Kepribadian

+10 Rahasia Dalam Hidup, Yang Positif Sampai Negatif – Tidak Ada Rahasia Abadi!

Rahasia Dalam Hidup, Yang Positif Sampai Negatif – Tidak Ada Rahasia Abadi!

Melayangkan pandangan ke dunia luar, terdapat banyak bagian yang terlihat, ada yang tersembunyi dan ada pula yang tersembunyi sebagian. Tersembunyi walau hanya sesaat. Apa yang dapat kita amati (mata), dengar (telinga) dan baui (hidung) merupakan suatu informasi yang bebas dimiliki oleh diri sendiri, nikmati sesuka hati. Bagian yang tersembunyi parsial merupakan sesuatu yang sudah ada namun masih belum jelas teramati 100%. Kita harus berusaha menyibakkannya, mengganti posisi pengamatan, melakukan penggalian dan membeli hal tersebut agar bisa teramati dengan jelas. Bagian yang jelas-jelas tersembunyi merupakan suatu rahasia yang memang tidak boleh diketahui oleh siapapun kecuali Allah saja dan pemiliknya sendiri.

Contoh sederhana sesuatu yang masih tertutupi

Apa saja contohnya hal yang terlihat dengan jelas? Misalnya saja wajah, tangan (bagian bawah), kaki (bagian bawah) seseorang, tanaman hijau, hewan, rumah (tampak luar), kendaraan, jalan-jalan dan lain sebagainya. Sedang untuk sesuatu yang tersembunyi parsial membutuhkan usaha agar bisa mengetahui hal tersebut, seperti yang terdapat di dalam rumah, di balik pepohonan, di balik gunung, di bawah tanah, di atas udara, di dalam air, lekak-lekuk bagian tertentu dari tubuh seseorang dan lain sebagainya. Lagi, hal-hal yang jelas-jelas tersembunyi adalah isi hati manusia dan berbagai rahasia alam semesta lainnya yang belum diungkapkan oleh ilmu pengetahuan.

Bermacam jenis hal yang tertutupi di sekitar kita

Sesuatu dikatakan tersembunyi karena hanya diketahui oleh orang tertentu saja. Rahasia semacam ini termasuk dalam ranah pribadi. Ada juga sesuatu yang termasuk dalam ranah kelompok dimana tidak diketahui oleh orang lain. Di samping itu ada juga sesuatu yang memang tidak diketahui oleh setiap orang atau bisa dikatakan sebagai hal yang belum dibukakan di hadapan umat manusia. Apa yang telah tertutup rapat-rapat sering juga disebut sebagai rahasia alam. Sesuatu yang masih belum diketahui oleh seorang pun melainkan hanya Tuhan saja yang tahu. Kekuatan semacam ini tidak dapat dijelaskan oleh manapun di berbagai belahan dunia sekalipun telah melalui penelitian dari ilmuan dalam berbagai lintas ilmu.

Dirahasiakan tetapi sebenarnya sudah diketahui orang

Ada juga yang disebut sebagai rahasia umum, yaitu sesuatu yang dilakukan secara diam-diam tetapi masyarakat luas telah memahami pola-pola aktivitas tersebut. Misalnya tentang rahasia tiap-tiap profesi sehingga pekerjaan mereka tetap ada, terkendali dan terjaga penuh. Contoh lainnya adalah aktivitas masturbasi yang dilakukan para lajang dan hubungan seksual di antara mereka yang sudah menikah. Proses-proses tersebut memang telah dipahami oleh banyak kalangan, hanya saja hampir semua orang diam-diaman seolah tidak terjadi apa-apa. Keadaan ini juga turut terjadi karena khalayak luas telah terbiasa dengan kerahasian hal tersebut tersebut sehingga tidak menanggapinya secara serius.

