Keluarga

10 Cara Mudah Mengubah Lagu Duniawi Jadi Rohani Untuk Fokus Kepada Tuhan (Praktis)


Cara Mudah (Praktis) Mengubah Lagu Duniawi Jadi Rohani Untuk Fokus Kepada Tuhan

Ilustrasi aktivitas fokus kepada Allah

Perhatikanlah semua tanaman hijau yang ada di sekitar anda. Bukankan masing-masing menghadap ke atas? Seolah mereka berlomba-lomba untuk mencapai puncak tertinggi dunia? Tidak pernah ada tanaman yang tumbuh ke samping kecuali jenis yang menjalar, seperti ubi rambat. Bila diamati baik-baik, kita akan menemukan bahwa sesungguhnya kehidupan pohon yang melebar ke samping hanyalah carang-carangnya saja sedang pucuk dan daunnya tetap menghadap ke atas. Sekalipun suatu pohon, akarnya telah amblas dimana posisinya miring hampir tumbang tetap saja pucuknya akan membengkok untuk menghadap ke atas. Jika miringnya hampir menyentuh tanah, beberapa di antaranya akan membentuk tunas baru di daerah batang dekat akar. Tetapi untuk jenis pohon kelapa yang terkulai hampir ambruk karena gelombang pasang akan membengkokkan lehernya (pucuk) ke atas secara perlahan tapi pasti.

Jika sudah merasai khasiatnya, anda akan bertekun dengan semangat memfokoskan hati kepada Tuhan

Bila tanaman saja bisa fokus untuk menghadap ke atas, terlebih lagi manusia, pastilah mampu untuk melakukan hal tersebut. Kuncinya adalah kebermanfaatan, ketika seseorang menyadari betapa besarnya faedah aktivitas memfokuskan kehidupan kepada hal-hal positif, tepat saat itulah mulai bertekun untuk melakukannya dari waktu ke waktu. Pengalaman yang indah bersama Tuhan bukan karena pesona kenikmatan indra begitu waw sebab saat hidup kita menjilat kepada para konglomerat, hal-hal duniawi itupun akan diperoleh. Melainkan, ini adalah pengalaman batin dimana hati selalu tenang dan tenteram melewati hidup yang terkadang diselingi dengan gonjang-ganjing tetapi tidak pernah membuat tegang apalagi pusing. Jika anda telah merasakan apa yang kami maksudkan, pastilah aktivitas fokus kepada Tuhan menjadi rutinitas yang mendatangkan kedamaian, kebahagiaan dan ketenteraman.

Peran utama memusatkan pikiran pada Allah adalah menekan kedagingan

Manfaat utama saat pikiran selalu tertuju kepada Tuhan adalah suasana hati yang sangat baik dan stabil terlebih ketika aktivitas tersebut sudah dibiasakan. Pada satu masa kehidupan, kita perlu menyelami lebih dalam lagi tentang pengaruh aktivitas ini terhadap sifat-sifat buruk. Rasul Paulus menyebut sifat-sifat itu sebagai perbuatan daging yang selalu ada di dalam hati umat manusia. Kedagingan ini sudah tertanam di dalam pikiran sejak manusia itu dilahirkan, tepatnya di alam bawah sadar masing-masing orang. Pikiran yang dikuasai oleh alam bawah sadar cenderung mengekspresikan berbagai-bagai perbuatan daging seperti arogansi, iri hati, kelicikan (tipu muslihat), percabulan, prasangka buruk, kemunafikan, keserakahan, kesombongan, hujat, kebebalan dan kejahatan lainnya. Semua sifat-sifat dekil ini telah telah ada dan siap pakai, hanya menunggu konsentrasi anda lemah sebelum mencuat ke permukaan.

Segala sesuatu di dunia ini bisa dihubung-hubungkan untuk memuliakan nama Tuhan.

Tahukah anda bahwa segala kata di dunia ini bisa dilantunkan untuk kemuliaan nama Tuhan? Sebab Allah adalah segalanya, ada manfaat positif di setiap hal dalam hidup ini, kesanalah pujian kepada Allah kita tujukan, mari ambil beberapa contoh sederhana seperti berikut ini.

