Gado-Gado

+10 Cara Menikmati Hidup – Resep Sederhana Menikmati Hidup


Cara Menikmati Hidup – Resep Sederhana Menikmati Hidup

Bagaimana cara seseorang mensyukuri kehidupannya? Dengan menjalaninya sejujur-jujurnya tanpa sandiwara. Ada pula yang melaluinya dengan tetap berbagi kepada sesama, sebab kita telah diberkati maka menjadi berkat. Seseorang melewati hidupnya dengan penuh syukur sambil senantiasa bernyanyi memuji-memuliakan Tuhan disegala waktu. Yang lain melewatinya sambil terus menyelesaikan setiap masalah karena disanalah kepribadian kita berkembang. Ada juga yang mengatakan melaluinya sambil tetap menikmati lekak-lekuknya hidup apa adanya.

Tuhan tidak pernah merancang kecelakaan, bersyukurlah karena hal itu

Kita bersyukur kepada Allah atas hidup ini bukan karena semua sudah menjadi seperti yang kita inginkan. Melainkan kita mensyukuri segala sesuatu karena setuju dan yakin betul bahwa semua yang terjadi dalam setiap waktu yang kita jalani sudah masuk dalam rancangan Allah. Apapun yang terjadi di masa depan, semuanya adalah rancangan damai sejahtera. Bila oknum kapitalis sering berbuat sewenang-wenang dengan semua power yang dimilikinya, tetapi Tuhan tidak pernah merencanakan kecelakaan bagi umatnya, seperti ada tertulis.

(Yeremia  29:11) Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Bersukarialah dengan berkat yang anda terima sesederhana apapun itu

Kita sudah masuk dalam masa-masa damai dimana kehidupan sudah berhenti dari peperangan hebat. Sekalipun di luar sana masih ada peperangan tetapi kita telah dianugerahkan keamanan, inilah hal yang harus kita syukuri sampai sekarang. Jadi, mari nikmati zaman damai yang penuh harapan ini dengan senantiasa fokus kepada Tuhan (dalam doa, firman dan nyanyian pujian), belajar hal-hal positif dan mengerjakan tugas-tugas yang dipercayakan kepada kita. Dibalik semuanya itu, kita juga perlu menyempatkan diri untuk menikmati hidup apa adanya, seberapa berkat yang diberikan Allah kepada diri ini, secara demikianlah kita bersukaria.

Hindari membeli barang dan jasa agar lebih unggul/ lebih baik dari orang lain

Dibalik semuanya itu, harap pula untuk selalu menampilkan diri sendiri apa adanya saja, sama halnya dalam menikmati hidup tidak perlu berlebihan. Berhati-hatilah melakukannya sembari mengejar bagaimana caranya agar anda lebih baik dari orang lain. Apapun yang anda beli saat ini, jangan pernah miliki itu dengan alasan semata-mata agar lebih unggul dari sesama. Ketahuilah bahwa melegalkan rasa arogan semacam ini hanya membuat kita menjadi lebih konsumtif, sebab yang namanya barang mewah (fashion, kosmetik, emas, barang elektronik dan lainnya) senantiasa berubah-ubah. Ia kalau anda memiliki sumber keuangan yang tidak pernah putus-putus bagaikan air di musim hujan. Tetapi kalau tidak alhasil bisa membuat stres.

Hidup sederhana adalah kehidupan yang ramah lingkungan

Sadari jugalah bahwa di dalam kehidupan ini, kerendahan hati sangatlah diperlukan. Kita tidak hidup sendiri melainkan masih banyak orang di luar sana yang membutuhkan sumber daya. Menghabiskan uang miliaran bahkan triliunan rupiah untuk sebuah pesta/ parti/ resepsi jelas meningkatkan kecepatan habisnya sumber daya. Memang anda tidak akan merasakan dampaknya tetapi rakyat kecil, orang miskin dan pengangguran akan sangat dirugikan oleh kenaikan harga yang terus-menerus terjadi. Hidup sederhana itu memang baik agar kita tidak menjadi batu sandungan bagi sesama manusia.

