Gado-Gado

10 Cara Mempercepat Mozila FireFox – Akses Internet Lebih Cepat Dengan Peramban Web Populer

Cara Mempercepat Mozila Firefox

Aktivitas di internet tidak jauh-jauh dari mode peramban web yang digunakan. Fasilitas ini seperti sebuah “pintu kemana saja” yang kerab kali digunakan oleh Doraemon untuk memanjakan sahabatnya, Nobita. Demikian juga halnya kita yang dapat berkunjung kemana saja setelah doble klik terhadap program yang satu ini. Tentu saja, keadaan ini harus didukung oleh fasilitas koneksi jaringan yang menjadi jalur penghubung utama untuk memasuki dunia maya. Setelah memiliki pintu dan memasang jalurnya, andapun sudah siap menggubrak isi jagad raya di dalam banyak server di seluruh dunia.

Menjadi salah satu browser paling populer

Dahulu kami pernah menggunakan Safari, beberapa bulan menggunakan Google Chrom dan perangkat Maxtron tetapi hanya Mozila FireFox-lah yang tetap awet bersama-sama dengan laptop mungil yang digunakan. Setiap hari, kami selalu menyempatkan diri untuk menggunakan pintu yang satu ini sehingga di start menu menjadi salah satu program yang paling populer. Lantas, kamipun iseng melakukan pencarian tentang browser paling populer sealam maya, hasilnya adalah yang berada di urutan pertama adalah Mozila FireFox. Urutan ke dua ditempati oleh Google Chrome, setelah itu Opera, lalu UCBrowser, kemudian Internet Explorer dan akhirnya Safari. Sebenarnya masih ada lagi, silahkan cari sendiri ya….

Sejarah singkat Firefox

Saat kami menatap gambarnya pikiran ini menebak bahwa logo firefox samar-samar seperti musang tetapi setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut ternyata hewan tersebut adalah panda yang merangkul bumi. Terserah apapun makna dibalik gambar tersebut, pasti semua brand memiliki sejarah sendiri menetapkan logo yang dimaksud. Awalnya, peramban web ini bernama Phoenix kemudian berubah lagi menjadi Mozila Firebirds hingga akhirnya menjelma dengan nama barunya seperti sekarang ini. Browser ini diciptakan oleh Blake Ross dan dikembangkan oleh Yayasan Mozila dan ratusan sukarelawan lainnya.

Sejengkal pengalaman unik bersama browser ini

Pengalaman kami saat menggunakan browser tersebut memang cukup melalui jalan panjang hingga sampai pada satu titik yang memutuskan untuk mengoperasikannya tanpa ekstensi apapun alias apa adanya saja. Kita menginginkan fitur tambahan tetapi rumah yang dimiliki kecil, akibatnya penambahan berbagai Add-Ons menghabiskan sebagian besar ruangan yang ada. Hidup kita yang sederhana jadi sempit dibuatnya, bahkan semakin sesak saja karena terlalu sering lengket sampai membuat “jari telunjuk” hilang (kursor) dan peramban itu sendiri dikonfirmasi dalam status “Not Responding.” Lama melototi layar komputer/ PC/ laptop sembari menyanyi-nyanyi memuji Tuhan dalam hati, akhirnya kami putuskan untuk membuang pendukung jelajah yang tidak diperlukan. Baca juga, Bahaya pemblokir iklan bagi komputer anda.

Kami bersyukur aja selama ini bisa menikmati peramban web yang super lelet, dengan demikian kesabaran ini teruji, meningkat ke arah yang lebih baik. Tetapi bukan dalam arti ingin terus-menerus demikian, lantas melakukan beberapa pencarian untuk menerapkan perubahan menuju kepada kecepatan yang tidak membuat pusing dan kesal menjadi satu. Di sini kami akan berbagi pengalaman dengan para pembaca setia sehingga tidak terjebak dalam lemotnya sikap “Not Responding” yang diprakarsai oleh pemanfaatan embel-embel yang kurang penting.

Cara mempercepat peramban web Mozila FireFox

Pada dasarnya, internet itu cepat tetapi secara tidak sengaja kita sering memperlambatnya. Ini seperti saat anda memiliki sepeda motor super cepat yang bisa berlari di atas kecepatan 100 Km/Jam tetapi hanya dioperasikan dalam kisaran 20 Km/Jam sampai 60 Km/Jam karena alasan keselamatan: prinsip seperti ini memang bagus adanya saat berkendara. Namun, saat menggunakan jaringan internet, kita dimungkin untuk ngebut dan terbang dengan kecepatan megabyte per detik demi menembus batas-batas dunia yang hanya terdiri dari data-data listrik yang terstruktur.

