Keluarga

7 Cara Membuat Nasi Kemarin Enak, Alami, Mudah & Murah (Hemat)

Cara Membuat Nasi Kemarin Enak, Alami, Mudah & Murah (Hemat)

Bahagianya sikap yang benar abadi

Aktivitas positif yang kita lakukan dari waktu ke waktu sudah cukup untuk membuat diri ini bahagia. Tentu saja hal ini diperoleh dari latihan yang dilakukan secara tekun. Sebab kepuasan, kebahagiaan, kedamaian dan ketenteraman hati sangat tergantung dengan pengaturan pola pikir dan suasana hati. Otak kita mampu menciptakan dan menghasilkan sendiri hal-hal positif tersebut secara terus-menerus. Seandainya rasa bahagia itu diumpamakan sebagai larutan hijau maka otak mampu menyusun berbagai bahan-bahan yang ada menjadi air yang diberi pewarna hijau alami sehingga jadilah suasana hati yang berbahagia. Rasa ini juga bisa dipicu oleh rangsangan indra dari luar saat kita menikmati hidup. Hanya saja, kesenangan yang berasal dari luar sifatnya sementara dan hilang-timbul.

Bahagianya menikmati hidup sesaat

Makan dan minum adalah salah satu cara menikmati hidup. Dari kelima indra yang aktif, biasanya saat mengkonsumsi sesuatu dua sampai tiga yang digunakan, yaitu pengecap (lidah), penciuman (hidung) dan penglihatan. Beberapa orang juga terdorong selera makannya akibat ajakan/ hasutan lewat kata-kata, baik yang disampaikan oleh orang-orang di sekitarnya maupun yang didengar lewat media (televisi, radio, gadget, internet dan media sosial). Semakin banyak indra yang terlibat saat mengkonsumsi sesuatu maka semakin tinggi cita rasa yang kita rasakan. Setiap nikmat yang dicitrakan biasanya menimbulkan sensasi yang berbeda, tergantung selera masing-masing orang.

Kenikmatan indra sementara saja, sangat cepat berlalu

Tahukah anda bahwa nikmatnya makanan yang sesungguhnya hanya dirasakan 3 menit pertama? Sedang dorongan yang bekerja setelah itu berasal dari rasa lapar dan haus yang tercipta. Beberapa bentuk dorongan juga bisa diciptakan oleh karena kebiasaan dan ketergantungan terhadap sesuatu. Karena keadaan inilah beberapa restoran ternama menyajikan makanan serba sedikit untuk menjaga cita rasanya agar para pelanggan tidak akan pernah jenuh dengan menu tersebut. Selain itu, menu semacam ini juga dimanfaatkan untuk menjaga pola diet yang baik dimana sesuai dengan ringannya aktivitas agar berat badan tetap proporsional dengan tinggi badan seseorang. Baca-baca juga kawan, Cara menikmati hidup yang sederhana.

Rasa nasi, manisnya pecah di mulut

Nasi adalah salah satu makanan pokok kebanyakan rakyat Indonesia. Inilah bahan makanan yang perputarannya cepat karena paling banyak laku di pasaran (dari segi jumlah). Awalnya terdiri dari bulir putih berbentuk keras yang kemudian ditanak/ dikukus hingga menjadi lembut dan dikenal sebagai nasi. Bulir-bulirnya mengandung karbohidrat, serat dan beberapa jenis vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Tentu saja keadaan ini harus disertai dengan kontrol konsumsi pada jumlah yang tepat sebab segala sesuatu yang berlebihan berubah fungsi memperburuk kesehatan. Beberapa orang mengaku seolah-olah tidak makan/ belum kenyang jika belum mengkonsumsi bulir-bulirnya yang lembut dengan rasa manis yang pecah di mulut.

Nasi kemarin banyak yang tinggal, jangan sampai terbuang

Rasanya akan cenderung memanis ketika semakin lama dikunyah sebab enzim selulosa di dalam air liur akan memecah zat pati menjadi gula. Sekalipun manisnya begitu unik bukan berarti makanan yang satu ini sangat diminati. Justru karena jumlahnya yang banyak, semakin banyak pula lebihnya ketika bersisa. Biasanya ini disebabkan oleh takaran yang terlalu berlebih saat dimasak, momen makan diluar suatu waktu dan sisa-sisa yang lengket pada wajan tempatnya disajikan. Namanya juga makanan pokok, saat dimasak pasti paling banyak, pas ada sisanya juga paling banyak. Ada saja anggota keluarga yang makan diluar rumah sekedar menikmati penghasilannya atau berhubungan dengan panggilan pekerjaan sehingga makanan semalam banyak yang tertinggal. Wajan memasak atau tempat sajinya termasuk wadah melekapnya bulir yang semakin membuat bekas nasi yang tertinggal tambah banyak saja.

