anak

7 Permainan Rohani – Game Mengasah Otak Dan Meningkatkan Kemampuan Seputar Firman Tuhan (Alkitab)


Game Rohani Mengasah Otak Dan Meningkatkan Kemampuan Seputar Firman Tuhan (Alkitab)

Keberagaman konstan alam semesta yang tetap indah

Sejuk di pagi hari dan hangat pada siangnya. Gelap di malam hari dan terang pada siangnya. Ada corak yang berbeda dalam kehidupan dimana masing-masing hal tersebut seolah-olah bertentangan satu sama lain. Tetapi pada dasarnya, itulah hidup manusia yang sebenarnya terdiri dari berupa-rupa warna sehingga membuat semuanya tampak indah. Aneka rasa dalam kehidupan ini sudah pas untuk menciptakan kesenangan sementara yang sekaligus mendatangkan manfaat. Semakin menyadari kegunaan dari suatu rutinitas, ada keikhlasan saat menjalaninya dari waktu ke waktu. Bahkan tekanan masalah sekalipun sanggup membentuk kita menjadi pribadi yang tangguh asalkan goncangan tersebut diterima dengan ikhlas apa adanya.

Manusia memerlaukan keragaman

Hidup membutuhkan variasi, itulah yang ditunjukkan oleh alam semesta dalam setiap pergerakannya. Variasi itu dihasilkan dari aktivitas yang ditekuni waktu demi waktu. Sekalipun demikian bukan dalam arti variasi tersebut terus terjadi dan bertambah banyak. Justru ada juga tahapan stagnasi hidup seperti siang dan malam yang hanya ada dalam dwirupa, sampai kapanpun hal tersebut tetap dua. Di tengah-tengah keduanya, perbedaan cuaca menunjukkan ragam warna siang: ada cerah, lembayung, kelabu, hujan, biru, pelangi dan lain sebagainya. Sedang pada malam hari, perbedaan cuaca telah menunjukkan beraneka suasana, di antaranya malam gelap, berbintang, berbulan-bintang, bulan purnama, bulan sabit, mendung, hujan dan lain sebagainya.

Kegiatan yang kita lakukan membuat hidup bewarna-warni

Saat menatap wajah langit yang ada di atas kita sepertinya begitu-begitu saja tetapi bila kita teliti lebih dekat akan menemukan bahwa pergerakan awanlah yang membuat wajah langit bervariasi. Demikianlah juga seharusnya dengan kita umat manusia, bahwa sesungguhnya corak kehidupan ditentukan oleh aktivitas yang dilakukan dalam setiap hembusan nafas ini. Oleh karena itu, beraktivitaslah selalu agar hidup ini berwarna-warni sehingga menjadi indah adanya. Tentu saja rupa-rupa kegiatan tersebut haruslah positif adanya sehingga bisa mendatangkan kebaikan. Sekalipun demikian kita juga harus menyadari bahwa mungkin saja ada persinggungan negatif yang timbul akibat kekhilafan atau perbedaan kepentingan.

Aktivitas saat berkumpul bersama dalam satu waktu

Khusus pada bagian ini, kita membahas ragam variasi kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat semua orang berkumpul. Suatu aktivitas yang sifatnya menantang, menghibur dan menjalin kedekatan antara orang-orang dalam komunitas. Siapapun bisa melakukannya asalkan memiliki pengetahuan yang memadai tentang firman sebab yang kita lakukan pada bagian ini berhubungan erat dengan hal-hal rohani. Hanya saja dalam kegiatan ini perlu diadakan suatu keselarasan pengetahuan, artinya mereka yang pengetahuannya sekolah dasar harus diberikan tantangan dasar. Sedang mereka yang duduk di bangku sekolah menengah pertama dan ke atas perlu juga diberikan tantangan yang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Demikian pula dengan mereka yang sedang berkuliah dan bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan tetap.

