Kepribadian

+10 Alasan Menjadi Blogger, Tidak Ada Pilihan!


Faktor Penyebab Menjadi Blogger, Tidak Ada Pilihan

Mengapa menjadi penulis nggak jelas?

Seperti yang sudah-sudah, ada banyak orang yang mengatakan kepada kami, mengapa menjadi blogger? Itukan pekerjaan tidak jelas? Gajinya tidak ada dan nasibnya terkatung-katung, apa hidupmu akan terus begitu? Lantas kami menjawab mereka, apa ada pilihan lain? Apa pemerintah sudah membuka lowongan kerja? Atau anda punya pekerjaan yang jelas dan nyata untuk diusulkan ke kami? Lha…. Kok malah diam saja? Anda mengkritik orang tetapi tidak memberi solusi, apa itu namanya cerdas? Atau jangan-jangan itu hanyalah sebuah sindiran untuk melemahkan hati? Apapun pendapat anda, kami akan tetap menjadi blogger dan terus menulis sebab tidak ada pekerjaan lain. Coba tawarkan beberapa pekerjaan, siapa tahu kami tertarik….

Perjuangkanlah hal-hal yang benar

Setiap manusia harus bekerja sebab lewat aktivitas tersebutlah kita bisa bermanfaat bagi Tuhan. Memang dalam usaha untuk memberi arti bagi kemuliaan nama Tuhan, cakupannya luas. Kita bisa melakukannya dengan senantiasa memusatkan pikiran untuk memuji-muji nama-Nya di segala waktu. Membaca, mendengar dan mempelajari firman juga dapat turut memperkuat otak agar lebih tahan terhadap guncangan kehidupan. Berdoa kepada-Nya juga tidak hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu saja melainkan di segala waktu kita bisa memanjatkan doa yang penuh ucapan syukur. Sedang terhadap sesama manusia, kita dimampukan untuk mengasihi sesama seperti diri sendiri lewat pekerjaan dan pelajaran yang digeluti setiap hari.

Manusia dan pohon dalam aktivitas positif

Manusia dan pohon sama-sama makhluk hidup, hanya saja perbedaannya terletak pada aktivitas masing-masing. Tumbuhan hijau bergerak secara pasif lewat fotosintesis, pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan manusia bergerak secara pasif dan aktif: bernafas, makan-minum, berkembang, tumbuh (pasif), menggerakkan otot, sendiri dan tulang (aktif) dalam pola-pola tertentu. Kita bisa saja terpana dengan kekuatan, kegagahan dan ketangguhan tumbuhan tetapi hendaknya jangan meniru kediamannya. Kemungkinan ini adalah salah satu alasan mengapa orang suka berdiam diri karena terpana dengan kediaman tanaman. Artinya, inspirasi awal yang mengajak kita untuk tenang-tenang saja dan tidak melakukan apa-apa berasal dari yang hijau dan menjulang tinggi tersebut. Apakah itu baik?

Ketahuilah bahwa apa yang kita makan sebanding dengan aktivitas yang dilakukan. Coba amati pepohonan, apa mereka makan sesuatu yang kelihatan besar? Atau sesuatu yang bisa ditimbang? Kenyataannya, tidak semua hal bisa diamati oleh mata kepala karena saking kecilnya jumlah makanan yang dikonsumsinya. Di sisi lain coba amati kehidupan manusia, bukankah makanan yang kita konsumsi nyata jumlah, besar dan porsinya? Sedang tumbuhan hijau hanya mengkonsumsi udara dan sejumlah kecil zat-zat tertentu di dalam tanah. Jadi bisa dikatakan bahwa “jumlah makanan harus sejajar dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan.” Oleh sebab itu, jika anda tahu bahwa aktivitas yang dilakukan tidak berat maka konsumsilah makanan alakadarnya saja. Kecuali bagi mereka yang bekerja banting tulang lewat berbagai proyek, silahkan konsumsi makanan yang banyak.

Faktor penyebab menjadi blogger

Benarkah menjadi blogger adalah pekerjaan yang paling tidak jelas? Sesungguhnya itu hanyalah masalah persepsi belaka. Dari yang kami rasakan, ada kebahagiaan tersendiri saat apa yang ada di dalam kepala ini bisa diungkapkan keluar. Sekalipun tidak ada yang menanggapi tetapi lega rasanya ketika segala beban dan tekanan itu hilang. Sebenarnya masih banyak manfaat ketika kita menjadi seorang blogger, lain waktu kita akan membahasnya lebih lengkap. Berikut akan kita bahas bersama, alasan mengapa seseorang memilih untuk menjadi blogger.

  1. Bermanfaat untuk kemuliaan nama Tuhan.

    Bahagia rasanya ketika kehidupan yang sementara di bumi ini didedikasikan kepada kebenaran yang hakiki. Ingatlah bahwa Allah adalah kebenaran itu sendiri, saat apa yang anda pikirkan, perkatakan (lisan-tulisan) dan perbuat sudah benar: secara otomatis “hidup di dalam Allah dan Allah ada di dalam diri ini.” Tidak ada hal yang lebih memukau di dunia ini selain bertindak menurut kehendak Sang Pencipta kita.

