Infokom

+7 Manfaat & Kerugian Adblock – Alasan Berhenti Memblokir Iklan Dari Situs Tertentu

Manfaat & Kerugian Adblock – Alasan Berhenti Memblokir Iklan Dari Situs Tertentu - Berhenti Menggunakan Adblock

Hidup di zaman yang modern seperti saat ini tidak pernah jauh-jauh dari informasi. Tanpa informasi yang berkualitas maka hal-hal yang baik dalam hidup kita akan menjadi lemah. Informasi yang bermutu didapatkan dari pengalaman hidup sehari-hari. Jikalau kita mau berjalan lebih tenang, mengamati lebih lama, mempelajari lebih seksama dan menganalisis lebih dalam, alhasil pengalaman buruk yang selama ini kita rasakan menjadi modal awal. Oleh karena itu, adalah jelas tidak salah jikalau Kitab Suci menganjurkan kita untuk selalu memaknai masalah dan penderitaan secara positif sebab selalu ada manfaat di balik peristiwa tersebut.

Beberapa orang rela mengeluarkan semumlah besar uang, sampai jutaan semata-mata demi informasi yang bernilai. Sebab suatu informasi dengan daya guna tinggi dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan seseorang. Sudah tentu keadaan yang membahagiakan ini bisa membantu manusia dalam mengatasi masalah yang dihadapinya dari waktu ke waktu. Persoalan tersebut merupakan salah satu penghambat yang membuat seseorang lebih banyak hidup bergantungan kepada orang lain. Artinya, informasi yang kaya merupakan sebuah motivasi yang mencerahkan untuk membebaskan manusia dari kemiskinan.

Salah satu dari sekian banyak informasi yang tergolong masih sangat bermutu namun berada dalam kapasitas yang murah-meriah adalah yang diperoleh dari internet. Kami sendiri bisa mengakses internet dengan menggunakan Laptop yang dihubungkan oleh modem. Mungkin di luar sana bisa mengakses browser dan sosial media dengan mudahnya menggunakan handphone  canggih atau lebih dikenal dengan smartphone. Biasanya, browser yang kerap kali digunakan untuk mengakses jaringan terdiri dari Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Eksplorer, Opera, Safari dan lain-lain.

Sebagai pengguna yang memiliki kantong sangat terbatas, kami (mungkin orang lain juga) hanya menggunakan internet selama waktu-waktu yang diperlukan saja. Taktik semacam ini perlu kami giatkan semata-mata untuk menghemat pemakaian kuota agar tidak terlalu boros. Penggunaannya di awal bulan sedikit lebih hati-hati sambil berhemat. Tetapi ketika sampai di penghujung bulan, penggunaannya agak lebih boros tetapi tidak sampai liar asalkan kita tetap fokus kepada Tuhan di masa-masa berselancar di dunia maya. Paling-paling sisa kuotaanya digunakan untuk mendownload beberapa “film top in the year” berdasarkan situs IMDB.

Macam-macam pemblokir iklan

Salah satu cara terbaik kami untuk mempertahankan kehematan penggunaan kuota internet adalah dengan mendowload beberapa plugin/ addons pada browser yang sedang digunakan. Plugin yang pertama sekali kami pasang sesaat setelah menginstal browser Mozila Firefox adalah pemblokir iklan. Ekstension tambahan ini memang jelas sangat bermanfaat untuk menghalau  berbagai skript iklan yang kadang-kadang terpasang secara berlebihan pada halaman suatu website. Fungsi yang brilian ini terkadang sangat membantu sehingga terus diaktifkan kecuali di situs pribadi yang dikelola sendiri. Ada beberapa jenis pemblokir iklan yang tersedia bagi pengguna yang ingin berhemat kuota, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Adblock Plus.
  • uBlock Origin
  • AdBlock for Firefox.
  • Ghostery – Privacy Ad Blocker.
  • Adguard AdBlocker.
  • AdBlocker Ultimate.
  • dan lain sebagainya temukan sendiri.

Pengertian – Adblock adalah ekstensi yang bisa dipasang dalam suatu mesin peramban web yang berfungsi untuk mementahkan skript iklan sehingga tidak tampil pada halaman yang dituju.