Nikmati segala sesuatu secara fluktuatif dan kecewakan diri sendiri merontokkan hawa nafsu

Kita tidak perlu memegang kunci kendali menikmati hidup secara konstan pada satu objek yang sesuai dengan selera. Mengunci keinginan semata-mata pada satu hal lalu menolak yang lainnya membuat kepribadian anda tidak fleksibel, kaku dan sukar menyesuaikan diri. Oleh karena itu, nikmati fluktuasi kehidupan dengan penuh rasa syukur: kadang mahal – juga murah, kadang pahit – juga manis, kadang mewah – juga kaki lima. Tidak perlu jauh-jauh, untuk makan mewah cukup potong dan gulai ayam (sapi, babi), sedangkan untuk yang murahan cukup dengan ikan asin dan terasi. Menikmati hidup seperti ini membuat anda bisa berada dimana saja, baik atau buruknya ekonomi keluarga selalu disyukuri.

Sikap yang fleksibel juga membantu melepaskan anda dari hawa nafsu yang berlebihan. Ambil juga waktu untuk sekali-sekali mengecewakan diri sendiri. Misalnya jikalau biasanya anda makan di luar atau sesuatu yang lebih dari biasanya, kecewakan diri sendiri dengan menunda rutinitas tersebut. Tundalah selama beberapa hari, seminggu atau berapapun. Rasakan sakitnya dikecewakan lalu bertransformasilah untuk menjadi kuat. Alhasil semakin sering kita kecewa terhadap sesuatu maka nafsu/ keinginan terhadap hal itu semakin menurun. Oleh karena itu, jangan pernah benci dengan kekecewaan melainkan cintailah dia!

Cara (resep) sederhana menikmati hidup

Garam meja adalah rahasia di balik semua kenikmatan di dunia yang fana ini. Memang benar kata pepatah bahwa “hidup tidak ada artinya tanpa garam.” Mineral ajaib yang satu ini digunakan disegala bidang kehidupan. Kita termasuk makhluk bahkan bukan cuma manusia tetapi juga semua makhluk hidup lainnya tidak akan bisa hidup tanpa natrium. Kita hanya akan menjadi makanan kuman-kuman pembusuk karena terus sakit-sakitan sedang umur menjadi lebih pendek. Oleh karena itu bersyukurlah kepada Tuhan yang telah memberikan garam sebagai obat dari segala sesuatu.

Sebelumnya harap anda tahu bahwa gabungan antara garam dan gula membuat rasa minuman tampak seperti madu. Jadi berhati-hatilah dengan berbagai jenis madu yang diperjualbelikan di luar sana sebab bisa jadi itu hanyalah imitasi belaka yaitu berupa perpaduan sempurna antara natrium dan gula. Mulailah berlatih bagaimana caranya memadukan dua bahan tersebut agar menghasilkan minuman yang benar-benar nikmat seperti madu.

Berikut akan kita pelajari beberapa resep yang kami maksudkan.

  1. Utamakan fokus Tuhan.

    Ketahuilah bahwa ini adalah resep dari kepuasan hidup. Ada banyak orang di luar sana yang memiliki hari-hari yang lebih baik tetapi tidak pernah puas dengan kehidupannya. Fokus kepada Tuhan adalah satu-satunya kepuasan sejati yang bisa anda nikmati dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun keadaan anda.

  2. Selalu berbuat baik.

    Kita juga perlu menyeimbangkan aktivitas fokus ini dengan cara senantiasa berbuat baik kepada sesama. Sebagai orang yang tidak memiliki uang dalam jumlah yang lebih maka sebaiknya kebaikan hati kita intenskan lewat sikap sehari-hari. Artinya, mustahil kita bisa terus-menerus melayani sesama dengan materi yang dimiliki tetapi layanilah satu dengan yang lain lewat sikap yang santun dan ramah. Selanjutnya, anda bisa melakukannya sesuai sumber daya dan potensi yang dimiliki masing-masing.