No

Kata

Pujian kepada Tuhan

1 Pujian dasar kepada Allah:

  • Haleluya
  • Puji
  • Sembah
  • Tinggi
  • Besar
  • Mulia
  • Agung
  • Benar
  • Haleluya Allah segala Allah.
  • Terpujilah Engkau sampai selamanya.
  • Ku menyembah-Mu hari lepas hari.
  • Engkau Allah yang layak ditinggikan.
  • Kebesaran-Mu mengatasi seluruh bumi.
  • Engkau yang termulia tak ada yang sepertimu.
  • Keagungan-Mu tersiar dimana-mana.
  • Kebenaran-Mu takkan pernah berakhir.
2 Pohon Engkau bagai pohon, pelindung hidup kami.
Teriknya matahari, tak menyakiti kami.
Kuatnya badai hidup, tak menggoyahkan kami.
Sungguh hidup kami, selalu di bawah lingkupan kasih-Mu.
3 Matahari Kau matahari kehidupan,
selalu menyinari.
Menerangi setiap jalan kehidupan,
agar hamba-Mu tak terjatuh.
Kau hangatkan hati yang dingin,
Kau tepis semua kekalutan, kesedihan.Sungguh hidup kami dibentuk,
tuk kemuliaan nama-Mu.
4 Bintang Kau bagai bintang di setiap langkah kaki ku.
Menunjukkan arah jalan yang benar.
Firman-Mu yang menuntun daku.
5 Pakaian Kaulah pakaian pelindung kami yang setia.
Lindungi kami dari kotornya dunia.
Kau bawa kami dalam kelembutan kasih.
6 Sepatu Kau bagai sepatu dalam kehidupan kami.
Firman-Mu lindungi setiap langkah kaki kami.
Sehingga hidup ini mengarah kepada kebenaran.
7 Jalan Kau yang memimpin kami di jalan-jalan kehidupan.
Tak Kau biarkan kami sendiri sepi di sini.
8 Kendaraan Engkaulah motor kehidupan kami.
Memacu kami dengan semangat baru.
Segala kesedihan, semua kegalauan berlalu.
9 Dosa Kau jauhkan kami dari segala dosa.
Firman-Mu membawa pada kebenaran.
Hari-hari  dilalui dalam kebenaran.
10 Fitnah Kau kuatkan kami menghadapi fitnah.
Tak Kau biarkan hati bersedih.
Usir semua kegalauan.
Usir semua sakit hati.
Kau anugerahkan sukacita.
11 Ejekan Kau buat kami tetap damai di tengah hinaan.
Kau arahkan kami pada hal-hal yang baik.
Agar hati ini tidak dipenuhi kesusahan.
12 Cinta Kaulah cinta sejati dalam hidupku.
Hati ini selalu tertuju kepada-Mu.
Sungguh ku bahagia di dalam-Mu.
13 Rumah Kaulah rumah yang selalu kami tuju.
Sejauh apapun kaki melangkah,
kami selalu kembali pada-Mu.
14 Buku Kaulah buku kehidupan kami.
Kau beri petunjuk kemana harus berjalan.
Arahkan hati selalu pada kebenaran.
15 Air Kau air yang menyejukkan hati ini.
Tak Kau biarkan sedih,
walau dalam tekanan.
16 Pulpen Kaulah pulpen mewarnai hidup kami.
Tak Kau biarkan hati kosong.
Tak kau biarkan hati hampa.
Namun Kau berikan kelegaan.
17 Tas Kau bagai tas membawa beban kami.
Tak kau biarkan lemah,
Tak kau biakran terhempas,
Hingga kami mampu,
menanggung semuanya itu.

Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Koleksi kata-kata pujian dari dalam Alkitab untuk dinyanyikan demi kemuliaan nama Tuhan.

Saat anda menyibukkan diri untuk membaca firman, perhatikan setiap pujian yang diungkapkan di dalamnya. Amati baik-baik bagaimana penulis memuji Tuhan lalu caploklah kata-kata yang menjadi “kata kunci.” Catat semua kata-kata pujian itu dalam buku khusus, tidak perlu mencatatnya dengan mencaplok ayat tersebut seluruhnya melainkan hanya kata pujiannya saja. Selebihnya saat menggunakannya waktu bernyanyi, silahkan rangkai itu sesuai pemahaman sendiri. Misalnya megah, dahsyat, tahta, jaya, ajaib, kuasa. Catat kata pujian tersebut dalam buku khusus tetapi buat kalimatnya dalam otak sendiri. Misalnya Allah yang termegah, tak ada seperti-Mu; Perbuatan-Mu dahsyat termasyhur dimana-mana; Tahta-Mu maha besar, Tahta-Mu maha mulia; Kau berjaya sampai selama-lamanya; Perbuatan-Mu ajaib tak tertandingi; Kuasa-Mu besar, Kaulah yang ku puja!