Pengertian

Tentu saja tantangan untuk orang tua berbeda dengan anak-anak. Biasanya bila kuisnya ditujukan untuk buah hati di rumah, orang tua menyesuaikan diri saja atau sekedar pura-pura tidak tahu. Membiarkan minat anak keluar untuk menjawab pertanyaan yang diberikan, berebut satu sama lain untuk memberikan tanggapan terbaiknya terhadap pertanyaan yang diajukan. Secara tidak langsung suasana semacam ini memicu semangat yang memecahkan keseruan di antara orang-orang yang berlomba. Kesan perjuangan yang ditimbulkannya akan terasa kentara sehingga terjadi perubahan suasana panas-dingin yang sangat cepat. Jadi, “permainan rohani dapat diartikan sebagai adu pengetahuan, adu penampilan dan adu kecepatan untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan firman Allah (Alkitab).”

Macam bentuk permainan rohani yang bisa meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan seputar isi Alkitab

Game jenis ini dapat dimainkan oleh siapa saja dengan catatan pengetahuan yang dimiliki pada umumnya sama. Asal buku yang anda baca-baca sifatnya sama dengan yang lainnya, yaitu Alkitab. Di atas semuanya itu, bukankah masing-masing orang bisa menyesuaikan diri dengan yang lainnya. Ingatlah bahwa yang kita hendak cari tahu di sini bukan siapa pemenang yang lebih baik dari yang lain (arogansi), sebab setiap orang adalah sama di mata Tuhan. Melainkan kesemua game seru-seruan ini bertujuan untuk membangun kedekatan dan komunikasi positif di antara orang per orang.

  1. Mengubah lagu duniawi menjadi rohani.

    Ini merupakan suatu permainan yang sangat seru untuk meningkatkan kreativitas masing-masing orang untuk memuji-muji Tuhan. Kemampuan anak bisa meningkat pula untuk mengimprovisasi lagu dari lagu duniawi yang cukup santer di telinga masyarakat menjadi nyanyian untuk kemuliaan Allah.

    Peraturannya: Pengolola game (mungkin tidak ikut bermain) perlu menuliskan berbagai lagu duniawi di dalam selembar kertas kecil. Kertas tersebut kemudian digulung dalam ukuran dan bentuk yang serupa. Saat aksi dimulai masing-masing orang mengambil gulungannya sendiri-sendiri lalu langsung tampil ke depan untuk mengubah lagu yang syarat dengan keduniawiaan tersebut menjadi lebih bernafaskan sorgawi.

    Saat hendak membuat tantangan yang lebih menanjak, dapat meningkatkan suku kata yang diikutkannya. Tidak hanya “Haleluya” dan “puji Tuhan” saja (tiga suku kata). Melainkan bila perlu ditingkatkan menjadi lima, tujuh dan seterusnya sesuai dengan tingkat pendidikan. Artinya, anak-anak SD dimungkinkan untuk mengubah lagu dalam satu sampai dua suku kata tetapi mereka yang sudah SMP dan SMA seharusnya mampu meningkatkan kosa katanya lebih banyak dari yang masih SD.

    Mengubah lagu kanon rohani menjadi lagu sendiri.

    Namanya juga kreativitas ya…. Lagu yang bernafaskan sorgawi juga bisa diubah menurut kreasi sendiri. Tentu saja hal ini hanya dapat dilakukan jika masing-masing pemain sudah mampu mengadaptasikan kata-kata sendiri dalam setiap lagu. Latihan yang rutin dari waktu ke waktu bisa meningkatkan kemampuan berkreasi demi kehidupan mendatang (sorga) bukan menjadi kreatif untuk memuji diri sendiri dan dunia ini.

    Peraturannya: Pengelola game akan menuliskan berbagai judul lagu rohani di dalam selembar kertas kecil. Masing-masing kertas akan digulung dalam bentuk dan ukuran yang hampir serupa. Saat permainan di mulai setiap peserta mengambil satu undian lalu langsung saja mempraktekkan ke depan, teknik khusus untuk mengadaptasikan judul lagu tersebut berdasarkan versinya sendiri.

