arogansi yang terpenuhi juga bisa menjadi salah satu alasan bagi seseorang untuk melebarkan senyumannya. Hanya saja, begitu ada orang yang lebih baik dari miliknya sendiri, alhasil semua gelak tawa yang manis itu akan segera memudar dan air mukanya juga otomatis berubah memahit (murung-galau).

Saat fokus kepada Tuhan: berdoa sambil tersenyum mungil

Aktivitas fokus kepada Tuhan sebaiknya dilakukan sambil tersenyum mungil. Misalnya saja saat menyanyi di dalam hati, memuji-muji Tuhan hingga rasa sukacita itu memenuhi pikiran lalu meluap dalam senyuman di bibir masing-masing. Demikian juga ketika sedang membaca firman, baik melakukannya di dalam hati maupun sambil bersuara. Termasuk saat kita sedang berdoa, pastikan setiap memanjatkan doa dilakukan dengan hati yang tertuju kepada Tuhan (fokus) sembari tersenyum mungil. Niscaya doa yang kita panjatkan tidak terasa hampa dan malah dipenuhi dengan sukacita yang nikmat dari awal sampai akhir.

Membuatmu bahagia

Bagi yang ingin bahagia, silahkan tersenyum mungil. Tentu saja, senyuman yang anda lakukan tidak didasarkan dalam kehampaan. Sebab senyum yang hampa justru memberikan efek yang sebaliknya, yaitu membuat hati serasa tidak enak atau lebih tepatnya tidak nyaman. Akan tetapi ketika anda melakukannya sembari memusatkan pikiran kepada Tuhan, niscaya rasanya lebih dalam dari yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Demikian juga saat kita bisa senyum mungil sembari mengikuti aktivitas belajar mengajar, semua dapat dipahami dengan baik. Begitu pula ketika menyelesaikan berbagai pekerjaan, digiatkan sambil tersenyum mungil, alhasil sesulit apapun tantangannya bisa dinikmati dengan penuh rasa syukur. [Lihat juga, Khasiat Senyum]

Senyuman  kebaikan untuk diri sendiri dan semoga orang lain merasa baik  akan hal tersebut

Untuk berbuat baik kepada sesama, terkadang kita tidak mampu. Mungkin orang-orang kaya bisa memberikan materi untuk dibagi-bagikan kepada orang lain. Tetapi kita yang sederhana dimana hari-hari yang dihadap tidak jauh beda dari yang dialami orang lain, bisa berbaik hati dengan membuat sikap lebih santun. Bila orang tertentu melayani sesamanya dengan harta maka kita bisa melayani orang lain dengan sikap yang diekspresikan. Mereka yang mampu menjaga sikap tetap santun saat berhubungan dengan pihak lain sudah melakukan kasih yang lebih dari cukup. Sedangkan orang yang mampu tetap ramah saat ditekan oleh situasi adalah orang-orang yang luar biasa. Mengangguk dan senyumlah kepada orang-orang yang memfitnah anda niscaya tetap ada sukacita sekalipun di dalam tekanan.

Sayang, sering sekali orang melupakannya – Fokus kepada Tuhan adalah energi untuk dapat tersenyum

Sekalipun aktivitas ini sangatlah bermanfaat tetapi ada beberapa orang yang meninggalkannya di belakang, mungkin karena terlalu sederhana dan kurang teramati oleh orang lain. Mereka hanya sekedar melupakannya lalu tenggelam dalam situasi dan kondisi yang dihadapinya. Terlebih saat sedang menghadapi persoalan maka muka-muka orang susah akan ditampilkan dengan mudah. Keadaan ini jelaslah membuat semua ingat-ingatan akan aktivitas positif hilang dari kepala. Biasanya hati malah dipenuhi oleh berbagai rasa kesal, gundah, galau, sedih, khawatir, gelisah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, segera isi pikiran dengan aktif memuji-muji Tuhan di dalam hati. Akitivitas ini bisa juga dilakukan dengan berdoa dan membaca-mendengarkan firman : inilah energi dari setiap senyum sejati.

Dimana ada kegiatan yang positif maka disanalah ada suasana hati yang baik. Apapun aktivitas yang hendak dikerjakan hari ini, lakukanlah semunya itu sambil tersenyum. Sebab dimana ada senyuman maka disanalah ada kepuasan, kedamaian, kebahagiaan, kelegaan, ketenteraman dan berbagai rasa positif lainnya. Tetapi, jangan kosongkan pikiranmu saat melakukannya, melainkan berupayalah mencari energi positif untuk mempertegas aktivitas tersebut. Energi itu bisa berupa kegiatan mengkonsentrasikan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Energi senyuman mungil juga kita peroleh saat berkonsentrasi melakukan komunikasi dengan sesama, menekuni pelajaran dan menyelesaikan pekerjaan yang diemban. [Lihat juga, Senyum Yang Hampa]

Salam, senyummu ceriakan duniamu dan
bisa mengubah dunia orang lain
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.