  3. Siap menghadapi ujian sosial.

    Mustahil kita bisa menikmati hidup ini tanpa kesiapan menjalani ujian sosial. Sebab masalah-masalah kecil atau besar senantiasa terjadi dari waktu ke waktu. Jika kita tidak mampu memaklumi dan memaafkannya maka semewah apapun materi yang kita nikmati akan terasa hampa malah suasana hati semakin buruk karena rasa kesal bercampur sakit hati. Oleh karena itu, terimalah kenyataan apa adanya, fokus kepada Tuhan dan lanjutkanlah pelajaran atau pekerjaan yang sedang anda lakukan.

  4. Rendahkan hati.

    Kerendahan hati lebih dekat kepada hidup sederhana. Orang yang hidup sederhana memiliki keinginan yang standar saja tetapi mereka yang sombong sungguh dipenuhi dengan hal-hal yang terlalu tinggi untuk dicapai. Saat kita rendah hati maka minum air garam manis sekalipun tetap disyukuri, makan nasi yang digarami sekalipun juga tetap dinikmati dengan penuh rasa syukur.

  5. Tidak ketergantungan menikmati sesuatu.

    Cara terbaik untuk tidak ketergantungan terhadap materi adalah dengan menikmatinya secara fluktuatif. Ini seperti yang kami katakan sebelumnya, fluktuasi adalah tanda kekuatan dan awal dari kemampuan beradaptasi. Sedangkan untuk lebih mengakselerasi kemampuan kita melupakan hawa nafsu, gunakanlah kekecewaan sebagai senjata halus untuk mengkebiri keinginan sesat.

  6. Berhenti dari ketagihan terhadap kemuliaan duniawi.

    Nikmatnya kemuliaan duniawai hanyalah 3 detik saja, tidak lebih. Sedang siapa juga orang yang tidak ada kerjaan dan terus-menerus memuji anda setiap saat? Lagipula pujian yang terlalu sering adalah suatu bencana yang justru menjemukan orang yang mendengarnya. Tetapi jikalau kita aktif menghargai dan menghormati orang lain niscaya ada kebahagiaan di dalam hati ini. Dimana ada aktivitas di situ ada kebahagiaan dan kepuasan karena kita sudah menjadi seturut kehendak Bapa kita, yaitu menghidupi kebenaran yang hakiki dari waktu ke waktu.

  7. Menerima kenyataan apa adanya.

    Kenyataan yang sudah terjadi adalah hak kita. Menolak kenyataan hanya akan membuat hatimu dipenuhi oleh rasa kesal. Biar bagaimanapun power yang kita miliki, mustahil bisa membalikkan apa yang sudah terjadi. Satu-satunya hal yang bisa diubah adalah masa depan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang persiapkan dan jalankanlah rencanamu untuk membuat masa depan yang lebih baik.

    Berbagai resep lainnya yang patut dicoba.

    Alat Parut Tangan Portable - Untuk Menikmati Hidup Bersama Keluarga
    Buah-buahan adalah karunia rasa yang alami dan kaya dengan zat gizi yang sangat baik bagi tubuh. Dalam bagian ini kami akan mengarahkan para pembaca yang budiman untuk menikmati hidup dengan mengkonsumi buah. Sebab hasil pertanian buah sangatlah baik untuk dikembangkan dan selalu ada di setiap daerah. Lagipula mengkonsumsinya lebih baik daripada mengkonsumsi makanan fast food (makanan cepat saji) seperti aneka mie dan gorengan lainnya.

  8. Susu + garam + air.

    Jika anda pernah mengkonsumsi susu BearBrand besutan Nestle maka begitulah rasanya susu yang dicampur dengan garam. Selain rasanya unik spesial dan khas juga menyehatkan tulang-tulang dan seluruh badan ini. Jika Nestle membrandol harga produknya pada kisaran tinggi maka anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan uang seadanya yang ada di kantong untuk membeli susu yang ramah di dompet lalu menambahkan garam ke dalamnya.

  9. Jeruk nipis all variant + susu + gula + garam + air.

    Hampir semua penduduk desa memiliki tanaman jeruk purut/ jeruk nipis sendiri. Semakin asam jeruk itu maka semakin banyak garam yang anda butuhkan untuk menetralkan keasamannya. Gula juga bisa menambah kenikmatan perasan jeruk yang siap disajikan tersebut.