    Bila ingin membuat tantangan yang lebih seru, dapat meningkatkan suku kata yang diikutkannya. Tidak hanya “Haleluya” dan “puji Tuhan” saja (tiga suku kata). Melainkan bila perlu ditingkatkan menjadi lima, tujuh dan seterusnya sesuai dengan tingkat pendidikan. Artinya, anak-anak SD dimungkinkan untuk mengubah lagu dalam satu sampai dua suku kata tetapi mereka yang sudah SMP dan SMA seharusnya mampu meningkatkan kosa katanya lebih banyak dari yang masih SD saat memuji Tuhan. Simak juga, Kiat-kiat dasar mengubah lagu.

  2. Mengubah kata menjadi lagu/ puisi.

    Kita harus menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini bisa dihubung-hubungkan untuk memuliakan nama Tuhan. Asap, pohon, binatang, manusia, bumi, matahari dan berbagai-bagai benda lainnya memiliki nafas hidup Allah di dalamnya. Itulah yang membuat masing-masing benda tersebut aktif bergerak melaksanakan fungsinya untuk memutar sistem di dalam alam semesta.

    Ini merupakan salah satu cara meningkatkan kreativitas untuk fokus kepada Tuhan. Pihak panitia akan memberikan satu kata/ suku kata/ satu frase lalu peserta harus mengubahnya menjadi lagu sendiri. Jalan juga ke mari, Tips mengadaptasikan lagu duniawi menjadi rohani.

    Peraturan: Satu kata/ suku kata/ frase akan dituliskan pada selembar kertas. Menggulungnya dengan rapi dalam bentuk dan ukuran yang sama satu dengan yang lainnya. Kemudian masing-masing orang akan mengambil undian lalu menyebutkan kata yang diperolehnya. Maju ke depan lalu menyanyikan lagu tersebut, baik dengan nada rap rohani yang sederhana maupun dengan nada pop, rock, dangdut dan lain sebagainya. Ini bisa dilakukan tanpa musik sebab lagunya saja baru dibuat, masakan penyesuaian terlebih dahulu? Terkecuali jika orang tersebut seorang pemusik.

    Misalnya – Dosa
    Jawabannya: Dosa-dosa kami banyak,
    kesalahan kami banyak,
    pelanggaran kami banyak,
    cela yang kami lakukan limpah,
    Tapi Tuhanlah yang memaafkan,
    Yesus Kristus yang menyelamatkan,
    Yesus Kristus yang menebus,
    Kita dibersihkannya dari segala dosa
    .

    Misalnya – Batu.
    Jawabannya: Hati kami sekeras batu,
    tak mau dengarkan firman Allah,
    enggan turuti perintah Tuhan,
    terus melakukan kejahatan,
    bencana pun silih berganti.
    Yesus datang lembutkan hati,
    pulihkan ke jalan benar,
    hidup seperti yang Tuhan suka
    .

    Game semacam ini memiliki tingkat kerumitan yang lumayan. Oleh sebab itu sebaiknya diberikan kepada mereka yang telah duduk di bangku sekolah menengah atas, kuliah dan sudah bekerja saja.

  3. Tebak tokoh-tokoh Alkitab.

    Tebak tokoh Alkitab ini merupakan salah satu yang paling digemari dalam suatu permainan. Caranya adalah dengan menyembunyikan nama tokoh tersebut namun menginformasikan apa saja yang dilakukannya atau yang dinyatakan tentang dirinya di dalam Alkitab atau sebaliknya.

    Peraturan: Moderator acara membuat daftar perbuatan atau nubuatan tentang tokoh di dalam selembar kertas. Menggulungnya rapi dengan ukuran dan bentuk yang hampir bersamaan. Kemudian masing-masing gamers akan mengambil kuponnya lalu menjelaskan siapakah tokoh yang dibicarakan tersebut. Pemain akan memberikan jawaban dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak dapat menjawabnya, moderator bisa menambahkan clue (petunjuk) yang berhubungan dengan tokoh tersebut.