Cara membongkar hal-hal yang tertutupi

Di atas semuanya itu, harus memahami bahwa sesungguhnya tidak ada sesuatu yang rahasia di bumi ini jika kita memiliki ilmu pengetahuan. Salah satu cara untuk beroleh wawasan luas yaitu dengan memiliki akses terhadap informasi yang berkualitas. Semakin baik suatu informasi maka semakin lihai kemampuan kita untuk mengertikan berbagai rahasia yang awalnya tertupi akan dibukakan. Informasi tersebut dapat diserap dengan membaca Kitab Suci, buku, koran, majalah dan media online lainnya (media sosial, website, situs, koran & majalah online). Di atas semuanya itu, harap di ingat bahwa tidak seluruhnya hal yang terdapat dalam informasi tersebut adalah benar adanya. Anda harus selektif dan kritis agar mampu mengenali dimanakah yang benar dan dimana pula yang hoax (bohong) adanya.

Berbagai macam rahasia di dalam kehidupan umat manusia

Rahasia adalah segala hal yang tersembunyi dari panca indara dan tidak mampu dipahami/ dimengerti oleh manusia (secara pribadi maupun kelompok). Sesuatu bisa saja tertutupi dalam pemahaman seseorang tetapi mungkin mampu dimengerti oleh orang lain.

Tidak lazim membuka rahasia di tempat umum tetapi dengan memiliki akses yang luas terhadap informasi, setiap hal yang tertutup tersebut bisa terungkap. Jikalau masih banyak hal yang masih tersembunyi dalam pemandangan anda, berarti perlu lebih banyak belajar dalam memahami kehidupan secara lebih mendetail lagi. Cara pertama untuk membuka hal-hal yang sudah dirahasiakan adalah lewat belajar. Pelajaran pertama-tama yang wajib untuk dibaca oleh setiap orang adalah kisah yang dimuat dalam Kitab Suci.  Semakin banyak belajar, makin banyak mengerti dan kian limpahnya hal-hal yang dirahasiakan terpangpang lebar di hadapan kita.

Berikut ini akan kami jelaskan macam bentuk rahasia di dalam kehidupan umat manusia.

  1. Rahasia alam semesta (hanya milik Tuhan).

    Alam semesta beserta seluruh isi yang berada di dalamnya menyimpan jutaan hingga miliaran pola yang dirahasiakan. Sebenarnya semua hal tersebut terus terjadi di hadapan kita namun masih belum mampu melihat, mendengar, membaui, meraba dan mengecap kejadian yang sedang berlangsung. Inti dari kerahasiaan peristiwa tersebut karena keterbatasan indra dalam mencitrakan suatu objek. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena objek terlalu kecil atau terlalu besar untuk ditangkap dan diterjemahkan.

  2. Segala hal yang tidak dipahami oleh seorang manusia karena faktor perbedaan umur, pendidikan dan pekerjaan.

    Di mata seorang anak kecil masih sangat banyak rahasia yang masih belum terungkap dalam hatinya. Terkadang kita sebagai orang tua mendengarkan banyak pertanyaan dari anak kecil. Ada yang lucu, menantang, menggoda dan terkadang pula ada yang tidak dapat kita jelaskan sama sekali (pertanyaannya salah). Oleh karenanya, anak-anak diarahkan untuk belajar di sekolah. Ada berbagai jenjang kelas dalam sekolah, menurut umur dan pengetahuan siswa/ siswi yang bersangkutan.

    Pula ada yang disembunyikan oleh profesi tertentu. Semata-mata ini tidak dilakukan secara diam-diam melainkan untuk

  3. Maksud hati seseorang.

    Dalamnya laut dapat terselami tetapi maksud hati seseorang siapa yang tahu? Terkecuali anda adalah orang yang selalu ada di sisinya sehingga memahami pola-pola perilaku yang ditunjukkan. Lewat perilaku yang biasanya diekspresikan, orang yang di dekat menjadi paham maksud hatinya. Sekalipun demikian, tidak selamanya kita dapat membaca pikiran seseorang. Aktivitas membaca pikiran hanya berlaku saat orang tersebut menunjukkan sinyak-sinyal tertentu. Akan tetapi, baik bagi anda untuk tetap berpikir optimis juga positif dalam hidup ini. Terlalu banyak prasangka buruk di dalam hati justru membuat hati tidak damai.