    Satu keuntungan saat kita hidup dalam kebenaran sejati adalah konsistensi yang dirasakan sifatnya seumur hidup. Artinya, bisa melakukannya kapan pun, dimana pun dan apa pun yang sedang dihadapi. Salah satu cara untuk menyatakan hal-hal yang memuliakan Allah dengan menjadi freelance blogger pemula.

  2. Bermanfaat bagi sesama.

    Emang ada orang yang melihat bahkan membaca tulisan anda? Kami berpikir, mungkin saja pengunjung manusia kosong tetapi setidak-tidaknya tulisan tersebut dirayapi oleh robot Google, itukan manusia juga hanya saja kecerdasan buatan. Lagipula di dunia nyata kami sudah berusaha bermanfaat bagi keluarga sendiri dan masih ada waktu lebih sehingga dimanfaatkan untuk menulis. Artinya, saat melakukan aktivitas di dunia maya selalu berusaha juga untuk menuntaskan berbagai urusan di dunia nyata.

  3. Untuk menyibukkan diri (bekerja).

    Bekerja adala suatu aktivitas rutin yang membuat kita tetap sibuk. Tidak baik jika manusia hanya duduk-duduk saja seharian penuh sedang orang tua bekerja mencari nafkah. Kita juga harus mencari kesibukan sendiri agar belajar menjadi orang dewasa seutuhnya. Sebab salah satu ciri khas muda/ mudi yang sudah dewasa adalah memiliki pekerjaan. Jika lowongan kerja di dunia nyata tidak ada, bukankah di dunia maya tersedia cukup luas bagi seorang yang mahir merangkai kata-kata.

  4. Mengembangkan kemampuan berpikir (cerdas).

    Titik awal perkembangan kehidupan manusia berasal dari dalam otaknya. Saat anda hendak mengembangkan dan memajukan kehidupan masing-masing, progresnya harus diawali dari dalam pikiran. Mereka yang mahir mengembangkan pola pikirnya pada berbagai-bagai sudut pandang positif pastilah akan dimampukan untuk berkembangan dalam berbagai-bagai lapisan kehidupan lainnya. Oleh karena itu, “terlebih dahulu cerdaskan pikiran, niscaya pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan hidup terjamin.“ Simaklah, Kebiasaan yang meningkatkan kecerdasan otak.

    Di balik semuanya itu, berhati-hati juga menggunakan kecerdasanmu agar tidak diarahkan untuk memanipulasi orang lain.

  5. Meningkatkan kesadaran.

    Mereka yang tingkat kesadarannya tinggi dimampukan untuk memahami berbagai keadaan. Kesadaran yang tinggi membuat seseorang tidak hanya melongo sambil bingung ketika ditanya sesuatu. Tingkat kesadaran yang baik membuat respon kita ramah menanggapi orang di sekitar. Seorang yang menyadari kehidupannya sebagai manusia akan mulai membatasi diri dari hal-hal yang tidak diperbolehkan dan bergerak hanya di berbagai daerah yang positif saja. Tentu saja keadaan ini dipengaruhi oleh karena kita semakin mengerti tentang hal-hal yang baik dan jahat serta mampu membedakannya lewat aktivitas menulis.

  6. Mengendalikan diri.

    Apa hubungannya mengendalikan diri dengan menjadi seorang blogger? Pendekatan sederhananya begini kawan, misalnya ada suatu kegaduhan di sekitar agar tidak terpengaruh dengan keributan tersebut, andapun turut menulis. Bukankah dengan demikian kita bisa dihindarkan dari rasa kesal, amarah dan berlaku keras membalas? Artinya, menjadi seorang blogger adalah suatu cara untuk mengalihkan fokus dari yang jelek dan memusatkan konsentrasi pikiran pada hal-hal yang lurus-lurus saja sehingga sikap pun turut dibaikkan.

  7. Menepis kejenuhan.

    Dalam berbagai momen yang berlangsung di sekitar kita, ada rasa jenuh ketika hanya dijalani hanya dengan menikmati hidup saja. Kita cenderung merasa bosan sendiri saat tidak melakukan apa-apa. Memang masih sangat banyak aktivitas yang dapat dikerjakan untuk mengisi waktu kosong, misalnya dengan fokus kepada Tuhan, berdiri sambil mempelajari sesuatu, membersihkan-merapikan ini-itu, berolahraga dan menekuni hobi (bakat) dimana salah satunya adalah nge-blogger.