  10. Buah Tomat + susu + garam + gula + air.

    Biji-biji tomat tidak perlu diparut melainkan hanya bagian yang kerasnya sajalah yang perlu anda haluskan. Anda bisa menggunakan blender atau parutan tangan untuk lebih menghemat listrik. Selanjutnya, tambahkan garam, jika tomatnya asam maka garam yang dibutuhkan untuk menetralkan rasa asamnya itu lumayan banyak. Seberapa banyakkah itu? Silahkan coba-coba sendiri. Kejadian “try & error” adalah pengalaman yang bisa memperkaya khasanah ilmu pengetahuan anda.

  11. Wortel + susu + garam + air.

    Sayur wortel juga cukup murah di pasaran, apalagi di saat musim panen tiba. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat lidah menari selama beberapa menit. Parutlah wortel itu dengan tangan sejumlah yang dibutuhkan. Anda juga bisa menghaluskannya dengan blender tetapi tidak kami anjurkan agar pembayaran rekening listrik setiap bulannya lebih hemat.

  12. Buah Jambu + susu + garam + air.

    Ada berbagai macam jenis jambu, ada jambu batu, jambu air dan lain sebagainya. Parutlah jambu tersebut dengan parutan tangan yang biasanya anda gunakan. Seperti yang kami katakan sebelumnya rasakan keasaman jambu anda lalu tambahkan garam untuk menetralkannya. Sedangkan untuk membuat rasanya seperti madu silahkan tambahkan sejumlah gula. Lalu andapun dapat menikmatinya sendiri sambil duduk di tempat-tempat yang agak tinggi dan memuji-muji Tuhan di dalam hati.

  13. Timun + susu + gula + garam + air.

    Buat timun merupakan salah satu jenis buah-buahan yang lumayan murah-meriah. Anda bisa membelinya di pekan secukupnya saja lalu parutlah itu dengan peralatan seadanya. Tambahkan susu plus gula plus garam kedalamnya, tentu saja jumlah yang anda tambahkan harus sesuai dengan jumlah air yang ditambahkan. Semakin banyak jumlah anggota keluarga yang meminumnya maka semakin banyak pula jumlah bahan-bahan yang perlu ditambahkan.

  14. Buah Pepaya + susu + garam + air.

    Resep ini adalah salah satu idola. Pepaya yang memiliki tekstur lembut dan enak merupakan suatu bahan yang tidak perlu lagi diparut. Asal saja matangnya sudah penuh maka anda hanya perlu menggaruknya tipis-tipis dengan sendok lalu tambahkanlah sedikit garam, susu, gula dan garam secukupnya saja. Kunci jumlah gula yang pas adalah saat rasa manisnya seperti madu.

  15. Buah Alpukat + susu + garam + air.

    Anda bisa membuat jus alpukat secara manual dan tanpa mesin agar lebih hemat listrik. Lagipula saat menggunakan tangan sendiri setidak-tidaknya kalori kita bisa terbuang Anda bisa membuat semua ini untuk keluarga sekalipun jumlahnya hanya satu sedangkan keluarga ada empat. Kuncinya adalah dalam hal penambahan garam dan gula juga air. Jika anda bisa menakar jumlah yang bagus untuk ketiga bahan tersebut, niscaya minuman dari resep pribadi tersebut terasa seperti madu.

  16. Buah Durian + susu + garam + air.

    Beberapa hari yang lalu kami bertanya kepada kakek di sebelah rumah, “Kok rasa-rasanya ada wangi durian ya, apa sekarang sedang musim durian Kek?” Iapun menjawabnya, memang lagi musim durian tuh di daerah lain. Jika di tempat anda sudah tiba musim durian, dapat memanfaatkan buah-buahan ini untuk dijadikan jus. Hanya saja perlu durian yang dagingnya tebal tapi lembut agar bisa diparut. Jikalau duriannya terlalu tipis, lebih baik jangan dijadikan jus sebab jumlahnya pastilah sedikit. Semuanya tergantung keputusan anda. Menambahkan gula dan garam pada jus durian membuatnya berasa manis seperti madu.