Cara mudah mengubah lagu untuk memusatkan pikiran kepada Tuhan

Jika anda mampu melakukan aktivitas ini, sekalipun hidup sederhana tetapi kebahagiaan & ketenteraman di dalam hati sangatlah kokoh juga stabil. Rasa-rasa kehidupan di indra biasa saja namun hati berbunga-bunga oleh karena selalu aktif memuji dan memuliakan Allah. Semakin sering dilakukan niscaya rasanya akan semakin meresap hingga menciptakan semacam energi yang mendorong kita untuk berbuat baik/ melayani sesama dengan tulus hati. Pada titik inilah kita baru memahami bahwa sesungguhnya kenikmatan duniawi tidak ada bandingannya dengan keindahan yang ditimbulkan oleh karena selalu aktif memuliakan Allah. Berikut selengkapnya, Tips praktis untuk mengubah lagu duniawi (pop, dangdut, tembang kenangan, slow rock, rock, disko dan lain-lain) menjadi rap rohani.

  1. Selalu rendah hati, ini bukan untuk mencari pujian atau nama.

    Selalu sadari bahwa aktivitas ini dilakukan untuk memuliakan nama Tuhan bukan demi diri sendiri. Oleh karena itu, usir segala bentuk kesombongan dan berbagai-bagai hasrat untuk beroleh popularitas agar aktivitas ini membawa berkah rohani, mental dan fisik. Jika hasrat popularitas itu muncul, berdiam sejenak lalu sangkal diri sendiri dengan menyadari betapa berdosanya diri ini, hanya manusia dari debu-tanah saja kita. Sebaliknya, mohonkanlah kekuatan untuk menghadapi semuanya itu.

  2. Mengapa lagu rap?

    Mengapa kita memilih untuk mengubah lagu pop, dangdut, rock, disko dan lain sebagainya menjadi Christian Rap? Sebab untuk menyanyikan lagu rap, sangatlah mudah. Nada-nadanya sangat sederhana sekali, ini seperti orang yang sedang bicara hanya intonasi di akhir setiap bagiannya ditekan/ dilembutkan/ dipanjangkan/ dihentakkan. Semua sesuai selera dan kemampuan masing-masing.

  3. Menyanyikannya dalam hati lebih mudah daripada melafalkannya lewat kata-kata.

    Saat kita melafalkannya lewat kata-kata, ada istilah capek dimana bibir ini lesu. Itulah sebabnya dalam sebuah lagu selalu ada intro dimana hanya musik saja yang dilantunkan. Tetapi saat kita bernyanyi di dalam hati, saat intro sekalipun kita masih tetap melantunkan pujian kepada Allah sebab tidak ada istilah capek. Artinya, saat mengubah lagu di dalam hati sifatnya nonstop sekalipun lagu pop/ dangdut/ rock tersebut sedang intro.

    Selalu baca dan pantau suasana hati sendiri. Pastikanlah bahwa ketenteraman dan kebahagiaan juga kedamaian menetap di sana. Akan tetapi, saat melantunkan pujian lewat kata-kata atau tarian atau alat musik muncul kegelisahan dan kecemasan, silahkan hentikan itu lalu beralihlah dengan menyanyikannya di dalam hati saja. Mengubah lagu di dalam hati adalah aktivitas mendasar tetapi andapun bisa meningkatkannya dengan bersuara, memainkan alat musik dan menggerakkan sedikit badan. Tentu saja hal ini tergantung dari panggilan hati masing-masing orang.

  4. Tahapan awal dimulai dari dasar dalam satu suku kata dan Rap yang lambat.

    Di awal sebelum mengubah sebuah lagu harap untuk selalu melakukannya dalam satu suku kata terlebih dahulu. Anda harus benar-benar mampu menemukan sensenya sehingga alunan lagu tersebut meresap ke dalam hati. Ketika kita mampu memahami alunan nada-nadanya tepat saat itu jugalah lebih besar kemungkinan untuk menikmati aktivitas tersebut. Ketika anda telah mampu memperoleh kenikmatan tersebut, teruslah kembangkan itu menjadi dua, tiga, empat suku kata dan seterusnya.

    Saat suasana hati kembali terguncang setelah mencapai tahapan dengan banyak kata-kata pujian. Silahkan kembali ke satu suku kata saja (Haleluya, puji Tuhan, sembah Tuhan, megah Tuhan, mulia Tuhan, tinggi Tuhan, Tuhan dahsyat, Tuhan ajaib, Tuhan hebat, Tuhan luar biasa, Tuhan besar) lalu kembali resapi ketukan nada-nadanya kemudian majulah terus untuk mengembangkan.