    Misal petunjuknya.
    Saya adalah Imam yang bebal.
    Membiarkan anaknya semena-mena terhadap daging korban.
    Anak saya mati di tengah pertempuran melawan orang Filistin.
    Siapakah saya
    ??? (Imam Eli)

    Bisa juga dilakukan sebaliknya, yaitu memberikan satu nama tokoh Alkitab lalu menghendaki agar para gamers menyebutkan perbuatannya atau nubutan tentang dirinya di dalam Alkitab.

    Misal tertulis dalam kupon undian adalah “Daud.” Lalu peserta akan menyebutkan minimal tiga hal (bisa lebih) tentang tokoh tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan. Misalnya.
    Anak Isai.
    Pahlawan gagah perkasa.
    Raja Yehuda.
    Raja Israel.
    Dikejar-kejar oleh Raja Saul.
    Kisahnya tertulis dalam kitab Samuel.
    dan lain-lain….

    Kuis semacam ini bisa juga dilakukan secara bersama-sama. Misalnya, moderator memberikan/ mengungkapkan nama salah seorang tokoh lalu masing-masing orang akan menyebutkan apa-apa saja hal yang berkaitan tentang tokoh tersebut (minimal 3 dan masing-masing berbeda).

    Bagi orang yang sudah dewasa bisa dibebankan untuk menjadi moderator sendiri yang harus tampil di depan lalu menyampaikan kuis kata tentang tokoh Alkitab sebanyak yang telah ditentukan. Moderator tersebut memiliki waktu yang tipis (sudah ditentukan) untuk memaparkan berbagai kisah seputar tokoh tersebut sehingga setiap peserta dapat menjawabnya dengan cepat. Semakin banyak nama tokoh yang dapat ditebak oleh peserta maka semakin tinggi nilai moderator tersebut. Setiap peserta akan menjadi moderator secara bergiliran agar masing-masing bisa diketahui perolehan nilai yang didapatkannya.

  4. Tebak-tebakan tentang kisah/ cerita Alkitab.

    Ujian semacam ini menampilkan beberapa petunjuk lalu menyebutkan dimana kisah tersebut diceritakan. Mungkin petunjuknya adalah kata-kata seorang tokoh, benda-benda tertentu atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kisah tersebut.

    Peraturan: Seorang moderator akan menuliskan petunjuk tentang suatu kisah dalam Alkitab. Lalu kertas tersebut akan digulung dalam bentuk dan ukuran yang hampir bersamaan. Kemudian setiap peserta akan mengambil undian, membaca dan mendefenisikan tentang apa kisah yang dimaksud.

    Misal petunjuknya adalah: singa, tulang, madu. Kisah tersebut bercerita tentang apa?
    Jawab: Simson yang membunuh singa dan setelah beberapa waktu dilihatnya bahwa tulang-tulang singa tersebut dipenuhi oleh lebah dan madu.

    Misal petunjuknya adalah: Orang Lewi di perantauan, noda di Geba, orang Israel Vs. Benyamin.
    Jawab: Pertempuran orang Israel melawan suku Benyamin akibat orang Geba yang berbuat noda terhadap salah seorang Lewi.

    Misal petunjuknya adalah: Triwira, perigi Betlehem.
    Jawab: Pahlawan Daud yang menimba air dari perigi Betlehem yang dikuasai oleh orang Filistin.

    Misal petunjuknya adalah: Sungai Yordan, Pembaptisan.
    Jawab: Nabi Yohanes yang membaptis orang Israel mendahului baptisan Yesus.

