Ekonomi

+10 Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Di Bumi – Berkat Untuk Seluruh Makhluk Hidup

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Di Bumi – Berkat Untuk Seluruh Makhluk Hidup Di Daratan

Terkadang, kita manusia begitu naif sehingga tidak mengenali kuat-kuasa Tuhan atas kehidupan ini. Mata kita dibutakan oleh logika sedangkan hati dipenuhi oleh kabut yang syarat dengan ketamakan akan hal-hal duniawi. Hati kita dipudarkan dari kebenaran oleh karena hasrat yang selalu ingin lebih dari orang lain (arogansi). Kehidupan seluruh makhluk yang seharusnya berada dalam kemakmuran menjadi kacau balau oleh karena kebodohan melemahkan hari-hari yang dijalani. Hutan belantara yang seharusnya menjadi tempat yang bersahabat menjadi jerat yang meminta korban oleh karena kemewahan, kemegahan dan foya-foya yang berlebih-lebihan.

Struktur lingkungan sejak dari awal dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menopang kehidupan manusia dari generasi ke generasi. Ada sistem yang berputar-putar sehingga kehidupan terus berlanjut tanpa ada seorangpun yang harus dikorbankan. Satu-satunya yang perlu diikhlaskan di dunia ini adalah arogansi yang berupaya memaksa untuk mengungguli dan lebih hebat dari orang lain. Seandainya masing-masing orang mau bergandengan tangan untuk bersatupadu meraih harapan positif niscaya kita mampu mengembangkan potensi yang dimiliki untuk kemakmuran bersama.

Mengapa orang tertentu benci yang alami?

Ada oknum yang namanya lebih populer dengan panggilan “pihak swasta” atau beberapa dari mereka disebut sebagai “kapitalis”  yang terlalu menggilai berbagai kenikmatan dan kemuliaan duniawi. Mereka bermaksud untuk menguangkan berbagai-bagai manfaat alamiah menjadi milik pribadi sehingga semakin bertambah kaya-raya dari waktu ke waktu. Maksud dan tujuan orang-orang ini sangat jelas, yaitu menindas lingkungan alamiah dengan membudayakan sifat konsumtif yang syarat dengan kemewahan dan foya-foya agar masyarakat memakai sumber daya dengan cepat. Akibatnya, kecepatan pemakaian lebih tinggi dari kemampuan sumber daya alam tersebut melakukan regenerasi (pertumbuhan kembali). Pada titik inilah berbagai mesin hasil besutan teknologi akan menjadi laris manis di pasaran.

Pengusaha swasta tidak lagi berhadapan dengan rakyat biasa melainkan perang kapitalis vs kapitalis kelak tidak terhindarkan

Sangat disayangkan dan kamipun terheran-heran. PARA OKNUM KAPITALIS INI TERKESAN KURANG CERDAS, SUDAH TAHU BBM TERBATAS TETAPI MASIH SAJA MENGGUNAKANNYA SECARA BERLEBIHAN. Jika memang orang-orang tersebut cerdas dan intelek pastilah bisa menelaah masa depan termasuk masa depan keturunannya. Dengan kata lain, pemborosan yang mereka lakukan saat ini dampaknya pastilah akan dirasakan oleh anak-cucunya kelak. Jika mereka bijak maka penggunaan sumber daya akan diminimalisir untuk masa depan yang lebih baik. Jangan pernah berpikir bahwa uang bisa menyelamatkan keturunan anda kelak. Sebab saat jumlah sumber daya (potensi daerah) terbatas maka pertempuran tidak lagi terjadi antara kapitalis dengan rakyat jelata melainkan akan terjadi perebutan wewenang dan kekuasaan antar kapitalis.

Secara alamiah, ketika jumlah predator lebih banyak dari jumlah mangsanya maka para predator tersebut akan saling makan (kanibalisme) untuk memperebutkan daging yang tersisa. Demikian jugalah saat jumlah uang yang disuntikkan World Bank semakin meningkat dari tahun ke tahun, orang kaya semakin banyak sedangkan lahan usaha yang dikelola segitu-gitu saja. Akibatnya, oknum kapitalis tersebut bisa-bisa menjalankan bisnis di lingkungan negatif, seperti pelacuran, narkoba, miras, kasino (perjudian) dan lain sebagainya. Jalan panjang dari cerita semakin banyaknya orang kaya ini bisa berakhir dengan perebutan lahan usaha yang melibatkan perang langsung maupun perang dingin. Keadaan ini jelas membuat situasi masyarakat kacau balau sebab yang bertarung sama-sama kuat dan sama-sama berkuasa.