  4. Lekak-lekuk tubuh tertentu.

    Ada bagian tubuh yang tidak diperkenankan untuk diketahui oleh orang lain. Ini bersifat privasi yang hanya dapat dicermati oleh diri sendiri saja. Terkecuali bagi mereka yang sudah menjadi suami-istri yang sah, dimungkinkan untuk saling melihat dan meraba satu sama lain.

    Sekalipun demikian lewat bantuan ilmu pengetahuan, kita bisa mengenali lekak-lekuk tubuh manusia. Anda bisa memperoleh informasi tersebut lewat buku dan majalah cetak juga dapat memperolehnya lewat media online (media sosial, website dan situs lainnya).

  5. Aktivitas seks.

    Perilaku seksual termasuk dalam rahasia umum manusia. Sebab hal tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi (privasi). Tetapi sesungguhnya telah diketahui oleh hampir semua orang terkecuali oleh anak kecil.

    Masturbasi yang dilakukan oleh seorang singel (termasuk kami) sedang hubungan seksual hanya dilakukan oleh pasangan suami istri. Harap diketahui bahwa pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara aktivitas onani dengan hubungan intim. Hal yang perlu diperhatikan dari perilaku ini adalah keseringan melakukannya (hindari terlalu sering ambil jeda), ganti posisi dan tahan klimaks. Kesabaran saat melakukannya sangat menentukan sensasi yang dirasakan. Simak juga Kiat menghilangkan kebiasaan onani.

  6. Harta benda.

    Seharusnya, harta benda yang kita miliki disembunyikan baik-baik agar tidak sampai diketahui oleh orang lain. Sebab semakin banyak orang yang mengetahui jumlah dan lokasi kekayaan kita maka semakin banyak pula yang menginginkannya dan berpotensi mencurinya.

    Orang yang bijak selalu mampu berupaya untuk merahasiakan kekayaan yang dimilikinya. Selain untuk merendahkan hati, mereka juga tidak suka menimbulkan iri hati di mata masyarakat juga tidak mau menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan.

  7. Hawa nafsu yang salah.

    Saat kita bernafsu untuk melakukan sesuatu yang jahat terhadap sesama, pastilah melakukannya secara diam-diam tanpa diketahui oleh siapapun. Keinginan yang salah ini semakin besar niatnya untuk diwujudkan saat tidak ada kebenaran di dalam hati. Terlebih ketika otak tidak lagi cerdas dan kesadaran telah anjlok, niscaya niat yang terkesan berlebihan itu akan dilaksanakan secara rahasia.

  8. Masalah pribadi.

    Ada orang yang selalu pandai menutupi masalah pribadi yang dihadapinya. Mereka bukannya takut hal tersebut bocor tetapi sudah dirasa mampu untuk memahami fakta yang memilukan. Orang-orang tersebut hanya menunggu waktu yang tepat saja untuk menyelesaikannya. Atau bisa jadi, mereka menunggu pengilhaman dari Allah agar memberi petunjuk.

    Ada juga lho persoalan yang kita hadapi hanya perlu dibiarkan berlalu begitu saja.  Pergumulan semacam ini tidak membutuhkan penyelesaian melainkan butuh keikhlasan untuk diterima apa adanya tanpa meninggalkan rasa sakit atau kesal di hati. Masalah seperti ini sesungguhnya tidak perlu diberitahukan kepada siapapun (dirahasiakan). Terkecuali, jika anda merasa sudah tidak kuat lagi menanggungnya, silahkan bercerita kepada orang tua (keluarga), pelayan Tuhan, psikiater dan lain sebagainya.