    Dalam kuis tebak kisah Alkitab ini tidak selalu sama kalimat yang mereka sebutkan. Terkecuali jika peraturannya diubah, yaitu dengan menyebutkan perikop (judul cerita) dari kisah tersebut. Tentu saja peraturan semacam ini cukup rumit untuk anak-anak. Saat seorang peserta tidak mampu menjawabnya maka pertanyaan akan dilempar kepada anggota yang lainnya.

  5. Padanan kata (kata yang seiras/ seirama/ semaksud).

    Permainan padanan kata jelas sebagai suatu tantang yang tidak hanya menambah pengetahuan tentang Alkitab melainkan menambah wawasan tentang tata bahasa. Pembina akan menyampaikan satu kata lalu peserta harus menyebutkan apa-apa saja kata yang sejajar dengan hal tersebut. Kuis padanan kata ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengadaptasikan lagu.

    Peraturan: Padanan kata yang telah digulung dalam bentuk dan ukuran sama akan diundikan. Masing-masing peserta akan mengambil kuponnya lalu menyebutkan padanan kata tersebut. Setiap orang diwajibkan untuk menyebutkan minimal dua sampai tiga kata yang berhubungan dengan hal tersebut.

    Misalnya, Salib.
    Jawabannya : Pengorbanan, penderitaan, kasih, kebaikan, kebermanfaatan hidup, masalah, persoalan, pergumulan hidup.

    Misalnya, Dosa.
    Jawabannya: Pelanggaran, kesalahan, cela, hukuman maut, penipuan, kemunafikan.

    Misal petunjuknya, Haleluya.
    Jawabannya: Puji Tuhan, kemuliaan bagi Allah, ajaiblah Tuhan, Besarlah Tuhan, Dahsyatlah Allah kita.

  6. Menjelaskan tokoh/ kisah/ nats Alkitab tertentu.

    Harap diingat bahwa tidak ada yang pantas di adu di sini. Melainkan hal tersebut hanyalah sebuah pandangan pribadi tentang suatu nats di dalam Alkitab. Anda juga bisa berpeluang untuk menjelaskan isu-isu yang sedang hangat di perbincangkan di dalam masyarakat. Ini bukanlah telaah Alkitab tetapi topiknya memang berhubungan dengan kisah atau nats di dalam buku tersebut. Bisa juga seorang peserta menceritakan pengalamannya yang berhubungan dengan nats/ tokoh/ kisah tersebut. Tentu saja permainan semacam ini hanya dilakukan oleh mereka yang pikirannya telah dewasa, berkembang dan peka terhadap berbagai isu sosial yang berhubungan dengan kekristenan yang dibicarakan di dalam masyarakat.

  7. Bercerita tentang mimpinya.

    Apa yang kita lakukan saat sedang nongkrong bareng teman-teman dekat? Tentu saja butuh topik pembicaraan agar kebersamaan tersebut tidak hambar lalu beralih ke gadget masing-masing. Setiap orang dalam kesempatan tersebut perlu mengutarakan apa mimpi yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Suatu mimpi yang berhubungan dengan hal-hal rohani. Ini bisa jadi sebagai sebuah perumpamaan (ilustrasi rohani) yang dapat mendatangkan makna positif dalam kehidupan. Bila anda memang rutin diberikan mimpi oleh Tuhan atau mengolah suatu cerita berdasarkan pengembangan sendiri; hal-hal semacam ini bisa anda kisahkan kepada teman-teman saat berkumpul sekedar meramaikan suasana.

  8. Dan lain sebagainya: silahkan variasikan dan cari sendiri.

Hadiah yang diperoleh

Apakah harus ada hadiah? Sebenarnya hidup kita juga merupakan suatu hadiah asalkan selalu ramah tamah kepada orang lain. Secara tidak langsung kebaikan dalam bentuk kata-kata yang santun adalah bentuk pelayanan yang sederhana kepada sesama. Memang kasih yang paling sederhana adalah setiap doa yang kita panjatkan kepada orang lain. Harap disadari bahwa setiap maaf yang kita berikan kepada sesama juga termasuk doa demi kebaikan hidupnya ke depan. Dalam pemahaman yang sederhana, kami mengajukan beberapa hadiah yang bisa anda berikan sambil-sambil menikmati hidup bersama keluarga tercinta, berikut selengkapnya.