Cara pembentukan air hujan

Komposisi air hujan adalah H2O dan garam. Kesemuanya itu, terutama berasal dari lautan kemudian dari sungai, danau, tumbuhan, hewan, tanah dan manusia itu sendiri. Jadi bisa dikatakan bahwa pada dasarnya aiyang turun dari langit itu adalah, dari kita, untuk kita dan oleh kita. Uap air tersebut berasal dari tanah, tanaman, hewan dan manusia itu sendiri. Hujannya yang deras juga ditujukan untuk tanah, tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia. Lama tidaknya keberadaannya dan merusak tidaknya dampak yang ditimbulkannya, bukankan semua itu sangat bergantung oleh kemampuan kita untuk mengelola sumber daya yang tersedia?

Pengertian – air hujan adalah uap air yang dikumpulkan dari seluruh penjuru yang menggumpal dan menjadi berat seiring dengan menurunnya suhu udara sehingga terjadilah kondensasi yang mengubah awan menjadi butir-butir air yang jatuh ke permukaan bumi.

Khasiat air hujan yang luar biasa

Pada dasarnya, semua proses-proses alamiah yang berlangsung di sekitar kita bermanfaat untuk mensejahterahkan, menyehatkan dan menguatkan seluruh kehidupan, termasuk manusia. Demikianlah juga hujan ditujukan untuk konservasi dan restorasi kehidupan alamiah sehingga terus ada dari tahun ke tahun. Selama proses pemulihan ini berlangsung maka selama itu pulalah alam raya beregenerasi untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di dalamnya. Berikut berbagai kegunaan fenomena turunnya air mata kebahagiaan dari sorga.

  1. Membersihkan udara.

    Saat matahari mulai bersinar, ail laut mulai menguap sehingga menggupal di atas langit menjadi sesuatu yang putih seperti kapas terbang. Keadaan ini terjadi secara terus-menerus sehingga uap air tersebut memadat menjadi lebih berwarna pekat agak kehitam-hitaman. Awan tebal seperti sudah siap untuk dipanen, hanya tinggal menunggu cuaca dingin saja lalu terjadilah kondensasi menumpahkan berkat-berkat itu ke atas bumi.

  2. Menyuburkan tanah pertanian.

    Kandungan garam dalam air adalah sebuah berkah yang tidak bisa terbayarkan oleh usaha manusia. Andai kita mampu menggarami berhektar-hektar lahan hutan maka dibutuhkan biaya besar untuk mengeringkan air laut. Tetapi dengan adanya air hujan, kita tidak perlu minyak tanah/ solar yang lebih banyak untuk memanaskan tungku-tungku pengolahan garam melainkan semuanya telah diberikan gratis oleh alam. Bukankah penghematan itu membawa kemakmuran yang patut kita syukuri? Tetapi masih saja ada orang yang berpikir untuk menahan berkat tersebut semata-mata agar bahan bakar minyak laris manis untuk membuat garam yang akan menjadi uang.

  3. Menggemburkan tanah – memberi makan mikroorganisme.

    Daya tembus air hujan ke dalam tanah telah menjadi pesta besar bagi mikroorganisme di dalamnya. Mereka menjadi lebih berenergi untuk melakukan penguraian terhadap berbagai bahan di dalamnya sehingga siap diserap tumbuhan untuk dijadikan sebagai bahan makanan. Aktivitas mikroorganisme, serangga (jangkrik) dan anelida (cacing tanah) yang tinggi membuat tanah menjadi subur untuk ditanami dengan tumbuhan jenis apapun.