Berikut selengkapnya, tips dan trik mempercepat browser Mozila FireFox.

  1. Download Peramban Web Terbaru.

    Satu keunggulan browser ini adalah kehandalannya yang selalu diperbaharui dari waktu ke waktu. Suatu jaminan bahwa para developers yang bekerja keras di balik kesuksesannya tidak sedang berpangku tangan. Mereka selalu mengawasi penggunaan software besutannya kalau-kalau ada masalah layaknya bug yang berpotensi menjadi celah bagi berlangsungnya perilaku yang tidak normal, merugikan pengguna dan merugikan brand itu sendiri. Oleh karena itu, selalu aktifkan fasilitas auto update pada peramban web anda.

    Untuk smartphone biasanya pengaturan semacam ini terjadi secara otomatis dimana perintahnya langsung berasal dari sistem atau saran dari pihak Google Playa. Pada dasarnya, kecepatan Mozila FireFox untuk pengguna smartphone sudah tercepat dari sononya. Anda tidak perlu lagi melakukan banyak pengaturan yang penting selalu update dan pastikan paket internet selalu aktif.

    Unduh Mozila FireFox Terbaru Untuk Desktop & Android

  2. Hindari penggunaan Add-Ons berlebihan.

    Saran kami, gunakan ekstensi yang penting-penting saja. Tidak perlu mengaktifkan berbagai Add Ons yang ada sekedar buat gaya-gayaan terkecuali jika memori dan prosesor komputer/ PC/ laptop yang dimiliki sangat tinggi (khusus buat gaming). Penggunaan ekstensi sejenis Adblock jelas akan memperlambat tampilan halaman dalam peramban web sebab setiap situs yang ditampilkan akan dimasukkan dalam tahapan seleksi. Ini dilakukan untuk memblokir ditampilkannya skrip yang diduga adalah iklan.

  3. Gunakan firemin untuk memperkecil memori.

    Firemin adalah salah satu software yang bermanfaat untuk memperkecil penggunaan memori sehingga dapat mempercepat penggunaan Mozila FireFox. Silahkan download dan otak-atik sampai menemukan titik tercepat itu. Bandingkan juga penggunaan memorinya sesaat sebelum dan setelah menggunakan Firemin dengan memantau pergerakan memori pada “Task Manager.”

    Sepertinya software peringan yang satu ini hanya ada versi PC-nya sedangkan untuk versi mobile belum tersedia. Anda bisa mendownload sofware tersebut secara gratis di berbagai situs download software yang terdapat di internet. Atau andapun bisa melakukannya di tempat yang kami tautkan di bawah ini.

    Download Firemin Portable (silahkan cari di Google)

  4. Gunakan Mozila Firefox portable.

    Untuk lebih memudahkan penggunaan Mozila FireFox silahkan unduh versi portablenya di “Portable Apps Com.” Peramban web jenis ini tidak terikat dengan sistem sehingga bisa dibawa kemana-mana. Anda tidak perlu lagi melakukan syncronization saat beralih menggunakan komputer/ PC/ Laptop lain, cukup kopi-pastekan software portable tersebut ke dalam flashdisk lalu gunakan itu saat berpindah ke hardware lainnya. Peramban web versi bebas tangan ini jelas akan membuat akses untuk terkoneksi dengan internet dan media sosial lebih cepat tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

    Unduh Mozila FireFox Portable Terbaru

  5. Gunakan ekstensi “Mobile View Switcher” untuk menghemat kuota.

    Bagi anda yang ingin menghemat penggunaan kuota seminimal mungkin silahkan memakai ekstensi “Mobile View Switcher.” Memang di dalam direktori Add-Ons Mozila terdapat beberapa “User Agent Switcher” yang lebih lengkap dan penggunanya banyak. Hanya saja, Add Ons yang satu ini sangat ringan, ukurannya tidak sampai satu megabyte. Manfaatnya adalah mengubah Mozila FireFox yang anda gunakan di laptop/ komputer-PC menjadi Mozila versi mobile. Tampilan pada peramban web akan menjadi seperti saat menggunakan smartphone android. Kelemahannya adalah ukuran hurup yang lebih kecil tapi tidak masalah. Silahkan tekan tombol “Ctrl & +” untuk menambah ukuran font. Alhasil huruf dan gambar yang ditampilkannya menjadi lebih jelas.

  6. Gunakan tab lebih minimalis.

    Sadar atau tidak, penggunaan tab yang lebih sedikit turut mempengaruhi kecepatan akses ke berbagai situs termasuk sosial media. Memperbanyak tab sama saja dengan memperberat beban sehingga tanggungan yang dirasakan oleh komputer/ PC/ laptop turut membuat kesabaran semakin diuji.