  • Pemenang akan mendapatkan jus, susu santan dan minuman lainnya.

    Akhir pekan bersama keluarga harus diisi dengan kegiatan positif. Waktu luang yang cukup banyak bisa jadi liar, ditujukan untuk menikmati hal-hal duniawi yang semakin membuat kita cinta terhadap dunia ini. Oleh karena itu, untuk mengisi waktu tersebut lebih positif perlu mengadakan game rohani agar suasana kebersamaan semakin seru. Setiap yang menang akan mendapatkan jus/ susu santan yang sebelumnya telah disedikan oleh Ibu di dapur. Tentu saja semua orang di masa itu adalah pemenang secara bersama-sama.

  • Pemenang akan mendapatkan/ beroleh snack.

    Orang tua di rumah bisa meningkatkan animo anak-anak untuk mengikuti permainan rohani dengan memberikan hadiah snack. Ini bisa jadi sebagai salah satu cara menikmati kebersamaan yang semakin menghangat lewat tawa, senyuman dan kegembiraan. Tidak butuh harga mahal untuk membeli snack, hanya saja untuk mempertahankan minat anak, pastikan untuk melakukannya secara berkala (tidak setiap hari/ jarang-jarang saja).

  • Pemenang akan mendapat tepuk tangan.

    Tepuk tangan dan sorakan bisa merupakan hadiah sederhana yang bisa diberikan oleh siapa saja: orang tua dan anak-anak sekalipun. Ekspresi yang spontan semacam ini menjadi suatu kekuatan yang semakin mengikat rasa kebersamaan di antara sesama anggota keluarga. Tentu saja tepukan ini tidak hanya diberikan kepada mereka yang menang tetapi mereka yang kalah juga akan mendapatkannya agar tetap berjuang untuk belajar terus tentang firman.

  • Lalu bagaimana dengan mereka yang poinnya lebih sedikit?

    Saat poin yang didapatkan lebih sedikit, itu bukanlah suatu alasan untuk merendahkan. Tetapi jadikanlah itu sebagai sebuah semangat agar di waktu ke depan yang bersangkutan lebih baik lagi performanya dalam menjawab kuis yang diadakan. Harap diingatkan juga bagi mereka yang memiliki poin lebih banyak untuk senantiasa merendahkan hati dan memberikan kesempatan bagi yang nilainya kecil.

  • Dan lain sebagainya.

Bila kita berpodoman pada pergerakan semesta raya maka akan memahami bahwa keragaman di segala penjuru ditimbulkan oleh kegiatan perputaran yang dilakukan oleh setiap komponen alam. Variatif atau tidaknya kehidupan kita sangat ditentukan oleh aktivitas yang dilakukan dari waktu ke waktu. Di tengah-tengah kehidupan yang konstan, kita perlu selalu aktif bergerak untuk melakukan berbagai hal positif. Walaupun kita juga harus menyadari bahwa terkadang mengalami berbagai kemelut yang berbau negatif. Apapun yang kita alami, terima dengan lapang dada dan penuh dengan keikhlasan sebab warna-warni semacam itulah yang sesungguhnya membuat hidup ini lebih indah. Mari melakukan game rohani saat waktu istirahat bersama keluarga dan handaitolan sekalian. Permainan semacam ini, mengasah kemampuan otak untuk selalu fokus kepada Tuhan, memahami firman dan membangun kedekatan yang lebih intens dengan sesama manusia.

Salam, Ini permainan bukan sekedar main-main,
Otak cerdas, fokus Tuhan baik & memupuk kebersamaan,
Mari berkumpul & berbaur dalam game yang brilian
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.