  4. Memberi minum – makan hewan air dan perikanan.

    Hewan-hewan yang hidup di perairan sangat membutuhkan garam yang terkandung di dalam air hujan. Kandungan baik di dalamnya dapat menyehatkan ikan-ikan yang secara alami hidup di sungai dan mata air kecil lainnya. Tambak-tambak perikanan juga turut dikondisikan dalam keadaan baik dengan adanya air yang mengandung garam ini maka sisa pelet yang berada di dasar tambak akan di mineralisasi oleh bakteri.

  5. Memberi minum hewan darat (peternakan).

    Hewan darat yang berada di alam liar sangat menggantungkan kehidupan terhadap air hujan. Biasanya mereka memiliki pengumpul air sendiri berupa kubangan yang menampung berkah langit itu kedalamnya. Ada juga binatang liar yang langsung memperoleh air minum dari sungai-sungai terdekat dari tempat dimana mereka biasanya mencari makanan.

    Bagi pemakan rumput (herbivora), berkah langit itu akan tetap menumbuhkan rumput dan tanaman hijau lainnya sekalipun sudah diembat berkali-kali. Sedang bagi binatang pemakan daging (karnivora), berkah langit itu tidak sampai membuatnya jauh-jauh mencari makanan sebab semua tersedia.

  6. Membuat hewan buas besar menjadi lunak.

    Hutan tropis yang dihuni oleh beberapa hewan buas seperti ular akan menjadi tempat yang selalu makmur. Dimana ada kesejahteraan maka disitulah ada ketenangan. Binatang buas ini bisa mendapatkan makanannya tanpa harus bergerak menjauh sampai masuk pemukiman warga. Sudah tahukah bagaimana perbedaan sikap hewan yang kenyang dan yang lapar? Hewan yang kelaparan pastilah lebih agresif menanggapi keberadaan manusia di sekitarnya. Memang tidak ada niatnya untuk memakan kita hanya saja mudah marah. Tetapi hewan yang sudah kenyang, seperti manusia yang sudah puas pasti bisa bersikap santai tanpa harus menggigit.

  7. Sumber air permukaan (sungai).

    Sungai-sungat sangat menggantungkan debitnya dengan keberadaan air hujan. Sekalipun ada pula sumber mata air yang membantu mengisi setiap badan sungai tetapi tetap saja, itu juga berasal dari air hujan. Kepentingan hujan di sini, bisa kita amati kalau-kalau musim kemarau panjang tiba, tinggi permukaan air sungai pasti langsung turun drastis

  8. Sumber air tanah.

    Air yang berasal dari dalam tanah bisa berupa mata air yang langsung membual-buall di antara celah-celah lereng pegunungan. Juga terdapat air yang memang berada di dalam tanah pada kedalaman tertentu. Biasanya, orang yang berada di dataran rendah lebih mudah mengkoleksinya dengan melakukan pengeboran atau lebih dikenal sebagai sumur bor. Keberadaan air tanah juga bisa kita amati pada gua-gua yang terbentuk sejak dahulu kala dimana di dalamnya terdapat sungai yang bermuara ke daerah yang lebih rendah. Seperti pipa yang sengaja ditanam Tuhan untuk menciptakan keindahan alami yang khas.

  9. Mendinginkan lingkungan.

    Tahukah anda bahwa nitrogen adalah komponen pendingin alamiah yang sering sekali digunakan untuk mendinginkan berbagai media di laboratorium kimia. Penggunaan nitrogen lebih umum dipakai untuk mendinginkan kulkas. Sedang unsur tersebut terdapat jelas dalam lautan yang lebih dicintai sebutannya sebagai garam. Air laut dan garam pada khususnya menjadi komponen utama pendingin bumi yang berusaha melawan pemanasan yang kuat dari matahari. Air hujan yang mengandung garam adalah salah satu cara alam untuk mendinginkan lingkungan. Itulah mengapa setiap kalai hujan turun, suhu lingkungan akan menurun (mendingin).

  10. Membusukkan sampah lebih cepat (organik maupun anorganik).

    Ini salah satu manfaat luar biasa dari kandungan garam dalam air hujan. Daripada susah-susah membuat tong pengomposan secara manual, alam sudah mengatur cara tersendiri untuk membusukkan bahan-bahan organik maupun anorganik yang terdapat di atasnya. Semakin sering hujan turun di lingkungan sekitar anda maka semakin cepat pula pembusukan aneka jenis sampah. Keadaan ini menunjukkan bahwa pengomposan sampah di daerah perkotaan lebih lama daripada di derah pedesaan yang masih hijau dan asri.