    Salah satu contoh yang datar:

    Salah satu keuntungan menggunakan lagu Rap adalah tidak terikat dengan konteks lagu yang terdengar di luar sana. Artinya, kita bisa melakukannya tidak senada dengan musik yang diputar oleh smartphone, DVD player, televisi atau radio. Melainkan kita hanya seperti orang yang ngomong saja lalu mengucapkan kata-kata yang terlintas di dalam hati. Terserah anda memuji Tuhan dalam Rap lambat atau cepat. Biasanya, untuk pertama-tama bisa dilakukan seperti sedang berbicara dalam tempo pelan tetapi lama kelamaan ketika kata kunci (pujian) yang kita ingat sudah banyak bisa melakukannya dalam nada agak cepat.

    Selalu perhatikan dan baca suasana hati sendiri, saat timbul kekalutan (hati tidak tenang). Silahkan kembali pada rap lambat lalu setelah hati kembali tenang, silahkan tingkatkanlah kecepatannya.

  5. Jangan fokus pada suara manusianya tetapi pada alunan musiknya

    Di awal-awal mengubah lagu, silahkan lakukan penyesuaian (sesuaikan irama otak dengan irama lagu). Biasanya saat kita sudah mampu menangkap musiknya akan lebih mudah melakukannya. Abaikanlah suara penyanyinya tetapi fokuskan pikiran pada bunyi gitar/ drum-band/ biola/ piano/ keyboard yang sedang berlangsung.

    Ingatlah bahwa lagu rap itu, sama seperti orang sedang berbicara hanya saja di akhir setiap bagiannya lakukan sedikit penekanan. Semakin banyak kata kunci yang berada di luar kepala anda maka semakin banyak juga kalimat pujian yang terucap kepada Tuhan. Hanya hafallah kata kata kunci itu secara bertahap terutama yang berkaitan dengan benda-benda di sekitar anda.

  6. Jika dimungkinkan gerakkan bagian tubuh sedikit-sedikit.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa anda dapat mengembangkan kemampuan fokus saat mendengar suatu lagu. Abaikan kata-kata yang terucap dari penyanyinya tetapi tujukan pendengaran anda pada musik yang dilantunkan sehingga ketukannya bisa disesuaikan dengan lagu rap yang kita lantunkan.

    Menyanyi dalam hati sembari melakukan gerakan kecil adalah sebuah aktivitas mutlitasking. Ini merupakan sebuah pertanda kemajuan yang dapat membuat aktivitas fokus kepada Tuhan semakin meresap ke dalam ulu hati. Seharusnya saat menggerakkan tangan, kaki, leher dan badan, kita semakin tenang dan bahagia melakukannya. Akan tetapi, jika mulai timbul kegelisahan silahkan hentikan gerakan kecil tersebut. Kemudian setelah hati kembali damai lakukanlah lagi hal tersebut. Kita harus berkembang di dalam Tuhan tetapi jangan sampai kemajuan tersebut justru semakin menggelisahkan hati.

  7. Jika dimungkinkan lakukanlah sambil menikmati hidup dan beraktivitas kecil.

    Bila gerakan kecil saja dapat anda tekuni sembari memuji-muji Tuhan di dalam hati, niscaya saat menikmati hidup atau bekerja kecil pun mampu multitasking. Jika anda masih sangat muda jangan terlalu memaksa diri untuk beraktivitas banyak sekali jalan, bisa-bisa semuanya terbengkalai (tidak selesai) dan menyebabkan kecelakaan kerja (misalnya jatuh, terkilir, tersandung, salah, kebakaran dan lain sebagainya).

    Mulailah dengan menikmati hidup sembari memuji-muji Tuhan di dalam hati, misalnya saat mengkonsumsi makanan, minuman, jalan-jalan dan lain sebagainya. Terkecuali jika ada teman yang sedang bercakap-cakap dengan anda.

  8. Bahkan andapun dimungkinkan untuk mengubah lagu disko menjadi Rap Rohani.

    Asyik ya… Saat mengubah lagu disko menjadi rap, anda tidak perlu mengikuti kecepatannya. Melainkan lakukanlah semuanya itu seperti orang sedang bicara dengan sedikit penekanan di bagian akhir. Kebiasaan mengubah lagu disko atau rock menjadi lagu rohani membuat suasana hati anda tetap tenang dan tenteram sekalipun tetangga sebelah suka lagu-lagu aneh ini, hati tidak kesal karenanya sebab kitapun turut menikmatinya bahkan menjadikannya sebagai bahan ujian untuk semakin fokus kepada Tuhan.