Kegunaan pemblokir iklan (Adblock)

Ada banyak konten bermanfaat yang bisa kita temukan di dalam bersosial media: yang paling umum adalah yang berupa tulisan, gambar, musik, video dan lain sebagainya. Untuk melengkapi berbagai keperluan konsumen yang berbeda-beda maka pihak pengambang suatu browser mengikutkan beberapa ekstensi untuk digunakan sesuai kepentingan user yang bersangkutan. Suatu plugin tidak dibuat tanpa alasan, melainkan semuanya itu semata-mata demi kenyamanan pengguna internet, yaitu seluruh warganet yang budiman. Berikut ini ada beberapa faedah dari Adblock (pemblokir iklan) yang kami ketahui.

  1. Iklan tidak muncul.

    Fungsi utama Adblock adalah memblokir kemunculan berbagai tampilan iklan yang dari awal sudah diatur oleh pemilik suatu website untuk disajikan oleh browser bersangkutan. Ini seumpama ketika anda telah merencanakan dan membeli berbagai bahan kue untuk ulang tahun anak. Tetapi berhubung karena sesuatu dan lain hal maka beberapa minuman ringan yang awalnya direncanakan untuk disajikan akan dibatalkan. Demikian juga peran ekstensi pemblokiran adalah membatalkan/ menghalangi mesin peramban web untuk menetaskan beberapa skript yang dicirikan sebagai iklan.

  2. Menghilangkan pop up.

    Misalnya saja, anda memasuki suatu website karena ingin mengetahui informasi tentang beberapa hal di dalamnya. Lantas begitu mengklik dan memasuki situs tersebut yang tampil pertama malah tawaran tentang barang dan jasa atau sekedar untuk menjadi pengikut mereka. Secara otomatis keadaan ini hanya memperlambat anda untuk mengetahui informasi yang dimaksud.

  3. Mencegah suatu situs mengarahkan kita ke situs lain.

    Pernah kami mengunjungi suatu situs download software komputer yang mengarahkan kami ke website pihak ke tiga secara berulang-ulang. Biasanya, setiap kali kita mengklik bagian apa saja pada halaman website tersebut maka perambaan web akan mengalihkan kita ke tab baru yang sebenarnya tidak diperlukan. Ini cukup merepotkan karena pengguna yang baru pertama kali mengalaminya menjadi penasaran lalu menunggu loading halaman itu. Tetapi, bagi yang sudah pengalaman terhadap iklan semacam itu pastilah langsung menutupnya. Adblock sangat membantu anda untuk mengurangi kebebasan suatu situs mengarahkan pengunjung ke tempat yang tidak semestinya.

  4. Website lebih simple dan ringan.

    Memakai add-ons Adblock memang ada untungnya. Di antaranya adalah membuat tampilan halaman suatu website lebih sederhana. Artinya, berbagai skript iklan yang awalnya ditujukan untuk menggoda anda, tidak lagi tampil. Secara otomatis kehilangan beberapa konten pengganggu akan membuat anda lebih mudah menjelajahi situs tersebut. Kesederhanaan tampilan inilah yang membuat para pengguna semakin cinta dan harus menginstal Adblock pada perambaan website yang digunakannya untuk berselancar ria di dunia maya.

  5. Waktu kunjungan ke suatu situs tidak terbuang sia-sia.

    Saat menggunakan ekstensi pemblokir iklan, sudah otomatis sebagian kecil bahkan sebagian besar hal yang tidak kita perlukan akan dieliminir. Keadaan ini akan membuat website tersebut lebih ringan untuk dijelajahi. Andapun tidak harus menghadapi berbagai hal yang cenderung menghabiskan waktu secara sia-sia di dunia maya. Dalam banyak keadaan, iklan menjadi sebuah daya tarik yang membuat waktu kunjungan anda ke suatu situs menjadi lebih lama. Orang kami sering sekali menyebutnya sebagai “aroro ba kua” terlena mengotak-atik yang tidak penting sampai waktu terbuang sia-sia.