  11. Memenuhi air di ember, baskom dan bak-bak penampungan warga (kebutuhan airt bersih).

    Biasanya kalau hujan turun semua pada senang, termasuk Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri. Mereka tidak perlu lagi jauh-jauh ke sungai untuk mandi dan mencuci. Sebab butiran air yang jatuh dari langit lama-kelamaan memenuhi bak, baskom dan ember yang tersedia. Dapat dipastikan bahwa untuk urusan cuci-mencuci sangat mencukupi selama beberapa hari kedepan.

  12. Memenuhi kebutuhan air minum.

    Tahukah anda bahwa air hujan bagaikan minuman yang telah mengalami penyulingan alias destilasi? Air ini lebih murni lagi alami daripada air yang disuling secara RO dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Asal saja lingkungan tempat tinggal anda tidak syarat dengan polutan, tidak ada asap pabrik, kendaraan bermotor minimalis; alhasil berkah langit tersebut dapat langsung di minum. Tetapi jikalau di tempat anda ada polusi udara maka tampunglah air hujan setelah lima menit pertama. Artinya, air di awal-awalnya bisa dijadikan untuk keperluan cuci-mencuci dan lima menit kemudian anda dapat menampungnya sebagai air minum. Masaklah air tersebut seperti biasanya. Air hasil penyulingan ini malah lebih sehat dari yang disuling dengan mesin berteknologi canggih apapun sebab ada kelebihan zat yang terkandung di dalamnya yaitu garam.

  13. Menyehatkan manusia.

    Jika anda selalu mengkonsumsi air hujan sungguh manfaatnya luar biasa bagi kesehatan. Tidak hanya sampai di situ saja, andapun bisa panjang umur bila melakukannya dengan rutin (setiap saat – setiap turun hujan). Berbagai macam jenis penyakit pastilah dijauhkan dari tubuh anda dan seluruh anggota keluarga selalu sehat walafiat. Berkat panjang umur itu memang dari Tuhan, salah satu caranya dengan selalu meminum air hujan yang kaya dengan mineral garam.

  14. Untuk kecantikan.

    Bagi remaja putri yang selalu mandi dengan menaburkan garam pada air yang digunakan, tidak perlu melakukannya lagi saat yang digunakan adalah air hujan. Sebab di dalam kristal bening H2O tersebut sudah terdapat natrium untuk merawat kulit setiap pemakaianya. Tidak hanya kulit saja melainkan rambut juga turut diremajakan sehingga tidak mudah rontok dan selalu tumbuh lagi dan lagi (lebat).

  15. Untuk menghilangkan bau.

    Tahukah anda bahwa ikan tidak pernah bau saat baru saja dipancing/ dijala dari dalam lautan? Bau amis pada ikan laut yang kita beli dari pajak/ pasar disebabkan oleh karena ikan-ikan tersebut telah kehilangan garam pada permukaan tubuhnya. Aroma yang tidak sedap itu juga muncul akibat kematian sel-sel kulit yang berlangsung secara perlahan sehingga semakin lama maka semakin berbaulah ikan tersebut. Bagi anda yang sering bau badan atau memiliki berbagai-bagai barang yang mengeluarkan bau silahkan cucilah itu saat turunnya hujan, semoga baunya tidak ada lagi. Mencuci pakaian dengan air langit ini lebih bersih daripada menggunakan air tanah/ air PDAM.

  16. Untuk detoksifikasi.

    Jika ada anggota keluarga yang keracunan, baik sekali memberikannya minum air hujan untuk mendetoksifikasi berbagai senyawa toksin di dalamnya. Untuk usaha detoksifikasi ini juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi air biasa yang telah ditaburi natrium sehingga menjadi air garam manis isotonik. Jikalau anda biasanya membeli garam untuk membuat air garam manis isotonik, dengan adanya air hujan yang ditampung pada ember khusus setelah lima menit pertama bisa menjadi pengganti minuman isotonik yang selalu anda konsumsi.