  8. Menjadi bahagia.

    Sungguh, biarpun blog ini sepi-sepi aja dari kemarin, kami tetap menikmatinya sebab lega rasanya ketika apa yang ada di dalam pikiran dapat ditumpahkan keluar lewat kata-kata alakadarnya. Sekalipun tidak ada yang peduli, setidaknya bisa melihat perkembangan pola pikir yang dialami. Dari yang kami rasakan saat menulis dan menemukan berbagai-bagai ide, saat selesai menelaah suatu ide, kita akan dituntun untuk menemukan ide baru lainnya. Perkembangan yang progresif inilah yang membuat kami berbahagia. Memang harus diakui itu hanya sesaat saja, justru ketika pikiran kita terus tertuju pada kesenangan akan perkembangan itu, pasti akan menjadi bosan. Artinya, sekalipun ada kebahagiaan saat menjadi seorang penulis tetap saja kebahagiaan sejati itu hanya diperoleh dari Allah, yaitu dengan senantiasa memuji-muji nama-Nya yang agung, hebat dan ajaib. Saksikanlah teman, Tips bahagia yang mudah dilakukan.

  9. Memang sudah bakatnya untuk menulis.

    Kemampuan kami menulis memang sudah kentara sedari SMP atau SMA (nggak ingat dengan jelas). Bakat ini semakin baik saja saat berada diperantauan. Tidak ada kerjaan dan jauh dari orang tua juga kerabat selama kuliah membuat kami lebih banyak membaca, mendengar dan mempelajari Kitab Suci. Dari sanalah kami mulai membina bakat yang dimiliki sehingga semakin terlatih sampai sekarang. Sebenarnya, ada juga niat untuk menjual berbagai tulisan tersebut tetapi hati kecil ini berkata “Tuhan kasih cuma-cuma, bagikan secara cuma-cuma.”

  10. Ajakan dari teman-teman dan tergiur adsense.

    Saat pertama sekali menjadi seorang penulis lepas, hati kami melirik kepada kesuksesan para blogger yang mengaku begini-begitu terhadap penghasilan adsense. Kami mulai tergiur dengan tawaran ini lalu membuka blog di tempat gratisan. Tetapi, uang memang tidak semudah itu untuk didapatkan. Justru hasrat ini telah memudar sebab kami menulis demi kebenaran. Tetapi bukan berarti tidak ada niat untuk mencari uang, hanya saja nafsu tersebut telah ditahan di bawah dan ditekan oleh kebenaran sejati.

  11. Tidak ada pilihan lain.

    Menjadi seorang yang tidak memiliki pekerjaan itu sungguh tidak menyenangkan ya… Seolah kita merasa ada yang kurang, tetapi saat kami bekerja membantu keluarga bersih-bersih, rapikan sana-sini, atur ini-itu dan berbagai aktivitas rumahan lainnya, ada rasa puas di dalam hati. Lantas kamipun melanjutkan aktivitas tersebut. Pas tiba di tanah rantau dimana kamar itu sangat sederhana sehingga ada banyak waktu luang, membuat diri ini merasa kurang. Tetapi pas kami menulis, segala bentuk ketidakpuasan itu terserap oleh berbagai-bagai pikiran positif. Kesibukan inilah yang membuat kita tidak sempat merasa galau dan gundah gulana.

    Lantas di masa-masa pengangguran ini, kami tidak mauh hanya menonton televisi seharian, mendownload film dan browsing terus menerus. Sebab semua aktivitas menikmati hidup jika dilakukan secara berlebihan dan terus menerus justru membuat bosan. Bahkan besar kemungkinan akan menginginkan hal-hal yang lebih lagi. Jadi, tidak ada pilihan lain untuk membuat pikiran tetap positif kecuali dengan menulis sebab pekerjaan juga masih belum ada. Baca-baca kawan, Belajar membuat puisi.

Bila saat ini ada yang memberikan kepada kami suatu pekerjaan, apa akan berhenti menulis? Otomatis tidak sebab menulis adalah jalan hidup yang telah kami pilih sejak dari dulu.  Hati kami tergerak oleh dorongan ilahi untuk membagikan berbagai hal positif agar sebisa mungkin semakin sedikit orang yang tersesat.

Kesibukan andalah yang menciptakan atau malah menghilangkan rasa galau dan gundah gulana. Sedang saat pikiran manusia kosong, besar kemungkinan berbagai-bagai kedagingan yang penuh sesak, hina, kotor, bau, dekil dan jorok akan merasuk ke dalam hati tiap-tiap orang. Inilah yang secara tidak sadar membuat anda tiba-tiba bersusah hati tanpa alasan. Padahal kebutuhan hidup sudah cukup terpenuhi, tetapi keinginan menjadi liar kepada hal-hal yang terlalu jauh di luar sana sehingga rasa bahagia, damai dan tenteram itu semakin sukar untuk dicapai. Oleh karena itu, isi hatimu dengan aktivitas positif kawanku! Bisa dengan fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian untuk kemuliaan nama-Nya. Juga dengan berbagi kasih kepada orang lain sama seperti diri sendiri lewat pekerjaan dan pelajaran yang digeluti. Sedang kami sendiri memilih untuk menjadi blogger sebab passion  – hasrat tertinggi yang dimiliki memang berhubungan dengan dunia seni tulis-menulis. Turut di pantau kawan, Tips agar bisa bertahan menjadi seorang penulis.

Salam, Sebaik apa aktivitasmu,
selancar itu suasana otakmu,
semulus itu kebahagiaanmu.
Isi pikiran dengan hal positif,
agar hari ini dilalui dengan arif
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.