  9. Masalah keluarga.

    Persoalan yang dihadapi oleh satu-satu keluarga sebaiknya diselesaikan oleh keluarga itu sendiri secara rahasia (hanya diketahui oleh orang-orang dalam keluarga yang bersangkutan). Pasrahkan kepada Tuhan seluruh beban itu, kerahkan segenap daya upaya untuk menghadapi semuanya, kedepankan kesabaran, gunakan akal sehat (hikmat kebijaksanaan) dan berusahala untuk saling mengerti satu sama lain. Niscaya posaran masalah itu pasti meninggalkan anda cepat atau lambat.

    Tidak lazim rasanya untuk menceritakan masalah keluarga kepada orang asing yang bukan sanak saudara sendiri. Manusia perlu selalu berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan demikian menjadi orang yang bijaksana.

  10. Kesalahan sendiri.

    Dosa yang kita lakukan dirahasiakan kepada orang lain sebab merasa malu jika hal tersebut didengar oleh mereka. Ini jugalah yang menjadi alat bagi orang lain untuk mengendalikan kehidupan kita. Mereka yang telah mendokumentasikan dosa yang kita perbuat bisa jadi melakukan berbagai penekanan untuk memeras (meminta uang). Bisa juga dengan menyuruh diri ini melakukan sesuatu yang aneh/ salah yang merugikan orang tertentu tetapi menguntungkan bagi oknum pemeras/ pengendali tersebut.

    Berhati-hatilah lewat perilaku salah yang anda perbuat sebab melalui dosa tersebut orang lain dapat memperalat anda alias menjadikan anda sebagai bonekanya. Tentu saja hal ini dilakukan dengan mengutarakan ancaman bahwa “jika tidak menuruti kehendaknya, rahasia kita akan dibongkar!”

    Serapi apapun anda menyembunyikan kesalahanmu, niscaya suatu saat kelak hal-hal absurd tersebut pastilah akan diungkapkan juga di akhir zaman.

  11. Barang & jasa : produk tertentu yang belum terbeli.

    Barang dan jasa yang masih belum dimiliki masih berupa rahasia. Itu hanya diperuntukkan bagi orang yang datang untuk membelinya. Mereka yang fokus kehidupannya kepada kenikmatan materi akan berburu barang-barang tertentu sekedar mengungkapkan rahasia di balik peristiwa tersebut. Orang-orang ini merasa bahwa kehidupannya sudah senang luar biasa saat mampu menyingkapkan hal yang selama ini tertutupi bagi dirinya. Padahal semuanya itu hanyalah hal-hal yang sementara saja.

  12. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Dari yang kita bahas di atas, ternyata tidak ada rahasia yang sifatnya abadi. Semuanya itu, sifatnya sementara saja, hanya menunggu waktu hingga kejadian tersebut diungkapkan ke publik secara nyata. Itulah tugas kita sebagai manusia yang dianugerahkan kecerdasan untuk mengamati, menelaah, meneliti dan mengertikan kesemua hal yang dirahasiakan tersebut. Tidak perlu terlalu penasaran untuk mencari tahu, bukankah keinginan untuk mengungkapkan sesuatu yang tersembunyi digiatkan untuk menciptakan kepuasan? Sadarilah bahwa kepuasan, kedamaian, kebahagiaan dan ketenteraman sejati hanya diperoleh saat hati senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Selain itu, baik juga bagi kita untuk mengasihi sesama seperti diri sendiri di sela-sela pekerjaan dan pelajaran yang digeluti dalam setiap tapak kaki yang dijalani.

Salam, Apa yang masih tersembunyi itu hak Tuhan,
Apa yang sudah terungkap adalah kebenaran,
Usahakan yang benar niscaya ada kepuasan,
Fokus Tuhan alhasil ada kedamaian,
Kasihi sesama, pastilah ada ketenteraman
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.