  17. Memberi kesegaran, kesejukan dan ketenangan.

    Tahukah anda bahwa saat air hujan turun, suhu lingkungan juga ikut-ikutan turun. Bila awalnya di dalam rumah terasa panas dan gerah sangat tidak nyaman untuk ditinggali tetapi saat hujan turun kesejukan akan menjadi teman kita selama beberapa waktu. Bahkan terkadang kesejukan itu bisa terus terjadi selama setengah hari juga bisa sampai seharian penuh. Jadi, bisa dikatakan bahwa saat-saat turunnya hujan adalah AC (air conditioner) alami yang dianugrahkan Tuhan secara gratis bagi seluruh umat manusia.

  18. Melatih kita untuk menghadapi kebisingan.

    Rintik-rintik hujan di atas genteng bisa jadi suatu gangguan yang menimbulkan kekesalan. Bagi mereka yang sudah berlatih untuk menjadi orang yang multitasking pastilah mampu menghadapi situasi tersebut dengan tenang. Suara rintik tersebut hanya akan menimbulkan ketenangan saat anda menikmatinya.

  19. Meningkatkan kecerdasan anda.

    Tidak hanya musik klasik saja yang bisa membuat anda cerdas melainkan segala suara-suara yang berasal dari mana saja jika dinikmati dengan santai pastilah akan merangsang kepintaran. Jadi jangan pernah benci dengan kebisingan juga jangan benci dengan tetangga yang suka gaduh sendiri sebab ketika anda mampu menikmati situasi tersebut maka manfaatnya lebih dari musik klasik yang ternama itu. Oleh karena itu, beradaptasi, berimprovisasilah dan nikmatilah segala kebisingan tersebut niscaya otak anda bisa lebih cerdas dari seorang Albert Einstein.

  20. Merusak telur serangga.

    Berbagai serangga pengganggu yang sempat menetaskan telurnya diberbagai batang, dahan dan dedaunan akan hanyut bahkan ada juga yang gagal menetas akibat suhu yang terlalu rendah dan kelembaban yang terlalu basah. Ini jelas mengurangi jumlah hewan buas yang terdapat di sekitar tempat tinggal anda termasuk di lahan-lahan pertanian. Serangga pengganggu adalah binatang buas yang asli tidak memiliki rasa takut terhadap siapapun termasuk manusia itu sendiri. Mereka biasanya menyerang secara bergerombol sehingga dapat membuat seseorang kesal dan panik.

  21. Melemahkan serangga terbang yang anti takut.

    Banyak serangga terbang yang gagal take in akibat sayapnya basah kuyup. Ini adalah sebuah keuntungan bagi manusia sebab dengan demikian jumlah serangga yang berkeriapan di sekitar lingkungan rumah lebih sedikit (bukan tidak ada sama sekali). Biasanya, keberadaan serangga semakin membludak di sekitar lingkungan kita seiring dengan semakin panjangnya musim kemarau. Tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah predator yang biasanya memburu mereka.

  22. Mencegah bencana alam – kekeringan, kebakaran hutan.

    Musim kemarau yang berkepanjangan adalah buruk bagi pertanian. Para Petani akan mengeluarkan biaya lebih untuk mendatangkan air PDAM dan sumur bor untuk menyiram tanaman. Lagipula bencana kekeringan akan membuat berbagai sisa-sisa tumbuhan seperti daun, dahan dan kayu menjadi kering sehingga mudah sekali terbakar. Akibatnya, kebakaran hutan bisa dipicu oleh karena api kecil yang tidak terpantau sehingga menyebabkan kebakaran besar di dalam hutan. Berbagai tanaman termasuk satwa liar akan menjadi korban dari kecerobohan sederhana tersebut.

  23. Sumber energi pembangkit listrik tenaga air.

    Dam atau bendungan yang dibuat untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) memperoleh debit yang besar dari air hujan. Saat musim kemarau tiba pastilah bendungan tersebuh akan kehilangan tenaganya. Artinya, musim penghujan akan meningkatkan daya listrik yang dihasilkan oleh generator PLTA sedangkan saat musim kemarau berkepanjangan, PLTA tersebut tidak akan mencukupi untuk kebutuhan listrik seluruh warga. Biasanya bantuan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat diperoleh dari PLTD terdekat.

