Kepribadian

+7 Kata-Kata Kecewa Agar Kuat – Motivasi & Penghiburan Saat Dikecewakan

Kata-Kata Kecewa Agar Kuat - Penghiburan Saat Dikecewakan

Saat menyatakan cinta kepada seseorang

Suasana yang mengecewakan adalah benturan terkeras dalam hidup. Kita bisa menangis tetapi ingatlah untuk berhenti sebab pada dasarnya setiap tetes air mata merujuk kepada keringat yang bercucuran setelah mencoba mempertahankan sesuatu. Tidak perlu mempertahankan hal yang tidak mampu untuk digenggam melainkan ikhlaskanlah untuk pergi sekehendak hatinya. Saat menyatakan cinta kepada seseorang, jawabannya bisa ya – bisa tidak. Walau mempertahankannya sampai keringat dingin, tidak akan mampu mengeturnya sesuai dengan kehendak sendiri. Melainkan apapun jawabannya ikhlaskan itu, sebab masih ada kesempatan untuk orang yang berbeda. Tetapi setidaknya dengan menyatakannya, malam-malam yang dilalui bebas dari rasa penasaran yang menggelisahkan hati.

Di dalam berpacaran

Kita berharap sedang orang lain memberikan bayangan. Menjalin hubungan dalam masa-masa perkenalan, jujur dan terbuka saling membuka unek-unek sendiri. Jika kawan berkenan dan mengerti, bolehlah dilanjutkan kepada hubungan yang lebih sejati di bawah tangan saksi-saksi. Kebohongan di masa pacaran adalah kebenaran yang terpecah-pecah yang suatu saat dapat dipersatukan sehingga semuanya menjadi jelas. Lebih baik mengaku belang di awal agar hati tenang, daripada mengaku putih diawal padahal amat parah. Sebab penipuan hanyalah puzle acak yang suatu saat bisa dipersatukan sampai terungkap kebenarannya.

Setelah menikah

Kejujuran adalah tali jiwa yang merajut kasih antara suami-istri. Tetapi kebohongan seumpama merajut pernikahan dengan tali rami, yang suatu saat akan tercerai-berai. Janji adalah pancing untuk mengumpankan sesuatu. Janji yang ditepati adalah pengikat yang rapi sedang janji yang tidak ditepati adalah kekuatan yang bermutasi, entah ke arah yang positif atau negatif. Kekecewaan dalam keluarga bukan untuk dicemooh sebab tidak ada kemungkinan untuk berpisah. Melainkan rasa sakit itu untuk digumuli sampai ditemukan cara memperbaiki strategi untuk menjalin kerja sama yang lebih seirama dan harmonis.

Berbagai kata motivasi saat ada orang yang mengecewakan anda

Kecewa adalah rasa yang tidak menyenangkan karena apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Begitulah realitasnya, kita tidak berkuasa untuk mengubah kenyataan walau hanya sejengkal saja. Tidak ada hal yang bisa memutar balik waktu ke belakang karena hidup harus terus bergerak maju menyongsong masa depan.

Kita hanyalah perencana atas nasib yang diterima tetapi Tuhanlah yang telah menetapkan apa yang harus dan tidak harus kita jalani. Bila kita mengenal Tuhan itu maka paham pula bahwa sesungguhnya tidak ada ketetapan-Nya yang bertujuan untuk menjerumuskan manusia dalam keterpurukan selamanya.

Dimana ada terang di situ ada gelap, dimana ada suka di situ ada duka dan dimana ada kekecewaan  di situ ada penghiburan. Segala sesuatu di dunia ini telah dianugerahkan Tuhan dalam satu paket kehidupan agar tiap orang dilatih untuk memiliki kebijaksanaan. Sikap yang bijak itu ditempa saat seseorang mampu menemukan manfaat di balik penderitaan yang di alaminya.

Saat ini, ada kerugian yang diderita karena dikecewakan. Tapi suatu saat kelak anda akan menyadari bahwa rasa sakit itu menjadi berkah yang mengubahkan & membentuk diri menjadi orang yang jauh lebih positif dan lebih tangguh.

Jangan terbeban saat dikecewakan tetapi pahamilah bahwa rasa kecewa akan mengusir hawa nafsu akan hal-hal tertentu.