  6. Serapan kb data yang terpakai lebih kecil.

    Skript pintar dari pemblokir iklan adalah suatu perintang yang selalu menghalangi Ibu di rumah untuk membuat kue ulang tahun yang terlalu banyak di acara ulang tahun putri anda. Keadaan ini jelas membuat biaya pengeluaran untuk acara tahunan tersebut tidak terlalu besar dan masih dalam jangkauan kantong Ayah. Demikianlah juga saat kita menggunakan ekstensi pembatas iklan ini, jumlah kb data paket internet yang digunakan pastilah lebih sedikit.

  7. Paket internet lebih awet (tahan lama sampai akhir).

    Mungkin ada di antara kita yang menghabiskan banyak paket data selama mencari-cari berbagai informasi yang dibutuhkan di dunia maya. Atau hanya sekedar mencari hiburan untuk menjawab beberapa status teman-teman anda yang lumayan ngelantur dan lucu-lucu. Sampai berapa gigakah anda habiskan dalam sebulan demi kebutuhan itu? Tetapi bagi pengguna yang benar-benar ingin menghemat penggunaan paket datanya, silahkan memakai Adblock. Sekalipun kb data paket yang anda gunakan kecil (satu atau dua giga) perbulannya tetapi sudah cukup untuk memenuhi keperluan sehari-hari hingga akhir bulan.

Kerugian menggunakan Adblock

Kesederhanaan sebuah situs adalah kegemaran para pengguna internet, lagipula hal-hal yang simple itu lebih mudah untuk dikutak-atik. Tetapi bagaimana jadinya jika spesifikasi komputer yang anda gunakan tergolong masih rendah? Kami adalah salah seorang pengguna laptop dengan spesifikasi yang masih jadul dengan hanya bermodalkan RAM satu gigabyte saja penggunaan plugin Adblock jelas sangat menghambat aktivitas berbagi di dunia maya. Mungkin bagi anda yang memiliki komputer-PC dengan spesifikasi tinggi, bisa saja menggunakan pemblokir iklan tersebut dengan leluasa tetapi bagi teman-teman yang hardware PC-nya masih terbelakang akan merasakan kerugian seperti ini.

  1. Start up (membuka) perambaan web sangat lambat.

    Inilah kelemahan yang pertama-tama kami rasakan akibat menambah berbagai plugin pada peramban Mozila Firefox. Kami juga pernah menggunakan Google Chrome dan hal yang sama terus terjadi. Setelah mengklik ikon browser yang ingin digunakan, tampilnya agak lama, bisa-bisa lebih dari lima menit. Bahkan terkadang Mozila sendiri sering menyarankan kami untuk membersihkan berbagai add-ons tersebut. Pada awalnya, kami tidak menggubrisnya, tetapi belakangan kami menyadari bahwa mengurangi jumlah plugin memang sangat membantu mempercepat start up perambaan website.

  2. Pengoperasian browser jadi sangat-sangat lelet.

    Penggunaan mesin peramban web yang dipasang skript Adblock malah membuatnya tidak userfriendly. Seolah ketika membuat suatu situs kemunculan bagian-bagian halamannya lumayan lama. Mungkin ini akibat proses pemblokiran yang membuat browser tersebut membutuhkan waktu untuk memilah-milah berbagai skript yang hendak ditampilkannya. Apakah anda nyaman dengan proses menunggu yang terlalu menjemukan ini? Sejak saat itu kami tidak lagi menggunakan add-ons pemblokir.

  3. Komputer-PC jadi hang (not responding).

    Kita ambil saja satu contoh, yakni Ghostery berperan untuk memblokir berbagai situs yang hendak melakukan tugasnya sesuai dengan harapan pengelola internet. Bila diumpamakan, si Ghostery ini seperti penjaga pintu yang menyeleksi baik-baik setiap tamu yang masuk ke acara pesta ulang tahun anak anda. Tentu saja aktivitas pemeriksaan yang rinci tersebut membuat para tamu tertambat di depan sehingga terjadilah antrian panjang sedang anda sendiri disibukkan dengan urusan lain. Ia kalau jumlah penerima tamunya banyak (RAM dan prosesor memadai) semua pasti tertangani tepat waktu. Tapi bagaimana jika penerima tamunya sedikit (RAM dan prosesor minimalis)? Pastilah komputer tersebut akan melambat bahkan hang (not responding), “ini udah nggak betul lagi bisa bahaya tuh….