Cara memanfaatkan nasi sisa semalam agar tetap gurih dan nikmat disantap

Tidak baik lho teman membuang-buang makanan begitu saja. Sadarilah bahwa segala sesuatu yang disajikan di atas meja diperoleh dari jerih lelah sendiri atau usaha orang tua (kalau anda adalah seorang anak). Terbiasalah untuk menilai sesuatu secara umum tanpa menghubung-hubungkannya dengan waktu sebab nilai gizi pada nasi tidak akan hilang oleh lamanya waktu simpan. Satu-satunya yang mungkin hilang adalah kadar air yang terkandung di dalamnya  sehingga teksturnya menjadi keras. Kondisinya juga bisa menjadi lebih basah akibat fermentasi bakteri (mikroorganisme) yang membuat teksturnya semakin lembut. Berikut ini akan kami berikan beberapa masukan untuk membuat nasi sisa kemarin lebih berdayaguna untuk kesejahteraan keluarga.

  1. Menambahkan air panas-hangat agar tekstur lembut.

    Makanan yang tinggal semalam biasanya telah dimasak kurang lebih 24 jam sebelumnya. Kondisinya akan terkesan kasar karena agak keras yang dipengaruhi oleh jumlah air yang ditambahkan saat mengukusnya sangatlah sedikit. Jadi, adalah baik bagi anda untuk menanak nasi dalam kondisi pulen agar kelembutannya tetap terjaga setelah 24 jam berlalu.

    Untuk menambah tekstur dan kelembutan makanan semalam ini, yang anda butuhkan adalah air hangat sampai panas. Sensasi panas ini juga turut memberi kesan seolah-olah makanan tersebut baru saja dikeluarkan dari kukusan. Anda dapat menuangkan air panas secukupnya saja lalu campurlah secara perlahan. Nasi kemarin yang lebih lembut dan hangat ini pun siap disantap sendiri atau bersama keluarga.

  2. Menambahkan garam hingga berasa manis-nikmat.

    Garam adalah salah satu mineral ajaib multifungsi yang dapat dimanfaatkan dalam banyak ragam kehidupan. Penggunaannya tidak hanya menyangkut kehidupan manusia saja tetapi dunia industri juga memanfaatkan senyawa ini untuk membuat berbagai produk bermutu tinggi yang laris-manis di tengah masyarakat. Dalam bidang kesehatan, selalu dimanfaatkan untuk membuat daya tahan sel-sel tubuh sehingga tidak mudah layu dan mati. Itulah sebabnya natrium klorida sebagai senyawa yang dimanfaatkan untuk menjaga manusia tetap awet muda dari waktu ke waktu.

    Tambahkanlah garam secukupnya dan sedikit air sebagai pelarut. Jika garam dapur yang ditambahkan sudah pas maka rasanya akan ada manis-manisnya. Biasanya bila sodium yang ditambahkan begitu banyak akan terasa asin, anda dapat membuang beberapa bagian airnya yang asin lalu kembali menambahkan air putih hangat yang tawar (untuk mengurangi rasa asin). Namun bisa rasanya masih tawar, tambahkanlah garam meja sedikit demi sedikit semberi mencampurnya secara perlahan. Anda dapat memanfaatkan garam untuk menambah gurih manisnya nasi kemarin sehingga lebih nikmat untuk disantap sendiri maupun bersama keluarga. Baca teman, Takaran normal garam perhari.

  3. Menambahkan sedikit minyak makan.

    Minyak makan adalah pengemulsi yang dapat membuat makanan yang dikonsumsi lebih lebih enak. Tidak perlu terlalu banyak menambahkannya pada nasi sisa kemaran, cukup satu sendok teh (anak) atau maksimal satu sendok makan (dewasa). Menambahkannya bersamaan dengan air panas dan garam turut membuat rasa makanan semalam lebih nikmat untuk disantap sendiri atau bersama keluarga.

    Jika anda hendak mencampurkan kuah soup atau kuah gulai ke dalam makanan maka tidak perlu lagi menambahkan minyak makan. Sebab biasanya di dalam kuah gulai atau soup sudah tersedia minyak nabati (dari tumbuhan) maupun minyak hewani (dari daging hewan).

    Ada juga orang yang mengoleksi minyak hewani dari lemak yang diperolehnya. Janganlah bersungut-sungut saat di rumah ada sejumlah lemak yang berasal dari beberapa sumber yang dekat di sekitar kita. Anda dapat mengekstrak minyak dari lemak hewan ini dengan menggorengnya kering di atas kuali. Minyak dari lemak sapi, kambing dan babi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah gurih makanan semalam yang dikonsumsi pagi ini.

  4. Menambahkan beberapa bawang dan cabai potong.

    Jika di rumah kebetulan tidak ada lauk atau kira-kira belum dibeli atau mungkin ada tetapi belum dimasak tetapi yang ada hanyalah nasi sisa kemarin di atas meja. Jangan kehilangan kreativitas dan mati akal lalu mengeluh entah kepada siapa. Harap untuk memutar otak, bagaimana caranya agar makanan tersebut bisa lebih sedap tanpa harus menunggu lama.