  1. Saat kecewa karena janji, pasti kedepannya kita tidak mau lagi dijanji-janji melainkan pengen bukti.
  2. Ketika dikecewakan oleh seseorang, pasti kedepannya lebih hati-hati saat memberikan kepercayaan kepada orang lain.
  3. Sewaktu dikecewakan oleh orang lain, pasti kedepannya lebih mandiri dan enggan menggantungkan hidup kepada sesama melainkan sebisa mungkin berdikari. Bukan dalam arti kita terus hidup sendiri tetapi berusaha untuk tidak merepotkan orang lain.
  4. Sewaktu kecewa karena keinginan materi, pasti kedepannya tidak mau lagi menggantungkan kebahagiaan kepada kenikmatan duniawi. Melainkan kita mencari bahagia lewat aktivitas positif: fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja.
  5. Saat dikecewakan lewat nafsu materi yang tidak terwujud, pasti kedepannya kita tidak lagi memilih itu melainkan akan menjatuhkan pilihan kepada hal baik lainnya.
  6. Sejak kecewa mengharap dihormati, pasti kedepannya tidak lagi gila hormat. Orang yang tidak mengharapkan hormat pasti berlaku sebaliknya, yakni memberi penghormatan yang wajar kepada yang pantas menerimanya.
  7. Tepat ketika kita dikecewakan oleh manusia, saat itu juga mulai belajar untuk menaruh harapan kepada Tuhan.

Berharap pada dunia kekecewaannya 99% berharap kepada Tuhan kepastiannya 100%. Sebab sesama hanyalah manusia biasa yang juga memiliki keinginan pribadi yang mungkin saja bertentangan dengan kehendak kita. Tetapi saat berharap kepada Tuhan, ia akan melatih & mengubah anda untuk belajar menginginkan hal-hal yang pantas benar: sebab Dialah yang berkuasa atas otak/ pikiran ini.

Apa yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Tidak perlu menggerutu karena masa lalu. Jika saat ini gelap maka besok akan ada terang yang kembali menyukakan hati. Jangan fokus menikmati terang di masa lalu sambil menyesali diri tetapi sadarilah bahwa di masa depan ada juga hari baru dengan terang yang baru.

Syukurilah hidup ini apa adanya dan terimalah kenyataan sebagaimana adanya, dengan demikiaan hati selalu lega rasanya. Tidak ada rasa syukur yang tidak membuat bahagia bahkan kekecewaan yang disyukuri juga akan membawa sukacita karena puji-pujian bagi Allah selalu ada dalam hati masing-masing.

Jalan hidup masih panjang, sadarilah bahwa masih banyak kekecewaan yang akan dihadapi ke depannya. Bagaimana bisa siap menghadapinya di masa depan sedangkan yang sekarang terjadi telah mengusutkan pikiran. Jika mampu menyelesaikan kepahitan itu sekarang maka di masa depan juga akan mampu menghadapinya dengan penuh ketabahan.

Mengikhlaskan satu rasa kecewa akan diberkati. Memaafkan orang yang mengecewakan akan dimaafkan pula kesalahannya. Mengasihi musuh yang mengecewakan diberikan anugerah dari Sang Pencipta Segala Masa. Sebab kasih persaudaraan yang terjalin erat mendorong berkat-berkat untuk mengalir bagai mata air yang tidak pernah punah.


Saat kekecewaan itu datang karena uang atau barang lainnya, berhentilah menggantungkan kebahagiaan kepada hal materi. Ketika sesama mengecewakan diri ini, berhentilah membuat harapan yang berlebihan kepada sesama. Di saat-saat seperti ini barulah kita memahami bahwa sesungguhnya mengharapkan sesuatu dari dunia ini harus selalu siap dikecewakan, sebab segala hal adalah mungkin memicu rasa kecewa. Tetapi orang yang senantiasa memfokuskan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian akan selalu beroleh penghiburan. Walau dikecewakan berkali-kali, dia tidak pernah berhenti untuk berbuat baik kepada siapapun di sela-sela aktivitas belajar dan bekerja yang digeluti hari lepas hari.


Salam, Jaga hati tetap kuat,
dan sikap tetap santun
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.