  4. Tampilan halaman kacau (Skirp website jadi acak-acakan).

    Dari yang kami ketahui, ketika berbagai skript iklan dibatalkan tampil oleh mesin peramban web maka berbagai celah yang seharusnya diisi oleh iklan akan menjadi kosong adanya. Keadaan ini jelas membuat tampilan situs yang anda gunakan terlihat tidak rapi, banyak bagian yang blank tanpa ada penjelasan mengapa kekosongan itu terjadi. Pada dasarnya pemakaian Adblok membuat situs-situs yang berisi iklan yang yang banyak akan terlihat kurang profesional seolah website tersebut baru dilanda banjir yang menyapu bersih bagian-bagian tertentu.

  5. Tampilan halaman lebih lama.

    Pada awalnya, kita menganggap bahwa penggunaan Adblock membuat tampilannya lebih ringan, memang itu benar. Tetapi untuk memunculkan versi yang ringan inilah perlu waktu seleksi yang lebih lama. Sebab pada dasarnya mesin peramban web bekerja secara otomatis, langsung dan apa adanya. Dengan adanya pemblokir iklan maka sifat langsung, otomatis dan apa adanya akan hilang dimana yang terjadi adalah proses seleksi yang memakan waktu tidak sedikit. Jadi, kami sarankan berhentilah menggunakan Adblocker Ultimate atau apalah namanya.

  6. Jumlah tab yang bisa dibuka lebih sedikit.

    Aktivitas penyortiran yang dilakukan oleh Adblock Plus jelas memakan memori yang lebih banyak. Memang tujuan dari memilah-milah skript suatu website dapat mengurangi berbagai komponen yang mungkin tidak dibutuhkan saat itu. Tetapi ketahuilah bahwa proses pemilahan tersebut membutuhkan lebih banyak memori sehingga setiap kali kita membuka tab baru komputer akan semakin melambat saja. Dari yang kami tahu, membuka tiga tab itu sudah bisa membuat browser melambat, masuk empat atau lima tab pasti akan hang (not responding).

  7. Komentar blogger jadi sering error (tidak bisa berkomentar).

    Sebenarnya, setiap kali kami mengunjungi suatu website pastilah akan memberikan komentar di dalamnya. Terkecuali jikalau situs tersebut harus login (sing up) dahulu baru bisa berkomentar. Sayang, untuk situs yang menggunakan komentar dari Blogger terkadang ada sedikit kendala. Biasanya yang kami hadapi adalah gagalnya mengirim komentar akibat capcha yang tidak bisa tampil atau tidak dapat ditindaklanjuti. Akibatnya, sekalipun kami sudah menuliskan beberapa kata di kolom yang sudah disediakan, jadi terbuang sia-sia. Tapi tidak apalah, bukankah kekecewaan turut membantu mengurangi bahkan menghilangkan nafsu terhadap suatu hal?

  8. Tombol sosial media pada hilang.

    Dampak negatif berikutnya adalah hilangnya tombol sosial media menandakan betapa komplit dan rumitnya pekerjaan suatu Adblock. Pantaslah proses seleksi tampilan yang dilakukannya memakan waktu (loading) lebih lama. Hilangnya beberapa bahkan seluruh tombol sosial media jelas membuat anda hanya bisa mempelototi situs tersebut. Bila hendak memunculkannya lagi, silahkan nonaktifkan pemblokir iklan tersebut lalu muat ulang halaman. Tentu saja semua ini membutuhkan waktu tunggu yang lebih lama sehingga andapun lebih lama menatap LCD dalam kekosongan. Sekalipun demikian, usahakan di masa-masa tunggu seperti ini, puji-pujilah Tuhan di dalam hatimu agar pikiran tidak gusar dan kesal hilang.