  17. Buah Sirsak + susu + garam + air.

    Buah yang satu ini juga dikenal sebagai buah-buahan anti kanker, “ups… garam juga anti kuman, tumor dan kanker kale….!” Parutlah itu dengan menggunakan tangan yang bersih di atas piring atau talam sebab agak becek di sana terlebih ketika kita turut menyibukkan tangan untuk mengawaskan biji-bijinya. Semakin asam rasanya maka semakin banyak garam yang anda butuhkan untuk menetralkan rasa itu agar rasanya tidak terlalu ngilu. Demikian juga, anda bisa mengkonsumsi jus yang satu ini sembari berbincang santai bersama keluarga tercinta, menanyakan aktivitas mereka sehari-hari dan basa-basi lainnya.

  18. Buah nanas + susu + garam + air.
    Nanas adalah salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C dalam kadar tinggi. Ini ditunjukkan oleh rasa asam yang ditimbulkannya. Warnanya yang kekuning-kuningan juga merupakan pertanda kandungan antioksidan yang tinggi. Menjadikan buah yang satu ini sebagai jus jelas bai adanya. Hanya saja sajikanlah dalam keadaan matang agar rasa asamnya tidak kentara. Untuk menetralkan rasanya yang asam, tambahkan lebih banyak garam. Anda juga bisa menambahkan gula kedalamnya. Sajikan dan nikmati bersama keluarga tercinta sembari menceritakan sesuatu yang bisa saling memotivasi/ menyemangati kita dalam menjalani hari yang tidak selalu mudah.
  19. Buah Semangka + susu + garam + air.

    Ada semangka yang tidak ada bijinya sehingga memudahkan anda untuk memarutnya tanpa harus sibuk memungut biji tersebut. Parutlah hingga yang tersisa kulitnya saja, tambahkan garam dan air, jika terlalu asam tambahkan lagi garamnya. Bila mau berasa agak kemadu-maduan maka tambahkan pula gula kedalamnya. Perpaduan antara jumlah gula dan garam yang tepat akan membuat jus yang anda buat seperti madu rasa buatan keluarga. Nikmatilah itu, sambil mendengarkan radio RRI Pro 1 atau Pro 2 sambil belajar mengubah setiap lagu yang mereka putar menjadi lagu rohani.

  20. Buah Nangka + susu + garam + gula + air.

    Mengkonsumsi nangka seperti biasanya terkesan kurang nikmat. Ada baiknya jikalau kita bisa memarutnya dengan tangan yang bersih lalu manambahkan beberapa susu kemudian garam dan gula. Jika rasanya keasinan atau kemanisan silahkan tambah lagi airnya. Harap untuk diketahui bahwa aktivitas menikmati hidup semacam ini bisa anda lakukan bersama keluarga sambil menonton acara televisi yang disukai. Kemudian silahkan berimprovisasi dalam hati sendiri, puji-pujilah Tuhan dalam hatimu sambil mengkopi paste kata-kata yang diucapkan oleh artis-artis tersebut. Artinya, hubung-hubungkan lagu rohani yang anda nyanyikan dengan percakapan yang dilakukan di dalam televisi.

Menikmati hidup itu mudah dan murah, bukankah kita hidup di tanah yang penuh dengan susu dan madu? Susu itu hanyalah Rp. 1.000,- sampai Rp. 1.500,- per sashet, jika anggota keluarga anda banyak maka belilah yang dalam kaleng. Sedangkan madu, bisa anda buat sendiri dengan menggabungkan antara gula dan garam. Silahkan coba-coba sendiri dengan membuat resep sesuai dengan pengalaman anda sebab mengaplikasikan pengalaman itu lebih nikmat daripada sekedar meniru-niru dari orang lain. Tetapi ingat, jangan melakukannya terlalu sering agar tidak ada kata jemu. Berhati-hati jugalah menggunakan gula, terlalu banyak dan terlalu sering, bisa-bisa membuat tubuh anda menggembrot.

Salam, menikmati hidup itu mudah, nggak perlu mewah!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.