    Contoh pertama:

    Contoh kedua:

  9. Jika dimungkinkan ambil beberapa kata dalam lagu untuk dijadikan rohani.

    Saat mengubah lagu duniawi menjadi lagu rohani, silahkan kita tidak perlu fokus kepada kata-kata penyanyinya tetapi pada musik (keyboard, gitar, biola, piano, band, gendang, ceracap, gambus dan lain sebagainya). Tetapi saat pikiran mampu menangkap kata-kata yang mungkin bisa dijadikan pujian, silahkan naturalisasi kata tersebut menjadi bahan pujian kepada Allah.

    Anda tidak perlu mengubah semua kata-kata yang dilantunkan oleh penyanyinya tetapi ambillah satu, dua, tiga atau lebih kata saja yang dianggap bisa dihubung-hubungkan untuk memuliakan Tuhan. Tentu saja keadaan ini sangat tergantung juga pada kata kunci (pujian) yang berhasil anda koleksi di dalam buku lalu mengembangkannya dalam pikiran sendiri.

    Selalu waspadai suasana hatimu kawan, saat melakukan tingkatan ini tetapi bibir hati menjadi gemetaran kembalilah ke dasar. Di dalam Tuhan, kemampuan fokus kita memang harus senantiasa berkembang dimana semuanya itu membuat diri ini semakin menikmati momen tersebut dan bukannya semakin gegap dan gugup.

  10. Lakukan terus-menerus dan kumpulkan kata kunci hingga menjadi terbiasa bahkan membudaya.

    Ingatlah bahwa otak manusia senantiasa berkembang, anda dapat menggunakannya secara maksimal dengan menghafal dan memadukan berbagai keta kunci. Hindari menghafal kalimat, cukup kata kuncinya saja lalu gabung-gabungkan itu agar otak terus diasah untuk menjadi cerdas. Kami akan memberi tugas kepada pada pembaca, buatlah pujian kepada Tuhan saat melihat tali, pintu, jendela, batu, tanah, sampah, orang marah-marah, musuh, burung dan lain sebagainya.

    Tepat ketika anda menyaksikan benda-benda itu, silahkan puji-pujilah Tuhan karena manfaat yang timbul dari semuanya itu. Latihan-latihan semacam inilah yang membuat pikiran berkembang. Jika anda mampu memuji Tuhan ketika melihat benda atau kejadian apapun, tepat saat itulah tidak ada lagi yang namanya hidup yang membosankan sebab segala hal mendatangkan sukacita. Lakukanlah semuanya itu dalam setiap kesempatan yang ada secara terus-menerus, hentikan aktivitas terlalu lama mengosongkan pikiran dan nikmati ketenteraman hati yang ditimbulkannya sehingga lama-lama menjadi kebiasaan. Ketika kegiatan tersebut telah membudaya, di tengah gangguan sekalipun anda mampu menemukan ketenangan jiwa sehingga sikap jauh dari perilaku amoral.

Jangan terganggu berlebihan dengan lantunan musik kesukaan teman-teman di sekitar anda. Silahkan ubah hal-hal duniawi tersebut menjadi rohani, lakukan adaptasi dan improvisasi sehingga otak ini berkembang dari waktu ke waktu. Hanya saja, kenali juga suasana hatimu kawan! Saat keinginan untuk meningkatkan kemampuan malah menimbulkan kegelisahan, silahkan kembali ke dasar: ubah lagu apa adanya, dalam satu kata yang dilantunkan lambat. Atau lebih dasar lagi adalah nyanyikan lagu rohani yang populer di telinga selama ini. Perkembangan dan kemajuan saat fokus kepada Tuhan memang diperlukan tetapi untuk apakah semuanya itu jika hati malah menjadi gelisah, kalut bahkan beresiko celaka? Oleh karena itu, tumbuhlah seturut kemampuan yang dianugerahkan Tuhan kepadamu. Tidak perlu mengincar yang terlalu tinggi melainkan biarkan semuanya mengalir seperti air. Niscaya, lama-kelamaan aktivitas tersebut akan menjadi kebiasaan bahkan membudaya sampai membuat semangat (penyemangat dari dalam bukan dari luar-indra) sehingga hati terdorong untuk berbagi kesih yang tulus kepada sesama. Lihat juga teman, Tips saat memusatkan pikiran pada Allah.

Salam, Fokus kepada Tuhan
energi dasar segala kebaikan
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.