    Setelah menambahkan air panas, garam dan minyak; andapun bisa memotong sekitar dua – tiga bagian bawang putih, merah dan cabai semata-mata untuk menambahkan rasa makanan tersebut. Jika di rumah ada tomat, anda pun dapat memotong-motong bumbu ini ke dalam setelah sebelumnya dicuci terlebih dahulu. Simak juga, Penyebab Radang Sendi.

  5. Mengkonsumsi kerak dengan merendamnya terlebih dahulu.

    Jika kita menanak nasi dengan periuk, biasanya bila tidak diawasi secara khusus, kerap menimbulkan berbagai-bagai bentuk kerak di dasar periuk tersebut. Keadaan ini tentunya semakin menyusutkan jumlah nasi yang matang sebab sebagiannya telah menempel, memadat dan mengeras di bawah dasar periuk. Sekalipun demikian, anda dapat memanfaatkan kerak tersebut untuk dikonsumsi setelah sebelumnya sejumlah kecil air hangat direndam ke dalam kerak yang bersisa. Air panas ini membuat kerak yang awalnya menempel akan menjadi lekang dan terlepas sehingga tekstur nasi akan menjadi lembut kembali.

    Beberapa orang sangat menyukai kerak nasi, kami pun dahulu demikian. Rasanya lebih khas saja di dalam mulut sehingga enak saat dikunyah. Selanjutnya anda dapat menambahkan berbagai bumbu lainnya sesuai selera seperti yang tertulis pada poin nomor dua, tiga dan empat.

  6. Membuat nasi goreng.

    Jika anda adalah orang yang rajin dan giat bekerja lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan beberapa trik memasak di dapur, dapat membuat makanan kemarin menjadi nasi gorong. Yang dimanfaatkan menjadi makanan ini tentu saja bukan hanya nasi tok melainkan lauk-pauk sisa semalam juga dapat dipotong kecil-kecil lalu diubah menjadi campuran yang lebih gurih dengan sedikit rasa pedas manis. Dalam beberapa keadaan, ada orang yang suka mencampurkannya dengan kecap manis tetapi kami sendiri lebih menyukai campuran dengan garam saja.

    Biasanya, saat kita menambahkan garam dapur pada nasi goreng sembar mencampurkannya agar merata, akan keluar aroma yang khas (menguap) saat jumlah garam meja yang ditambahkan sudah tepat.

  7. Sisa nasi yang melekat pada wajan dijadikan makanan peliharaan.

    Kesejahteraan hewan peliharaan adalah kesejahteraan anda, sebab suatu saat dagingnya bisa dimanfaatkan sebagai lauk pauk yang gurih dan sedap, tentunya hal ini ternyata setelah melalui proses memasak. Perhatikanlah wajan tempat nasi ditanak atau disajikan, bukankan banyak sekali butir-butirannya yang melengket di sana? Jangan membuang sisa-sisa tersebut begitu saja saat mencuci piring, melainkan baik bagi anda untuk merendamnya selama beberapa waktu dalam air. Jika butirannya telah melekang dan lembut, pindahkanlah sisa-sisanya pada tempat makanan hewan peliharaan. Biasanya makanan yang baik untuk manusia, baik pula untuk hewan peliharaan tertentu, misalnya ayam, kucing, anjing, babi dan lain-lain setelah dicampur dengan penikmat tertentu yang disukai oleh binatang tersebut.

    Alternatif lainnya ketika tidak memiliki hewan adalah, anda dapat menghubungi beberapa saudara yang memiliki hewan peliharaan atau memberikannya kepada kerabat terdekat yang memiliki peliharaan (terutama saat jumlahnya banyak). Daripada dibuang begitu saja bukankah itu pemborosan?

Sisa bukan berarti sampah karena sisa masih bisa dimanfaatkan menjadi berkah. Mungkin saat ini bagi anda beras adalah komoditas yang cukup murah, menyemplung beberapa rupiah dari dalam kantong rasanya tidak sulit karena harganya yang terjangkau. Tetapi sadarilah bahwa menyia-nyiakan setiar butirannya sama dengan membuang berkat. Pantaskah menghambur-hamburkan berkat yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita? Kemubaziran kecil adalah awal dari sikap sepele yang dapat menjadi pemicu sikap berfoya-foya. Bila kita mau merendahkan hati lalu sedikit memberikan sentuhan kreativitas pada butiran nasi yang tersisa itu maka semuanya dapat dipakai selayaknya bahan makanan lainnya. Bukankan ini dapat dilakukan secara alami, mudah dan murah (hemat)?

Salam, Hidup hemat itu penuh manfaat!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.