    Hal yang sama berlaku saat anda menggunakan smartphone. Berusahalah untuk membuka lebih sedikit tab agar tidak membebani memori gadget. Senantiasa lakukan pengecekan jumlah tab yang telah terbuka lalu tutuplah (close x) bagian-bagian yang tidak diperlukan.

  7. Gunakan setengah dari layar anda (jangan di maximize).

    Ini murni pengalaman kami saat menggunakan Mozila FireFox dengan catatan memori komputer/ PC/ laptop terbatas (minimalis). Kami menggunakan LCD 50% – 70% saja agar pemakaian resource memori lebih kecil. Penggunaan browser yang hanya setengah layar saja membuat penjelajahan web lebih ringan dan resiko mengalami “leletNot Responding” lebih kecil. Keadaan ini lantas membuat pemakaian komputer/ PC/ laptop dapat dioptimasi untuk mengemban aktivitas multitasking.

  8. Gunakan sambil mengerjakan hal lainnya.

    Sebenarnya kecepatan adalah ilusi. Suasana semacam ini hanyalah persepsi sesaat yang bisa saja berubah tergantung seberapa positif kemampuan anda untuk menentukan sudut pandang terbaik. Salah satu cara untuk membuat kita tidak fokus kepada kecepatan adalah dengan mengalihkan konsentrasi kepada hal lainnya. Misalnya, saat anda sedang menunggu loading sebuah situs, dengarkanlah musik, bacalah sesuatu, tulislah sesuatu, nontonlah sesuatu dan lain sebagainya. Dimana ada pekerjaan menunggu maka disanalah ada kesempatan untuk melakukan aktivitas positif lainnya (belajar dan bekerja). Jadilah orang yang multitasking sehingga cepat lambatnya akses internet tidak berpengaruh banyak pada suasana hati anda.

  9. Gunakan sambil fokus kepada Tuhan.

    Sesungguhnya kecepatan adalah fatamorgana. Ini hanyalah sebuah argumen yang semata-mata bisa berubah menurut suasana hati anda. Ketika suasana hati sedang baik-baiknya, akses internet lima menit sekali klik bisa dianggap cepat. Tetapi saat suasana hati sedang buruk, akses internet lima detik sekali klik bisa dianggap sangat lambat. Oleh karena itu, perbaiki suasana hati saat sedang mengakses media sosial dan situs lainnya menggunakan Mozila FireFox. Salah satu cara terbaik yaitu dengan cara bernyanyi-nyanyi memuji Tuhan di dalam hati saat sedang menunggu loading suatu situs. Aktivitas memuliakan Tuhan ini menjadi sebuah candu yang membuat hati tetap bersukacita sekalipun di tengah lembah kekelaman.

  10. Pastikan Sinyal internet anda bagus (reconnect sambungan internet).

    Apabila anda berada di zona 3G atau 4G, kecepatan saat mengakses internet pastilah lebih baik. Kami pernah mengalami sendiri saat Mozila FireFox menjadi sangat lambat, berpikir bahwa keadaan itu disebabkan oleh komputer/ PC/ laptop. Tetapi ternyata sinyal yang diterima oleh modem hanyalah EDGE saja (2G). Keadaan ini biasanya bersumber dari pengaturan langsung oleh operator jaringan sehingga mustahil untuk diubah. Silahkan tunggu hingga sinyal yang lebih baik itu muncul (3G, 3,5G, 4G). Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ulang pada jenis sinyal yang diterima oleh modem, pastikan itu diatur pada posisi “AUTO” (otomatis).

    Silahkan periksa paket internet yang anda gunakan sobat. Siapa tahu, selama ini telah terlena sehingga habisnya kuota atau habisnya masa aktif paket telah terlewatkan.

    Silahkan replug modem yang digunakan setelah terlebih dahulu melakukan Disconnect. Mungkin saja terjadi gangguan akibat colokan USB yang tidak akurat dan semoga beruntung.

Kami selalu menggunakan Mozila FireFox untuk mengakses bumi lain yang sangat mirip dengan kondisi yang sebenarnya. Tidak perlu lagi datang ke Jakarta untuk melihat indahnya Ibukota sebab semua telah tercermin secara sempurna pada alam maya. Untuk melihat orang Amerika dengan aneka rasa Film Hollywood, tidak perlu jalan kaki nanti tidak sampai-sampai. Melainkan cukup dengan memiliki smartphone atau PC atau laptop maka anda akan berpapasan dengan beragam-ragam manusia, beraneka tempat, bermacam budaya, berbagai informasi dan banyak keindahan lainnya. Gunakanlah jaringan internet dengan bijak agar anda mampu menyelami manfaat positifnya dan memuntahkan dampak buruknya.

Salam, kecepatan itu relatif!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.