  24. Menghemat pemakaian air tanah dan PDAM.

    Hubungkanlah bak-bak penampungan air anda dengan saluran atas yang menadah air hujan langsung dari atap rumah. Bagi orang yang tinggal di perkotaan dan selalu terhubung dengan pengelola PDAM setempat akan dimungkinkan untuk melakukan penghematan. Jika dalam satu bulan ini lebih sering hujan itu adalah berkah bagi keluarga dan kerugian bagi pemerintah. Wkwkwkkkkk… 😀

    Keadaan inilah yang sering serba salah dalam pengelolaan suatu daerah sebab dengan hidupnya hal-hal alamiah yang gratis dari Tuhan akan menurunkan penghasilan beberapa pejabat negara. Kita doakan saja semoga mereka mengikhlaskan hal tersebut dan tidak turut melakukan konspirasi hanya demi keserakahan akan uang yang lebih.

  25. Menghemat penggunaan BBM.

    Biasanya kalau musim kemarau tiba, bak yang hampir kosong akan kami isi dengan mengangkut air dari tempat yang berjarak kira-kira setengah kilometer dari rumah. Tentu saja ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor, ada pula yang mengangkutnya dengan becak mesin dan yang lain mengangkutnya dengan mobil pick up. Bensin pastilah lama-kelamaan habis juga untuk membawa jiregen pulang-pergi dari mata air terdekat. Tetapi bila musim penghujan tiba, pemborosan BBM semacam ini tidak akan terjadi.

    PDAM juga menggunakan mesin pompa yang membutuhkan BBM untuk mengalirkan air ke rumah warga. Saat musim penghujan tiba, tentu saja pemakaian mesin pompa ini lebih jarang/ tidak seintens/ tidak sekuat di musim kemarau. Jika pengoperasian PLTA maksimal di suatu daerah niscaya kebutuhan akan daya tambahan dari PLTD bisa dihemat saat musim penghujan tiba.

  26. Pengeluaran keluarga lebih minimalis.

    Musim hujan membuat penggunaan air PDAM lebih sedikit bagi mereka yang tinggal di perkotaan sedangkan yang tinggal di pedesaan lebih jarang mengangkut air dari mata air yang jauh. Keadaan ini secara otomatis membuat pengeluaran keluarga lebih hebat, setidak-tidaknya ada beberapa rupiah yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

  27. Melestarikan lingkungan.

    Kunci keletarian lingkungan adalah air hujan. Selama berkat langit ini bercucuran dengan rapi, teratur dan seimbang maka selama itupula lingkungan sekitar kita tetap terjaga keasriannya. Polusi udara yang menurun, pembusukan sampah organik-anorganik yang lebih cepat dan kemampuan dedaunan untuk menghasilkan udara bersih lebih tinggi dari pada udara kotor yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Alhasil semua keadaan ini akan membuat lingkungan sekitar kita tetap hijau dari generasi ke generasi.

Kita tidak pernah melihat Tuhan tetapi jika mampu memanajemen ciptaan yang telah dititipkan-Nya dengan baik, alhasil berkah-berkah yang tak terduga itu berjatuhan secara melimpah-limpah. Itulah air hujan yang mungkin bagi beberapa orang terkesan sepele bahkan ada pula yang menganggapnya sebagai bencana. Tetapi bagi mereka yang mampu menempatkan diri sebagai ahli manajemen yang tidak serakah dan jauh dari arogansi akan memperoleh manfaat dari fenomena alam tersebut. Mari menjaga keseimbangan ciptaan Tuhan dengan menurunkan keserakahan terhadap kemewahan dan merendahkan arogansi yang syarat dengan foya-foya. Jagalah hubungan baik dengan ciptaan lainnya sebab mereka ada untuk memenuhi kebutuhan sekaligus melindungi umat manusia dari bencana yang tak terduga.

Salam, Jika alam menjadi teman kita,
Berarti hubungan kita dengan Tuhan dan sesama telah membaik
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.