  9. Ketinggalan promo tertentu.

    Anda benar-benar yakin tidak membutuhkan iklan? Sebaiknya, mulailah berpikir untuk me-remove Adblock yang anda gunakan mulai sekarang, berdasarkan keterangan yang kami berikan. Sepertinya sampai di sini saja, sudah cukup alasan bagi anda untuk melakukan disable pada add-ons siapa tahu saja, ada informasi yang anda butuhkan dan kebetulan situs yang dikunjungi sedang berusaha menampilkannya. Atau siapa tahu beberapa marketplace (situs belanja) dalam dan luar negeri sedang melakukan berbagai promosi untuk menarik perhatian konsumen. Sekalipun demikian, kami menyarankan anda untuk belanja di pasar, sekalian olahraga sambil jalan-jalan. Situs belanja tersebut hanya untuk kebutuhan yang tidak ada di pasar atau sekedar mencari tahu tentang harga barang tertentu.

  10. Cenderung kurang menghargai karya orang lain.

    Kami, sebagai penulis rutin konten di situs ini, tidak mengharapkan agar anda menghargai “celoteh nggak karu-karuan ini!” Tetapi setidak-tidaknya berikanlah kesempatan bagi iklan itu untuk setidaknya megap-megap di smartphone/ PC/ laptop anda. Itu tidak begitu mahal ketimbang informasi yang diperoleh saat membaca. Sebab apapun bahan bacaan anda, secara otomatis bisa meningkatkan kecerdasan dan kesadaran otak. Sekalipun ini berlangsung perlahan tetapi pasti asalkan anda bertekun dan membiasakan diri untuk melakukan berbagai aktivitas positif tersebut. Ngomong-ngomong, aktivitas yang baik itu terdiri dari fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja dimana membaca adalah bagian dari mempelajari sesuatu.

Cara efektif & tetap ringan menggunakan adblock

Bagi anda yang memiliki kapasitas RAM dan Prosesor tinggi, tidak masalah menggunakan adblock jenis apapun. Akan tetapi bagi mereka yang menggunakan mini komputer/ PC dengan kapasitas memori dan prosesor yang cukup sederhana tetap bisa menggunakan pemblokir iklan ini. Hanya saja saran kami adalah sebagai berikut.

  • Gunakan adblock hanya ketika mengunjungi situs-situs yang bertemakan download. Contohnya situs download fim, lagu (musik), software (aplikasi) dan berbagai jenis unduhan lainnya di internet. Biasanya, situs jenis ini sangatlah rentan terhadap iklan yang mengarah ke halaman lain. Aktifkan (enable Add-Ons) pemblokir iklan sesaat sebelum melakukan pencarian bergenre “downloads.”
  • Matikan adblock saat mengunjungi media sosial, youtube dan situs pribadi lainnya. Biasanya website semacam ini tidak membuat skrip iklan yang banyak sehingga tidak membutuhkan pemblokir iklan yang sifatnya antisipatif dan agresif. Silahkan “matikan” atau “disable” Add-Ons yang digunakan untuk memblokir berbagai jenis dan bentuk iklan.
  • Cari dan gunakanlah jenis add-ons yang dikenal ringan dan sederhana, misalnya uBlockOrigin. Sadarilah bahwa semakin banyak fitur website yang diblokir oleh browser, semakin tinggi pula penggunaan memori/ Ram, contohnya Ghostery. Lebih dari itu, silahkan coba-coba sendiri mana inhibitor yang lebih simple sebab pengalaman langsung lebih mengena di hati.

Penggunaan Adblock seperti buah simalakama, ada manfaat positif dan ada pula manfaat negatifnya. Kami yang memiliki komputer/ laptop dengan spesifikasi rendah sangat menikmati dampak buruk dari skript pemblokir iklan ini. Bagaimana dengan teman yang spek komputernya lebih tinggi, apakah anda juga mengalami kerugian yang sama? Oleh karena itu, kami menyarankan agar segara mencabut otorisasi pemblokir iklan yang sedang digunakan tersebut agar keleluasaan dalam bersosialita dengan seluruh warganet menjadi milik anda untuk seterusnya. Lebih daripada itu, baiklah kita menjadi partner yang bekerja sama untuk membawa manfaat, tidak hanya bagi satu pihak melainkan bagi seluruh penghuni dunia maya. Bukankah rasanya indah jika semua pengguna bahagia dan sejahtera?

Salam, Netizen cerdas selalu tegas!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.